//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: kadang aku bingung, pengajar meditasi tampak baik,.namun sesungguhnya...??  (Read 32261 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
kadang aq bingung aq mengikuti latihan meditasi disebuah Vihara(tdk disebutkan namanya) tiap hari senin, dulu sangat rajin, sampai aq mencoba pergi melatih vipasana ke suatu daerah.tersebutlah si A, dia adalah senior, sering retret, berceramah tentang meditasi, menciptakan lagu tentang meditasi, dll, sekilas memang terlihat baik...
suatu ketika ia ingin membuat sebuah keseragaman dlm bentuk kaos utk peserta retret, aq yang kebetulan design grafis dan jg mempunyai kenalan banyak orang2 promosi kaos dan percetakan mencoba membantu, aq designkan dan sdh ok, dan aku pertemukan dia dg orang yang mengurus promosi kaos dllnya.aq sdh tdk tau lagi karena aq jg sdh kerja dan sibuk, namun suatu ketika org promosi bilang sama aq, bahwa kerjasama dg org pengajar meditasi itu batal/mengalami pembatalan sepihak dan membuat kaos di tempat lain dg design itu dan sample kaos dari org promosi. , dan dia menuntut kerugian yg sdh dikeluarkan karena dia sdh bikin sample, film sablon, beli materi kaos, dan beberapa sample tp blm dikembalikan. aq coba menelpon org pengajar itu dan menanyakan, dia malah menyalahkan aq dan seakan berkomplot dg orang promosi itu, sampai aq bilang sama dia ya sdh kl tdk mau dibayar,..biar saya yang akan mencicil biayanya sampai sekarang, namun hendaknya si org promosi meminta sample kaosnya dan yg lain2nya, namun tak juga dikembalikan.dia bahkan sampai memusuhi ku, sampai sekarang aq jd malas mengikuti kelas meditasinya,..ah,..org yg melatih meditasi ternyata belm lebih baik dari ku yang masih mau mendamaikan konflik mereka, walau aq harus keluar duit sekitar ******* utk mengganti org promosi itu.... ;D bagaimana pendapat saudara2,..padahal aq sih masih nggak rela, soalnya aq yang nggak ikut2an jd harus membayar,...terus terang aq msh belum rela,..soalnya uang itu bagi ku tdk sedikit mana kala itu masa2 sulit .gimana pendapat rekan-rekan ?
Kalau di agama tetangga, ada umat yang 'sering ke Rumah Tuhan', ada yang memang 'tinggal di Rumah Tuhan'. Yang 'sering ke Rumah Tuhan' itu yang rutin ibadah atau mungkin membimbing umat, bertindak sesuai tata cara & ketentuan, meluangkan waktu itu untuk hal-hal yang berhubungan dengan spiritual. Tapi di luar waktu itu, orang itu tetap licik, kejam, dan jahat. Yang 'tinggal di Rumah Tuhan' itu adalah yang setiap saat perbuatannya terkendali, baik dan membahagiakan orang lain, terlepas apakah itu di rumah ibadah ataupun di luar rumah ibadah; sebab bathinnya memang selalu berada di rumah Tuhan.

Begitu juga di kalangan umat Buddha ada yang 'sering meditasi', ada juga yang 'senantiasa meditasi'. Yang 'sering meditasi' itu adalah yang sering retreat, mungkin mengajar, dalam suasana meditasi mahir mengikuti aturan dan tata cara yang berlaku. Ia adalah baik pada waktu-waktu tersebut, tapi di waktu lain, perbuatannya tetap licik, kejam, dan jahat. Sementara orang yang 'senantiasa meditasi' itu, walaupun pikiran buruk masih muncul, tapi berusaha menyadari, tidak membiarkan diri dikuasai pikiran buruk tersebut. Ia juga berusaha mengembangkan kebaikan dan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, bukan hanya pada kelas meditasi/retreat saja, tetapi dalam kehidupan seluruhnya. Baginya, hidup ini sendiri adalah sesi meditasi.

Sayangnya, entah bagaimana, jenis 'sering ke Rumah Tuhan' ini jumlahnya memang jauh lebih banyak daripada yang 'tinggal di Rumah Tuhan'. Jadi tidak perlu heran kalau yang anda temui itu adalah jenis mayoritas tersebut.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.117
  • Reputasi: 128

pembatalan sepihak dan membuat kaos di tempat lain dg design itu dan sample kaos dari org promosi. ,

dan dia menuntut kerugian yg sdh dikeluarkan karena dia sdh bikin sample, film sablon, beli materi kaos, dan beberapa sample tp blm dikembalikan.

namun hendaknya si org promosi meminta sample kaosnya dan yg lain2nya, namun tak juga dikembalikan.dia bahkan sampai memusuhi ku,

ada hal yg aneh.
1. menuntut ganti rugi untuk bikin sample,film sablon, dm karena tdk jadi.
2. bagian sampling(promosi) meminta kembali sample kaos,dll.

