Berita Vimala Dharma 166 – Agustus 2016

Berita Vimala Dharma 166 – Agustus 2016

BVD 166 - Agustus 2016

Namo Buddhaya,

Para pembaca, tanggal 17 Agustus lalu merupakan hari yang penuh dengan makna dimana seluruh rakyat Indonesia memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71. Bertepatan dengan itu maka tim redaksi mempersembahkan BVD edisi 166 yang bertema “Kemerdekaan”. Kemerdekaan merupakan sebuah kata penuh makna bagi Bangsa Indonesia. Sebgai Bangsa yang besar, sudah sepatutnya kita mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang tengah kita nikmati sekarang.

Semoga BVD ini dapat membuat para pembaca menjunjung tinggi nilai kemerdekaan dan memberikan pengetahuan dan manfaat sehingga kita dapat maju dan berkembang.

Selamat membaca…

Mettacittena
REDAKSI

Download eZine
PDF (10.6 MB)

Berita Vimala Dharma 167 – September 2016

Berita Vimala Dharma 167 – September 2016

BVD 167 - September 2016

Namo Buddhaya,

Dalam rangka menyambut bulan September, BVD edisi 167 ini akan mengangkat tema tentang perdamaian. Tema ini diambil karena berlatar pada Hari Perdamaian Internasional (International Day of Peace) yang jatuh tepat pada tanggal 21 September ini.

Selain mengenai perdamaian, berbagai artikel juga telah kami sediakan di dalamnya.

Kami berharap semoga BVD ini dapat memberikan pengetahuan juga manfaat bagi para pembaca.

Selamat membaca

Mettacitttena
REDAKSI

Download eZine
PDF (9.9 MB)

Berita Vimala Dharma 168 – Oktober 2016

Berita Vimala Dharma 168 – Oktober 2016

BVD 168 - Oktober 2016Namo Buddhaya,

Pada bulan ini, Umat buddhis merayakan bulan Kaṭhina yakni persembahan dāna kepada bhikkhu Saṅgha. Oleh karena itu, BVD edisi 168 akan mengangkat tema tentang Kaṭhina.

Selain liputan Kaṭhina dan latar belakangnya, berbagai artikel lainnya telah kami persiapkan didalamnya.

Kami berharap semoga BVD ini dapat memberikan pengetahuan dan juga manfaat bagi para pembaca.

Selamat membaca

Mettacittena
REDAKSI

Download eZine
PDF (9.9 MB)

Berita Vimala Dharma 165 – Juli 2016

Berita Vimala Dharma 165 – Juli 2016

BVD 168 - Oktober 2016Namo Buddhaya,

Para pembaca, tak terasa sekarang sudah masuk sudah masuk bulan Juli 2016. BVD edisi ini mengangkat tema “Asadha”. Tim redaksi mengambil tema tersebut berhubungan Asadha 2560 BE / 2016 yang baru kita rayakan.

Tim redaksi menyajikan berbagai artikel yang menarik, resep masakan vegetarian, profil, dan lain sebagainya.

Semoga BVD ini dapat memberikan pengetahuan dan manfaat sehingga kita dapat maju dan berkembang

Selamat membaca…

Mettacittena
REDAKSI

Download eZine
PDF (4.8 MB)

Berita Vimala Dharma 164 – Juni 2016

BVD 164 - Juni 2016Namo Buddhaya,

Para Pembaca, tak terasa sekarang sudah masuk ke bulan Juni 2016. BVD edisi 164 kali ini mengangkat tema “Light and Dark.” Tim redaksi mengambil tema tersebut berhubungan dengan hari bulan suci Ramadhan dimana light yang berarti terang mewakili sisi berkah puasa dan dark mewakili gelap dari sisi nafsu.

Tim redaksi menyajikan berbagai artikel yang menarik seperti liputan Viahra Dhanagun, artikel dari web bhante Nyanabhadra, dan lain sebagainya.

Semoga BVD ini dapat memberika pengetahuan dan manfaat sehingga kita dapat maju dan berkembang

Selamat membaca…

Mettacittena
REDAKSI

Download eZine
PDF (4.8 MB)

Berita Vimala Dharma 163 – Mei 2016

BVD 163 - Mei 2016Namo Buddhaya,

Para pembaca, tak terasa sekarang sudah masuk ke bulan Mei 2016. BVD edisi ini mengangkat tema “Transformasi Mental dengan Damai dan Harmonis.” Tim redaksi mengambil tema tersebut berhubungan dengan tema Waisak 2560 VVD.

