easter-japanese

“Para bhikkhu, (1) ‘Petapa’ adalah sebutan bagi Sang Tathāgata, Sang Arahant, Yang Tercerahkan Sempurna. (2) ‘Brahmana’ adalah sebutan bagi Sang Tathāgata, Sang Arahant, Yang Tercerahkan Sempurna. (3) ‘Penyembuh’ … (4) ‘Penguasa Pengetahuan’1 … (5) ‘Seorang Yang Tak Ternoda’ … (6) ‘Yang tanpa noda’ … (7) ‘Pengenal’ … (8) ‘Yang terbebaskan’ adalah sebutan bagi Sang Tathāgata, Sang Arahant, Yang Tercerahkan Sempurna.”

Keadaan tertinggi yang harus dicapai oleh seorang petapa,2 oleh seorang brahmana yang telah menjalani kehidupan spiritual, untuk dicapai oleh seorang penguasa pengetahuan dan seorang penyembuh – keadaan tertinggi itu harus dicapai oleh seorang yang tak ternoda, oleh seorang yang tanpa noda yang murni, untuk dicapai oleh seorang pengenal, oleh seorang yang terbebaskan – [di atas itu] Aku adalah pemenang dalam peperangan; terbebaskan, Aku bebas dari ikatan. Aku adalah nāga, yang jinak sepenuhnya,3 seorang yang melampaui latihan, mencapai nibbāna.


Catatan Kaki
  1. Saya mengikuti Ce di sini, Be dan Ee menuliskan vedagū sebelum bhisakko. ↩︎

  2. Syair yang dilestarikan ini tampaknya tidak lengkap karena klausa relatif yang dimulai dengan yaṃ tidak lengkap secara eksplisit dengan klausa demonstratif. Dengan demikian saya mengikuti saran dari Vanarata bahwa sebuah klausa demonstratif implisit yang bersesuaian dengan anuttaraṃ pattabbaṃ seharusnya dituliskan dalam syair penutup. Tampaknya bahwa vijitasaṅgamo secara tepat merujuk pada hal ini, dan karena itu saya menambahkan “di atas itu” dalam tanda kurung siku. ↩︎

  3. Ce paramo danto; Be paramadanto; Ee paramaṃ danto. Kemasan dalam Mp, paramadamathena dantattā paramadanto nāma, menyarankan bahwa parama mensyaratkan danto, bukan nāgo seperti dalam Ce. ↩︎