//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pattidana hanya untuk org mati?  (Read 20922 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dejavu_coco

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #45 on: 19 August 2013, 12:14:42 AM »
ijin nyimak aj nech  :x

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #46 on: 19 August 2013, 09:34:13 AM »
bagaimana dgn tirokhunda sutta?  dan kisah2 di petavathu?

Coba baca http://dharmafarer.org/wordpress/wp-content/uploads/2009/12/2.7-Tirokudda-S-kh7-piya.pdf, intinya sih bukan melimpahkan jasa2 kepada para makhluk peta tsb, apalagi mempersembahkan barang fisik, melainkan mengundang mereka turut bergembira atas jasa kebajikan yang dilakukan atas nama mereka.
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #47 on: 19 August 2013, 10:05:32 AM »
Menurut ku itu berkah.. Krn diakhir pembicaraan itu ada kata "Tapi setidaknya, donatur tidak akan sia2 tanpa pahala" dan kemudian penjelasannya.. Jd si donatur ini memberikan makanan dll..kepada brahmana atau samana..yg kemudian dia berkata semoga "pemberian" "berkah" ini di nikmati oleh sanak saudara yg telah meninggal...

justru itu yg dipertanyakan, darimana munculnya kata "berkah" itu?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #48 on: 19 August 2013, 10:06:27 AM »
Sambil nunggu Oma, di sini ada sedikit penjelasan tentang hal ini dari tulisan Bhikkhu S. Dhammika:

Persembahan untuk Mereka yang Sudah Meninggal Dunia

Brahmanisme pada masa Sang Buddha mengajarkan beberapa konsep yang berbeda, bahkan bertentangan tentang apa yang terjadi pada seseorang setelah meninggal dunia; bahwa mereka akan pergi ke surga, bahwa mereka terurai menjadi unsur-unsur, bahwa mereka menjadi tumbuhan atau bahwa mereka bergabung dengan para nenek moyang mereka, para ayah (patimaha), dalam kehidupan berikutnya. Semua gagasan ini disebutkan dalam Veda. Yang terakhir dari semua gagasan ini mungkin paling banyak diterima karena ia disebutkan paling sering dalam Tipitaka.

Selama masa Sang Buddha kelihatannya terdapat gagasan awal bahwa keadaan seseorang setelah kematian, apa pun itu, ditentukan oleh perilaku baik atau buruk orang tersebut selama hidup. Semua orang, seperti yang dipercayai, pergi ke dunia para ayah. Beberapa hari setelah pemakaman, anak laki-laki tertua, yang dipimpin oleh seorang brahmana, melakukan upacara yang disebut sraddha (Pali saddha, A. V, 273; D. I, 97) di mana bola-bola kecil adonan kue (pinda) dan makanan lainnya dipersembahkan kepada orang yang meninggal seraya doa ini dipanjatkan: “Semoga persembahan ini dinikmati oleh para leluhur yang telah meninggal dunia. Semoga para leluhur yang telah meninggal dunia menikmati persembahan ini.” (A. V, 269). Kepercayaannya bahwa makanan ini akan diterima oleh mereka yang telah meninggal dan membantu menyokong mereka. Persembahan kemudian diberikan kepada para brahmana yang memimpin upacara. Hanya anak laki-laki yang dapat melakukan upacara saddha, yang menjadi salah satu alasan utama orang-orang sangat berkeinginan memiliki anak laki-laki (A. III, 43). Melakukan upacara ini merupakan salah satu dari “lima persembahan” (pancabalim) yang diharapkan dilakukan oleh semua orang (A. II, 68). Bukti dari corak kehidupan spiritual India yang masih bertahan ini adalah upacara ini, yang sedikit berubah, masih dilakukan saat ini oleh umat Hindu. Jika anda mengunjungi Kuil Vishnupada di Gaya, anda dapat melihat upacara ini diadakan. Dalam dekade terakhir atau lebih, para peziarah Hindu telah mulai mengadakannya di Bodh Gaya.

Seperti juga banyak kepercayaan yang sezaman, Sang Buddha menjadikan gagasan Brahmanis tentang kehidupan setelah kematian lebih etis, dan mengalihkan praktek-praktek yang berhubungan dengan hal ini dari bersifat material menjadi bersifat psikologis. Beliau memaknai ulang “para ayah” (pita) sebagai “makhluk setan kelaparan” (peta) dan mengatakan bahwa hanya orang yang tamak, tidak bermoral atau jahat yang dapat terlahir kembali sebagai makhluk menderita demikian (A. I, 155). Seseorang yang baik dan berbudi, Beliau mengatakan, akan dapat terlahir kembali sebagai manusia atau di surga, alih-alih di dunia para ayah [yaitu alam setan kelaparan]. Ketika brahmana Janussoni bertanya apakah mungkin bagi orang-orang yang sudah meninggal untuk menerima dan menikmati persembahan barang yang diberikan kepada mereka, Sang Buddha menjawab bahwa ini hanya dapat terjadi jika mereka terlahir kembali sebagai setan kelaparan (A. V, 269).

