easter-japanese

1 “Para bhikkhu, ada empat hal menakjubkan dan mengagumkan ini pada Ānanda. Apakah empat ini? (1) “Jika suatu kelompok para bhikkhu datang menemui Ānanda, mereka girang ketika bertemu dengannya. Jika Ānanda berbicara tentang Dhamma kepada mereka, mereka juga girang karena kata-katanya, dan kelompok para bhikkhu itu masih belum terpuaskan ketika Ānanda diam.

(2) “Jika suatu kelompok para bhikkhunī datang menemui Ānanda, mereka girang ketika bertemu dengannya. Jika Ānanda berbicara tentang Dhamma kepada mereka, mereka juga girang karena kata-katanya, dan kelompok para bhikkhunī itu masih belum terpuaskan ketika Ānanda diam.

(3) “Jika suatu kelompok para umat awam laki-laki datang menemui Ānanda, mereka girang ketika bertemu dengannya. Jika Ānanda berbicara tentang Dhamma kepada mereka, mereka juga girang karena kata-katanya, dan kelompok para umat awam laki-laki itu masih belum terpuaskan ketika Ānanda diam.

(4) “Jika suatu kelompok para umat awam perempuan datang menemui Ānanda, mereka girang ketika bertemu dengannya. Jika Ānanda berbicara tentang Dhamma kepada mereka, mereka juga girang karena kata-katanya, dan kelompok para umat awam perempuan itu masih belum terpuaskan ketika Ānanda diam.

“Ini, para bhikkhu, adalah keempat hal menakjubkan dan mengagumkan pada Ānanda.” [133]


Catatan Kaki
  1. Juga terdapat pada DN 16.5.16, II 145-46. ↩︎