hal yg janggal.
Samma Vayama

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
debat nya itu dengan sengit dan kata2 yg cukup emosional
dan kalau ada yg mengkritik langsung di block
jadinya memberi kesan ke saya orgnya tidak sabaran

kalau samaneri /  samaneri di sini debat di forum dengan kata2 yg baik
jadi saya tetap merasakan kedamaian dan kesabaran mereka

kalau di sekolah kan tidak bisa memilih sendiri gurunya
gurunya digaji oleh sekolah, dan murid susah mau milih guru itu
kalau untuk retreat meditasi, kita kan bisa memilih guru
jadi saya lebih senang milih yg rasanya lebih "aman2" saja

saya sudah pernah ikut 4-5 kali retreat 10 hari dari 2 tradisi yg berbeda
tapi masih banyak retreat lain dengan guru2 yg berbeda
maksud saya, jika saya ingin mencoba retreat tradisi lain pun
saya hanya berani mencoba, kalau guru nya prilakunya tidak "kontroversial"

terima kasih untuk pertanyaannya bro  _/\_

bro bluppy semua yg saya sampaikan hanya sebagai perbandingan saya, seperti guru dll, yang saya ingin sampaikan ke anda, jika anda memang bertujuan bermeditasi, ya bermeditasi , tidak semua orang di luar kasar atau bertindak tidak benar lantas pada saat meditasi dia akan berbuat seperti itu juga, jangan menilai terlalu cepat seseorang jika kita belum mengenal betul karakter orang tersebut.  _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
iya,...kalau saya sebut ntar orangnya kena link banyak,..sapa tau ntar merembet2 kesemuanya, mungkin jg ada yang kenal,.dsb,..maksud kakao ,.biar dia tau aja udah cukup,..masalahnya kakao kurang seneng sampai keluar duit aja,..kesel mah ada,..kakao sih bukan takut,.cuma berharap agar dia atau org yang berhubungan dgnya tau dan sadar, soalnya ini menyangkut vihara besar dan tempat retret meditasi lumayan besar jg...cuma kl nggak diceritain org kayak gitu sampai sekarang masih aja kepala batu nggak tau dimana kesalahannya, semoga jg yang merasa berhubungan sadar jg.tq. _/\_buddhis itu bukan membenci, tdk juga memusuhi, namun menyadarkan..kalau dia mengenal hiri dan otapa dia pasti malu akan perbuatan jahatnya yang menimbulkan kekesalan dan ketidak senangan seseorang yaitu saya.

coba bro kakao baca lagi , apakah saya meminta anda meyebutkan nama orang tersebut? saya hanya menekankan "tidak di jelaskan juga kalau itu hanya oknum".
mengenai bisnis walau bagaimanapun juga , baik dari segi hukum dll, kesalahan ada pada pihak pencetak, jika ada bukti transaksi anda tetap bisa meminta oknum tersebut mengganti, karena semua transaksi pasti ada proses dan dilakukan legalisasi dalam nota atau tanda terima. betul apa yg di sampaikan AA tono suatu transaksi pasti akan dilakukan jika sudah ada DP dari pihak pemesan, terkecuali pemesan tersebut sering memesan kepada percetakan yg sama , ini bisa di lakukan tanpa DP tapi tetap ada pembuktian nota pemesanan walau hanya tanda tangan saja.
 _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Quote
aq coba menelpon org pengajar itu dan menanyakan, dia malah menyalahkan aq dan seakan berkomplot dg orang promosi itu, sampai aq bilang sama dia ya sdh kl tdk mau dibayar,..biar saya yang akan mencicil biayanya sampai sekarang, namun hendaknya si org promosi meminta sample kaosnya dan yg lain2nya, namun tak juga dikembalikan.dia bahkan sampai memusuhi ku, sampai sekarang aq jd malas mengikuti kelas meditasinya,..ah,..org yg melatih meditasi ternyata belm lebih baik dari ku yang masih mau mendamaikan konflik mereka, walau aq harus keluar duit sekitar ******* utk mengganti org promosi itu....  bagaimana pendapat saudara2,..padahal aq sih masih nggak rela, soalnya aq yang nggak ikut2an jd harus membayar,...terus terang aq msh belum rela,..soalnya uang itu bagi ku tdk sedikit mana kala itu masa2 sulit .gimana pendapat rekan-rekan ?


