“Para bhikkhu, Aku akan mengajarkan kepada kalian tentang tiga jenis kuda baik yang berdarah murni dan tiga jenis orang baik yang berdarah murni. Dengarkan … [291]

“Dan apakah, para bhikkhu, ketiga jenis kuda baik yang berdarah murni? Di sini, sejenis kuda baik yang berdarah murni … memiliki kecepatan, keindahan, dan proporsi yang benar. Ini adalah ketiga jenis kuda baik yang berdarah murni.

“Dan apakah, para bhikkhu, ketiga jenis orang baik yang berdarah murni? Di sini, sejenis orang … memiliki kecepatan, keindahan, dan proporsi yang benar.

“Dan bagaimanakah seorang baik yang berdarah murni … memiliki kecepatan, keindahan, dan proporsi yang benar? Di sini, dengan hancurnya noda-noda, seorang bhikkhu telah merealisasikan untuk dirinya sendiri dengan pengetahuan langsung, dalam kehidupan ini, kebebasan pikiran yang tanpa noda, kebebasan melalui kebijaksanaan, dan setelah memasukinya, ia berdiam di dalamnya. Ini, Aku katakan, adalah kecepatannya. Dan ketika ditanya dengan pertanyaan yang berhubungan dengan Dhamma dan disiplin, ia menjawab dan tidak bimbang. Ini, Aku katakan, adalah keindahannya. Dan ia memperoleh jubah … dan perlengkapan bagi yang sakit. Ini, Aku katakan, adalah proporsinya yang benar. Dengan cara inilah seseorang yang seperti kuda baik yang berdarah murni yang memiliki kecepatan, keindahan, dan proporsi yang benar.

“Ini, para bhikkhu, adalah ketiga jenis orang baik yang berdarah murni itu.”