//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah  (Read 17234 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Dhammapada

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Semangat Dalam Dhamma
Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« on: 22 September 2011, 12:29:38 PM »
 _/\_dapat dari FB  :)
-------------
Tulisan dibawah ini mencoba mengupas urut2an seperti yg tertera di Kitab Kejadian ( Genesis ) menurut ukuran Ilmiah , bila anda punya pendapat yang bisa saling melengkapi silahkan di komen, tapi kami Tidak akan mentoleransi bila ada hujatan2 masalah agama, bagi yang tidak setuju dengan cara pengupasan dlaam tulisan ini kami harap bisa tetap dgn elegant dlm membuat komen nya krn dari komen2 yg anda buat itu akan terlihat sampai dimana kah tingkat Intelegensi dan harga diri anda .
Sekali lagi kami Tidak menghendaki komen2 yg Kontroversial dan penuh dengan pertentangan.
Salam .
ad3

Tinjauan ttg Kejadian Bumi dan seisinya menurut urutan Teori Penciptaan di Kitab Genesis dan dari segi Ilmiah .

1. Pada mulanya Allah menciptakan Ruang dan Waktu (time and space). Karena sebelum itu tidak ada ruang, dan tidak ada waktu, hanya ada Allah Sang Pencipta.

2. Ruang dan waktu masih belum beraturan dan kosong. Gelap gulita menutupi angkasa dan Roh Allah melayang-layang di angkasa.

3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah Terang". Lalu Terang itupun jadilah , secara ilmiah terjadilah ledakan besar yang menerangi seluruh jagat raya, yang kemudian dalam ilmu pengetahuan disebut sebagai peristiwa Big Bang.

4. Alah melihat bahwa ledakan itu baik dan Allah menamai kondisi terang itu siang dan kondisi gelap sebagai malam. Dan setelah beribu2 atau jutaan Tahun, efek ledakan itu mereda dan itulah hari pertama.

5. Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala". Maka terjadilah reaksi nuklir yang dahsyat yang memancarkan cahaya yang sangat terang yang menandai hari kedua. Reaksi ini telah membentuk H2O dan H2O ini memiliki 3 bentuk yaitu air, es dan uap air di udara. Uap air akan cenderung mengapung diangkasa sedangkan air dan es menempel di segala material yang ada di bawahnya .

6. Lalu Allah menamai angkasa itu langit. Reaksi nuklir itu kemudian mereda dan cahaya itupun memudar, itulah hari kedua.

7. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Berkenaan dengan itu terjadilah ledakan yang sekali lagi menerangi seluruh jagad raya, yang mengubah bentuk dari seluruh Bintang berikut Planet2 nya dan semua zat2 di angkasa raya sehingga menyebabkan adanya gunung, lembah, danau, dan samudra. Allah menamai kumpulan air yang besar itu laut, dan Allah melihat bahwa semuanya baik.

8. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi."

Maka terjadilah reaksi-reaksi nuklir berantai yang memancarkan cahaya luar biasa yang mengubah struktur cel dan genetika dari berbagai zat di bumi sehingga terbentukah zat2 baru yang memiliki kemampuan tumbuh dan berkembang yang kemudian dinamakan tanaman.

9. Pengaruh ledakan tersebut membuat tumbuh2an tsb terus bermutasi sehingga terbentuklah berbagai tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

10. Setelah ribuan atau jutaan tahun reaksi nuklir tersebut mereda dan itulah hari ketiga.

11. Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda menerangi bumi , penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala . Dan sekali lagi terjadi ledakan dahsyat yang menginisiasi terjadinya reaksi nuklir berkepanjangan pada berbagai zat di angkasa sehingga zat2 itu mengeluarkan energi dan cahaya terus menerus yang sekarang kita kenal sebagai matahari dan bintang.

12. Seperti kita ketahui, matahari menyebabkan bulan terlihat bersinar di malam hari sehingga pada malam haripun akan ada terang karena pantulan sinar matahari. Demikian juga bintang2 akan terlihat jelas di malam hari. Dan dari planet bumi, segalanya terlihat indah dan Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

13. Efek ledakan itupun mereda dan jagat raya menjadi agak gelap dan itulah hari keempat.

14. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala." Maka sekali lagi terjadi ledakan besar dengan cahaya terang benderang yang mengakibatkan mutasi gen2 berbagai zat dan tumbuhan di bumi dan rangkaian mutasi tersebut telah menimbulkan terbentuknya binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Dan makhluk tersebut bukan hanya memiliki kemampuan utk tumbuh, namun juga ber re-produksi.

Lalu Allah berfirman “ Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dan laut, jadilah petang dan jadilah pagi

15. Setelah beribu2 atau jutaan tahun efek ledakan itu mereda dan jagad raya menjadi agak gelap, sehingga pagi dan petang pun terpisah , itulah hari kelima.
Secara ilmiah semua ini benar adanya karena kehidupan yg paling awal adalah kehidupan di air berupa mahluk bersel tunggal barulah berkembang menjadi mahluk2 yg lebih maju termasuk binatang melata lalu berkembang lagi menjadi mahluk2 yg lebih besar seperti Binatang Melata , Burung dan Binatang2 Darat yang besar2 lainnya , perkembangan ini pun berjalan selama jutaan tahun bahkan mungkin Milyaran tahun .

16. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan sekali lagi terjadilah ledakan dahsyat yang menyebabkan mutasi gen pada berbagai hewan di bumi sehingga terbentuklah segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

Diperkirakan disinilah waktu terjadinya ledakan kehidupan binatang2 raksasa semacam Dinosaurus dsb yang karena proses alam yg masih berlangsung akhirnya mereka juga punah pada kira2 650 juta tahun yang lalu ( hitungan manusia ), kepunahan ini secara pasti juga sejalan dengan keinginan Allah untuk menciptakan Mahluk berakal tertinggi yaitu Manusia.

17. Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka ada satu species makhluk di bumi yang memiliki kesadaran , akal dan kecerdasan yang jauh melampaui makhluk lain yaitu mahluk yang sesuai dengan gambar Allah, maka diciptakan lah manusia dan itu adlah laki-laki ditambahkanlah perempuan sebagai pendamping , setelah penciptaan dihari keenam ini Allah berhenti mencipta.

18.Pada hari ketujuh Allah berhenti mencipta karena Dia melihat apa yang diciptakannya sudah cukup sempurna , lalu Dia memberkati dan mengkuduskan hari tersebut, hal ini juga diterapkan sampai hari ini , maka sampai hari ini diseluruh dunia manusia juga tidak bekerja pada hari ketujuh yang kita sebut sebagai hari Minggu .

Hal ini terbukti bahwa setelah manusia yang diciptakan sebagai mahluk terakhir dan dengan akal tertinggi sudah tidak ada lagi mahluk lain yg diciptakan oleh Allah.

Demikianlah alam semesta, langit dan seisinya tercipta selama 6 hari. Namun “ 6 hari Tuhan” itu tentu tidaklah sama dengan 6 harinya manusia. Bila dikonversi ke hitungan harinya manusia, maka 6 hari Tuhan tersebut bisa berjuta2 atau milyaran tahun, karena kita Tidak akan pernah tahu ukuran yg dipakai oleh Allah , kita juga Tidak akan pernah tahu yang namanya Rahasia Illahi .

