//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta  (Read 46954 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sabdo palon

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #30 on: 21 May 2009, 12:25:07 AM »
Mahatman?? Diri sejati?? Trnyta Mahayana juga mengakui ada Diri sejati ya.


Mahatman : Maha Atman

Maha = agung
Atman = roh

jadi Roh Agung = Tuhan ?

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #31 on: 21 May 2009, 07:51:18 AM »
Gak tahu jg
CMIIW.FMIIW.

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #32 on: 22 May 2009, 09:28:08 AM »
Mahatman?? Diri sejati?? Trnyta Mahayana juga mengakui ada Diri sejati ya.


Mahatman : Maha Atman

Maha = agung
Atman = roh

jadi Roh Agung = Tuhan ?

Jawabannya: Bukan.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #33 on: 22 May 2009, 09:51:15 AM »
Mahatman : Maha Atman  ===> ada nya diteori agama hindu, ngak ada hubungannya sama Buddhis

Offline sabdo palon

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #34 on: 22 May 2009, 05:22:39 PM »
Mahatman : Maha Atman  ===> ada nya diteori agama hindu, ngak ada hubungannya sama Buddhis

Kutipan dari TS atas ^

Quote
Versi Mahayana

1. Mahaparinirvana Sutra terjemahan Dharmaraksha dari Dinasti Liang Utara (397-439 M). Versi ini disebut sebagai versi utara, terdiri dari 40 volume dan 13 bab. Sutra ini mengajarkan tentang Dharmakaya, Nirvana yang memiliki berbagai aspek seperti abadi (nitya), kebahagiaan (sukha), dan diri sejati (mahatman). Semua makhluk hidup memiliki sifat Ke-Buddhaan di dalamnya. Ini adalah Sutra yang berkenaan tentang Tathagatagarbha.
2. Mahaparinirvana Sutra terjemahan Faxian and Buddhabhadra pada Dinasti Jin Timur (317-420). Terjemahan ini terdiri dari 6 volume dan korespon dengan terjemahan Dharmaraksha. Terjemahan ini juga disebut Parinirvana Sutra 6 volume.
3. Mahaparinirvana Sutra versi selatan diterjemahkan oleh Huiguan, Huiyuan dari Dinasti Liu Song (420-279 M). Versi ini adalah revisi dari versi utara Mahaparinirvana Sutra yang diterjemahkan oleh Faxian dan Buddhabhadra.
4. Epilog Mahaparinirvana Sutra, 2 volume, yang diterjemahkan oleh Jnanabhadra dan Huining pada zaman Dinasti Tang (618-907 M), di mana dikisahkan Sakyamuni Buddha menjelaskan praktek yang dapat dilaksanakan para pengikuitnya setelah Ia Parinirvana. Sutra ini mengisahkan kremasi tubuh Buddha, pembagian abunya dan lain-lain.


Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #35 on: 23 May 2009, 12:38:54 PM »
Sebenarnya air itu h20 bukan?????
CMIIW.FMIIW.

Offline GandalfTheElder

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #36 on: 23 May 2009, 04:11:27 PM »
Mahatman adalah Tathagatagarbha = Buddha-Dhatu = Sifat Ke-Buddhaan = Shunyata = Anatman = Nirvana = keTuhanan yang Maha Esa.

"... the Tathagata pervades all places, just like space. The nature of space cannot be seen; similarly, the Tathagata cannot really be seen, and yet he causes all to see him by [means of] his sovereignty. Such sovereignty is termed 'the Great Self'. That Great Self (Mahatman) is termed 'Great Nirvana' (Maha-Nirvana). In this sense it is termed 'Great Nirvana'.
(Mahaparinirvana Sutra)

. Thus, 'Mahamati', the doctrine of the 'tathagatagarbha' is disclosed in order to awaken the tirthikas from their clinging to the idea of the ego. Accordingly, 'Mahamati', the 'Tathagatas' disclose the doctrine of the 'tathagatagarbha' which is thus not to be known as identical with the philosopher's notion of an egosubstance. Therefore , 'Mahamati', in order to abandon the misconception cherished by the tirthika, you must depend on the 'anatman-tathagatagarbha'.
(Lankavatara Sutra)

Sang Buddha dalam Lankavatara Sutra mengatakan bahwa Tathagatagarbha (Mahatman) bukanlah Atman sebagaimana yang dikenal dalam Hindu.

