//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????  (Read 29271 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« on: 22 August 2009, 10:40:43 AM »
karena ini diskusi sutra jadi saya bahas disini,

Quote
"Subhuti, bagaimana pendapatmu, apakah seorang yang telah mencapai tingkat Arhat boleh
mempunyai pikiran "Aku telah memperoleh Ke-arhat-an?"

Subhuti menjawab : "Tidak boleh, Yang Dijunjungi! Karena sebenarnya tidak ada Dharma yang
dinamakan Arhat. Yang Dijunjungi, apabila seorang Arhat mempunyai pikiran bahwa "Aku telah
mencapai Ke-arhat-an" itu berarti masih ada kemelekatan pada diri, manusia, makhluk hidup, dan kehidupan. Yang Dijunjungi, dengan berhasilnya aku menjalankan Samadhi "Tanpa Pertentangan", Hyang Buddha mengatakan bahwa aku adalah yang terunggul di antara manusia, bahwa aku adalah Arhat yang terunggul dalam membebaskan diri dari segala nafsu keinginan. Yang Dijunjungi, aku tak pernah berpikir "Aku adalah seorang Arhat yang terbebas dari nafsu keinginan". Jika aku mempunyai pikiran "Aku telah mencapai Ke-arhat-an", Yang Dijunjungi tidak akan berkata bahwa Subhuti adalah orang yang paling berhasil menjalankan ketenangan. Karena Subhuti justru tidak merasa menjalankan kehidupan pertapaan, Ia telah diberi nama Subhuti, yang gemar menjalankan ketenangan.

dan kemudian...

Quote
Kemudian Subhuti bertanya pada para bhikshu ini, “Para tetua, apakah kalian pernah mencapai atau merealisasi sesuatu?”
Para bhikshu menjawab, “Hanya orang-orang yang sombong yang akan mengaku mereka telah mencapai dan merealisasi sesuatu. Bagi seorang umat beragama yang rendah hati, tidak ada yang dicapai atau direalisasikan. Lalu, bagaimana seseorang yang seperti ini berpikir untuk mengatakan dirinya sendiri, ‘Inilah yang telah kucapai; inilah yang telah kurealisasikan’? Jika gagasan seperti ini muncul dalam dirinya, maka ini adalah perbuatan setan.”

dan lagi dalam beberapa Digha nikaya[ terjemahan DC ] alias dari bro Indra...tidak jarang tertulis pernyataan sang Bhagava mengenai pencapaian nya,, ini saya kutip dari potthapada Sutta

Quote
Apakah itu, Bhagavà, pemadaman kesadaran yang lebih tinggi?’
7. ‘Dalam masalah ini, Poññhapàda, para petapa dan Brahmana yang mengatakan persepsi seseorang muncul dan lenyap tanpa sebab dan kondisi adalah salah besar. Mengapakah? Persepsi seseorang muncul dan lenyap [181] karena suatu sebab dan kondisi. Beberapa persepsi muncul melalui latihan, dan beberapa lenyap melalui latihan.’ ‘Apakah latihan?’ Sang Bhagavà berkata. ‘Poññhapàda, seorang Tathàgata telah muncul di dunia ini, seorang Arahat, Buddha yang telah mencapai Penerangan Sempurna, memiliki kebijaksanaan dan perilaku yang Sempurna, telah sempurna menempuh Sang Jalan, Pengenal seluruh alam, penjinak manusia yang harus dijinakkan yang tiada bandingnya, Guru para dewa dan manusia, Tercerahkan dan Terberkahi. Beliau, setelah mencapainya dengan pengetahuan-Nya sendiri, menyatakan kepada dunia bersama para dewa, màra dan Brahma, para raja dan umat manusia. Beliau membabarkan Dhamma, yang indah di awal, indah di pertengahan, indah di akhir, dalam makna dan kata, dan menunjukkan kehidupan suci yang sempurna dan murni sepenuhnya.

belum lagi LuantaMahaboowa seorang guru besar di Thailand pernah menyatakan pencapaian Arahat nya depan publik...
adakah yg bisa menjelaskan kepada saya?
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #1 on: 22 August 2009, 10:57:37 AM »
tolong diperjelas maksud pertanyaan anda...apakah merujuk bahwa Sang Buddha plin plan disatu sisi tidak ngomong kesucian di satu sisi malah pamer...trus Sang Buddha itu setan...maksudnya apa?
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.197
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #2 on: 22 August 2009, 11:01:02 AM »
klo gw menyatakan gw seorang arahat atau paling tidak sotapanna itu namanya sombong

tetapi klo sang buddha menyatakan/auman singa bahwa beliau adalah sang tathagata itu menunjukan kebenaran/kenyataan yang ada.

jelas bedanya?

