Banyak produk sehari-hari yang mempromosikan “….-in-One, bisa Two-in-One, Three-in-One, atau lainnya. Three-in-One sangat populer di Jakarta.

Ajaran Buddha adalah ajaran universal, berlaku bagi semua makhluk tanpa kecuali. Ajaran ini tidak pilih kasih, tidak hanya berlaku bagi yang menerimanya saja. Ini bisa diistilahkan dengan One-for-All.

Ada satu kalimat khas dalam agama Buddha, yang bisa digunakan untuk apapun, kapanpun, dimanapun, dan ke siapapun. All-in-One ini adalah ’Sabbe satta bhavantu sukkhitatta’, yang berarti ‘Semoga semua makhluk berbahagia’.

Mungkin kita tidak hafal banyak paritta atau sutta. Cukup dengan berbekal ’Sabbe satta bhavantu sukkhitatta’, kita sudah punya ’senjata’ yang tidak perlu diisi ulang walaupun dipakai berkali-kali.

Dalam keadaan suka ataupun duka, gembira maupun sedih, atau menghadapi fenomena kehidupan lainnya, All-in-one ini dapat dipergunakan. Makin sering diucapkan, apalagi dengan penuh konsetrasi, makin baik. Tanpa perlu keluar banyak tenaga, pikiran, keringat, harta benda; cukup dengan sering mengucapkan All-in-One ini, kita sudah memupuk karma baik melalui pikiran dan ucapan. Murah meriah bukan ?

Mudahkah untuk terbiasa mengucapkan ’Sabbe satta bhavantu sukkhitatta’ atau ’Semoga semua makhluk berbahagia’ ? Jawabannya adalah TIDAK MUDAH. Kenapa ? Tanpa sering latihan, tanpa mengikis sedikit demi sedikit lobha (keserakahan), dosa (kebencian), dan moha (ketidaktahuan), mengucapkan All-in-One ini sangat sulit. Kalaupun bisa kita ucapkan, seakan kering tanpa rasa, kurang tulus. Jika makin sering kita menguncarkannya, lobha, dosa, dan moha-pun menjadi makin mencair.

Karena itu sangat baik untuk lebih sering mengucapkan All-in-One ini, selain sebagai karma baik, juga bisa mengikis lobha, dosa, dan moha. ”Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui” demikian kata pepatah.

Pelafalan ’Sabbe satta bhavantu sukkhitatta’ merupakan praktek Metta (cinta kasih). Sewaktu mengucapkannya, kita arahkan pikiran kasih sayang kepada semua makhluk tanpa kecuali, yang dikenal ataupun tidak, yang jauh maupun dekat, yang terlihat ataupun tidak terlihat, yang sedang bergembira maupun menderita, semoga semuanya berbahagia, bebas dari penderitaan, dan semoga semua makhluk dapat mempertahankan kebahagiaan yang sudah mereka miliki.

Marilah kita lebih sering mengucapkan All-in-One ini.