Selamat Bro Kakao paling tidak kamu menjadi orang yag lebih baik dibanding guru Meditasimu.
Tapi gini aye juga msh belajar dan ada yg mengajari tentang mengunakan mantra " Ya Sudahlah" itu semua sudah berlalu, masa2 sulit itu sudah dilewati anggap saja saya berdana anggap saja saya membayar hutang yg  belum sy lunasi dulunya, sekarang hutang sy sdh lunas maka dikemudian hari tidak ada sangkutan lagi. Dengan berpikirin demikian maka pikiran yang tidak rela menjadi rela dan buat apa terus dipikiran  nantinya lama2 menjadi dendam lebih baik diamati saja dan dianggapp sebuah pembelajaran yg baik buat diri sendiri, kalau perlu katakan "Semoga orang yang membuat saya  menggantikan uang kaos promosi selalu berbahagia". Keep Smile , semoga membantu..!!
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
iya,...kalau saya sebut ntar orangnya kena link banyak,..sapa tau ntar merembet2 kesemuanya, mungkin jg ada yang kenal,.dsb,..maksud kakao ,.biar dia tau aja udah cukup,..masalahnya kakao kurang seneng sampai keluar duit aja,..kesel mah ada,..kakao sih bukan takut,.cuma berharap agar dia atau org yang berhubungan dgnya tau dan sadar, soalnya ini menyangkut vihara besar dan tempat retret meditasi lumayan besar jg...cuma kl nggak diceritain org kayak gitu sampai sekarang masih aja kepala batu nggak tau dimana kesalahannya, semoga jg yang merasa berhubungan sadar jg.tq. _/\_buddhis itu bukan membenci, tdk juga memusuhi, namun menyadarkan..kalau dia mengenal hiri dan otapa dia pasti malu akan perbuatan jahatnya yang menimbulkan kekesalan dan ketidak senangan seseorang yaitu saya.

Maaf boleh tahu bro, apakah ia guru meditasi atau penyelenggara meditasi?
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Maaf boleh tahu bro, apakah ia guru meditasi atau penyelenggara meditasi?
kakao tau dia kadang2 ngajarin orang cara meditasi atau yang dianggap senior, mungkin juga penyelenggara, soalnya kalau yang mau ikut2 daftar retret atau kegiatan meditasi melalui dia.jadi aku bilang dia adalah pengajar meditasi, soalnya aq juga baru belajar cuma 3 bulanan, dan baru ikut retret 3hari.
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
kakao tau dia kadang2 ngajarin orang cara meditasi atau yang dianggap senior, mungkin juga penyelenggara, soalnya kalau yang mau ikut2 daftar retret atau kegiatan meditasi melalui dia.jadi aku bilang dia adalah pengajar meditasi, soalnya aq juga baru belajar cuma 3 bulanan, dan baru ikut retret 3hari.

Kadang-kadang ada juga penyelenggara meditasi yang mengajarkan orang, tapi ia bukan guru meditasi.

Saya bukan mengatakan guru meditasi pasti baik (menurut kriteria kita), karena saya juga pernah mendengar dari teman, ada seseorang yang hanya belajar meditasi sepuluh hari sudah mengajar orang lain meditasi. Padahal kualifikasinya belum memadai.

Tapi kita juga jangan terlalu berprasangka terhadap guru meditasi. Karena kadang-kadang kita mengharapkan guru meditasi sesuai dengan krriteria kita, padahal tidak demikian. Saya ada menemukan guru meditasi ternama yang masih bisa timbul perasaan tidak suka, masih suka keduniawian dll. Tapi hal ini bukan membuktikan bahwa ia bukan guru yang baik, ini bukan bukti bahwa ia belum mencapai kesucian.

Ini hanya membuktikan bahwa ia belum berhasil membebaskan diri sepenuhnya dari kekotoran batin.
Kita tahu bahwa tingkat kesucian ada empat tingkat, dari Sotapanna hingga ke Arahatta, Sotapanna dan Sakadagami masih bisa marah dan masih suka keduniawian.

Nampaknya yang bro Kakao temui mungkin penyelenggara meditasi, bukan guru meditasi, dan mungkin belum mencapai kesucian.

Mettacittena,
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female

walau aq harus keluar duit sekitar *******

ini 7 digit, berarti jutaan yag? wow...

wa nggak nyebut jutaan yang nyebut tuh si blupi,

sorry, sorry...saya salah paham
kirain 7 digit jadi jutaan
makanya waktu post saya itu pakai tanda tanya karena maksudnya bertanya ? ;D
terima kasih TS sudah meluruskan kesalah pahaman nya

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
bro bluppy semua yg saya sampaikan hanya sebagai perbandingan saya, seperti guru dll, yang saya ingin sampaikan ke anda, jika anda memang bertujuan bermeditasi, ya bermeditasi , tidak semua orang di luar kasar atau bertindak tidak benar lantas pada saat meditasi dia akan berbuat seperti itu juga, jangan menilai terlalu cepat seseorang jika kita belum mengenal betul karakter orang tersebut.  _/\_

terima kasih bro wang
bagus nig sarannya
bisa jadi bahan perenungan saya
thank you  _/\_

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Kadang-kadang ada juga penyelenggara meditasi yang mengajarkan orang, tapi ia bukan guru meditasi.