Disini kita bisa melihat bahwa Kitab Kejadian ( Genesis ) itu sudah ditulis ribuan Tahun yang lalu tapi yang mengherankan adalah urut2an tentang Kejadian dan Penciptaan itu adalah sesuai semuanya termasuk bila dipandang dari segi Ilmiah .

Semoga berguna sebagai penambah wawasan .

Didapat dari berbagai sumber dengan penambahan dan penyesuaian seperlunya .
--------
“Jikalau Tuhan adalah penyebab dari semua yang terjadi, apalah gunanya usaha keras/pengorbanan manusia?”

[Asvaghosa, Buddha-carita 9, 53]

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #1 on: 22 September 2011, 12:53:24 PM »
hehehe... kasian
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #2 on: 22 September 2011, 01:01:39 PM »
hari ketujuh itu bukannya sabtu ???

Offline tania

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 163
  • Reputasi: 6
  • Gender: Female
  • sabbe satta bhavanthu sukhittata ..
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #3 on: 22 September 2011, 01:28:51 PM »
Well .. Tidak mengerti kenapa 'ledakan itu baik'. Ada penjelasan?
do the best is not for make people amazed with us, but do the best because it's the only way to enjoy the process .. - Ajahn Brahmvamso

Offline Jubah Emas

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 15
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #4 on: 22 September 2011, 01:51:04 PM »
 :)) :)) :)) utak atik gatuk...kacian

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #5 on: 22 September 2011, 02:00:01 PM »
kalimat paling penting dari artikel di atas adalah

"Didapat dari berbagai sumber dengan penambahan dan penyesuaian seperlunya"

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #6 on: 22 September 2011, 02:19:31 PM »
setahu saya dalam alkitab itu tertulis 1 hari di surga= 1000 tahun di bumi, bukan jutaan atau milyaran tahun...
ada lagi, kok artikel anda berbeda yah sama slogan anda??
"jikalau tuhan adalah penyebab dari semua yang terjadi, apalah gunanya usaha keras/pengorbanan manusia??"
wkwkwkwk....
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #7 on: 22 September 2011, 03:46:11 PM »
9. Pengaruh ledakan tersebut membuat tumbuh2an tsb terus bermutasi sehingga terbentuklah berbagai tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

10. Setelah ribuan atau jutaan tahun reaksi nuklir tersebut mereda dan itulah hari ketiga.

11. Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda menerangi bumi , penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala . Dan sekali lagi terjadi ledakan dahsyat yang menginisiasi terjadinya reaksi nuklir berkepanjangan pada berbagai zat di angkasa sehingga zat2 itu mengeluarkan energi dan cahaya terus menerus yang sekarang kita kenal sebagai matahari dan bintang.



sepertinya sedikit aneh urutannya.

tumbuhan, tentu untuk berkembang membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintetis.
nah kalau urutannya seperti diatas berarti benda penerangan pada cakrawala diciptakan setelah adanya tumbuhan, so gimana tumbuhan yang diciptakan bisa tumbuh dengan baik tanpa sinar matahari?
rentangnya beribu ato berjuta tahun lagi, gimana bisa bertahan?

sesuai ilmiah apanya coba?

Offline Dhammapada

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Semangat Dalam Dhamma
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #8 on: 22 September 2011, 04:06:41 PM »
setahu saya dalam alkitab itu tertulis 1 hari di surga= 1000 tahun di bumi, bukan jutaan atau milyaran tahun...
ada lagi, kok artikel anda berbeda yah sama slogan anda??
"jikalau tuhan adalah penyebab dari semua yang terjadi, apalah gunanya usaha keras/pengorbanan manusia??"
wkwkwkwk....
ini artikel bukan saya yg buat kok , sy cuman nemu di fb dan coba share di sni , jd apa hubunganya dgn sighnature sy? :)
“Jikalau Tuhan adalah penyebab dari semua yang terjadi, apalah gunanya usaha keras/pengorbanan manusia?”

[Asvaghosa, Buddha-carita 9, 53]

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #9 on: 22 September 2011, 04:24:31 PM »
ngarang aja tuh yang buat artikelnya...
uda jelas ditulis 1 hari di surga= 1000 tahun bumi, bukannya jutaan ato milyaran tahun...
makanya bro, posting artikel liad2 sikon..  =)) =))
wkwkwkwk...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline xenocross

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.189
  • Reputasi: 61
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #10 on: 22 September 2011, 05:41:50 PM »
kalau gitu kita harus libur terus, karena hari ketujuh juga jutaan tahun lamanya.....

masa cuma dihitung hari minggu?
Satu saat dari pikiran yang dikuasai amarah membakar kebaikan yang telah dikumpulkan selama berkalpa-kalpa.
~ Mahavairocana Sutra

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #11 on: 22 September 2011, 05:52:10 PM »
kalau gitu kita harus libur terus, karena hari ketujuh juga jutaan tahun lamanya.....

masa cuma dihitung hari minggu?
Manusia pakai hitungan hari manusia, Tuhan pakai hitungan hari Tuhan. Tolong jangan disamakan. Dan jika doamu tidak terbalas, ingatlah jaman ini masih hari ke 7 bagi Tuhan. Tunggu ada ledakan besar di jagad lagi, baru mulai hari ke 8 buat Tuhan.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #12 on: 22 September 2011, 07:19:24 PM »
betul juga sih...
wkwkkww...
tuhannya lagi libur sekarang, khan baru hari ketujuh...
nunggu ari senin dulu baru dibalas doanya...
wkwkkw...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #13 on: 22 September 2011, 08:38:11 PM »
siapa yang ciptaan allah ya ?
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Pikochan_chan

  • Sebelumnya: Good Listener
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 232
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Welcome at Jungle
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #14 on: 22 September 2011, 08:43:54 PM »
siapa yang ciptaan allah ya ?

Mind.....

 _/\_ SSBS

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #15 on: 22 September 2011, 08:58:18 PM »
siapa yang ciptaan allah ya ?

ada ledakan besar, yang mengguncang kekosongan, dari efek ledakan itu, "ketumprang...." lahirlah Dia...

