//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan  (Read 36480 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #30 on: 21 August 2007, 03:11:44 PM »
viriya dan/atau faktor2 batin netral lainnya (7 yg selalu ada dan 6 yg muncul kadang2) + lobha & moha atau + dosa & moha = tanha

jadi semuanya akan blending/bercampur jadi 1....... viriya + alobha,adosa dan amoha yg sebelumnya disebutkan adalah keinginan untuk melenyapkan penderitaan....

mungkin bro sumedho bisa cari2 tau dulu mengenai konsep citta dan cetasika serta hubungannya dengan keinginan???? biar lebih jelas dan nyambung gitu????

soalnya konsep ini, jika diterangkan secara mendetail, ga akan bisa dilakukan secara tulisan begini.......

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #31 on: 21 August 2007, 03:35:48 PM »
Nah kalo gini baru bener, sesuai ama yg saya tahu

awalnya bingung dengan pernyataan ini

Quote
Penyebab penderitaan adalah Keinginan = Tanha

Namun keinginan untuk melenyapkan penderitaan, bukan Tanha melainkan Viriya.....

Cirinya gampang aja kok... Viriya ini akan bersekutu dengan Alobha, Adosa dan Amoha....

Yang ditangkep dari pernyataan atas itu "Keinginan untuk melenyapkan penderitaan = viriya"
There is no place like 127.0.0.1

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #32 on: 21 August 2007, 04:03:11 PM »
soalnya nangkepnya setengah2 bro....

padahal di bawahnya udah gw tambahin.... Viriya ini akan bersekutu dengan Alobha, Adosa dan Amoha  ;D

yah eniwei.... anumodana atas koreksinya......
« Last Edit: 21 August 2007, 04:07:16 PM by markosprawira »

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #33 on: 21 August 2007, 04:12:38 PM »
oh, gitu toh. maap2x  8)
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #34 on: 24 August 2007, 06:31:29 PM »
dhamma itu bagaikan rakit yang digunakan untuk menyeberang, melekatlah pada dhamma sampai ke seberang, baru dilepaskan..

keinginan itu bagaikan rakit yang digunakan untuk menyeberang, melekatlah pada keinginan sampai ke seberang, baru dilepaskan.. 

Kalau tidak salah, saya pernah baca salah satu ceramah Ajahn Chah. Kira2 begini isinya: "Keinginan untuk berbuat baik itu juga merupakan tanha. Biarkan keinginan untuk berbuat baik itu ada. Pada awalnya memang tanha, tetapi kemudian akan berubah menjadi parami (kebajikan).." CMIIW..

Bro Sumedho, bisa bantu cari sumbernya di ceramah yang mana?  :)

Mungkin ini juga yang ada di benak Pertapa Sumedha ketika bertekad untuk menjadi Sammasambuddha di hadapan Buddha Dipankara. Tekad itu diawali oleh keinginan untuk membantu makhluk lain terbebas dari penderitaan.

Pada awalnya memang merupakan keinginan, lalu sejak saat itu mulai mengumpulkan kebajikan sedikit demi sedikit selama banyak sekali kehidupan hingga kebajikan itu sempurna pada kehidupannya sebagai Vesantara yang mendanakan anak dan istri. Setelah itu Bodhisatta terlahir di Surga Tusita, dan akhirnya terlahir sebagai Siddhartha yang kemudian menjadi Buddha Gotama..

Seandainya tidak diawali oleh keinginan, mungkin Pertapa Sumedha tidak menjadi Buddha Gotama.. Mungkin saja..
Dan ketika sudah menjadi Buddha, keinginan itu dilepaskan..
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #35 on: 24 August 2007, 08:36:55 PM »
Sebenarnya ketika orang belum tercerahkan, selalu ada tanha dan keinginan2x. Orang tercerahkan ketika keinginan2x itu hilang.

Potongan tulisan ajahn chah-nya yang ini yah

Quote
Right Practice - Steady Practice1

Wat Wana Potiyahn2 here is certainly very peaceful, but this is meaningless if our minds are not calm. All places are peaceful. That some may seem distracting is because of our minds. However, a quiet place can help to become calm, by giving one the opportunity to train and thus harmonize with its calm.