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #3 on: 22 August 2009, 11:12:00 AM »
klo gw menyatakan gw seorang arahat atau paling tidak sotapanna itu namanya sombong

tetapi klo sang buddha menyatakan/auman singa bahwa beliau adalah sang tathagata itu menunjukan kebenaran/kenyataan yang ada.

jelas bedanya?

kalo om hendra bilang kek gitu bukan sombong tapi bohong hahaha...
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #4 on: 22 August 2009, 11:21:09 AM »
Bro Mercy,

judulnya provokatif
« Last Edit: 22 August 2009, 12:04:23 PM by Indra »

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #5 on: 22 August 2009, 11:26:03 AM »
yg quote terakhir... ane gak nyangkut dimana pernyataan dirinya ???
i'm just a mammal with troubled soul



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #6 on: 22 August 2009, 11:30:58 AM »
Quote
Ketika Buddha pergi dari Mahàbodhi menuju Vàràõasã dengan berjalan kaki. Petapa Upaka yang melakukan perjalanan antara Mahàbodhi dan Buddhagayà melihat dan mendekati Buddha, berkata, “Teman, bagian tubuh-Mu, mata, telinga, hidung, lidah, tubuh, dan pikiran-Mu begitu jernih, kulit-Mu juga begitu bersih dan bercahaya. Teman-Ku, dari siapakah Engkau belajar? Siapakah guru-Mu? Dhamma siapakah yang Engkau pelajari?” Buddha memberikan jawaban kepada Petapa Upaka dalam syair berikut:
(1) Sabbàbhibhå sabbàvidå’ham asmi;
sabbesu dhammesu ampalitto.
Sabba¤’jaho taõhà’kkhaye vimutto;
sayaÿ Abhi¤¤àya kam uddiseyyaÿ.
Upaka, Aku, Buddha, telah menguasai semua Dhamma di tiga alam dan memiliki Kesempurnaan dan pengetahuan yang lengkap mengenai segalanya; Aku juga telah terbebas dari noda kilesa, seperti keserakahan, perbuatan jahat, kebodohan, dan lain-lain sehubungan dengan tiga bentuk kelahiran (tebhåmaka Dhamma). Aku telah menyingkirkan semua tebhåmaka Dhamma. Aku juga telah aman dalam Nibbàna di mana taõhà padam. Sebagai seorang yang telah menembus semua Dhamma oleh diri sendiri, tanpa diajarkan oleh orang lain, siapa yang dapat Kusebut, ‘Dia adalah guru-Ku’, yang sebenarnya tidak ada.
(2) Na me àcariyo atthi;
sadiso me na vijjati.
Sadevakasmim lokasmiÿ;
n’atthi me patipuggalo.
Upaka, tidak ada guru bagi-Ku. (Tidak ada guru yang dapat melebihi-Ku). Bahkan tidak ada yang sebanding dengan-Ku. Tidak ada satu pun di dunia ini makhluk-makhluk, termasuk dewa, yang
694
Riwayat Agung Para Buddha
dapat menyamai-Ku dalam hal kualitas seperti sãla, dan lain-lain.
(3) Ahaÿ hi Arahà loke;
ahaÿ satthà anuttaro.
Eko’mhi Sammàsambhuddo;
sitibhåto’smi nibbuto.
Upaka, Aku adalah Arahanta di dunia ini, seorang yang layak menerima penghormatan istimewa. Aku juga seorang guru yang luar biasa dan tidak ada bandingnya bagi manusia dan dewa di dunia ini. Karena Aku dapat melihat dengan Sayambhu¥àõa semua Dhamma tanpa kesalahan, Aku adalah yang tertinggi yang telah mencapai Pencerahan Sempurna. Aku juga seorang yang telah memadamkan api kilesa.
(4) Dhammacakkaÿ pavattetuÿ;
gacchàmi kasiõaÿ puraÿ.
Andhibhåtasmiÿ lokasmiÿ;
àhanchaÿ amatadundubiÿ.
Upaka, Aku akan pergi ke Taman Rusa Isipatana dekat Vàràõasã di Negara Kasi untuk memutar Roda Dhamma. Aku akan menabuh genderang besar keabadian bagi semua dewa dan manusia yang, tanpa mata kebijaksanaan, meraba-raba seperti orang buta.