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #16 on: 22 September 2011, 10:21:53 PM »
siapa yang ciptaan allah ya ?
ciptaan allah kan manusia (katanya)...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #17 on: 22 September 2011, 10:33:38 PM »
ayo kalian ngapain, kok menyinggung2 kepercayaan orang lain?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #18 on: 22 September 2011, 11:25:14 PM »
iya nih koko, mereka ga senang kali kalo ada yang post artikel kepercayaan lain..
  =)) =))
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #19 on: 22 September 2011, 11:34:11 PM »
uih, udah ada tafsir baru atas genesis toh, wkwkwk

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #20 on: 22 September 2011, 11:48:04 PM »
sourcenya ajah gag jelas darimana...
unreliable tuh keknya, hasil karangan doank...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #21 on: 23 September 2011, 06:01:34 AM »
ayo kalian ngapain, kok menyinggung2 kepercayaan orang lain?

omituofo
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #22 on: 23 September 2011, 06:16:19 AM »
Quote
4. Alah melihat bahwa ledakan itu baik dan Allah menamai kondisi terang itu siang dan kondisi gelap sebagai malam. Dan setelah beribu2 atau jutaan Tahun, efek ledakan itu mereda dan itulah hari pertama.

kondisi siang dan malam hanya terdapat di sebagian planet spt Bumi,
spt di kutup utara yg ada selalu siang, di ruang angkasa yg ada selalu siang.

menurut gw penama kondisi tsb (terang/gelap) tidalah penting!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Predator

  • Sebelumnya: Radi_muliawan
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 585
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
  • Idealis tapi realistis dan realistis walau idealis
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #23 on: 23 September 2011, 08:11:32 AM »
Sepertinya kreasionis kurang setuju dengan teori big bang,
Biar lebih mantep ilmiahnya bagusnya bawa nama NASA :
http://www.christiannewswire.com/news/635517668.html

Hubble Discovery Confirms God Created the Universe

Discoveries made by NASA's Hubble and Spitzer Telescopes in 2004 appear to confirm the Genesis account of planet formation to be scientifically accurate.

Contact: Paul Hutchins, 407-506-9000

ORLANDO, Sept. 13, 2011 /Christian Newswire/ -- Since Biblical times, people have put their trust in the Genesis account of creation. In recent years however, some have challenged the account and say there is no scientific evidence to support Genesis. It appears now that discoveries made by NASA's scientist are confirming that the Genesis account is scientifically accurate. The idea of no scientific evidence to support it is now being turned upside-down by the very findings made in 2004 by NASA's Hubble and Spitzer Telescopes of proto-planetary disc that surround infant stars.

According to NASA scientist, data from these two telescopes is revealing that planets like the Earth are formed in the exact same fashion as described at Genesis 1:2, 3. According to NASA, planets form inside a proto-planetary disc of dust and debris, starting out in a formless and chaotic state in total darkness, as describe in Genesis verse 2. "Now the earth proved to be formless and waste, and there was darkness upon the surface of the watery deep."

NASA's scientists have discovered that as the planets mature inside their dusty cocoon they suck up all the dust between them and the sun so that the planets slowly emerge from darkness into the light as described in Genesis verse 3. "Let light come to be." Then there came to be light.

This NASA produced video made from the combined discoveries by Hubble and Spitzer appear to simulate Genesis simple description of how the Earth was formed in darkness and how light appeared gradually as the planet matured over time according to author J. Paul Hutchins.

www.spitzer.caltech.edu/video-audio/691-ssc2004-08v3-Forming-a-Planetary-Gap

After doing a two year study of the data put together by NASA scientist from these two telescopes, Hutchins says he was astonished to learn how accurately this scientific data lined up with the simple description of planet formation recorded in Genesis.

For more details of his research click on NASA/Caltech links
www.youtube.com/watch?v=1KMd-5MVF_E

_/\_dapat dari FB  :)
-------------
Tulisan dibawah ini mencoba mengupas urut2an seperti yg tertera di Kitab Kejadian ( Genesis ) menurut ukuran Ilmiah , bila anda punya pendapat yang bisa saling melengkapi silahkan di komen, tapi kami Tidak akan mentoleransi bila ada hujatan2 masalah agama, bagi yang tidak setuju dengan cara pengupasan dlaam tulisan ini kami harap bisa tetap dgn elegant dlm membuat komen nya krn dari komen2 yg anda buat itu akan terlihat sampai dimana kah tingkat Intelegensi dan harga diri anda .
Sekali lagi kami Tidak menghendaki komen2 yg Kontroversial dan penuh dengan pertentangan.
Salam .
ad3

Tinjauan ttg Kejadian Bumi dan seisinya menurut urutan Teori Penciptaan di Kitab Genesis dan dari segi Ilmiah .

1. Pada mulanya Allah menciptakan Ruang dan Waktu (time and space). Karena sebelum itu tidak ada ruang, dan tidak ada waktu, hanya ada Allah Sang Pencipta.

2. Ruang dan waktu masih belum beraturan dan kosong. Gelap gulita menutupi angkasa dan Roh Allah melayang-layang di angkasa.

3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah Terang". Lalu Terang itupun jadilah , secara ilmiah terjadilah ledakan besar yang menerangi seluruh jagat raya, yang kemudian dalam ilmu pengetahuan disebut sebagai peristiwa Big Bang.

4. Alah melihat bahwa ledakan itu baik dan Allah menamai kondisi terang itu siang dan kondisi gelap sebagai malam. Dan setelah beribu2 atau jutaan Tahun, efek ledakan itu mereda dan itulah hari pertama.

5. Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala". Maka terjadilah reaksi nuklir yang dahsyat yang memancarkan cahaya yang sangat terang yang menandai hari kedua. Reaksi ini telah membentuk H2O dan H2O ini memiliki 3 bentuk yaitu air, es dan uap air di udara. Uap air akan cenderung mengapung diangkasa sedangkan air dan es menempel di segala material yang ada di bawahnya .

6. Lalu Allah menamai angkasa itu langit. Reaksi nuklir itu kemudian mereda dan cahaya itupun memudar, itulah hari kedua.

7. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Berkenaan dengan itu terjadilah ledakan yang sekali lagi menerangi seluruh jagad raya, yang mengubah bentuk dari seluruh Bintang berikut Planet2 nya dan semua zat2 di angkasa raya sehingga menyebabkan adanya gunung, lembah, danau, dan samudra. Allah menamai kumpulan air yang besar itu laut, dan Allah melihat bahwa semuanya baik.

8. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi."

Maka terjadilah reaksi-reaksi nuklir berantai yang memancarkan cahaya luar biasa yang mengubah struktur cel dan genetika dari berbagai zat di bumi sehingga terbentukah zat2 baru yang memiliki kemampuan tumbuh dan berkembang yang kemudian dinamakan tanaman.

9. Pengaruh ledakan tersebut membuat tumbuh2an tsb terus bermutasi sehingga terbentuklah berbagai tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

10. Setelah ribuan atau jutaan tahun reaksi nuklir tersebut mereda dan itulah hari ketiga.

11. Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda menerangi bumi , penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala . Dan sekali lagi terjadi ledakan dahsyat yang menginisiasi terjadinya reaksi nuklir berkepanjangan pada berbagai zat di angkasa sehingga zat2 itu mengeluarkan energi dan cahaya terus menerus yang sekarang kita kenal sebagai matahari dan bintang.

12. Seperti kita ketahui, matahari menyebabkan bulan terlihat bersinar di malam hari sehingga pada malam haripun akan ada terang karena pantulan sinar matahari. Demikian juga bintang2 akan terlihat jelas di malam hari. Dan dari planet bumi, segalanya terlihat indah dan Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

13. Efek ledakan itupun mereda dan jagat raya menjadi agak gelap dan itulah hari keempat.

14. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala." Maka sekali lagi terjadi ledakan besar dengan cahaya terang benderang yang mengakibatkan mutasi gen2 berbagai zat dan tumbuhan di bumi dan rangkaian mutasi tersebut telah menimbulkan terbentuknya binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Dan makhluk tersebut bukan hanya memiliki kemampuan utk tumbuh, namun juga ber re-produksi.

