Mitta 20

Apa kabar teman-teman?

Jumpa lagi dengan Mitta yang selalu setia dengan teman-teman semua. Edisi kali ini Mitta akan banyak bercerita dan berbagi tentang hal-hal baru yang kalian dapat ketahui tentang pengetahuan, tips dari WWF tentang menjaga lingkungan, kisah inspirasi dan masih banyak lagi yang lainnya, dan tentunya tidak ketinggalan juga komik-komik Dhamma yang seru dan asik.

Gak ketinggalan juga, biar tambah rame dan seru baca Mitta, Mitta kali ini hadir dengan games yang seru dan menarik untuk teman-teman semua tentang Dhamma Ajaran Sang Buddha.

Semoga edisi Mitta kali ini dapat menambah pengetahuan teman-teman semua dalam mempelajari Ajaran Buddha dan pengatahuan baru yang lainnya.

Selamat membaca teman-teman.

Mettacittena,
Mitta

eZine
Download PDF (40.4 MB)

It’s Easy to be Happy

It’s Easy to be Happy
Frengky

It's Easy to be HappyJudul buku saku ini memang benar it’s easy to be happy atau sungguh mudah menjadi bahagia. Memang mudah untuk menjadi bahagia sehingga kita yang masih menderita dalam hidup ini perlu segera membaca buku saku ini agar kemudahan untuk menjadi bahagia segera terakomodasi dan segera kita dapat meninggalkan penderitaan hidup kita kapan pun kita bahagia.

eBook
Download PDF (2.4 MB)

Membuka Jalan

Membuka Jalan
Petunjuk untuk Para Yogi pada Saat Wawancara

Shwe Taung Gon Sāsana Yeiktha
Sayadaw U Panditābhivamsa

Membuka JalanYogi pemula adalah mereka yang baru saja mengenal meditasi. Walaupun mereka telah mendengar petunjuk dasar meditasi, Sebagian dari mereka tidak dapat berlatih dengan baik ataupun mengatakan dengan baik mengenai latihan mereka. Yang lainnya dapat berlatih dengan baik tetapi tidak dapat menjelaskan bagaimana mereka telah berlatih dan apa yang telah mereka alami. Setelah melihat kesulitan–kesulitan seperti itu terjadi dari waktu ke waktu, Sayadaw–gyi memberikan beberapa petunjuk. Petunjuk yang dapat membuka jalan bagi para yogi untuk mengatasi kesulitan– kesulitan tersebut. Yaitu, metode untuk menjelaskan latihan dan pengalaman seorang yogi kepada gurunya.

eBook
Download PDF (766 KB)

Monastik dan Politik

Monastik dan Politik
Nyanabhadra

Hidup sebagai monastik bukanlah suatu hal yang sulit, namun bukan juga suatu hal yang gampang. Saya tak bermaksud membuat Anda binggung, namun sebagai pengantar menuju pintu pemahaman bahwa memang demikianlah dua sisi itu saling berinteraksi. Kita membutuhkan pengertian mendalam agar tidak terjebak pada satu sisi saja.

eBook
Download PDF (1.2 MB)

Dhamma untuk Perumah Tangga

Dhamma untuk Perumah Tangga

Satu Kaki di Dunia Pendekatan Buddhis terhadap Permasalahan Masa Kini
Lily de Silva

Umat Buddha Perumah Tangga
R. Bogoda, Susan Elbaum Jootla, M.O’C. Walshe

Ajaran Buddha tidak hanya mencakup bhikkhu dan bhikkhuni belaka, tetapi juga umat perumah tangga pria dan wanita. Keempat kelompok yang membentuk komunitas Buddhis ini memiliki satu tujuan akhir. Tujuan itu adalah pencapaian Nibbana.