Setelah itu, Petapa Upaka berkata, “Temanku, Jika apa yang Engkau katakan itu benar, Engkau pastilah seorang yang memiliki kebijaksanaan yang tidak terbatas (Ananta ¥àõa) dan yang telah menaklukkan lima kejahatan (Màra).
Buddha menjawab:
(5) Màdisà ve Jinà honti;
ye pattà àsavakkhayaÿ.
Jità me pàpakà dhammà;
tasmà’ham Upaka jino.
Upaka, para Buddha seperti diri-Ku disebut penakluk (Jina) karena
695
Buddha Merenungkan Dhamma
mereka telah mencapai Arahatta-Magga ¥àõa, padamnya empat àsava dan telah melenyapkan faktor-faktor jahat (akusala-Dhamma). Aku juga dikenal dengan nama Jina, karena, seperti para Buddha lainnya, Aku telah mencapai Pengetahuan mengenai padamnya àsava, âsavakkhaya (Arahatta-Magga) ¥àõa, dan melenyapkan akusala-Dhamma.
Selanjutnya, Petapa Upaka berkata, “Temanku, apa yang Engkau katakan pasti benar!” Menganggukkan kepalanya dan mengambil jalan lain menuju Negara Vankahara. Kesempatan untuk berdialog dan berdiskusi dengan Buddha terbukti merupakan faktor yang bermanfaat baginya untuk melepaskan keduniawian kelak. Benar! Upaka sebenarnya adalah seorang yang memiliki jasa yang luar biasa (Adhikàra). Karena alasan inilah, Buddha melakukan perjalanan dengan berjalan kaki untuk berjumpa dengannya dalam perjalanan.
(Mereka yang mendengarkan kata-kata Dhamma dari Buddha sebelum Buddha membabarkan khotbah Dhammacakka tidak akan mencapai Magga-Phala. Mereka hanya memperoleh keinginan (vàsanà) untuk berusaha menembus Dhamma. Hal ini adalah suatu dhammatà; dan demikianlah Upaka tidak mencapai Magga-Phala walaupun ia telah mendengar kata-kata Dhamma sehubungan dengan kualitas Buddha; ia hanya menikmati manfaat berupa keinginan untuk menjadi bhikkhu setelah itu.)

ini pertama kali sang buddha menyatakan dirinya sebagai Buddha kepada makhluk lain <--  cmiiw

disitu terlihat sang buddha tidak menyatakan langsung, tapi dari upaka dululah yg menanyakan langsung.....
i'm just a mammal with troubled soul



Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #7 on: 22 August 2009, 11:34:44 AM »
apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
Bukan !!!!

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #8 on: 22 August 2009, 11:38:16 AM »
^


mungkin kata setan itu dipakai untuk mewakili keserakahan (lobha)...

orang yg menyatakan diri sebagai bla bla bla.. dengan cetana untuk mendapat rasa hormat dari orang lain, kedudukan atau apapun itu adalah salah satu bentuk keserakahan..

maka itu para bhiksu yg ditanya si Subhuti menggambarkan sifat tersebut seperti sifat SETAN...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #9 on: 22 August 2009, 11:38:48 AM »
karena ini diskusi sutra jadi saya bahas disini,

Kemudian Subhuti bertanya pada para bhikshu ini, “Para tetua, apakah kalian pernah mencapai atau merealisasi sesuatu?”
Para bhikshu menjawab, “Hanya orang-orang yang sombong yang akan mengaku mereka telah mencapai dan merealisasi sesuatu. Bagi seorang umat beragama yang rendah hati, tidak ada yang dicapai atau direalisasikan. Lalu, bagaimana seseorang yang seperti ini berpikir untuk mengatakan dirinya sendiri, ‘Inilah yang telah kucapai; inilah yang telah kurealisasikan’? Jika gagasan seperti ini muncul dalam dirinya, maka ini adalah perbuatan setan.”

