Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [VIDEO] Aksi Pendeta kr****n yang membuang altar umat Buddhist yang pindah  (Read 12931 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Teman-teman, apakah aksi pendekar tersebut termasuk akusala garuka kamma tidak? "Melukai seorang Buddha?"

Jadi teringat dengan kisah seorang guru zen mengencingi patung Buddha.

Kedua kasus terlihat mirip di mata awam.
Perbedaannya terdapat pada niat si pelaku.

Dan yang menarik adalah, aksi pendekar tersebut adalah kisah nyata dan bisa dijadikan latihan/tantangan secara langsung untuk melihat ke dalam batin kita sendiri (bagi yang sedang dalam tapak pelatihan).

Gak termasuk Akusala GAruka Kamma, karena itu patung Bodhisatwa.


pendeta pada kondisi : kesadaran yang tanpa dilandasi ajakan, disertai oleh perasaan senang, dan terhubung dengan pandangan salah
« Last Edit: 11 March 2014, 11:54:59 AM by Mr. pao »
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.292
  • Reputasi: 77
Mereka melakukannya karena ketidaktahuan.
Janganlah karena kesalahan mereka kita lalu menghukum diri sendiri.



Mereka tahunya, itu adalah kompetitor, kalau dibiarkan bisa mengurangi omzet.

 :) :)
~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Itu parah habis pendetanya. Kasihan yg pindah ke Krsten. Pasti dapat banyak masalah. Udah banyak kejadian soalnya.
Temen saya yg tadinya Buddhis terus masuk Krsten. Rupang Kwan Kong dia banting dan tiap lewat Vihara/Kelenteng dia pegang tembok Vihara/Kelenteng sambil berucap Semoga roh jahat keluar atau apa gitu.
Cuma butuh waktu 3 bulan doang dia jadi susah hidupnya. Skrg dia kerja gak ada yg bisa menghasilkan uang. Sekalinya dpt yg agak enak baru kerja sebulan berhenti. Ngeri banget kalau sampe Berbuat Kesalahan yg fatal
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline Kitaro Kurosaki

  • Teman
  • **
  • Posts: 63
  • Reputasi: 0
namo buddhaya  _/\_
dah lama gak posting di DC

menurut Kitaro sih, bukan ajaran mereka yang salah..
yang jadi masalah itu mereka yang terlalu FUNDAMENTALIS dalam mempelajari agamanya..
hobi tafsir seenak jidat ajaran kitab suci, tanpa modal kemampuan spiritual yang memadai.. naif sekali..  :))
ditambah lagi mereka belajar dari pemuka agama "komersil" yang notabene hanya "kejar setoran" dan masih terikat duniawi (berlaku semua agama, jaman sekarang cari guru spiritual/agama yang murni itu SUUUUSAAHHHH)
kalau dalam buddhist, sih mereka ibarat orang yang megang ular dari ekornya, ya kepatuk lah..   :))
pegang ular yang benar kan harus megang kepalanya.. gitu lho

kalau mau minjam istilah muslim, mereka itu hanya melekat di tahap "syariat" belum mencapai tahap "hakekat"
(kalau dibudhist itu "hakikat" itu mungkin seperti dalam cerita menyebrang pantai seberang dengan rakit, kalau sudah sampai ya rakitnya dibuang)
kalau mereka bisa mempelajari ajarannya dan tentunya dari bimbingan guru spritiual yang benar/murni, dan mencapai tahap yang namanya "hakekat" tentu mereka gak akan beringasan seperti ini..  :)
sudah rahasia umum, kelompok fundamentalis seperti ini (berlaku semua agama) pasti jadi musuh budaya dan kearifan lokal.. sebagai contoh : coba lihat saja golongan muslim syariat/fundamentalis yang ingin memusnahkan budaya kejawen. dengan mengkambing hitamkan budaya kejawen sebagai mistik, berhalah, musyrik, dsb

ini mirip kasusnya dengan umat kr****n lahir baru (umumnya orang tionghoa) yang sepertinya anti dan sensi banget sama patung.. entah kenapa umat kr****n tionghoa gak di indonesia, atau di negara manapun kok sepertinya anti banget ya sama patung??? kadang kasihan sama mereka, kena double attack :
1. udah terjebak dalam kebodohan/moha
2. gak menghargai budaya/kearifan lokal sendiri (minjam istilah lokal itu seperti "WONG JOWO ORA NJAWANI")