Walaupun Nibbana berarti pembebasan akhir dari dunia, namun dalam perjalanannya menuju pembebasan, seorang umat Buddha harus hidup di dunia dan berhadapan dengan kondisi-kondisi eksistensi duniawi. Masalah ini mungkin sering sekali dirasakan, khususnya oleh umat Buddha perumah tangga, yang mungkin menemukan bahwa tuntutan-tuntutan dan daya tarik dari kehidupan duniawi cenderung membawa seseorang menjauh dari jalan menuju pembebasan. Akan tetapi, Buddha menyadari dan memperhatikan dilema yang dihadapi oleh siswa-siswa perumah tangganya ini serta memberikan perhatian khusus terhadap masalah tersebut. Beliau mengajarkan para pengikut perumah tangganya tentang bagaimana cara mengatur kehidupan perumah tangga sesuai dengan prinsip-prinsip etis dalam Dhamma dan bagaimana cara menjalani kehidupan perumah tangga yang sukses tanpa menyimpang dari jalan yang benar.

eBook
Download PDF (1.3 MB)

Ajaran Esoterik dari Wat Phra Dhammakāya

Ajaran Esoterik dari Wat Phra Dhammakāya
Mano Mettanando Laohavanich
d/h Ven. Dr. Mettanando Bhikkhu. Pridi Banomyong International College, Thammasat University, Thailand.

Wat Phra Dhammakāya yang kontroversial dari Thailand telah berkembang pesat secara eksponensial. Dalam kurun waktu hanya tiga dasawarsa, ia telah memiliki jutaan pengikut di dalam dan di luar Thailand dan lebih dari empat puluh cabang di luar negeri. Ajaran meditasi esoterik yang diajarkan oleh para pemimpin komunitas itu telah mengilhami ribuan anak muda dari berbagai universitas untuk mengorbankan hidup mereka untuk mengabdi kepada Guru mereka; sesuatu yang belum pernah terlihat sebelum ini di Thailand atau di mana pun di dunia Theravada. Apakah seluk-beluk ajaran esoterik ini? Mengapa ajaran itu begitu menarik bagi jiwa-jiwa muda ini? Pertanyaan-pertanyaan ini dibahas dan dianalisis oleh penulis, yang pernah menjadi salah satu anggota pendiri Wat Phra Dhammakāya.

eBook
Download PDF (1.2 MB)

The Broken Buddha – Wajah Buddha Yang Tertoreh

The Broken Buddha
Wajah Buddha Yang Tertoreh
Renungan-renungan Kritis atas Tradisi Theravada & Perlunya sebuah Agama Buddha yang baru
Bhikkhu S. Dhammika

Walaupun saya masih terus mengadakan penyempurnaannya di sana-sini hingga tiga tahun kemudian, namun sebagian besar dari buku ini telah ditulis pada tahun 2001. Setelah merampungkan buku ini, saya masih saja ragu-ragu dalam waktu yang cukup lama. Saya berfikir jangan-jangan, dengan menerbitkannya, akan timbul lebih banyak lagi masalah ketimbang kebaikan.

Namun, tiba-tiba naskah yang belum resmi dari buku tersebut muncul di internet tanpa persetujuan maupun pengetahuan saya. Ini kemudian memaksa saya untuk mempublikasikan salinan akhir buku tersebut disini. Ketika itu saya berharap agar, kalau buku ini muncul juga, ia seyogianya disirkulasikan hanya di dalam kalangan masyarakat Buddhis saja. Namun, sepertinya hal ini tak mungkin lagi dilakukan.

Cukup banyak orang, termasuk puluhan Bhikkhu atau mantan Bhikkhu keturunan Barat, telah meyakinkan saya bahwa banyak sekali hal yang saya utarakan dalam buku tersebut yang memang perlu untuk dikemukakan. Saya sadar sepenuhnya bahwa, dengan menerbitkan buku ini, saya tentu saja akan membahayakan reputasi saya sendiri, persahabatan saya dengan beberapa orang dan mungkin juga banyak orang yang dalam tulisan saya ini telah saya jadikan sasaran komentar-komentar saya yang dipenuhi kemarahan.