Seorang Arahat tidak pernah menyalahkan atau menjeleki makhluk -makhluk lain walaupun Makhluk Setan/Peta
Jadi kalau ada kutipan kata2 yang di Bold ada dalam suatu kitab suci, berarti KITAB ITU YANG ADA MASALAH DALAM HAL KEBENARANNYA !

setan kok disalahin ! bisa jadi penghuni alam peta/setan juga asal muasal kebanyakan dari alam manusia :)

Mengenai Luangta Mahabowa, saya pernah mendengar saja dari yang mengetahui terjemahan bahasa Thai, dimana ada pernyataan dari beliau sendiri dan terjadi waktu masa Vassa ke 16, beliau mengatakan bahwa 'Bathin dan Kilesa Beliau, terlihat dengan jelas sudah TERPISAH.

Kira-kira apa maksud kata Bhante Mahabowa !, silahkan masing2 menterjemahkan sendiri. ;D
 _/\_
« Last Edit: 22 August 2009, 12:12:02 PM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #10 on: 22 August 2009, 12:02:00 PM »
susah untuk menalar 100% arti dr tripitaka, kecuali kita sudah benar2 merealisasikan apa itu nibanna... yg ada kita berspekulasi mengenai tulisan2 yg ada...

klo menurut sy, buddha menanyakan pendapat dr subhuti dan subhuti menyatakan pendapatnya mengenai pencapaian Arahat, dilain kesempatan subhuti jg menanyakan pendapat dr bhikkhu lain mengenai pencapaian Arahat...

ketika buddha menyatakan pencapaian kearahatannya, sy melihat ada nya kekhususan tuk seorang yg telah mencapai kesempurnaan dan informasi yg disampaikan dapat memberikan kebahagiaan kepada mahluk lain...

yg menjadi pertanyaan pokok, apakah masih ada kekotoran bathin yaitu kesombongan dalam diri seseorang yg telah mencapai tingkat kesucian arahat ? padahal dr referensi yg ada justru ketika seseorang telah mencapai tingkat kesucian arahat, maka kekotoran bathin tersebut telah lenyap/dikikis, ada hal yg bertolak belakang.
« Last Edit: 22 August 2009, 12:04:40 PM by dhanuttono »

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.197
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #11 on: 22 August 2009, 12:12:35 PM »
klo gw menyatakan gw seorang arahat atau paling tidak sotapanna itu namanya sombong

tetapi klo sang buddha menyatakan/auman singa bahwa beliau adalah sang tathagata itu menunjukan kebenaran/kenyataan yang ada.

jelas bedanya?

kalo om hendra bilang kek gitu bukan sombong tapi bohong hahaha...

:))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #12 on: 22 August 2009, 12:16:21 PM »
mungkin perlu diingat bahwa Vinaya berlaku untuk para bhikkhu, Buddha tidak terikat Vinaya.
contohnya para bhikkhu menurut vinaya tidak boleh pamer kesaktian, tapi Sang Buddha boleh

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #13 on: 22 August 2009, 12:18:07 PM »
tapi bukan hanya karena Buddha tidak terikat vinaya saja..

tapi dilihat dari cetana sang Buddha.. yaitu untuk "Kebahagiaan semua Makhluk"...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #14 on: 22 August 2009, 12:19:32 PM »
mungkin perlu diingat bahwa Vinaya berlaku untuk para bhikkhu, Buddha tidak terikat Vinaya.
contohnya para bhikkhu menurut vinaya tidak boleh pamer kesaktian, tapi Sang Buddha boleh

ga valid bisa menimbulkan banyak presepsi bro...nanti kata2 kek ginian bisa diputerbalikken.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.