Riwayat Agung Para Buddha

Riwayat Agung Para Buddha (Revisi 1)
(The Great Chronicle of Buddhas)

Tipitakadhara Mingun Sayadaw

Orang yang menyusun Maha Buddhavamsa (Riwayat Agung Para Buddha) bukanlah manusia biasa. Beliau adalah Sayadawgyi Ashin Vicittasarabivamsa, pemegang gelar Tipitakadhara Dhamma Bhandhagarika yang bukan hanya mampu menghafal Kitab Tipitaka yang dibabarkan oleh Buddha, berikut Kitab Komentar dan Kitab Subkomentar, namun juga piawai memahami makna-maknanya secara mendalam. Sungguh seorang bhikkhu terhormat yang luar biasa.

Riwayat Agung Para Buddha adalah mahakarya klasik yang menyeluruh dan akurat, yang mana tidak ada penambahan atau pengurangan yang tak perlu dari Tipitaka. Siapa saja akan dapat memahami riwayat Buddha, Dhamma, serta para siswa-siswi Buddha dengan membaca buku ini. Para bhikkhu dan orang Myanmar membaca, menyukai, dan menghargai Riwayat Agung Para Buddha. Mereka tidak hanya meminjam buku ini, namun membeli untuk koleksi pribadi dan membacanya berulang kali. Naskah buku ini bahkan ditatah di atas batu sebagai upaya pelestarian jangka panjang!

Catatan:

  • Untuk keseluruhan jumlah halamannya 3843 halaman. Dibagi menjadi 3 buah buku.
  • RAPB merupakan proyek kerjasama antara Giri Mangala dan Ehipassiko.
  • Buku ini boleh dicopy, diperbanyak, di-“bajak” tanpa batas, tanpa perlu ijin kepada penerbit.
  • Buku dan eBook Riwayat Agung Para Buddha tidak dijual walaupun dengan alasan ganti biaya cetak ataupun jasa.
  • Untuk mendiskusikan buku ini, Silahkan bergabung ke forum DhammaCitta http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,2900.0.html
  • Download eBook (PDF)
    Buku 1 (4.4 MB)

    Buku 2 (4.3 MB)

    Buku 3 (4 MB)

60 komentar pada “Riwayat Agung Para Buddha”

  1. Namo Buddhaya,

    Sdr2 se Dhamma, mari tingkatkan Keyakinan kita kepada Tiratana, dengan membaca Riwayat Agung Para Buddha. Semoga semua mahluk berbahagia.

    1. Sdr. Gunaviro Sauw yang baik,

      Anda bisa kirimkan alamat anda ke sumedho @ dhammacitta.org

  2. Terima kasih atas bantuan teman-teman yang ada di forum ini yang sudah memberikan saya link untuk belajar agama Buddha dan riwayat para Buddha.
    Semoga semua makhluk berbahagia

  3. Thanks kepada semuanya yang telah membantu pembuatan buku ini dan juga kepada dhammacitta. moga semuanya diberkati dengan keselamatan 平安無事, kesehatan身體安康, panjang umur 長命百歲 dan segala sesuatunya berjalan sesuai dengan cita cita dan harapannya masing masing 事事如意.

  4. Terima kasih. Sangat membuka pikiran kita mengenai berbagai peristiwa yang dialami para Buddha. Juga menambah keyakinan kita untuk menjalankan Buddha Dhamma. Namo Buddhaya.Hendi Sama

Berikan Komentar