Harapan saya adalah agar buku ini (aslinya berjudul The Broken Buddha) akan memunculkan pembicaraan-pembicaraan yang lebih luas, lebih dalam dan realistis lagi di antara umat Buddhis Barat tentang masa depan Tiratana di negara-negara Barat.

eBook
Download PDF (1.1 MB)

Riwayat Hidup Yasodhara

Riwayat Hidup Yasodhara
Putri Yang Mulia
Upa. Sasanasenā Seng Hansen

Buku ini mengisahkan sosok putri yang menemani pangeran Siddharta saat masih menjalani hidup sebagai manusia biasa. Merupakan bukan suatu kebetulan pangeran Siddharta saat usia 16 tahun memilih putri Yasodhara sebagai istrinya tetapi merupakan suatu ikatan kamma masa lampau yang sangat kuat karena ternyata putri Yasodhara terlah menjadi pasangan, mendampingi selama beratus-ratus kelahiran. Dengan cinta yang mendalam, ia mendampingi selama masa kehidupan terakhir mereka. Banyak sifat-sifat bajik beliau yang perlu dijadikan contoh dan teladan bagi para upasika atau umat awam wanita seperti kelembutan hati, kepandaian dan kesetiaannya.

eBook
Download PDF (1.6 MB)

Metta & Mangala

Metta & Mangala
Acharya Buddharakkhita & Bhikkhu Pesala

Kata metta (Pali) merupakan suatu istilah bermakna luas yang berarti cinta kasih, rasa bersahabat, kehendak baik, kebajikan, kekerabatan, kerukunan, tanpa itikad buruk dan tanpa kekerasan. Para ahli bahasa Pali mendefinisikan metta sebagai suatu dorongan kuat bagi kesejahteraan dan kebahagiaan makhluk lain (parahita-parasukha-kamana).

Mangala Sutta dapat ditemukan pada Suttanipata. Terjemahan yang luar biasa baik oleh Yang Mulia Dr Hammalawa Saddhatissa, diterbitkan oleh Curzon Press dan dapat diperoleh melalui Wisdom Books. Suttanipata memiliki tiga Paritta Sutta paling popular: Metta Sutta, Mangala Sutta, dan Ratana Sutta, serta beberapa sutta penting lainnya, seperti Kasibharadvaja Sutta, Parabhava Sutta, Vasala Sutta, Salla Sutta, dan Vasettha Sutta.

eBook
Download PDF (3.5 MB)

Bangunlah Dunia!

Bangunlah Dunia!
Awaken Oh World!
Bhikkhu Revata

Ketika pengarang buku ini ingin membangkitkan dunia yang telah lama terlelap dalam ruang gelap kegelapan batin, maka buku ini diberilah judul; “Bangunlah, Dunia!”

Saüsàra ini tanpa awal yang bisa diketahui. Titik awalnya tidak diketahui dan tidak akan dapat diketahui. Kita semua telah berkeliaran dan berkelana dalam siklus kelahiran dan kematian tanpa akhir, terhalang oleh kegelapan batin dan terbelenggu oleh nafsu keinginan. Kita tetap berkeliaran dan berkelana dalam kebiasaan lama yang kita akrabi. Kita akan terus melakukannya untuk jangka waktu tanpa akhir kecuali kita dapat mengenyahkan awan gelap kegelapan batin di mana kita hidup dan mati.

Dunia ini buta karena kegelapan batin. Ini adalah ucapan Sang Buddha. Apakah yang dimaksud dengan ‘kegelapan batin?’ Kegelapan batin adalah tidak mengetahui yang sebenarnya. Berpikir bahwa apa yang benar adalah salah dan apa yang salah adalah benar, itulah kegelapan batin. Sebuah khayalan. Tentu masih ada yang tidak kita ketahui. Namun, sekedar tidak mengetahui sesuatu bukanlah kegelapan batin. Disamping itu, mengetahui hal-hal sebagaimana adanya, mengetahui kebajikan adalah benar dan kejahatan adalah salah – itulah dasar pandangan benar.