Saya bukan mengatakan guru meditasi pasti baik (menurut kriteria kita), karena saya juga pernah mendengar dari teman, ada seseorang yang hanya belajar meditasi sepuluh hari sudah mengajar orang lain meditasi. Padahal kualifikasinya belum memadai.

Tapi kita juga jangan terlalu berprasangka terhadap guru meditasi. Karena kadang-kadang kita mengharapkan guru meditasi sesuai dengan krriteria kita, padahal tidak demikian. Saya ada menemukan guru meditasi ternama yang masih bisa timbul perasaan tidak suka, masih suka keduniawian dll. Tapi hal ini bukan membuktikan bahwa ia bukan guru yang baik, ini bukan bukti bahwa ia belum mencapai kesucian.

Ini hanya membuktikan bahwa ia belum berhasil membebaskan diri sepenuhnya dari kekotoran batin.
Kita tahu bahwa tingkat kesucian ada empat tingkat, dari Sotapanna hingga ke Arahatta, Sotapanna dan Sakadagami masih bisa marah dan masih suka keduniawian.

Nampaknya yang bro Kakao temui mungkin penyelenggara meditasi, bukan guru meditasi, dan mungkin belum mencapai kesucian.

Mettacittena,
Om fabian,mau tanya
Bukkannya seorang sotapana telah melenyapkan pandangan mengenai keAKUan,lantas bagaiamana seorang sotapana masih bisa marah?
Bukannya amarah hadir dari pandangan keAKUan?
Mohon dijelaskan
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Om fabian,mau tanya
Bukkannya seorang sotapana telah melenyapkan pandangan mengenai keAKUan,lantas bagaiamana seorang sotapana masih bisa marah?
Bukannya amarah hadir dari pandangan keAKUan?
Mohon dijelaskan


Bro Jhonz yang baik, amarah hadir bukan disebabkan pandangan keakuan. Dalam Buddhist ada tiga akar penyebab utama kita terombang ambing dalam berbagai masalah, yaitu lobha, dosa dan moha. Inilah akar penyebab utama ke"aku"an.

Amarah disebabkan oleh dosa, dosa disini secara umum diterjemahkan sebagai kebencian atau ketidak senangan. Pada hakekatnya kebencian atau ketidak senangan disebabkan kemelekatan pada kecenderungan batin yang bersifat menolak.

Pada waktu batin merespon impuls batin yang muncul, batin umumnya bereaksi menolak atau menerima impuls tersebut. Bila menolak timbul dosa, bila menerima timbul lobha.

Perhatian murni hanya melihat impuls yang muncul tanpa menolak atau menerima.

Seorang Sotapanna telah mampu melihat impuls batin ini, tapi dalam keadaan konsentrasi yang dalam.
Dalam keseharian seorang Sotapanna cenderung masih selalu merespon (dengan menolak atau menerima, bila menolak muncullah kebencian yang akhirnya berubah menjadi kemarahan) impuls-impuls batin ini (mirip dengan umat awam). Apabila konsentrasi masih kuat Sotapanna mampu melihat impuls batin ini, tapi bila ia malas berlatih dan konsentrasinya menurun maka kemampuan melihat impuls-impuls batin ini juga lenyap dengan sendirinya. Tapi terlepas melihat atau tidak, seorang Sotapanna masih selalu terlibat dengan impuls-impuls batin ini, kecuali pada waktu ia dalam konsentrasi mendalam pada latihan Vipassana. 

Lain halnya dengan seorang Arahat, seorang Arahat selalu tidak merespon impuls batin yang muncul. Oleh karena itu seorang Arahat memerlukan usaha untuk me-respon impuls-impuls batin yang muncul ini, karena ketidak-melekatannya (non responsif terhadap impuls batin) sudah permanen sifatnya. Bila seorang Arahat (berusaha) merespon impuls batin yang muncul maka itu disebut Kiriya.

Mettacittena,
« Last Edit: 20 April 2011, 09:56:48 PM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Artinya seorang sotapana masih berpeluang melakukan kamma buruk?
(apakah mungkin sotapana membunuh mahluk didasari kebencian?)
Bukannya pintu alam neraka dan binatang telah tertutup untuk seorang sotapana?
Thank
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline lobsangchandra

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 181
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk mencapai Pencerahan
oh jadi begitu toh sikapnya seorang pengajar meditasi buddhist....apa yang dimeditasikan ya?  :-?

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
^^^
tidaklah heran jaman sekarang banyak oknum mengaku adalah guru/ahli/pengajar/penguasa/pakar dalam hal apapun utk keuntungan pribadi.
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

 

anything