“Gemar tidur, suka berpelesir, tidak mau bekerja, bermalas-malasan dan maunya hanya uring-uringan, serampangan adalah muara kemerosotan”. KHUDDAKA NIKAYA, SUTTANIPATA 304.

Sukses ? Siapapun akan bisa meraihnya asalkan dia mau berusaha. Ditegaskan dalam konsepsi Buddhis bahwa tidak seorangpun yang ditakdirkan untuk gagal atau sukses. Semuanya itu, tergantung pada diri sendiri, mau atau tidak ! “Apabila rajin bekerja, tidak ceroboh, pandai mengelola, mencukupi kehidupan dengan wajar; seseorang niscaya akan dapat merawat dan bahkan melipatgandakan kekayaannya”. ANGUTTARA NIKAYA, ATTHAKA 145. Untuk meraih kesuksesan ini, ada beberapa langkah yang bisa dijadikan pedoman.

1. SELF CONFIDENCE : PERCAYA DIRI.

Sebodoh-bodohnya manusia, pasti ada nilai tambahnya. Nobodoy is perfect ! Tidak ada seorangpun yang sempurna. Si A bisa saja pakar dibidang kedokteran tetapi dibidang hukum, bisa saja “minus”. Dengan menyadari akan hal ini, jika “merasa” kurang dibandingkan orang lain, janganlah spontanitas “minder” Tanamkan sifat positif ini, jika Si A bisa maka saya pun harus bisa. Selain itu, juga introspeksi segera, yang “kurang”, segera diperbaiki dan yang “lebih”, langsung ditingkatkan kwalitasnya. “Bekerjalah terus, pantang mundur; hasil yang diinginkan niscaya akan terwujud sesuai dengan cita-cita” KHUDDAKA NIKAYA, JATAKA I : 2444

2. KNOWLEDGE : BERPENGETAHUAN.

“Tanpa pengetahuan dan tanpa belajar peraturan-Vinaya, manusia niscaya akan menempuh kehidupan seperti kerbau buta di tengah rimba”. KHUDDAKA NIKAYA, JATAKA I : 1048. Pengetahuan bagaikan “pelita” yang menerangi jalur kehidupan agar tahu dengan pasti, mana yang seharusnya diperbuat dan mana pula yang sepantasnya dihindari. “Orang yang tidak memiliki ketrampilan dan pengetahuan, hidupnya akan susah”. KHUDDAKA NIKAYA, JATAKA I : 1651. Disamping itu, Ingatlah selalu bahwa proses pembelajaran itu, tanpa adanya batasan usia dan semakin banyak yang diketahui maka akan semakin banyak pula yang tidak diketahui.

3. PROFESSIONAL.

Yang namanya professional (apapun yang dikerjakan) selain disiplin, efisien, efektif, produktivitas tinggi, kwalitasnya juga semakin meningkat dengan bertambahnya waktu. “Jika akan mengerjakan sesuatu, kerjakanlah dengan penuh kesungguhan”. SAMYUTTA NIKAYA, SAGATHA VAGGA 239

4. HONEST : JUJUR.

“Sungguh menjijikkan jika kemasyhuran, keuntungan dan penghidupan diperoleh dengan menurunkan harkat kehidupan atau dengan berprilaku yang menyimpang dari dharma-kebenaran”. KHUDDAKA NIKAYA, JATAKA I : 537. Dalam segala-gala, kejujuran memegang peranan yang sangat vital uantuk meraih kesuksesan. Si A yang jenius dan piawai akan meraih peluang / kesempatan jika ada kejujuran. Realitanya, tidak seorangpun yang akan mau memberi peluang / kesempatan pada orang-orang yang tidak jujur. “Lebih baik tidak mendapat keuntungan namun sesuai dengan dharma-kebenaran daripada mendapat keuntungan tetapi melanggar dharma-kebenaran”. KHUDDAKA NIKAYA, THERAGATHA 382.

5. SILA : MORALITAS.

Moralitas merefleksikan diri seseorang. Jika terjaga, terawat dan terbina dengan baik maka akan dihormati dan disegani. “Perbuatan apa yang dilakukan oleh seseorang, itulah yang terlihat dalam dirinya”. KHUDDAKA NIKAYA, JATAKA I : 294. Seseorang akan lebih dipercaya jika memiliki moral yang baik dan peluang untuk meraih sukses akan semakin besar.

6. PATIENCE : SABAR.

Dalam segala, kesabaran sangat kita butuhkan untuk meraih suskes. Tanpa adanya kesabaran, efek destruktif akan lebih dominan timbul daripada efek konstruktif. “Apa yang patut diperlambat, perlambatlah. Apa yang patut dipercepat, percepatlah. Hasil yang dituju akan tercapai dengan sempurna”. KHUDDAKA NIKAYA, JATAKA I : 681.

7. LEGAL : HALAL.

Jangan menghalalkan semua cara untuk meraih yang diinginkan dan setiap pemaksaan kehendak, efeknya adalah destruktif. “Janganlah berbuat jahat walaupun untuk memenuhi kebutuhan hidup”. KHUDDAKA NIKAYA, JATAKA I : 1275.

KESIMPULAN:

Sukses yang berdampak kebahagiaan adalah sukses yang telah terbebas dari kecemasan dan ketakutan. Sukses jenis ini, diraih dengan pengembangan pontensi diri, yang selalu percaya diri, mau belajar, professional, jujur, memiliki moral yang baik, sabar dan bertidnak di jalur benar. “Janganlah mencari kekayaan dengan curang”. KHUDDAKA NIKAYA, JATAKA I : 603. Sabbe satta sabba dukkha pamuccantu-sabbe satta bhavantu sukhitata : semoga semua makhluk hidup terbebaskan dari derita dan semoga semuanya senantiasa berbahagia, sadhu..,sadhu..,sadhu..