Atman yang dikenal dalam agama Hindu merujuk nantinya pada Visnu, Siva yang notabene merupakan dewa2 yang juga berlindung pada Triratna Buddha Dharma Sangha, jadi bukan Tuhan.

Mahayana tidak berkembang dari Mahasanghika. Kalau anda mengatakan demikian maka Vajrayana juga dari Mahasanghika dong, karena Vajrayana kan juga Mahayana.

Sarvastivada tetep Sarvastivada. Mahasanghika tetep Mahasanghika. Mahayana ya Mahayana.

Buktinya Arya Vasubandhu yang lebih ke Mahayana [Yogacara] itu bhiksu Sarvastivada dan Arya Atisha yang belajar Vajrayana itu bhiksu Mahasanghika. Jadi tentu pernyataan bro. gachapin adalah tidak berdasar sama sekali.

Semua bhiksu Mahayana dan Vajrayana di India ditahbiskan menurut Vinaya dari 18 sekte awal Buddhis. Jadi tidak jarang ada bhiksu Sarvastivada Mahayana, Sammitiya Mahayana, terus Theravada Mahayana dsb.

Bahkan gelar bhiksu Mahayana di Asia Timur adalah Sthavira, bukan Mahasangha. Ini disebabkan karena Mahayana Asia Timur memang menggunakan Vinaya Dharmagupta yang merupakan sub aliran Sthaviravada (Elders).

Theravada (Sthaviravada) memang ada juga di India. Tapi Theravada yang sekarang ini eksis sebenarnya hanyalah sub aliran Theravada yaitu Mahaviharavasin yang berkembangnya hanya di Srilanka. Maka dari itu saya mengatakan Theravada adanya cuman di Srilanka. Term "Theravada" itu bergeser seiring dengan berjalannya waktu.

Dan patut diketahui pula, kalangan Mahayana, Sarvastivada, Sammitiya, Dharmagupta semuanya mengakui Konsili Pertama di Goa Saptapani. Yang tidak mengakui adalah aliran Mahisasaka karena sesepuhnya adalah bhiksu Purana.

Dan patut diketahui pula, bhiksu Purana bukan sembarang bhiksu, tapi beliau adalah seorang Arahat. Beliau bukan anggota Sammuti Sangha, tapi Arya Sangha.

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline GandalfTheElder

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #37 on: 23 May 2009, 05:17:05 PM »
Quote
Sbrnya vajra dibilang dekat dengan tera juga ngak juga, lah wong vajra campur aduk tergantung aliran vajra mana.

Campur aduk? Maksudnya?

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #38 on: 25 May 2009, 09:41:32 AM »
Setuju dngan penjelasan yg super dari Sdr. GandalfTheElder. Nice. . .Namaste.
CMIIW.FMIIW.

Offline sabdo palon

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #39 on: 25 May 2009, 05:51:22 PM »
Arti dari Atman adalah: self, ego, soul, jiwa, roh (bersifat personal).

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #40 on: 26 May 2009, 02:40:50 AM »
Jiwa itu batin (4 khanda)
rupa itu jasmani (1 khanda) , jd 5 khanda membentk yg namanya aku atau ego atau personal.
Sdang mnrt hnduism, atman bukan 5 khanda. Jdi atman itu bukan ego, diri, personal. Jadi apakah atman itu?? Tidak dapat dipikirkan dan dibayangkan oleh jangkauan akal dan pkiran.
Jd mnrtku,
Atman selaras dngan pengertian nama dhamma dlm abhidhamma.
Atman selaras dngan istilah Mahatman.
Atman selaras dngan istilah Watak semula Nirvana.
Atman selaras dngan istilah roh laumu dalam diri.
Dan bhasa yg mudah digunakan atman brarti bagian lngsung dari paranatman atau tuhan dalam hnduism.

Jd atman bukan sebuah diri yg berpindah2 tempat, sedang sifat2 atman : tidak brpindah tempat, tidak berubah, bukan cewek maupun cowok, abadi, tak dapat dipkirkan,dsb. Jdi ksimpulannya bila dibanding ajrn buddhs dan hnduism, maka atman adalah anatta, anatta juga adalah atman.

Yang menganut paham anatta suka brujar anatta itu adalah tanpa inti, ego, aku yg kekal, tpi sbnarnya bukan nihilisme pula.
Gmana tuh, kalo gitu atman bgtu juga, atman adalah inti, tpi sbnarnya bukan inti.
Cuma permainan kata2 doang, pdhal gw lhat intisari pengertiannya hampir sama saja.