Lalu Allah berfirman “ Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dan laut, jadilah petang dan jadilah pagi

15. Setelah beribu2 atau jutaan tahun efek ledakan itu mereda dan jagad raya menjadi agak gelap, sehingga pagi dan petang pun terpisah , itulah hari kelima.
Secara ilmiah semua ini benar adanya karena kehidupan yg paling awal adalah kehidupan di air berupa mahluk bersel tunggal barulah berkembang menjadi mahluk2 yg lebih maju termasuk binatang melata lalu berkembang lagi menjadi mahluk2 yg lebih besar seperti Binatang Melata , Burung dan Binatang2 Darat yang besar2 lainnya , perkembangan ini pun berjalan selama jutaan tahun bahkan mungkin Milyaran tahun .

16. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan sekali lagi terjadilah ledakan dahsyat yang menyebabkan mutasi gen pada berbagai hewan di bumi sehingga terbentuklah segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

Diperkirakan disinilah waktu terjadinya ledakan kehidupan binatang2 raksasa semacam Dinosaurus dsb yang karena proses alam yg masih berlangsung akhirnya mereka juga punah pada kira2 650 juta tahun yang lalu ( hitungan manusia ), kepunahan ini secara pasti juga sejalan dengan keinginan Allah untuk menciptakan Mahluk berakal tertinggi yaitu Manusia.

17. Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka ada satu species makhluk di bumi yang memiliki kesadaran , akal dan kecerdasan yang jauh melampaui makhluk lain yaitu mahluk yang sesuai dengan gambar Allah, maka diciptakan lah manusia dan itu adlah laki-laki ditambahkanlah perempuan sebagai pendamping , setelah penciptaan dihari keenam ini Allah berhenti mencipta.

18.Pada hari ketujuh Allah berhenti mencipta karena Dia melihat apa yang diciptakannya sudah cukup sempurna , lalu Dia memberkati dan mengkuduskan hari tersebut, hal ini juga diterapkan sampai hari ini , maka sampai hari ini diseluruh dunia manusia juga tidak bekerja pada hari ketujuh yang kita sebut sebagai hari Minggu .

Hal ini terbukti bahwa setelah manusia yang diciptakan sebagai mahluk terakhir dan dengan akal tertinggi sudah tidak ada lagi mahluk lain yg diciptakan oleh Allah.

Demikianlah alam semesta, langit dan seisinya tercipta selama 6 hari. Namun “ 6 hari Tuhan” itu tentu tidaklah sama dengan 6 harinya manusia. Bila dikonversi ke hitungan harinya manusia, maka 6 hari Tuhan tersebut bisa berjuta2 atau milyaran tahun, karena kita Tidak akan pernah tahu ukuran yg dipakai oleh Allah , kita juga Tidak akan pernah tahu yang namanya Rahasia Illahi .

Disini kita bisa melihat bahwa Kitab Kejadian ( Genesis ) itu sudah ditulis ribuan Tahun yang lalu tapi yang mengherankan adalah urut2an tentang Kejadian dan Penciptaan itu adalah sesuai semuanya termasuk bila dipandang dari segi Ilmiah .

Semoga berguna sebagai penambah wawasan .

Didapat dari berbagai sumber dengan penambahan dan penyesuaian seperlunya .
--------
susah dan senang, sakit dan sehat selalu silih berganti

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #24 on: 23 September 2011, 10:13:34 AM »
_/\_dapat dari FB  :)
-------------
Tulisan dibawah ini mencoba mengupas urut2an seperti yg tertera di Kitab Kejadian ( Genesis ) menurut ukuran Ilmiah , bila anda punya pendapat yang bisa saling melengkapi silahkan di komen, tapi kami Tidak akan mentoleransi bila ada hujatan2 masalah agama, bagi yang tidak setuju dengan cara pengupasan dlaam tulisan ini kami harap bisa tetap dgn elegant dlm membuat komen nya krn dari komen2 yg anda buat itu akan terlihat sampai dimana kah tingkat Intelegensi dan harga diri anda .
Sekali lagi kami Tidak menghendaki komen2 yg Kontroversial dan penuh dengan pertentangan.
Salam .
ad3
OK, harus dengan elegant.


Quote
Tinjauan ttg Kejadian Bumi dan seisinya menurut urutan Teori Penciptaan di Kitab Genesis dan dari segi Ilmiah .

1. Pada mulanya Allah menciptakan Ruang dan Waktu (time and space). Karena sebelum itu tidak ada ruang, dan tidak ada waktu, hanya ada Allah Sang Pencipta.

2. Ruang dan waktu masih belum beraturan dan kosong. Gelap gulita menutupi angkasa dan Roh Allah melayang-layang di angkasa.
Gebrakan pertama, langsung dimulai dengan kebohongan. Dikatakan tidak ada ruang, padahal ada samudera kok.

"Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air." (Kejadian 1:2)


Quote
3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah Terang". Lalu Terang itupun jadilah , secara ilmiah terjadilah ledakan besar yang menerangi seluruh jagat raya, yang kemudian dalam ilmu pengetahuan disebut sebagai peristiwa Big Bang.

4. Alah melihat bahwa ledakan itu baik dan Allah menamai kondisi terang itu siang dan kondisi gelap sebagai malam. Dan setelah beribu2 atau jutaan Tahun, efek ledakan itu mereda dan itulah hari pertama.
Jadi terang itu adalah ledakan Big Bang. Selama masih terang, disebut "siang" bagi Tuhan. Setelah ledakan mereda, gelap, disebut "malam" bagi Tuhan. Bagus juga teorinya, namun tidak sejalan dengan Alkitab yang dengan jelas menulis terang itu dipisahkan dari gelap. Berarti seharusnya ada gelap dan terang pada satu masa yang sama.
"Allah senang melihat hal itu. Lalu dipisahkan-Nya terang itu dari gelap," (Kejadian 1:4)


Quote
5. Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala". Maka terjadilah reaksi nuklir yang dahsyat yang memancarkan cahaya yang sangat terang yang menandai hari kedua. Reaksi ini telah membentuk H2O dan H2O ini memiliki 3 bentuk yaitu air, es dan uap air di udara. Uap air akan cenderung mengapung diangkasa sedangkan air dan es menempel di segala material yang ada di bawahnya .

6. Lalu Allah menamai angkasa itu langit. Reaksi nuklir itu kemudian mereda dan cahaya itupun memudar, itulah hari kedua.
Reaksi nuklir dahsyat dengan hasil H20? Bukannya dari awal air itu sudah ada?
"Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air."

H20 memiliki 3 bentuk. OK. Namun pada saat itu belum ada matahari sebagai sumber panas, sehingga tidaklah mungkin bagi H20 mempertahankan wujud cair, atau bahkan gas-nya. Jadi ini jelas tidak ilmiah.