Tim redaksi menyajikan berbagai artikel yang menarik, liputan acara Vihāra Vimala Dharma, profil, dan lain sebagainya.

Semoga BVD ini dapat memberikan pengetahuan dan manfaat sehinga kita dapat maju dan berkembang

Selamat membaca…

Mettacittena
REDAKSI

Download eZine
PDF (6 MB)

Pergaulan Buddhis

Pergaulan Buddhis
S. Trisaputra Medhacitto

Pergaulan berperan penting dalam ikut membentuk peri kehidupan kita. Keniscayaan bahwa semua fenomena adalah saling memengaruhi (interdependensi) tidak bisa dipungkiri.

Bila kehidupan binatang dianggap telah optimal pada waktu dilahirkan karena proses dasarnya telah selesai pada waktu berada di rahim induknya, maka berbeda dengan manusia. Kita dibesarkan di dalam dua rahim, di rahim ibu dan di rahim sosial. Bergaul, bersosialisasi, hidup bermasyarakat yang dimulai dari masyarakat kecil yang disebut keluarga, semuanya itu adalah rahim sosial yang berperan sangat penting dalam kehidupan setiap individu.

Ajaran Agama Buddha memberikan perhatian besar dalam matra pergaulan ini: harus ada acuan, harus punya integritas dalam bergaul. Bergaul dengan tepat, bermasyarakat dengan bijak, bersahabat baik dengan, dan juga menjadi sahabat baik sebagai kalyāna-mitta (sahabat sejati) akan membawa kehidupan ini berpijak pada jalan yang benar menuju akhir penderitaan.

Sebaliknya, tanpa dilandasi moralitas yang baik, melainkan hanyut dalam arus pergaulan yang berkelindan kesenangan indrawi semata, akan membawa kehidupan seseorang menuju kehancuran. Kehidupan seperti itu akan berakhir dalam penyesalan!

Buku ini adalah sedikit dari buku-buku Dhamma yang mengangkat uraian secara utuh tentang pergaulan dan utamanya mengangkat detil panduan Buddhis dalam bergaul.

eBook
Download PDF(961 KB)

Berita Vimala Dharma 161 – Oktober 2015

Namo Buddhaya,

Para pembaca, tak terasa sekarang sudah masuk ke bulan September 2015. BVD edisi 161 kali ini mengangkat tema “PVVD”. Tim redaksi mengambil tema tersebut berhubungan dengan hari ke- merdekaan Indonesia 17 Agustus. 66 tahun sudah negara kita merdeka, bebas dari penjajah. Semua orang mengharapkan kebebasan dalam hidup.

Tim redaksi menyajikan berbagai artikel yang menarik, liputan acara Vihara Vimala Dharma, lirik lagu, test psikologi, dan lain sebagainya.
Semoga BVD ini dapat memberikan pengetahuan dan manfaat sehingga kita dapat maju dan berkembang.

Selamat membaca…

Mettacittena
REDAKSI

eZine
Download PDF (6 MB)

Anicca – Kumpulan Esai

Anicca – Kumpulan Esai
Nyanaponika Thera, Piyadassi Thera, Bhikkhu Ñanajivako, Phra Khan palo, Y. Karunadasa, Bhikkhu Ñanamoli

Apabila kita merenungkan rentang hidup yang amat luas ini meski sekelumit bagiannya saja, kita dihadapkan dengan perwujudan- perwujudan kehidupan yang begitu banyak ragam jenisnya sampai hampir tidak mungkin untuk mendeskripsikannya. Namun demikian, dapat dibuat tiga pernyataan dasar yang valid untuk segala eksistensi yang bernyawa, dari mikroba hingga pikiran kreatif seorang manusia jenius. Corak-corak yang lazim dijumpai di semua kehidupan ini pertama kali ditemukan dan dirumuskan lebih dari 2500 tahun yang lalu oleh Buddha, yang secara pantas disebut sebagai “Pengetahu Dunia-Dunia” (loka-vidu).

Download
PDF (1.1 MB)

Perpustakaan Digital Buddhisme