Saya bukanlah seorang politikus yang hendak berkampanye melalui artikel ini. PDS yang dimaksud di sini bukanlah nama partai, melainkan Percaya Diri Sendiri. Kita dalam menjalani hidup memang tidak terlepas dari masalah. Mulai dari kecil sampai dewasa, pastilah kita mengenal apa yang dikatakan dengan masalah. Sering kita mengeluh, mengapa kita dilahirkan dengan kondisi yang tidak memuaskan, seperti kurang cerdas, kurang materi, dsb. Di lain pihak, kita sering merasa iri akan kesuksesan orang lain. Orang lain bisa menjadi sukses dan kaya, dan terbang ke luar negri untuk berliburan. Orang cerdas bisa memenangkan hadiah nobel dan penghargaan sebagainya. Sebagai upaya menghibur diri,kita selalu berpikir : “Ya beginilah nasib saya lahir sebagai orang bodoh”, “Ini sudah ditakdirkan saya memang tidak bisa sukses”, dan beragam pikiran yang menyesatkan lainnya. Tetapi pernahkah kita berpikir mengapa mereka bisa sukses? Mengapa mereka bisa cerdas ? Sayang kerap kali kita hanya menyesali keadaan dan membahas masalah,bukan mencari penyelesaian masalah yang tengah kita hadapi dan seringkita tidak berpikir PENYEBAB di balik kesuksesan dan kecerdasan mereka.

Salah satu penyebab yang menjadi mereka sukses, mereka cerdas adalah mereka menganut PDS. Mereka percaya diri sendiri. Mereka yakin mereka bisa. Langkah awal untuk menganut PDS adalah mencintai dan menghargai diri sendiri. Ibarat pepatah : “Cintalah diri sendiri sebelum mencintai orang lain”. Sebenarnya kita ini sangat luar biasa. Ketika kita muncul dan menghirup udara dunia, kita telah menjadi juara dikehidupan ini. Bayangkan saja, beribu2 bahkan berjuta2 sperma yang ingin memasuki sel telur ibu kita, hanya sperma yang membawa kondisi kita yang berhasil melakukannya. Sekarang saya berani katakan. Anda, Saya, Kalian sangat LUAR BIASA. Jika kita luar biasa ? Mengapa sekarang kita menjadi tidak percaya diri ? Mengapa kita tidak mencoba menghargai kemenangan kita waktu itu ? Saingan kita pada saat itu bukan hanya puluhan. Bukan hanya ratusan, tetapi ribuan bahkan jutaan.Intinya kita memiliki potensi yang sangat luar biasa. Hal yang lainyang hendak disampaikan dalam artikel ini. Kita juga jarang berpikir pernahkah seseorang bisa menjadi sukses tanpa usaha ? Pernahkah seseorang menjadi pintar tanpa belajar ? Adakah manusia yang lahir langsung menjadi profesor ? Adakah seorang manusia lahir langsung bisa memimpin ? Jawabannya mutlak TIDAK. Semuanya bisa terjadi dengan proses yang dikatakan belajar.

Intinya dalam hidup tidak terlepas dari belajar. Orang yang sukses, orang yang pintar merasa yakin dan percaya mereka pasti bisa melalui proses belajar tersebut. Mengapa mereka percaya dan yakin ? Karena mereka mencintai dan menghargai diri mereka sendiri. Kita tidak perlu bermuluk-muluk ria mencoba menciumi seluruh anggota badan kita sebagai tanda mencintai diri kita sendiri. Kita dapat berterima kasih dengan cara lain yang lebih berguna. Yang perlu kita lakukan adalah mencoba menerima diri kita apa adanya terlepas ada kecacatan atau tidak, dan percaya akan kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh diri kita sendiri. Jadi mulai detik ini, tanamkan pada diri sendiri, apa pun masalah yang tengah kita hadapi, kita pasti bisa melaluinya karena kita menganut PDS mulai detik ini. Cintailah dan Terimalah Diri Anda Apa Adanya karena ANDA LUAR BIASA.

Semoga bermanfaat.