Tapi bolehlah dianggap bisa terjadi ada uap dan es. Masalahnya, air dan es juga ada di atmosfer, yang membentuk awan, misalnya. Jadi kalau dibilang yang uap ke atas, cair dan padat ke bawah, kurang tepat. Lebih tepat secara general seperti di alkitab saja:
"Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian." (Kejadian 1:7)

Lagipula dibilang menempel di material di bawahnya? Material apaan?

Quote
7. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Berkenaan dengan itu terjadilah ledakan yang sekali lagi menerangi seluruh jagad raya, yang mengubah bentuk dari seluruh Bintang berikut Planet2 nya dan semua zat2 di angkasa raya sehingga menyebabkan adanya gunung, lembah, danau, dan samudra. Allah menamai kumpulan air yang besar itu laut, dan Allah melihat bahwa semuanya baik.
Ledakan lain, dan terbentuklah gunung.

Quote
8. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi."

Maka terjadilah reaksi-reaksi nuklir berantai yang memancarkan cahaya luar biasa yang mengubah struktur cel dan genetika dari berbagai zat di bumi sehingga terbentukah zat2 baru yang memiliki kemampuan tumbuh dan berkembang yang kemudian dinamakan tanaman.

9. Pengaruh ledakan tersebut membuat tumbuh2an tsb terus bermutasi sehingga terbentuklah berbagai tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

10. Setelah ribuan atau jutaan tahun reaksi nuklir tersebut mereda dan itulah hari ketiga.
Ada 2 kemungkinan:
1. Pada saat ini, tumbuhan tidak berfotosintesis karena belum ada matahari.
2. Tumbuhan berfotosintesis menggunakan cahaya ledakan yang maha-terang itu.

Jika jawabannya yang 1, maka tidak ilmiah. Jika jawabannya 2, maka sewaktu tiba 'malam' bagi Tuhan yang lamanya ribuan atau jutaan tahun, seharusnya tumbuhan itu binasa, dan pada 'hari' berikutnya sudah hilang. Jadi kemungkinan manapun tetap tidak ilmiah.


Quote
11. Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda menerangi bumi , penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala . Dan sekali lagi terjadi ledakan dahsyat yang menginisiasi terjadinya reaksi nuklir berkepanjangan pada berbagai zat di angkasa sehingga zat2 itu mengeluarkan energi dan cahaya terus menerus yang sekarang kita kenal sebagai matahari dan bintang.

12. Seperti kita ketahui, matahari menyebabkan bulan terlihat bersinar di malam hari sehingga pada malam haripun akan ada terang karena pantulan sinar matahari. Demikian juga bintang2 akan terlihat jelas di malam hari. Dan dari planet bumi, segalanya terlihat indah dan Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

13. Efek ledakan itupun mereda dan jagat raya menjadi agak gelap dan itulah hari keempat.
Ledakan lagi, reaksi nuklir lagi. Sementara percepatan partikel di permukaan matahari bisa menyebabkan Solar Flare yang mengakibatkan gangguan di atmosfer (ionisasi pertikel & menaikkan suhu) dan bahkan gangguan di permukaan bumi, namun sebuah ledakan yang membentuk Matahari tidak berpengaruh pada keadaan di bumi.
Ilustrasinya, solar flare itu seperti gempa kecil di laut yang mengakibatkan tsunami di pantai. Ledakan (nova) yang membentuk matahari itu kira-kira sama seperti 100 Godzilla tawuran di laut, namun tidak menyebabkan efek berarti di pantai. Sungguh ajaib memang. Namun ajaib itu tidak ilmiah.


Quote
14. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala." Maka sekali lagi terjadi ledakan besar dengan cahaya terang benderang yang mengakibatkan mutasi gen2 berbagai zat dan tumbuhan di bumi dan rangkaian mutasi tersebut telah menimbulkan terbentuknya binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Dan makhluk tersebut bukan hanya memiliki kemampuan utk tumbuh, namun juga ber re-produksi.

Lalu Allah berfirman “ Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dan laut, jadilah petang dan jadilah pagi

15. Setelah beribu2 atau jutaan tahun efek ledakan itu mereda dan jagad raya menjadi agak gelap, sehingga pagi dan petang pun terpisah , itulah hari kelima.
Secara ilmiah semua ini benar adanya karena kehidupan yg paling awal adalah kehidupan di air berupa mahluk bersel tunggal barulah berkembang menjadi mahluk2 yg lebih maju termasuk binatang melata lalu berkembang lagi menjadi mahluk2 yg lebih besar seperti Binatang Melata , Burung dan Binatang2 Darat yang besar2 lainnya , perkembangan ini pun berjalan selama jutaan tahun bahkan mungkin Milyaran tahun .
Tidak sesuai alkitab. Di Alkitab bilang yang diciptakan makhluk laut dan burung-burung, sementara evolusi bilang dari laut, ke darat, baru evolusi jadi burung.
'Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala."
Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.
Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: "Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung di bumi bertambah banyak."'
(Kejadian 1:20-22)

Lantas ke manakah 'missing link'-nya? Mereka diciptakan ribuan bahkan jutaan tahun berikutnya (hari ke 6 ukuran Tuhan).


Quote
16. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan sekali lagi terjadilah ledakan dahsyat yang menyebabkan mutasi gen pada berbagai hewan di bumi sehingga terbentuklah segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

Diperkirakan disinilah waktu terjadinya ledakan kehidupan binatang2 raksasa semacam Dinosaurus dsb yang karena proses alam yg masih berlangsung akhirnya mereka juga punah pada kira2 650 juta tahun yang lalu ( hitungan manusia ), kepunahan ini secara pasti juga sejalan dengan keinginan Allah untuk menciptakan Mahluk berakal tertinggi yaitu Manusia.
Lagi-lagi ledakan, lagi-lagi mutasi gen. Sementara evolusi menduga burung adalah hasil dinosaurus yang bermutasi, di sini dinyatakan sebaliknya, burung-burung dulu, baru muncul dinosaurus.


Quote
17. Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka ada satu species makhluk di bumi yang memiliki kesadaran , akal dan kecerdasan yang jauh melampaui makhluk lain yaitu mahluk yang sesuai dengan gambar Allah, maka diciptakan lah manusia dan itu adlah laki-laki ditambahkanlah perempuan sebagai pendamping , setelah penciptaan dihari keenam ini Allah berhenti mencipta.
Singkat kata Tuhan berkata: “Semua ini baik. Berkembangbiaklah dan penuhi bumi ini... tapi pikir-pikir lagi... khusus para dino, kalian lebih baik punah.”


Quote
18.Pada hari ketujuh Allah berhenti mencipta karena Dia melihat apa yang diciptakannya sudah cukup sempurna , lalu Dia memberkati dan mengkuduskan hari tersebut, hal ini juga diterapkan sampai hari ini , maka sampai hari ini diseluruh dunia manusia juga tidak bekerja pada hari ketujuh yang kita sebut sebagai hari Minggu .