You should all bear in mind that this practice is difficult. To train other things is not so difficult, it's easy, but the human mind is hard to train. The Lord Buddha trained his mind. The mind is the important thing. Everything within this body-mind system comes together at the mind. The eyes, ears, nose, tongue and body all receive sensations and send them into the mind, which is the supervisor of all the other sense organs. Therefore it is important to train the mind. If the mind is well trained all problems come to an end. If there are still problems it's because the mind still doubts, it doesn't know in accordance with the truth. That is why there are problems.

So recognize that all of you have come fully prepared for practicing Dhamma. Whether standing, walking, sitting or reclining, the tools you need with which to practice are well-provided, wherever you are. They are there, just like the Dhamma. The Dhamma is something which abounds everywhere. Right here, on land or in water... wherever... the Dhamma is always there. The Dhamma is perfect and complete, but it's our practice that's not yet complete.

The Lord, Fully Enlightened Buddha taught a means by which all of us may practice and come to know this Dhamma. It isn't a big thing, only a small thing, but it's right. For example, look at hair. If we know even one strand of hair, then we know every strand, both our own and also that of others. We know that they are all simply ''hair.'' By knowing one strand of hair we know it all.

Or consider people. If we see the true nature of conditions within ourselves then we know all the other people in the world also, because all people are the same. Dhamma is like this. It's a small thing and yet it's big. That is, to see the truth of one condition is to see the truth of them all. When we know the truth as it is all problems come to an end.

Nevertheless, the training is difficult. Why is it difficult? It's difficult because of wanting, tanhā. If you don't ''want'' then you don't practice. But if you practice out of desire you won't see the Dhamma. Think about it, all of you. If you don't want to practice you can't practice. You must first want to practice in order to actually do the practice. Whether stepping forward or stepping back you meet desire. This is why the cultivators of the past have said that this practice is something that's extremely difficult to do.

You don't see Dhamma because of desire. Sometimes desire is very strong, you want to see the Dhamma immediately, but the Dhamma is not your mind - your mind is not yet Dhamma. The Dhamma is one thing and the mind is another. It's not that whatever you like is Dhamma and whatever you don't like isn't. That's not the way it goes.

Actually this mind of ours is simply a condition of nature, like a tree in the forest. If you want a plank or a beam it must come from the tree, but the tree is still only a tree. It's not yet a beam or a plank. Before it can really be of use to us we must take that tree and saw it into beams or planks. It's the same tree but it becomes transformed into something else. Intrinsically it's just a tree, a condition of nature. But in its raw state it isn't yet of much use to those who need timber. Our mind is like this. It is a condition of nature. As such it perceives thoughts, it discriminates into beautiful and ugly and so on.


Footnotes
...1
Given at Wat Keuan to a group of university students who had taken temporary ordination, during the hot season of 1978
... Potiyahn2
One of the many branch monasteries of Ajahn Chah's main monastery, Wat Pah Pong.
... transcendence3
Concept (sammuti) refers to supposed or provisional reality, while transcendence (vimutti) refers to the liberation from attachment to or delusion within it.
...'s4
Māra: the Buddhist personification of evil, the Tempter, that force which opposes any attempts to develop goodness and virtue.
... another5
The play on words here between the Thai ''phadtibut'' (practice) and ''wibut'' (disaster) is lost in the English.
...attakilamathānuyogo6
These are the two extremes pointed out as wrong paths by the Buddha in his First Discourse. They are normally rendered as ''indulgence in sense pleasures'' and ''self-mortification.''
...pa-kow7
Pa-kow: an eight-precept postulant, who often lives with bhikkhus and, in addition to his own meditation practice, also helps them with certain services which bhikkhus are forbidden by the Vinaya from doing.
« Last Edit: 24 August 2007, 08:40:04 PM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #36 on: 25 August 2007, 10:16:10 AM »
Seingat saya, Ajahn Chah sempat menyebut kata "parami" di ceramah yg saya baca.. Mungkin itu ceramah yg lain. Maklum, ceramah beliau memang banyak sekali..  ;)

Kutipan ceramah "Right Practice - Steady Practice1" juga bagus.
If you don't ''want'' then you don't practice. But if you practice out of desire you won't see the Dhamma.

