//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - dhammasiri

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 [8] 9 10 11 12 13 14 15 ... 31
106
Pertama2 saya ingin mengucapkan selamat Waisak 2010 kepada semua fans/pengguna DUBD. Semoga kalian semua mencapai kebebasan, cepat atau lambat.
Saya telah merevisi DUBD. Kali ini, saya telah membuat shortcuts untuk font dengan diakritical marks. Saya juga telah menambahkan Manual of Buddhist Terms ke dalam DUBD. Silakan download DUBD versi baru di sini:
DUBD Versi 2.4

107
Tolong ! / Apakah Mungkin Menginstall Mac OS di Asus Laptop?
« on: 23 May 2010, 06:26:00 AM »
Teman-teman,
Saya sama sekali tidak mengerti OS selain Windoxs XP/7. Saya ingin menggunakan Linux tapi masih belum berani coba. Kalau Linux jelas bisa diinstall di Asus Laptop atau yang lainnya. Pertanyaan Saya, apakah mungkin atau bisakah saya menginstall MAC OS pad Asus Laptop? Kalau memang bisa saya ingin mencobanya.
Thanks.

108
Thank you atas fotonya.

109
Lho bhantenya mana?

110
Kalau itu sih sudah. Tetapi saya maunya, tanpa menginstall font-driver, user bisa langsung mengakses diacritical marks.

111
Teman-teman,
Saya butuh bantuan. Sementara ini saya sedang bekerja untuk membuat hotkey atau shortcut untuk diacritical marks seperti ā, ī, ū dst. Kalau menggunakan button, saya sudah bisa. Tetapi kalau menggunakan cara ini secara langsung di textbox, saya selalu mendapatkan double karakter. Misalnya, saya membuat shortcut Shift + Alt + a = Ā. Akan tetapi hasil yang akan saya dapatkan adalah ĀĀ pada textbox. Mungkinkah ada teman-teman yang bisa membantu untuk menyelesaikan masalah ini? Berikut ini adalah sourcecodenya:
Code: [Select]
Private Sub txtfind_KeyDown(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyEventArgs) Handles txtfind.KeyDown
If e.Alt Then
            If e.KeyCode = Keys.A Then
                txtfind.Text += "Ā"
            End If
End If
End Sub

Atau
Code: [Select]
Private Sub txtfind_KeyDown(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyEventArgs) Handles txtfind.KeyDown
If e.Alt Then
            If e.KeyCode = Keys.A Then
                txtfind.Text += FontHelp.btn1a.Text
            End If
End If
End Sub
Thanks.

112
Sepertinya tatacara kebaktian tiap negara berbeda yah?

Setahu saya di Sri Lanka umat tidak perlu membaca sutta saat kebaktian.

113
/namaste, Samanera mungkin Budaya Indonesia salah satunya Wisudi Upasaka/Upasika.
IYa, di Sri Lanka tidak ada tradisi ini. Tidak tahu di negara lain. Mereka yang ingin menjadi umat Buddha ya sudah langsung aja praktik. Mereka juga tidak perlu mendapatkan nama Buddhist atau mengakui kepada yang lain bahwa dirinya adalah seorang praktisi Buddhist.

114
Ada tambahan lagi!Kaga tau di luar negeri ada atau tidak...

Sekolah minggu di vihara..
Di beberapa vihara,rutin diadakan sekolah minggu untuk anak2 atau untuk remaja...

ow iya, sekalian mo tanya, "format" tata cara kebaktian di indonesia apakah sama dengan tata cara kebaktian di negara lain?

Sekolah Minggu sih ada di banyak negara. Sri Lanka malah lebih keren lho sekolah minggunya.
Oh soal kebaktian, di Sri Lanka tidak ada kebaktian massal pada hari minggu. Kalau hari Uphosata, umat hanya datang ke vihara untuk mendengarkan ceramah dan memohon tuntunan atthasila.

115
Pengembangan DhammaCitta / Re: Usulan Penambahan Reputasi
« on: 12 May 2010, 07:29:46 AM »
15 hari saja. Biar reputasiku segera naik nih hahaha.

116
Mungkin sebagai tambahan:
1. Mengucapkan Namo Buddhāya sebagai salam saat bertemu juga bisa dikatakan sebagai budaya asli orang Indonesia.

117
Untuk teman-teman sedhamma, versi baru DUBD telah direlease. Kali ini, beberapa bugs telah diperbaiki dan juga telah ditambahkan dua kamus baru. Ini khusus untuk teman-teman dari Indonesia. Kamus tersebut adalah English-Indonesia dan Indonesia-English. Silakah kunjungi website DUBD untuk detailnya.

118
Samanera yang benar. Tetapi panggil Dhammasiri juga tidak apa2.
Di Sri Lanka tidak ada tuh Buddhaya memberikan nama Buddhist. Selama enam tahun di Sri Lanka, saya belum pernah bertemu dengan seorang umat Buddha pun yang mengatakan nama Buddhistnya ini atau itu. Para professor juga tidak pernah menyebutkan tradisi semacam ini.

119
Teman-teman,
Umat buddha di masing negara akan mempunyai kreativitas mereka masing-masing. Kreativitas tersebut diimplementasikan karena dengan alasan untuk survival, menarik orang-orang yang belum memeluk agama Buddha, mungkin alasan politik dan sudah barang tentu masih ada alasan lainnya.
Berikut ini ada beberapa ide budaya, karya asli umat Buddha Indonesia. Mungkin saja kreativitas semacam ini tidak akan ditemukan di negara lain.
1. Sang Hyang Adhi Buddha atau Nibbāna dianggap sebagai Tuhan
2. Detik-detik waisak
3. Pandita
4. Pemberian Nama Buddhist
5. Pengambilan api alam untuk perayaan waisak
6. Pengambilan air alami untuk perayaan waisak
7. Menjalankan atthasīla selama sebulan menjelang Waisak
8. Anjangsana untuk merayakan Waisak.
Itulah yang mungkin dapat dikatakan sebagai hasil karya umat Buddha Indonesia. Kalau memang saya salah, karena apa yang saya sebutkan diadopsi dari negara lain, mohon koreksinya. Saya juga sangat berharap agar teman-teman bisa memberikan kontribusi untuk menyebutkan apa saja yang dapat dikatakan sebagai karya asli Umat Buddha Indonesia.
Thanks.

120
Theravada / Re: Asavatthaniya Dhamma: Noda Kehidupan Sosial
« on: 06 May 2010, 09:29:25 AM »
 [at]  Upasaka: Artikel ini saya publikasikan di sini karena saat itu DC sedang dilanda bencana. Harapan saya, bisa meredam bencana yang sedang berlangsung. Setelah saya publikasikan di sini, Mami Ie Tjen minta artikle karena dia bilang masih kekurangan artikle. Ya, saya kasih artikle ini dengan harapan mereka yang tidak dapat mengakses versi online bisa mendapatkan lewat versi cetak.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 [8] 9 10 11 12 13 14 15 ... 31