Download eBook
PDF (1.4 MB)

Berita Vimala Dharma 154 – Agustus 2013

Namo Buddhaya,

Apa kabar para pembaca? Sudah hampir dua bulan sejak BVD terakhir dicetak. Namun jangan khawatir para pembaca, karena untuk ke depannya BVD akan hadir setiap bulan. Redaksi BVD kali ini mengngkat tema “Penolakan” untuk edisi 154 ini. Di dunia ini tidak semua hal yang kita inginkan dapat diterima oleh orang lain, namun di setiap penolakan yang terjadi selalu ada hal yang bisa dipelajari .

Dalam BVD edisi 154 ini, ada cerita motivasi, liputan kegiatan- kegiatan di VVD, dan artikel yang unik. Akhir kata, Tim Redaksi BVD mengucapkan terima kasih kepada para donatur, kontributor, para pembaca, dan seluruh pihak yang terlibat yang selalu mendukung BVD, sehingga dapat terbit secara rutin.

eZine
Download PDF (4 MB)

Berita Vimala Dharma 153 – Juni 2013

Share
Liputan Rapat Kerja PVVD 2013-2014
ABC Selamat liburan
Buddhis Menulis Sahabat Sejati
Tips Mengisi Liburan Positif Untuk Mahasiswa
Spritful Drizzle Pesona Indhochina (Bagian 2)
Tahukah Anda? Bahaya Styrofoam
Inspirasi Bagaimana Cara Sukses
Artikel Si Kelinci yang Penakut
Liputan Waisak
Resensi Mahā-Sāvaka : Siswa Buddha Yang Unggul

eZine
Download PDF (4.8 MB)

Kumpulan Foto Wihara & Candi Buddhis Indonesia

Kumpulan Foto Wihara & Candi Buddhis IndonesiaBudaya dan warisan buddhis di Indonesia sangatlah kaya dan beragam. Didalamnya terdapat perpaduan berbagai kebudayaan setempat yang unik dan sekaligus tetap menonjolkan ciri khas ajaran Buddha yang luhur. Warisan dan budaya buddhis ini telah diwariskan dari masa ke masa melalui sebuah benang penghubung. Benang penghubung itu adalah wihara sebagai tempat ibadah para umat Buddha.

Download eBook
PDF (8.1 MB)

Bodhipakkhiya Dhamma (Sayap-Sayap Menuju Kebangunan)

Bodhipakkhiya Dhamma
(Sayap-Sayap Menuju Kebangunan)
Bhikkhu Thanissaro (Geoffrey DeGraff)

Buku ini disusun dalam kurun waktu beberapa tahun. Dalam perjalanan penyusunan buku ini, saya sudah menggunakan beberapa materinya untuk membimbing kelas studi di Barre Center of Buddhist Studies, Barre, Massachusetts; di Awareness Grove, Laguna Beach, California; dengan Insight Meditation Society of Orange County, San Diego Vipassana Community, dan Open Door Sangha of Santa Barbara. Umpan balik yang datang dari para peserta telah membantu memaksa saya untuk memperjelas penyajian saya dan menerangkan secara eksplisit hubungan- hubungan antara kata-kata dari ajaran dengan penerapannya dalam praktik. Merupakan hal yang membesarkan hati ketika melihat bahwa orang-orang di Amerika — bertentangan dengan reputasi mereka di belahan-belahan dunia yang lain — tertarik mempelajari ajaran-ajaran Buddhis yang otentik dan mengintegrasikannya ke dalam kehidupan mereka. Hal inilah yang telah mendorong saya untuk mengubah materi ini menjadi sebuah buku.

eBook
Download PDF Jilid 1
Download PDF Jilid 2

Revisi: 7 Juni 2013, penambahan jilid 2

Asoka

Asoka
Ariyakumara

Dalam bukunya The Outline of History, H.G Wells menulis: “Nama Asoka bersinar [laksana] sebuah bintang, diantara ribuan nama raja yang terpampang di kolom-kolom sejarah dengan kebesaran dan kemuliaan mereka serta ketenangan dan kedigdayaan kerajaan.” Pernyataan ini mencerminkan penghargaan yang tinggi dari para cendikiawan dunia atas kepribadian Raja Asoka yang unik dalam sejarah dunia. Hal ini dapat dibaca pada berbagai prasasti dan maklumat peninggalan Raja Asoka yang mengumandangkan ajaran tentang cara hidup bermoral.