Menurut pendapat saya, mungkin maksud Ajahn Chah: tenang saja jika punya keinginan untuk melenyapkan penderitaan. Kalau tidak ingin, maka tidak ada usaha untuk melenyapkan penderitaan..

Ada yang punya pendapat lain?
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline davit_c

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 108
  • Reputasi: 2
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #37 on: 25 August 2007, 12:53:29 PM »
Ada analogi juga jika tidak memiliki keinginan untuk melenyapkan penderitaan, dia seperti cacing di dalam kotoran... dia merasa nyaman di dalam kotoran itu...

Offline indavadi

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #38 on: 28 August 2007, 10:37:31 AM »
Janganlah penderitaan itu dilenyapkan!!, karena penderitaan adalah kebahagiaan, kebahagiaan bermula dari penderitaan, bagaimana mungkin mencapai kebahagiaan tanpa disertai penderitaan? lenyapkanlah pandangan yang memandang adanya penderitaan serta kebahagiaan, serta lenyapkanlah pandangan bahwa penderitaan harus dilenyapkan, lenyapkanlah semuanya, seperti anda menghembuskan udara pada sebatang lilin yang menyala.

Biarkan semua berjalan sebagaimana mestinya. Karena sebenarnya dunia ini tidaklah ada penderitaan dan kebahagiaan, tetapi yang ada adalah pandangan yang memandang adanya kebahagiaan dan penderitaan.
Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitatta

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #39 on: 28 August 2007, 05:35:42 PM »
Ada analogi juga jika tidak memiliki keinginan untuk melenyapkan penderitaan, dia seperti cacing di dalam kotoran... dia merasa nyaman di dalam kotoran itu...

menurut saya ada 2 keinginan,

ada keinginan untuk melenyapkan penderitaan, ini baik;
ada keinginan untuk mempertebal kemelekatan kita, ini yg buruk;

kita yg mengarahkan keinginan itu, misalkan kita menginginkan rumah yg indah, mewah, bersih, minimalis tapi kemampuan materi kita tidak ada, semakin kita memperbesar keinginan itu [bagus seh untuk motivasi] semakin menderita kita ketika keinginan itu akhirnya tidak tercapai/terwujud. emang ada beberapa orang yg dapat mencapainya, tapi kecil sekali presentasenya [faktor luck yg berhubungan dengan Kamma/Karma jg]

ada jg keinginan untuk dapat tenang dalam bermeditasi, semakin kita mengejar ketenangan, semakin pikiran kita dibuat kacau, disitu yg muncul adalah penderitaan, kekecewaan, jenuh, bosan, ngantuk, malas dan lainnya.

karena pikiran semakin aktif ketika kita berkeinginan untuk tenang, padahal yg kita harapkan adalah ketenangan [kondisi pikiran bersifat pasif] apakah bisa kita mencapai ketenangan sedangkan pikiran kita aktif mencari dan mencari ketenangan itu ? ibarat kita ingin menenangkan air yg bergelombang, tapi kita tidak mendiamkan air itu, yg kita lakukan adalah mengaduk air itu, yg terjadi air semakin bergelombang dan keruh karena kotoran naik ke permukaan.

tapi pada saat kita berkeinginan untuk melepas hal tersebut, kita dapat mengikuti arah dengan benar, maka yg kita peroleh ketenangan, kebahagiaan. ini adalah keinginan yg sederhana yg baik tersebut.