kalau mau ditelisik lebih dalam,mereka beranggapan mereka menyembah Tuhan yang sebenarnya.. tetapi dalam kenyataannya, apa pun yang mereka perbuat dan hakimi selalu berdasarkan bulat-bulat apa yang tertulis di kitab suci mereka.. tidak asing mendengar mereka berkata : "menurut kitab kami, ini BERHALA!! itu BERHALA !! dosa!! dsb". kalau dipikir-pikir JUSTRU MEREKALAH YANG SEBENARNYA BERHALA, tanpa sadar MEREKA YANG SEBENARNYA MEMBERHALAKAN KITAB SUCI SENDIRI.. cckck ya begitulah ciri-ciri FUNDAMENTALIS

ada quote bagus dari sesepuh forsup kaskus
"segala sesuatu yang berhubungan dengan SUPRANATURAL, jika disikapi secara awut-awutan, maka anda sudah membeli TIKET KEMATIAN"
saya bisa menambahkan, demikian juga:
"segala sesuatu yang berhubungan dengan SPIRITUAL/AGAMA, jika disikapi secara awut-awutan, maka anda sudah membli TIKET KEBODOHAN"  :))  :))

NB : apa yang Kitaro post di sini, sebagian hasil belajar dari forum supranatural dan budaya kaskus..
« Last Edit: 02 April 2014, 11:07:19 PM by Kitaro Kurosaki »

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 824
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Itu parah habis pendetanya. Kasihan yg pindah ke Krsten. Pasti dapat banyak masalah. Udah banyak kejadian soalnya.
Temen saya yg tadinya Buddhis terus masuk Krsten. Rupang Kwan Kong dia banting dan tiap lewat Vihara/Kelenteng dia pegang tembok Vihara/Kelenteng sambil berucap Semoga roh jahat keluar atau apa gitu.
Cuma butuh waktu 3 bulan doang dia jadi susah hidupnya. Skrg dia kerja gak ada yg bisa menghasilkan uang. Sekalinya dpt yg agak enak baru kerja sebulan berhenti. Ngeri banget kalau sampe Berbuat Kesalahan yg fatal

nah klo ampe kek gt palingan pake cara bohong diri sendiri : "tuhan punya rencana yg indah pada waktunya blablabla"
ada sodara papa gw deh dia masuk kr****n, trus altar leluhurnya di buang ketepi jalan dan... MUKJIZAT sungguh NYATA, 3 hari kemudian DIE. langsung berpulang ke rumah bapa di sorga

"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 824
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
kalau mau ditelisik lebih dalam,mereka beranggapan mereka menyembah Tuhan yang sebenarnya.. tetapi dalam kenyataannya, apa pun yang mereka perbuat dan hakimi selalu berdasarkan bulat-bulat apa yang tertulis di kitab suci mereka.. tidak asing mendengar mereka berkata : "menurut kitab kami, ini BERHALA!! itu BERHALA !! dosa!! dsb". kalau dipikir-pikir JUSTRU MEREKALAH YANG SEBENARNYA BERHALA, tanpa sadar MEREKA YANG SEBENARNYA MEMBERHALAKAN KITAB SUCI SENDIRI.. cckck ya begitulah ciri-ciri FUNDAMENTALIS


yang memberhalakan agama org juga mereka sendiri, secara pribadi gw berlutut di depan patung tapi gw ga merasa menyembah berhala, karena saya tidak menganggap kalo patung itu ada kekuatan, ada isinya di dalam. dan secara mereka sudah sensi sama patung. menganggap klo dalam patung itu ada roh nya dan merasa wajib di hancurkan karena bkn menyembah tuhan mereka.
« Last Edit: 04 April 2014, 12:10:15 AM by JackDaniel »
"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Jadi inget ma master Zen Tan Xiang ketka kedinginan disebuah Vihara Tua, beliau mengambil patung Buddha dan membakarnya dihadapan ketua Biksu dan murid2nya demi menghangatkan badan, kontan membuat semua yang ada di Vihara tua itu marah besar kepada Tan Xiang, tetapi beliau bilang " Stt, aku sedang mencari relik didalamnya !". pernyataan ini sungguh sangat membuat murka kepala biara, dan memaki maki Tan Xiang, " Kau kira aku bodoh ya, kayu gitu mana ada reliknya "(kata kepala biara), Tan Xiang cuma bilang " Sudah Tau itu sebuah kayu, kenapa kau masih mengganggapnya suci" :P secara nggak langsung itu cuma sebuah kayu ;D, kebuddhaan bukan hanya ada dikayu, tetapi dikesadaran, itu yang ingin disampaikan Master Zen Tan Xiang  ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline btj