Sekian.

Forgive me if i am wrong.
Correct me if i am wrong.
CMIIW.FMIIW.

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.225
  • Reputasi: 142
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #41 on: 26 May 2009, 11:51:59 AM »
Jiwa itu batin (4 khanda)
rupa itu jasmani (1 khanda) , jd 5 khanda membentk yg namanya aku atau ego atau personal.
Sdang mnrt hnduism, atman bukan 5 khanda. Jdi atman itu bukan ego, diri, personal. Jadi apakah atman itu?? Tidak dapat dipikirkan dan dibayangkan oleh jangkauan akal dan pkiran.
Jd mnrtku,
Atman selaras dngan pengertian nama dhamma dlm abhidhamma.
Atman selaras dngan istilah Mahatman.
Atman selaras dngan istilah Watak semula Nirvana.
Atman selaras dngan istilah roh laumu dalam diri.
Dan bhasa yg mudah digunakan atman brarti bagian lngsung dari paranatman atau tuhan dalam hnduism.

Jd atman bukan sebuah diri yg berpindah2 tempat, sedang sifat2 atman : tidak brpindah tempat, tidak berubah, bukan cewek maupun cowok, abadi, tak dapat dipkirkan,dsb. Jdi ksimpulannya bila dibanding ajrn buddhs dan hnduism, maka atman adalah anatta, anatta juga adalah atman.

Yang menganut paham anatta suka brujar anatta itu adalah tanpa inti, ego, aku yg kekal, tpi sbnarnya bukan nihilisme pula.
Gmana tuh, kalo gitu atman bgtu juga, atman adalah inti, tpi sbnarnya bukan inti.
Cuma permainan kata2 doang, pdhal gw lhat intisari pengertiannya hampir sama saja.
 

Dari apa yang saya ketahui mengenai atman dalam Hindu seperti yang tertulis dalam Bhagavad Gita, diibaratkan seperti tubuh yang mengenakan pakaian. Ketika seseorang meninggal akan dilahirkan kembali dimana diibaratkan jiwa (atman) mengenaikan tubuh baru (pakaian baru). Jadi dalam konsep Hindu, atman adalah abadi. Ketika mengalami moksa, atman kembali menyatu kepada Paratman / Mahatman. Dalam Buddhisme tidak ada hal seperti itu. Tidak ada penyatuan kembali seperti itu.

Sebagai tambahan dari apa yang telah disampaikan oleh Sdr. Gandalf, mengenai istilah Mahatman dalam Mahayana. Tatagathagarba, Nirvana, Sunyata, Dharmakaya, Anatman dilukiskan, dijelaskan dengan istilah Mahatman, hal ini terpaksa digunakan untuk menjelaskan kepada mereka yang masih melekat pada konsep adanya diri yang kekal, inti yang kekal.

Konsep Atman yang kekal adalah konsep umum yang dipercaya oleh banyak orang pada masa itu (bahkan hingga sekarang).

Penggunaan istilah Mahatman dilakukan agar orang-orang mau duduk mendengarkan ajaran Buddha yang karena pada umumnya seseorang tidak akan mau atau langsung antipati mendengarkan ajaran yang di luar dari hal umum, hal-hal yang baru dan revolusioner seperti ajaran Anatman/Anatta. Setelah mereka mau duduk dan mendengarkan maka diharapkan secara bertahap mereka akan memahami dan melepaskan konsep Atta yang kekal.

Demikian.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #42 on: 28 May 2009, 06:20:06 AM »
Mgkin dmikian jg dngan vegetarian, sang Buddha tidak lngsung mengajar vegetarian agar mrka mau duduk dn mendngarkan, dan scra brtahap meninggalkan makanan hewani. Nah hampir sama kan?Cmiiw.
CMIIW.FMIIW.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #43 on: 28 May 2009, 06:24:31 AM »
Tidak ada suatu diri yg kekal, jdi untk apa sang buddha mencpai parinirvana??? Dan kalo gt, tak ada yg merasa dan alami kebahagiaan trtinggi nirvana??? So what mencpai nirvana?? Cmiiw.
CMIIW.FMIIW.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Mahaparinirvana Sutra dan Mahaparinibbana Sutta
« Reply #44 on: 29 May 2009, 01:25:21 PM »
tapi ada dukkha om.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days