Latihan untuk membina diri kita sesungguhnya adalah latihan dalam keseharian. Membina diri bukan sesuatu yang dimengerti bahwa harus dilakukan ditempat-tempat ibadah atau hanya pada saat-saat tertentu. Justru dalam keseharian kita bisa meningkatkan, membina diri kita masing-masing. Salah satu pesan yang sangat penting yang pernah diungkapkan oleh Buddha Gotama dihadapan 1250 orang-orang suci adalah kesabaran sesungguhnya latihan untuk membina diri yang tertinggi. Kalau kita berhadapan atau mengalami keadaan yang menyenangkan disekitar kita, semua bersikap baik, berkata-kata ramah kepada kita, maka kita bisa bersikap sabar. Tetapi menurut Buddha Gotama, menghadapi hal-hal yang menyenangkan bukanlah sikap bersabar. Justru kesabaran adalah sikap yang tetap tenang, dilandasi dengan pengertian yang benar, pada saat kita menghadapi atau mengalami kondisi-kondisi yang tidak menyenangkan.
Keynote Speaker Bhikkhu Pannavaro Mahathera. Terima kasih kepada Bodhigiri Uttama Caritta untuk rekaman Dhamma Talk ini.

22Khz Stereo 48Kbps

Dhammasakacā – Di Tangerang, Milis Samaggi Phala
32Khz Stereo 64Kbps
Dhamma Talk di Universitas Trisakti
22Khz Stereo 48Kbps
5 irama pelafalan nama Buddha Amitabha oleh koor anak laki-laki.
enlightening guitar
Jubing Kristianto adalah juara nasional kompetisi solo gitar akustik Yamaha untuk tahun 1987, 1992, 1994, dan 1995. Tahu 1984, ia juga meraih Distinguished Award pada Yamaha Festival Gitar Asia Tenggara di Hong Kong. Sehri-harinya suami dari penulis cerita anak Renny Yaniar ini adalah instruktur dan penguji pada sekolah-sekolah musik Yamaha di Indonesia.

Sebagai gitaris, ia tampil bersama banyak musisi dan vokalis dari berbagai aliran, baik di panggung maupun studio rekaman. Salah satunya bersama Kwartet Punakawan pimpinn pianis Jaya Suprana, yang telah berkonser keliling Indonesia, Australia, Singapura, dan Jepang.

Terima kasih kepada Yayasan Ehipassiko/Handaka yang telah mengijinkan CD ini diupload dan bisa didownload bebas.

Instrumentalia
Album lagu instrumentalia ini merupakan lagu instrumentalia dari lagu-lagu gubahan Bhante Girirakkhito Mahathera dan beberapa gubahan pencipta lagu Buddhis lainnya.

Lagu-lagu tersebut merupakan kombinasi Barat bercampur dengan Timur, dari dentingan piano Annie Susanto, petikan gitar Antono H.T. dan gesekan Er Hu dan biola serta petikan Pi Pa dari Gina Mellisa.

Terima kasih kepada Gina Mellisa (Persaudaraan, Searching for Buddha), Annie Susanto (Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitatta) dan Antono H.T. (Kami Memuja) yang telah mendanakan lagu-lagu ciptaanya sehingga tersedia di DhammaCitta.

Album ini merupakan album lagu Buddhis anak-anak Vadya Voice. Vadya voice merupakan gabungan 4 penyanyi cilik yang bernama Viola, Cindy, Angel dan Sukha.
Amitofo di dalam hati
Ada Buddha Dharma Maka Ada Cara
Shen Jian Hong (Shen Jian-hung) atau Kris, adalah selebritis idola yang masih berstatus remaja dari Taiwan, yang juga merupakan murid Master Hsing Yun, pendiri Fo Guang Shan, Taiwan. Tahun 2007 lalu ia membawakan lagu “Ada Buddha Dharma Ada Cara” yang merupakan bagian dari program “Ren Jian Yin Yuan” (Musik Jodoh Dunia) dari FGS.

Selama 5 tahun berturut-turut FGS menyelenggarakan kegiatan ‘dengan musik membabarkan Dharma’. FGS mengundang semua penggubah lagu dari seluruh dunia untuk berpartisipasi mengikuti perlombaan menggubah lagu yang syairnya ditulis oleh Master Hsing Yun. Demikianlah, sekitar pertengahan tahun lalu lahirlah lagu “You Fo Fa Jiu You Ban Fa” (Ada Buddha Dharma Ada Cara), yang dibawakan oleh Kris, atau sebelumnya dikenal pula dengan nama John, yang merupakan aktor utama dalam film dewasa “Spider Lilies” (2007).

Sebagai selebritis muda, Kris ternyata membawakan lagu itu dengan nada rap. Alih-alih merasa aneh atau tidak suka, Master Hsing Yun justru memuji dengan mengatakan bahwa ini sesuai dengan gaya musik kawula muda zaman sekarang.

Jalan Pembebasan
Cinta Buddha