Hal ini terbukti bahwa setelah manusia yang diciptakan sebagai mahluk terakhir dan dengan akal tertinggi sudah tidak ada lagi mahluk lain yg diciptakan oleh Allah.
Sekarang ini ada banyak spesies baru bermunculan hasil persilangan (seperti ikan koi) atau hasil penjinakkan melalui peternakan (misalnya babi ternak sekarang adalah cabang spesies dari babi hutan yang diternakkan selama beberapa generasi). Hal ini juga memberikan 2 kemungkinan:
1. Bukan Allah yang menciptakan spesies baru, yang berarti manusia bisa menciptakan makhluk baru.
2. Allah yang menciptakan spesies baru, namun berarti babi lebih unggul dari manusia dalam hal akal.


Quote
Demikianlah alam semesta, langit dan seisinya tercipta selama 6 hari. Namun “ 6 hari Tuhan” itu tentu tidaklah sama dengan 6 harinya manusia. Bila dikonversi ke hitungan harinya manusia, maka 6 hari Tuhan tersebut bisa berjuta2 atau milyaran tahun, karena kita Tidak akan pernah tahu ukuran yg dipakai oleh Allah , kita juga Tidak akan pernah tahu yang namanya Rahasia Illahi .

Disini kita bisa melihat bahwa Kitab Kejadian ( Genesis ) itu sudah ditulis ribuan Tahun yang lalu tapi yang mengherankan adalah urut2an tentang Kejadian dan Penciptaan itu adalah sesuai semuanya termasuk bila dipandang dari segi Ilmiah .

Semoga berguna sebagai penambah wawasan .

Didapat dari berbagai sumber dengan penambahan dan penyesuaian seperlunya .
--------
Ya, betul, sungguh mengherankan.

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #25 on: 23 September 2011, 02:28:20 PM »
sepertinya semakin ngeclaim sesuai ilmiah semakin kabur ya?
dan semakin jelas tidak sesuai ilmiah.

kalau ini bersumber resmi yang dirumuskan oleh pihak yang bisa dan atau mau mempertanggung jawabkan akan menjadi sangat menarik.
tapi kalau sumbernya antah beranah, yah jadilah sebuah tulisan atau artikel lelucon.

Offline pengemis

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 111
  • Reputasi: -11
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #26 on: 23 September 2011, 02:42:35 PM »
_/\_dapat dari FB  :)
-------------
Tulisan dibawah ini mencoba mengupas urut2an seperti yg tertera di Kitab Kejadian ( Genesis ) menurut ukuran Ilmiah , bila anda punya pendapat yang bisa saling melengkapi silahkan di komen, tapi kami Tidak akan mentoleransi bila ada hujatan2 masalah agama, bagi yang tidak setuju dengan cara pengupasan dlaam tulisan ini kami harap bisa tetap dgn elegant dlm membuat komen nya krn dari komen2 yg anda buat itu akan terlihat sampai dimana kah tingkat Intelegensi dan harga diri anda .
Sekali lagi kami Tidak menghendaki komen2 yg Kontroversial dan penuh dengan pertentangan.
Salam .
ad3


Tinjauan ttg Kejadian Bumi dan seisinya menurut urutan Teori Penciptaan di Kitab Genesis dan dari segi Ilmiah .

1. Pada mulanya Allah menciptakan Ruang dan Waktu (time and space). Karena sebelum itu tidak ada ruang, dan tidak ada waktu, hanya ada Allah Sang Pencipta.

2. Ruang dan waktu masih belum beraturan dan kosong. Gelap gulita menutupi angkasa dan Roh Allah melayang-layang di angkasa.

3. Berfirmanlah Allah: "Jadilah Terang". Lalu Terang itupun jadilah , secara ilmiah terjadilah ledakan besar yang menerangi seluruh jagat raya, yang kemudian dalam ilmu pengetahuan disebut sebagai peristiwa Big Bang.

4. Alah melihat bahwa ledakan itu baik dan Allah menamai kondisi terang itu siang dan kondisi gelap sebagai malam. Dan setelah beribu2 atau jutaan Tahun, efek ledakan itu mereda dan itulah hari pertama.

5. Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala". Maka terjadilah reaksi nuklir yang dahsyat yang memancarkan cahaya yang sangat terang yang menandai hari kedua. Reaksi ini telah membentuk H2O dan H2O ini memiliki 3 bentuk yaitu air, es dan uap air di udara. Uap air akan cenderung mengapung diangkasa sedangkan air dan es menempel di segala material yang ada di bawahnya .

6. Lalu Allah menamai angkasa itu langit. Reaksi nuklir itu kemudian mereda dan cahaya itupun memudar, itulah hari kedua.

7. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Berkenaan dengan itu terjadilah ledakan yang sekali lagi menerangi seluruh jagad raya, yang mengubah bentuk dari seluruh Bintang berikut Planet2 nya dan semua zat2 di angkasa raya sehingga menyebabkan adanya gunung, lembah, danau, dan samudra. Allah menamai kumpulan air yang besar itu laut, dan Allah melihat bahwa semuanya baik.

8. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi."

Maka terjadilah reaksi-reaksi nuklir berantai yang memancarkan cahaya luar biasa yang mengubah struktur cel dan genetika dari berbagai zat di bumi sehingga terbentukah zat2 baru yang memiliki kemampuan tumbuh dan berkembang yang kemudian dinamakan tanaman.

9. Pengaruh ledakan tersebut membuat tumbuh2an tsb terus bermutasi sehingga terbentuklah berbagai tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

10. Setelah ribuan atau jutaan tahun reaksi nuklir tersebut mereda dan itulah hari ketiga.

11. Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda menerangi bumi , penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala . Dan sekali lagi terjadi ledakan dahsyat yang menginisiasi terjadinya reaksi nuklir berkepanjangan pada berbagai zat di angkasa sehingga zat2 itu mengeluarkan energi dan cahaya terus menerus yang sekarang kita kenal sebagai matahari dan bintang.

12. Seperti kita ketahui, matahari menyebabkan bulan terlihat bersinar di malam hari sehingga pada malam haripun akan ada terang karena pantulan sinar matahari. Demikian juga bintang2 akan terlihat jelas di malam hari. Dan dari planet bumi, segalanya terlihat indah dan Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

13. Efek ledakan itupun mereda dan jagat raya menjadi agak gelap dan itulah hari keempat.

14. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah dalam air berkeriapan makhluk yang hidup, dan hendaklah burung beterbangan di atas bumi melintasi cakrawala." Maka sekali lagi terjadi ledakan besar dengan cahaya terang benderang yang mengakibatkan mutasi gen2 berbagai zat dan tumbuhan di bumi dan rangkaian mutasi tersebut telah menimbulkan terbentuknya binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Dan makhluk tersebut bukan hanya memiliki kemampuan utk tumbuh, namun juga ber re-produksi.

Lalu Allah berfirman “ Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dan laut, jadilah petang dan jadilah pagi

15. Setelah beribu2 atau jutaan tahun efek ledakan itu mereda dan jagad raya menjadi agak gelap, sehingga pagi dan petang pun terpisah , itulah hari kelima.
Secara ilmiah semua ini benar adanya karena kehidupan yg paling awal adalah kehidupan di air berupa mahluk bersel tunggal barulah berkembang menjadi mahluk2 yg lebih maju termasuk binatang melata lalu berkembang lagi menjadi mahluk2 yg lebih besar seperti Binatang Melata , Burung dan Binatang2 Darat yang besar2 lainnya , perkembangan ini pun berjalan selama jutaan tahun bahkan mungkin Milyaran tahun .