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 183
  • Reputasi: 5
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Jadi inget ma master Zen Tan Xiang ketka kedinginan disebuah Vihara Tua, beliau mengambil patung Buddha dan membakarnya dihadapan ketua Biksu dan murid2nya demi menghangatkan badan, kontan membuat semua yang ada di Vihara tua itu marah besar kepada Tan Xiang, tetapi beliau bilang " Stt, aku sedang mencari relik didalamnya !". pernyataan ini sungguh sangat membuat murka kepala biara, dan memaki maki Tan Xiang, " Kau kira aku bodoh ya, kayu gitu mana ada reliknya "(kata kepala biara), Tan Xiang cuma bilang " Sudah Tau itu sebuah kayu, kenapa kau masih mengganggapnya suci" :P secara nggak langsung itu cuma sebuah kayu ;D, kebuddhaan bukan hanya ada dikayu, tetapi dikesadaran, itu yang ingin disampaikan Master Zen Tan Xiang  ;D

Ssst, Hati-hati jangan sampai dibaca sama tetangga nanti pembakaran patung Buddha bisa makin marak dengan alasan Kebuddhaan ada di kesadaran bukan di patung.
Bisa dijadikan modus baru oleh para pendekar.

Offline Kitaro Kurosaki

  • Teman
  • **
  • Posts: 63
  • Reputasi: 0
nah klo ampe kek gt palingan pake cara bohong diri sendiri : "tuhan punya rencana yg indah pada waktunya blablabla"
ada sodara papa gw deh dia masuk kr****n, trus altar leluhurnya di buang ketepi jalan dan... MUKJIZAT sungguh NYATA, 3 hari kemudian DIE. langsung berpulang ke rumah bapa di sorga

maaf nih bro, kalau boleh tahu sodara papa bro meninggal karena apa??
apakah termasuk "wajar" dalam sudut pandang awam??

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 824
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
maaf nih bro, kalau boleh tahu sodara papa bro meninggal karena apa??
apakah termasuk "wajar" dalam sudut pandang awam??


kalo itu ceritanya gw krg jelas loh
"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164

Offline maxofry

  • Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Kanesten dan katotok kebanyakan bakal lahir di alam apaya.
Lihat aja kelakuan mereka. Berapa banyak diantara meraka yang bisa menjaga moralitas?
Mulutnya aja licin (baca:licik) kaya dikasih oli aja penuh tipu muslihat.
Antara tindakan dengan ucapan ga jalan sama sekali.
Punya bos katotok ditipu terusssssssssss. Sampai mau bawa-bawa hukum segala.

Offline firmans

  • Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: [VIDEO] Aksi Pendeta kr****n yang membuang altar umat Buddhist yang pindah
« Reply #56 on: 26 December 2016, 01:21:35 PM »
saya masih baru gan disini
sumpah kocak liat reaksi kalian semua kaowkaokwaokw ..

Offline YONI

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 108
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: [VIDEO] Aksi Pendeta kr****n yang membuang altar umat Buddhist yang pindah
« Reply #57 on: 26 December 2016, 10:26:26 PM »
 _/\_ sebagai umat awam, tidak timbul reaksi apapun terhadap video tersebut...biasa aja...gak ada kebencian yang timbul...gak ada istilah kebakaran jenggot...gak ada perasaan ingin balas dendam... :P :P ^:)^ tidak ada gejolak apapun dalam hati,perasaan dan pikiran saya setelah melihat video tersebut 8) 8) mungkin karena saya bukan orang yang sensitif banget..... :) _/\_ _/\_