DhammaCitta adalah salah satu organisasi Buddhis di Indonesia yang fokus pada pengembangan Buddhisme di media elekronik dan media cetak juga kegiatan-kegiatan dengan berbasis komunitas.

  • Visi: Memahami apa yang Sang Buddha ajarkan.

  • Misi: Penggalian dan pengkajian teks dan materi Buddhisme Awal.

  • Value: Kritis, Konsisten, dan Terbuka.

Theme Song (Lagu Tema) Instrumental DhammaCitta yang digubah oleh Yaya Mando bisa didownload di link berikut, “DhammaCitta Theme Song“.

Untuk media elektronik, semua materi boleh diperbanyak, disalin, dikutip, digunakan, diberikan pada orang lain dengan syarat bahwa tidak untuk dijual ataupun melibatkan transaksi disana dan hasil turunannya juga dinyatakan demikian juga.

Untuk media cetak, tidak ada yang dijual ataupun dimintakan berdana dahulu untuk mendapatkannya. Hasil dari media cetak yang didanai oleh donatur akan didahulukan untuk Vihara, Perpustakaan, Sekolah Buddhis dan Guru/Dosen/Penceramah dimana bisa membawa manfaat lebih luas. Jika masih ada persediaan, akan diberikan pada donatur dan siapa saja yang benar-benar ingin membaca/mempelajarinya.

Kami menyadari bahwa model seperti ini jauh lebih sulit untuk mendapatkan dana dari donatur dibanding membeli atau berdana untuk mendapatkan hasil cetak. Akan tetapi kami tetap memilih jalan ini dengan harapan bahwa dengan cara ini bisa melatih para donatur untuk melakukan dana Dhamma yang merupakan benar-benar merupakan dorongan melepas kemelekatan dan tanpa mementingkan diri sendiri.

Sejauh ini kegiatan yg sudah dilakukan adalah,

  1. Sebagai perpustakaan online yang menyediakan media elektronik Buddhisme dalam bentuk eBook (Buku Elektronik), eZine (Majalah Elektronik), MP3 ceramah dan lagu Buddhis.
  2. Menerjemahkan dan menerbitkan buku-buku Buddhisme dalam bentuk tercetak maupun elektronik.
  3. Memfasilitasi diskusi-diskusi tentang ajaran dan praktek Buddhisme. Melakukan kegiatan sosial seperti orang tua asuh atau bakti sosial.

Dalam melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, semua didanai oleh donatur dan para volunter yang bekerja tidak dibayar. Semua mengorbankan waktu, tenaga dan materi demi perkembangan Buddhisme Indonesia. Untuk efektivitas media komunikasi antar volunter melalui Internet karena para volunter tersebar diberbagai tempat di Indonesia, bahkan sampai ke Jaya Pura dan luar negri.

Forum diskusi juga sangat berperan penting. Ada yang mengatakan bahwa Forum DhammaCitta sudah seperti Vihara dimana kita bisa berdiskusi ajaran Sang Buddha, kelebihannya adalah ini online, tidak terbatas waktu, tempat, jarak, fisik dan kedudukan. Disana semua sama, yang penting adalah apa yang dikatakan, bukan siapa yang mengatakannya.

Jika anda tersentuh, tergerak ataupun terinspirasi, kami dengan senang hati mengajak anda untuk bergabung. Anda bisa berkontribusi dalam bentuk apapun. Anda bisa lihat di halaman kontribusi atau bergabung ke forum diskusi karena disanalah para volunter akan bertukar pendapat, diskusi dan berbagi.

Sejarah

Berawal dari eBook (Buku elektronik) yang didapatkan dalam bahasa Inggris yang sangat membantu dalam mempelajari Buddhisme lalu terinspirasi untuk meneruskan hal tersebut untuk materi-materi yang berbahasa Indonesia. Karena inilah, pada tahun 2006 DhammaCitta berdiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa buku-buku tercetak itu sangat terbatas jumlahnya dan distribusinya juga tidak merata. Perlu dilakukan usaha untuk mengarsipkan materi-materi Buddhisme dalam bentuk elektronik yang bisa dengan mudah diperbanyak dan didistribusikan.

Untuk memulai DhammaCitta sempat menghubungi beberapa penerbit Buddhisme untuk menerbitkan dalam bentuk elektronik juga akan tetapi keterbatasan sumber daya menjadi kendala. Karena itulah dilakukan usaha-usaha untuk turut membantu mengkonversi materi-materi yang ada menjadi bentuk elektronik.

Seiring jalan, makin banyak penerbit-penerbit yang sudah sadar betapa pentingnya hal ini dan mulai memberikan buku, majalah buddhis, lagu, ceramah dan gambar dalam bentuk elektronik untuk dipublikasikan di perpustakaan online DhammaCitta yang sekarang beralamat di http://dhammacitta.org/perpustakaan.

Karena banyaknya animo pada DhammaCitta dari berbagai kalangan, maka setahun setelah didirikan pada tahun 2007 dibentuklah forum Dhammacitta di http://dhammacitta.org/forum/. Dengan terbentuknya forum ini, banyak komunikasi dan diskusi yang terjadi sehingga dibentuklah kemudian unit kerja DhammaCItta Press dan DhammaCitta Peduli.