16. Berfirmanlah Allah: "Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar." Dan sekali lagi terjadilah ledakan dahsyat yang menyebabkan mutasi gen pada berbagai hewan di bumi sehingga terbentuklah segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

Diperkirakan disinilah waktu terjadinya ledakan kehidupan binatang2 raksasa semacam Dinosaurus dsb yang karena proses alam yg masih berlangsung akhirnya mereka juga punah pada kira2 650 juta tahun yang lalu ( hitungan manusia ), kepunahan ini secara pasti juga sejalan dengan keinginan Allah untuk menciptakan Mahluk berakal tertinggi yaitu Manusia.

17. Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka ada satu species makhluk di bumi yang memiliki kesadaran , akal dan kecerdasan yang jauh melampaui makhluk lain yaitu mahluk yang sesuai dengan gambar Allah, maka diciptakan lah manusia dan itu adlah laki-laki ditambahkanlah perempuan sebagai pendamping , setelah penciptaan dihari keenam ini Allah berhenti mencipta.

18.Pada hari ketujuh Allah berhenti mencipta karena Dia melihat apa yang diciptakannya sudah cukup sempurna , lalu Dia memberkati dan mengkuduskan hari tersebut, hal ini juga diterapkan sampai hari ini , maka sampai hari ini diseluruh dunia manusia juga tidak bekerja pada hari ketujuh yang kita sebut sebagai hari Minggu .

Hal ini terbukti bahwa setelah manusia yang diciptakan sebagai mahluk terakhir dan dengan akal tertinggi sudah tidak ada lagi mahluk lain yg diciptakan oleh Allah.

Demikianlah alam semesta, langit dan seisinya tercipta selama 6 hari. Namun “ 6 hari Tuhan” itu tentu tidaklah sama dengan 6 harinya manusia. Bila dikonversi ke hitungan harinya manusia, maka 6 hari Tuhan tersebut bisa berjuta2 atau milyaran tahun, karena kita Tidak akan pernah tahu ukuran yg dipakai oleh Allah , kita juga Tidak akan pernah tahu yang namanya Rahasia Illahi .

Disini kita bisa melihat bahwa Kitab Kejadian ( Genesis ) itu sudah ditulis ribuan Tahun yang lalu tapi yang mengherankan adalah urut2an tentang Kejadian dan Penciptaan itu adalah sesuai semuanya termasuk bila dipandang dari segi Ilmiah .

Semoga berguna sebagai penambah wawasan .

Didapat dari berbagai sumber dengan penambahan dan penyesuaian seperlunya .
--------

manusia butuh kepercayaan untuk bertahan hidup, begitu juga kepercayaan butuh manusia untuk hidup...
walau bumi hancur dan tercipta berulang-ulang tetap saja kepercayaan akan Atman itu ada...
tapi saya tau kenapa ini ada, dan saya tidak boleh mengungkapkannya demi kedamaian dunia

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.577
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
  • not mine - not me - not myself
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #27 on: 23 September 2011, 02:53:08 PM »
manusia butuh kepercayaan untuk bertahan hidup, begitu juga kepercayaan butuh manusia untuk hidup...
walau bumi hancur dan tercipta berulang-ulang tetap saja kepercayaan akan Atman itu ada...
tapi saya tau kenapa ini ada, dan saya tidak boleh mengungkapkannya demi kedamaian dunia

lebih bijaksana jika "saya tahu kalau saya tidak boleh mengungkapkan" dan saya tidak bilang "saya tahu"
tidak perlu alasan pake demi kedamaian dunia.. tapi cukup dengan alasan "demi kerendahan hati" ;D
 
Ini bukan milikku, ini bukan aku, ini bukan diriku
6 kelompok 6 - Chachakka Sutta MN 148

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #28 on: 23 September 2011, 02:54:00 PM »
manusia butuh kepercayaan untuk bertahan hidup, begitu juga kepercayaan butuh manusia untuk hidup...
walau bumi hancur dan tercipta berulang-ulang tetap saja kepercayaan akan Atman itu ada...
tapi saya tau kenapa ini ada, dan saya tidak boleh mengungkapkannya demi kedamaian dunia

kelihatan sekali atta(ego)-nya mas pengemis...
anda mengatakan anda tahu, tapi anda tidak mau mengatakannya...
bukankah itu berati kalo anda ingin dipandang sebagai orang yang maha tahu??
tujuan anda mengatakan itu agar dapat dipandang sebagai orang hebat khan??
kalo tahu tapi tidak ingin memberitahukan, yah diam2 ajah, engga usah membuat orang lain menganggap kalo anda maha tahu dan membuat mereka penasaran akan pernyataan anda...

(menelanjangi maksud pengemis)  =)) =)) =))


hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #29 on: 23 September 2011, 11:33:40 PM »
berarti alkitab mau direvisi kembali nih? =))


Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #30 on: 24 September 2011, 08:37:52 AM »
manusia butuh kepercayaan untuk bertahan hidup, begitu juga kepercayaan butuh manusia untuk hidup...
walau bumi hancur dan tercipta berulang-ulang tetap saja kepercayaan akan Atman itu ada...
tapi saya tau kenapa ini ada, dan saya tidak boleh mengungkapkannya demi kedamaian dunia


pengemis butuh ego untuk bertahan hidup, begitu juga ego butuh pengemis untuk hidup...
walau pengemis hancur dan tercipta berulang-ulang dari id2 lalu, tetap saja ego itu ada...
tapi saya tau kenapa ini terjadi, dan saya tidak boleh mengungkapkannya demi keramaian DC  8)

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #31 on: 24 September 2011, 08:40:53 AM »
manusia butuh kepercayaan untuk bertahan hidup, begitu juga kepercayaan butuh manusia untuk hidup...
walau bumi hancur dan tercipta berulang-ulang tetap saja kepercayaan akan Atman itu ada...
tapi saya tau kenapa ini ada, dan saya tidak boleh mengungkapkannya demi kedamaian dunia


masak iya  :o
hebat benar !  ???
pernyataan bro pengemis sangat2................. luar biasa, sehingga dunia bisa heboh !!  :whistle:
« Last Edit: 24 September 2011, 08:42:53 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #32 on: 24 September 2011, 08:41:41 AM »
pengemis butuh ego untuk bertahan hidup, begitu juga ego butuh pengemis untuk hidup...
walau pengemis hancur dan tercipta berulang-ulang dari id2 lalu, tetap saja ego itu ada...
tapi saya tau kenapa ini terjadi, dan saya tidak boleh mengungkapkannya demi keramaian DC  8)

 =))
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #33 on: 24 September 2011, 12:54:34 PM »
pengemis butuh ego untuk bertahan hidup, begitu juga ego butuh pengemis untuk hidup...
walau pengemis hancur dan tercipta berulang-ulang dari id2 lalu, tetap saja ego itu ada...
tapi saya tau kenapa ini terjadi, dan saya tidak boleh mengungkapkannya demi keramaian DC  8)
wkwkwkwk...
keren2...
sering2 post yah, biar rame DC...
 =)) =)) =))
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #34 on: 24 September 2011, 04:08:16 PM »
Manusia pakai hitungan hari manusia, Tuhan pakai hitungan hari Tuhan. Tolong jangan disamakan. Dan jika doamu tidak terbalas, ingatlah jaman ini masih hari ke 7 bagi Tuhan. Tunggu ada ledakan besar di jagad lagi, baru mulai hari ke 8 buat Tuhan.

agak aneh masa ada yang ke 8 bukan nya tuhan nya berisitirahat?

