Setiap kali hari-hari menjelang akhir tahun seperti sekarang ini, sepanjang yang saya ingat, selalu saja perasaaan saya menjadi agak sendu. Mungkin karena pengaruh cuaca yang memang mulai mendingin dan basah oleh hujan, sehingga hampir seluruh hari terasa seperti senja hari yang mendung.

Tetapi yang lebih pasti mungkin karena setiap hari-hari menjelang akhir tahun seperti sekarang ini, saya selalu didera oleh kesadaran bahwa waktu terus berputar, satu tahun sudah hampir habis, dan itu berarti bertambahnya usia yang menyebabkan kita makin dekat pada kematian untuk hidup yang sekarang ini.

Bukan kematian itu terutama yang membikin hati sendu, tetapi lebih karena dengan mendekatnya kematian berarti kesempatan untuk menjadi lebih baik makin berkurang.

Karena itu saya merenungi waktu, di hari-hari menjelang akhir tahun ini, apakah sepanjang tahun yang hampir lalu ini saya sudah berbuat sebaik-baiknya untuk diri saya sendiri dan juga orang lain? Apakah saya sudah menjadi lebih baik, lebih bijaksana ketiimbang di masa lalu? Apakah saya masih saja mengulangi kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan dan sesali?

Chuang 021204