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #40 on: 29 August 2007, 05:56:55 PM »
Mungkin yang dimaksudkan oleh
Janganlah penderitaan itu dilenyapkan!!, karena penderitaan adalah kebahagiaan, kebahagiaan bermula dari penderitaan, bagaimana mungkin mencapai kebahagiaan tanpa disertai penderitaan? lenyapkanlah pandangan yang memandang adanya penderitaan serta kebahagiaan, serta lenyapkanlah pandangan bahwa penderitaan harus dilenyapkan, lenyapkanlah semuanya, seperti anda menghembuskan udara pada sebatang lilin yang menyala.

Biarkan semua berjalan sebagaimana mestinya. Karena sebenarnya dunia ini tidaklah ada penderitaan dan kebahagiaan, tetapi yang ada adalah pandangan yang memandang adanya kebahagiaan dan penderitaan.

hm.. jadi ingat ceramah Ajahn Chah lagi...  :)

Menurut Ajahn Chah, ada 2 macam penderitaan:
1. penderitaan yang menimbulkan penderitaan baru
2. penderitaan yang membebaskan dari penderitaan

Mungkin yang dimaksud Indavadi adalah penderitaan yang jenis kedua.
Kalau memang demikian, maka saya setuju..
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Pooh

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 15
  • Reputasi: 2
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #41 on: 30 August 2007, 11:16:24 AM »
Seorang atheis, yang kebetulan juga seorang intelektual, menemui Guru
 dan mengatakan kalau dia tidak mempercayai Keberadaan Tuhan, lewat
 berbagai argumentasi intelektualnya.

Dengan tekun Guru mendengar semua paparannya yang panjang-lebar,
 dilengkapi dengan berbagai bukti-bukti dan sangat logis itu. Beliau tak
 memberi komentar apapun.

Setelah puas menyampaikan pandangannya itu, sang intelektual-atheis
 berkata:

"Bagaimana pandangan Tuan?"

"Sejak awal saya mendengar Anda menegaskan lagi Keberadaan-Nya, secara
 negatif".

Dalam suatu kesempatan lain, Guru berkata kepada parasiswanya:

"Untuk bisa disangkal, sesuatu itu harus `ada'. Kita takbisa, dan
 karenanya memang tak perlu, menyangkal keberadaan darisesuatu yang memang
 `tidak ada' bukan? Menyangkal keberadaan Tuhan —yang juga adalah
 Keberadaan Hakiki itu sendiri— justru merupakan cara lain penegasan dari
 Keberadaan-Nya".

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #42 on: 30 August 2007, 12:40:23 PM »
Seorang atheis, yang kebetulan juga seorang intelektual, menemui Guru
 dan mengatakan kalau dia tidak mempercayai Keberadaan Tuhan, lewat
 berbagai argumentasi intelektualnya.

Dengan tekun Guru mendengar semua paparannya yang panjang-lebar,
 dilengkapi dengan berbagai bukti-bukti dan sangat logis itu. Beliau tak
 memberi komentar apapun.

Setelah puas menyampaikan pandangannya itu, sang intelektual-atheis
 berkata:

"Bagaimana pandangan Tuan?"

"Sejak awal saya mendengar Anda menegaskan lagi Keberadaan-Nya, secara
 negatif".

Dalam suatu kesempatan lain, Guru berkata kepada parasiswanya:

"Untuk bisa disangkal, sesuatu itu harus `ada'. Kita takbisa, dan
 karenanya memang tak perlu, menyangkal keberadaan darisesuatu yang memang
 `tidak ada' bukan? Menyangkal keberadaan Tuhan —yang juga adalah
 Keberadaan Hakiki itu sendiri— justru merupakan cara lain penegasan dari
 Keberadaan-Nya".

Permainan kata2x tuh :)

Monyet 100 kaki itu tidak ada. Kalau kita menyangkal itu artinya monyet 100 kaki itu ada :))

kalau misalnya ada padanan kata yang sama dengan 'tidak ada' maka kalau kita bilang tidak 'tidak ada' maka itu 'tidak ada'
 ^-^
« Last Edit: 30 August 2007, 12:54:52 PM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #43 on: 30 August 2007, 01:12:27 PM »
Mungkin yang dimaksudkan oleh
Janganlah penderitaan itu dilenyapkan!!, karena penderitaan adalah kebahagiaan, kebahagiaan bermula dari penderitaan, bagaimana mungkin mencapai kebahagiaan tanpa disertai penderitaan? lenyapkanlah pandangan yang memandang adanya penderitaan serta kebahagiaan, serta lenyapkanlah pandangan bahwa penderitaan harus dilenyapkan, lenyapkanlah semuanya, seperti anda menghembuskan udara pada sebatang lilin yang menyala.