Offline yanfei

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 430
  • Reputasi: 12
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #35 on: 24 September 2011, 10:03:20 PM »
agak aneh masa ada yang ke 8 bukan nya tuhan nya berisitirahat?
lucu juga ya =)) Tuhan bisa capek juga =))
pasti sekarang Tuhan juga lagi pusing denger rengekan milyaran manusia =))

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #36 on: 24 September 2011, 11:07:11 PM »
lucu juga ya =)) Tuhan bisa capek juga =))
pasti sekarang Tuhan juga lagi pusing denger rengekan milyaran manusia =))


iyah, udah gitu bingung lagi, mau mihak umat yang mana, K ato P...
=))
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #37 on: 26 September 2011, 10:51:52 AM »
agak aneh masa ada yang ke 8 bukan nya tuhan nya berisitirahat?
Justru yang ke 8 belum datang.
Menurut penulis, setiap harinya Tuhan (yang entah beribu atau berjuta tahun bagi manusia) ditandai dengan ledakan maha dahsyat yang menerangi jagad raya. Sekarang ini baru sampai ledakan ke tujuh, yang ke delapan belum datang. Berarti masa sekarang ini adalah hari ke tujuh (Sabbath) bagi Tuhan, dan itu adalah saatnya untuk tidak bekerja. Maka saya katakan kalau doa tidak dijawab, maklum saja.



Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #38 on: 22 July 2012, 02:27:05 AM »
ikut pendapat ya, ini dari apa yang gw pelajari. (Disclaimer: Konsep dalam Bible itu hanya untuk para Christians karna kalau membahasnya dengan apa yang dipercaya oleh agama lain tidak akan nyambung. Yang dibahas dibawah tidak mengenai kebenaran absolut, tapi tentang apa yang dipercayai.)

Science dan Bible, mana yang benar? pertanyaan ini sudah menjadi pertanyaan berulang yang seolah tidak ada jawabannya. Kalau dilihat sekilas memang keduanya tidak sinkron dan ada perbedaan yang sangat besar. Akan tetapi Science dan Bible tidak seharusnya dipertentangkan. Celakanya, diantara orang kr****n sendiri muncul pertentangan pertentangan semacam ini sehingga ada juga yang secara gamblang menolak science. Saya pikir ini adalah suatu pembodohan yang nantinya merugikan orang kr****n sendiri.

Bukan detail apa yang ditulis dalam Bible lah yang perlu menjadi pegangan umat kr****n. Tapi intinya, apa yang ingin disampaikan sebenarnya. Bukan perkara hari keberapa tercipta (baca:diciptakan) apa dan sebagainya. Tapi maksudnya adalah alam semesta itu tercipta melalui suatu proses. Dan Bible menggambarkannya secara metaforikal. Science menjelaskan tentang eksistensi sedangkan Bible melengkapinya dengan menjelaskan esensi. jadi tidak ada yang perlu dipertentangkan antara science dan bible. Mempermasalahkan detail tidak akan membawa manfaat, selain memenuhi hasrat untuk membuktikan siapa yang salah dan benar. Dalam mempelajari Bible, jika ingin mendapat manfaat, bukan masalah detail yang dilihat secara literal yang perlu diperhatikan, tapi intinya. Dan sayangnya bahkan banyak dari umat kr****n sendiri gagal dan terjebak dalam perdebatan hal-hal kecil dan melupakan yang utama.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #39 on: 22 July 2012, 07:13:53 AM »
Dan Bible menggambarkannya secara metaforikal....
Umatnya tidak menganggap isi bible itu metaforikal  :whistle:
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #40 on: 22 July 2012, 08:43:41 AM »
Tidak perlu jauh-jauh,untuk direnungkan saja. Mengapa para paus selama ratusan tahun dan pihak gereja ngotot bahwa bumi yang jadi pusat edaran tata surya? Apa Tuhan tidak memberitahukan pada orang "suci" ini bahwa hal sepele saja mereka tidak dapatkan jawaban sahid? Akhirnya galileo dan copernicus malah dihukum. Setelah teknologi sudah maju,akhirnya ditemukan bumi yang mengelilingi matahari. Pertanyaannya,kemana sobekkan kertas injil yang memuat pernyataan bumi sebagai tata surya? Ingat,adalah sial sekali bagi mereka yang "indigo" hidup di jaman itu,hampir semuanya mati dibakar hidup-hidup.

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #41 on: 22 July 2012, 09:19:16 AM »
Tidak perlu jauh-jauh,untuk direnungkan saja. Mengapa para paus selama ratusan tahun dan pihak gereja ngotot bahwa bumi yang jadi pusat edaran tata surya? Apa Tuhan tidak memberitahukan pada orang "suci" ini bahwa hal sepele saja mereka tidak dapatkan jawaban sahid? Akhirnya galileo dan copernicus malah dihukum. Setelah teknologi sudah maju,akhirnya ditemukan bumi yang mengelilingi matahari. Pertanyaannya,kemana sobekkan kertas injil yang memuat pernyataan bumi sebagai tata surya? Ingat,adalah sial sekali bagi mereka yang "indigo" hidup di jaman itu,hampir semuanya mati dibakar hidup-hidup.

Itulah, bagian dari sejarah kelam kekr****nan, sampai sekarangpun praktek praktek menyimpang yang tidak sesuai dengan inti ajaran masih berlangsung, hanya saja tidak seekstrim dulu. Yang namanya Gereja sekarang menurut saya juga banyak yang sudah melenceng. Umat kr****n yang tidak setuju boleh2 saja, ini cuma pendapat saya pribadi. Saya bukan siapa2 jadi pendapat saya sperti ini tidak akan mengguncang dunia kan :p
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline Gezer

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Teori Penciptaan di Kitab Genesis ditinjau dari Segi Ilmiah
« Reply #42 on: 28 March 2017, 12:45:32 PM »
Bagi yang minat membaca ttg perspektif kitab kejadian dari sudut pandang para arkeolog dan sejarawan, berikut adalah terjemahan dari kuliah professor christine hayes, dari yale university pada mata kuliah : pengantar alkitab ibrani.


http://sejarahisraelpurba.blogspot.co.id/2016/10/pengantar-alkitab-ibrani-2.html?m=1

Index seluruh kitab

http://sejarahisraelpurba.blogspot.co.id/2017/03/index-pengantar-alkitab-ibrani-prof.html?m=1