Namun demikian, tampaknya tidak mungkin bahwa Sang Buddha mempercayai gagasan kuno bahwa persembahan barang dapat benar-benar disampaikan ke alam lain. Lebih mungkin bahwa Sang Buddha dengan menggunakan cara yang terampil, mengadopsi atau mempertimbangkan sudut pandang si penanya untuk berbicara kepadanya dalam istilah-istilah yang dapat mereka pahami. Dalam hal ini Beliau mungkin melakukannya karena walaupun Beliau tidak menerima bahwa benda-benda material dapat disampaikan ke alam lain, Beliau dapat melihat bahwa keinginan Janussoni untuk melakukan demikian didasarkan kehendak baik – cinta kasih, rasa terima kasih dan perhatian kepada para leluhurnya yang telah meninggal. Ketika Sang Buddha mengajar kepada para siswa-Nya, Beliau mengatakan bahwa cara terbaik mereka dapat memberikan kepada para sanak keluarga yang telah meninggal sesuatu yang dapat mereka nikmati adalah menjalankan kehidupan yang baik dan bermoral di sini dan saat ini. Suatu ketika Sang Buddha berkata: “Jika seorang bhikkhu berharap, ‘Mereka para sanak keluarga dan leluhurku yang telah meninggal dunia yang aku kenang dengan pikiran yang tenang, semoga mereka menikmati buah dan manfaat yang besar’, maka ia seharusnya seseorang yang dipenuhi dengan kebajikan, yang menghabiskan waktu dalam kesunyian, mengabdikan diri dalam meditasi dan ketenangan batin.” (A. V, 132). Kelihatannya gagasan Sang Buddha adalah jika anda berharap untuk memberikan kebahagiaan kepada orang-orang yang dicintai yang telah meninggal, jalankanlah kehidupan yang penuh dengan kebajikan dan kejujuran.

Sesuai dengan penafsiran ini, Kathavatthu secara tegas menolak bahwa orang-orang yang sudah meninggal dapat menerima atau menikmati barang-barang materi yang dipersembahkan kepada mereka (Kv. XX, 4).

Di negara-negara Buddhis tradisional saat ini orang-orang akan melakukan perbuatan baik, biasanya dengan memberikan dana kepada para bhikkhu, dan kemudian dalam upacara sederhana melimpahkan jasa kebajikan yang mereka lakukan kepada orang-orang yang dicintai yang telah meninggal dunia. Walaupun orang-orang diberitahukan oleh para bhikkhu dan sering mempercayai bahwa mereka benar-benar “mengirimkan jasa-jasa” kepada orang-orang yang dicintai yang telah meninggal dunia, ini merupakan pengertian yang salah dalam ajaran Buddhis.


Sumber: dhamma musings: Cermonies For The Departed

ini sih hanya spekulasi dari si penulis yg merasa mampu membaca pikiran Sang Buddha

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #49 on: 19 August 2013, 10:11:47 AM »
^ So, menurut om Indra gimana yg benar?
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #50 on: 19 August 2013, 10:35:13 AM »
menurut saya sutta ini memang tentang persembahan benda fisik (makanan), bahwa "si donor juga tidak akan sia2" ini merujuk pada perbuatan dana yg ia lakukan sendiri yg hasilnya akan ia nikmati sendiri kelak pada kehidupan berikutnya. akan lebih menarik jika suatu penerjemahan dilakukan tanpa melibatkan tafsiran pribadi yg menyelewengkan makna teks sumbernya.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #51 on: 19 August 2013, 11:25:17 AM »
Iya sih, dari Janussonin Sutta tsb sudah jelas, itu persembahan kepada para makhluk peta yang kehidupannya ditunjang dari persembahan makanan dari para sanak keluarga:

 "Lalu terdapat hal di mana orang tertentu membunuh kehidupan, mengambil apa yang tidak diberikan, terlibat dalam pelanggaran seksual, terlibat dalam ucapan salah, terlibat dalam perkataan memecah belah, terlibat dalam perkataan kasar, terlibat dalam obrolan kosong, tamak, beritikad niat jahat, dan memiliki pandangan salah. Dengan terpisahnya dari tubuh jasmani, setelah kematian, ia muncul kembali di alam hantu kelaparan. Dia tinggal di sana, dia masih ada, dengan cara apa pun adalah makanan nuansa lapar. Dia tinggal di sana , ia menetap disana, siapa pun yang ada disana ditunjang kelangsungan hidupnya makan makanan dari teman atau saudaranya yang mendedikasikan persembahan kepadanya. ini adalah tempat yang kemungkinan persembahan itu dinikmati oleh seseorang yang tinggal di sana.
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #52 on: 19 August 2013, 11:31:46 AM »
Dan jika persembahan yg dimaksudkan adalah berupa "jasa", beberapa sutta lain jelas mengatakan bahwa persembahan "jasa" tidak hanya berlaku untuk para peta (hantu kelaparan), melainkan bahkan di alam-alam yang "tidak memungkinkan" pun bisa, misalnya alam dewa, dll

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #53 on: 19 August 2013, 01:34:05 PM »
jasa seh agak rancu..dalam sutta kebanyakan materi ..trus klo dana makanan misalnya...ke pertapa ato brahmana...yah muncul yah makanan juga.... (ga pernah aku baca kasus..yg muncul pakaian....).
...

Offline dejavu_coco

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #54 on: 19 August 2013, 01:43:56 PM »
klo ceng beng sama dengan pattidana bukan.?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #55 on: 19 August 2013, 02:32:31 PM »
jasa seh agak rancu..dalam sutta kebanyakan materi ..trus klo dana makanan misalnya...ke pertapa ato brahmana...yah muncul yah makanan juga.... (ga pernah aku baca kasus..yg muncul pakaian....).


dari Culasaccaka sutta:

30. Kemudian, pada pagi harinya, Sang Bhagavā merapikan jubahnya, dan dengan membawa mangkuk dan jubah luarNya, Beliau pergi bersama Sangha para bhikkhu menuju taman Saccaka putera Nigaṇṭha dan duduk di tempat yang telah disediakan. Kemudian, dengan tangannya sendiri, Saccaka putera Nigaṇṭha melayani dan memuaskan Sangha para bhikkhu yang dipimpin oleh Sang Bhagavā dengan berbagai jenis makanan baik. Ketika Sang Bhagavā telah selesai makan dan telah menggeser mangkuknya ke samping, Saccaka putera Nigaṇṭha mengambil tempat duduk yang rendah, duduk di satu sisi, dan berkata kepada Sang Bhagavā: “Guru Gotama, semoga jasa dan buah kebajikan dari persembahan ini adalah demi kebahagiaan si pemberi.”

“Aggivessana, apapun yang dihasilkan dari tindakan memberi kepada penerima seperti engkau – seorang yang belum terbebas dari nafsu, belum terbebas dari kebencian, belum terbebas dari kebodohan – [237] itu adalah untuk si pemberi. Dan apapun yang dihasilkan dari tindakan memberi kepada penerima seperti Aku – seorang yang telah terbebas dari nafsu, terbebas dari kebencian, terbebas dari kebodohan – itu adalah untuk engkau.”

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #56 on: 19 August 2013, 02:48:01 PM »
hubungannya dgn..persembahan materi kepada mahluk peta apa neh?
...

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #57 on: 19 August 2013, 03:46:36 PM »
hubungannya dgn..persembahan materi kepada mahluk peta apa neh?

bukankah ini yg sedang didiskusikan? bahwa sutta yg di atas itu adalah persembahan materi kepada peta yg telah dipelesetkan jadi "berkah", dan masih menunggu klarifikasi. kalo persembahan jasa sudah dibuktikan dalam banyak jasa. dan karena ada statement "dalam sutta kebanyakan materi" maka saya tampilkan contoh persembahan non-materi, yaitu jasa dan buah perbuatan baik

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #58 on: 19 August 2013, 04:21:30 PM »
klo ceng beng sama dengan pattidana bukan.?

ceng beng, persepsi umum yg terjadi adalah persembahan materi utk sanak saudara yang meninggal.
pattidana, perbuatan baik yang jasanya dilimpahkan kepada para sanak saudara/leluhur dan harapan para dewata utk turut mudita
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.231
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pattidana hanya untuk org mati?
« Reply #59 on: 19 August 2013, 07:22:35 PM »
Maksud ku.."di sutta kebanyakan ttg materi"  mengacu pada persembahan kepada org yg telah mati dan terlahir dialam peta ..krn lg bahas sutta diatas. jd akan lebih baik..jika ada sutta yg melakukan persembahan jasa terhadap mahluk peta
...