Biarkan semua berjalan sebagaimana mestinya. Karena sebenarnya dunia ini tidaklah ada penderitaan dan kebahagiaan, tetapi yang ada adalah pandangan yang memandang adanya kebahagiaan dan penderitaan.

hm.. jadi ingat ceramah Ajahn Chah lagi...  :)

Menurut Ajahn Chah, ada 2 macam penderitaan:
1. penderitaan yang menimbulkan penderitaan baru
2. penderitaan yang membebaskan dari penderitaan

Mungkin yang dimaksud Indavadi adalah penderitaan yang jenis kedua.
Kalau memang demikian, maka saya setuju..

akan lebih jelas jika dilihat secara batinnya, bahwa dalam menanggapi dukkha (gantinya penderitaan), maka orang akan :
1. menanggapi dengan negatif...... ini yang nantinya akan membuat dukkha akan terus berkepanjangan
2.menanggapi dengan melihat apa adanya.... bahwa sebenarnya dukkha itu adalah fenomena yang pasti akan terjadi.....

Ajahn Chah adalah praktisi vipassana yg tentunya sudah sangat mahir dalam mengamati proses seperti ini........

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: Keinginan untuk melenyapkan penderitaan
« Reply #44 on: 30 August 2007, 09:46:21 PM »
Seorang atheis, yang kebetulan juga seorang intelektual, menemui Guru
 dan mengatakan kalau dia tidak mempercayai Keberadaan Tuhan, lewat
 berbagai argumentasi intelektualnya.

Dengan tekun Guru mendengar semua paparannya yang panjang-lebar,
 dilengkapi dengan berbagai bukti-bukti dan sangat logis itu. Beliau tak
 memberi komentar apapun.

Setelah puas menyampaikan pandangannya itu, sang intelektual-atheis
 berkata:

"Bagaimana pandangan Tuan?"

"Sejak awal saya mendengar Anda menegaskan lagi Keberadaan-Nya, secara
 negatif".

Dalam suatu kesempatan lain, Guru berkata kepada parasiswanya:

"Untuk bisa disangkal, sesuatu itu harus `ada'. Kita takbisa, dan
 karenanya memang tak perlu, menyangkal keberadaan darisesuatu yang memang
 `tidak ada' bukan? Menyangkal keberadaan Tuhan —yang juga adalah
 Keberadaan Hakiki itu sendiri— justru merupakan cara lain penegasan dari
 Keberadaan-Nya".


bukan saya ga suka pemikiran di atas tapi bagi saya tulisan diatas cm konsep bodoh yg diterima oleh orang yg berpikir sempit. [karena si guru bodoh tidak bisa menyangkal pemikiran orang atheis akan tuhan, sehingga ia memutar otak bermain kata" untuk dapat memberikan jawaban yg di paksakan pas/cocok untuk menjawab penyangkalan tersebut, walau ia tau, ia tidak dapat menyangkalnya]

jika saya menyangkal keberadaan superman sebagai imajinasi, berarti itu merupakan cara lain penegasan bahwa superman itu ada ! apakah benar demikian ? jadi superman itu ada atau tidak ?

kita tidak perlu menyangkal keberadaan si tuhan, karena itu menyatakan bahwa tuhan itu tidak ada, betul ? seperti kata anda bahwa jika tidak ada, maka tidak perlu menyangkal keberadaan si tuhan, jika demikian sarankan aja ke pemeluk agama Samawi untuk ber-rame" menyangkal keberadaan si tuhan.

yg saya lucu lagi, apa hubungan antara "keinginan untuk melenyapkan penderitaan" dengan "menyangkal keberadaan tuhan" ?