Tahun 2009, DhammaCitta membuat DhammaCitta Pedia, sebuah ensiklopedia online yang dalam jangka panjangnya diharapkan dapat menjadi ensiklopedia Buddhis yang dapat dijadikan acuan oleh para skolar maupun bagi pemula. DCPedia ini terus dalam pengembangan dan penambahan materi, selain definisi-definisi juga terdapat artikel-artikel penting dan juga khotbah-khotbah Sang Buddha yang dijadikan acuannya.

Pada tahun 2011, badan hukum DhammaCitta terbentuk dengan nama Yayasan DhammaCitta Mangala dan juga DhammaCitta membuka group diskusi di facebook sebagai tambahan dari forum DhammaCitta di https://www.facebook.com/groups/dhammacitta/

Pada tahun 2015, terjadi restrukturisasi dari isi materi situs DhammaCitta, DhammaCitta Pedia dilebur dalam situs utama, juga terdapat perubahan visi, misi dan value DhammaCitta.

Kedepannya masih banyak ide dan inovasi lain yang ada, semoga dengan dukungan dari para teman-teman, DhammaCitta akan terus berkembang dan berkontribusi pada perkembangan Buddhisme Indonesia.

Jika anda punya ide ataupun masukan, turutlah berkontribusi dengan ide ataupun masukannya atau bahkan waktu dan tenaganya. Turutlah serta dan jadilah bagian dalam sejarah Buddhisme Indonesia di DhammaCitta.

Kontribusi

Situs Dhammacitta dan kegiatan DhammaCitta seperti DhammaCitta Peduli dan DhammaCitta Press beroperasi dengan tenaga, pikiran dan dana oleh para kontributor dan donatur. Jika anda ingin turut berkarya di DhammaCitta, dengan amat senang kami akan menyambut dengan baik.

Jika anda ingin membantu pikiran dan tenaga, silahkan turut dalam forum diskusi di

DhammaCitta tidak melakukan pengumpulan dana menggunakan rekening lainnya selain yang tertera di halaman ini.

Untuk bantuan dāna bisa ditransfer ke rekening

Bank BCA KCP Kebon Jeruk nomor : 6560708091 Atas Nama : Benny

Setelah berdana, mohon diinformasikan juga ke

email: dana /at/ dhammacitta.org SMS / Telp: Elin +62 812 10007882

Rekening yang digunakan DhammaCitta ini, akan diaudit dan dicek secara rutin oleh team kami agar tidak terjadi penyalahgunaan dāna.

DhammaCitta Press

DhammaCitta Press adalah divisi penerbitan dari DhammaCitta yang aktif menerbitkan buku-buku Buddhisme sejak tahun 2009 yang dianggap bermanfaat untuk mengali lebih jauh Buddhisme Awal yang dapat berguna bagi praktisi maupun akademisi. Buku cetak maupun elektronik terbitan DhammaCitta Press dibagikan secara gratis kepada semua dengan diutamakan kepada akademisi, guru, dhammaduta, maupun praktisi serius dan tidak memerlukan mengganti biaya cetak karena DhammaCitta mengusung konsep “Hadiah.” Dhamma adalah sebuah hadiah yang tidak dijual maupun tidak menerima uang ganti biaya cetak, ongkos kirim maupun jasa pengerjaannya. Seluruh karya dan hasil kerja DhammaCitta Press merupakan hadiah dari para relawan dan hadiah dari supporter dan donatur DhammaCitta Press untuk Buddhisme Indonesia.

Distribusi dan Hak Cipta

Anda dipersilahkan untuk juga turut membantu dengan menyebarkan ataupun memperbanyak dan memberikan karya ini kepada siapapun yang dianggap dapat bermanfaat baik dalam bentuk cetak ataupun buku elektroniknya selama sesuai dengan aturan penggunaan. Buku cetak tidak akan bermanfaat jika hanya menjadi pajangan atau memenuhi rak buku.

Seluruh penerbitan DhammaCitta Press memiliki aturan penggunaan yang ketat untuk menjaga bahwa hasil karya penerbitan DhammaCitta Press maupun semua karya turunannya tetap dapat dipertahankan gratis dan tersedia bebas. Aturan penggunaannya sebagai berikut,

Anda dipersilahkan menyalin, mengubah bentuk, mencetak, mempublikasi, dan mendistribusikan karya ini dalam media apapun, dengan syarat: (1) tidak diperjualbelikan; (2) Dinyatakan dengan jelas bahwa segala turunan dari karya ini (termasuk terjemahan) diturunkan dari dokumen sumber ini; dan (3) menyertakan teks lisensi ini lengkap dalam semua salinan atau turunan dari karya ini. Jika tidak, maka hak penggunaan tidak diberikan.

Jika anda tertarik untuk menjadi supporter dan mendanai penerbitan-penerbitan DhammaCitta Press, dāna dapat disalurkan ke rekening yang tertera di halaman kontribusi.

Penerbitan

  1. Bagaimana Memilih Agama
    • Jenis penerbitan : Digital.
    • Media Digital : PDF

Permintaan Buku Cetak

Buku-buku cetak penerbitan DhammaCitta Press hanya tercetak terbatas, jika anda dapat menggunakan edisi elektroniknya (PDF atau ePub atau offline situs ini) maka akan lebih baik karena buku-buku cetaknya dapat didistribusikan kepada mereka yang tidak memiliki akses pada buku-buku elektronik.

Jika anda membutuhkan anda dapat menghubungi email sumedho/@/dhammacitta/./org (buang garis miringnya) atau jaringan sosial seperti facebook atau twitter