Namun, tidak banyak informasi biografi yang dapat kita ketahui dari berbagai peninggalan sejarah Raja Asoka. Sumber lain untuk mengetahui kehidupan dan aktivitas Raja Asoka tak lain berasal dari kitab-kitab Buddhis, di antaranya Asokavadana dan Mahavamsa. Dengan menggabungkan sumber-sumber Buddhis dan sumber-sumber sejarah, kita akan memperoleh gambaran lengkap kehidupan Raja Asoka yang sebenarnya.

Raja Asoka memainkan peranan yang unik dalam ajaran Buddha. Ia tidak hanya menerapkan prinsip Buddha Dhamma ke dalam administrasi pemerintahannya, tetapi juga merupakan Dhammaduta terbesar dalam sejarah ajaran Buddha. Saat Raja Asoka naik tahta, ajaran Buddha Gotama hanya dikenal di sekitar daerah lembah Sungai Gangga; melalui dukungan Raja Asoka, Buddha Dhamma mendapatkan banyak pengikut di seluruh India dan bahkan menyebar ke negeri-negeri tetangga.

Buku ini berusaha memberikan gambaran biografi Raja Asoka dari sudut pandang Buddhis berdasarkan sumber-sumber Buddhis selain mengandalkan sumber peninggalan sejarah. Walaupun mengandung informasi biografi, buku ini bukan ditujukan sebagai buku sejarah tentang hidup Raja Asoka, melainkan sebagai salah satu sumber bagi umat Buddhis yang ingin lebih banyak mengenal dan mempelajari kehidupan Asoka serta ajaran dan teladannya baik bagi ajaran Buddha secara khusus maupun bagi dunia secara umum.

Download eBook (135 Halaman)
PDF (1.2 MB)
ePub (482 KB)

Revisi: 3 Juni 2013

Berita Vimala Dharma 152 – Mei 2013

Tips Cara Mengatasi Stress
Spiritful Dizzle Pesona Indochina: Catatan Perjalanan melewati Vietnam,
Kamboja, Thailand, Laos
Share Menang Setiap saat
ABC Pindah Agama?
ABC Polisi Tidur
Tahukah Anda? Asal usul “Nusantara”
Artikel Ketulusan Hati Seorang Tukang Bangunan 16 Artikel Memperoleh Kebahgiaan
Artikel Nasihat Bijak Untuk Anak
Liputan Pemandian Rupang Buddha (Yi Fo)
Liputan Pelantikan Pengurus PVVD 2013-2014 26 Tips Cara Mudah Menjadi Seorang Pemenang

eZine
Download PDF (7.1 MB)

Berita Vimala Dharma 151 – Februari 2013

Ayo Berbagi Cerita Kisah Sayang Tiada akhir
Artikel Tradisi Tahun Baru Imlek
Inspirasi Aku Mencintaimu
Tips 3 Cara Untuk Menghindari Kemalasan
Wisdom 10 Kualitas Kepribadian Baik
Artikel Kisah Gadis Buta
Tahukah Anda? Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan
Artikel Semangkuk Nasi Putih
Artikel Cinta dan Waktu
Cerita Mini Pelajaran Sang Keledai
Artikel Pencuri Kue
Renungan Ibu

Download eZine
PDF (3.5 MB)

Dhamma Dana Para Dhammaduta 3

Sebuah kumpulan artikel

Membiasakan Diri Untuk Selalu Memberi
Menjunjung Tinggi Pluralisme Dalam Perbedaan Nusantara
Agama Buddha, Sang Penjawab Tanda Tanya
Cara Mempertahankan Kebahagiaan
Membina Perkawinan Yang Bahagia Berdasarkan Buddha Dhamma
Hore… Aku Bukan Remaja Nakal
Teknik Penulisan Artikel Buddhis
Aniccā Vata Saṅkhārā
Terapi Radikal (Aturan Moral Buddhis Dalam Dunia Modern)

eBook
Download PDF (5 MB)