//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: candra_muslim  (Read 71480 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline candra_mukti19

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.146
  • Reputasi: -9
candra_muslim
« on: 12 November 2008, 09:46:07 PM »
hallo teman-teman! semoga anda semua dalam keadaan bahagia!

nama saya candra mukti. saya seorang muslim. usia saya 30 tahun. istri 1 dan anak 2. pekerjaan mengajar bidang ilmu logika, algoritma dan pemograman.

izinkan saya bergabung di sini karena tertarik dengan ajaran "Sang Guru".

sekedar perkenalan!
mula-mula ketertarikan saya akan ajaran Budha, karena secara tiba-tiba saya ingat kehidupan-kehidupan saya msa lampau. dalam agama islam, adanya tumimbal lahir atau reinkarnasi tentu saja tidak diakui. maka cerita-cerita saya tentang kehidupan masa lampau dianggap sebagai "khayalan" belaka oleh kalangan muslim, terutama oleh kalangan muslim mazhab wahabiah. bagi saya, tidak mengapa jika itu merupakan khayalan asal jelas argumentasinya.

selain itu juga, saya mempelajari beragam ilmu kesaktian, seperti kemampuan tenaga dalam, hipnotis, kemampuan melihat makhluk halus, melihat surga, neraka dan lain sebagainya. di kalangan muslim, semua ilmu tersebut dianggap sebagai ilmu sihir "yang haram" untuk dipelajari. tapi tidak semua mazhab muslim mengharamkan. saya ingin tahu, bagaimana pendapat budhisme mengenai semua itu?

setelah membaca-baca beberapa situs budhisme, sepertinya ajaran "sang Guru" singkron dengan semua pengalaman spiritual saya. saya mulai mempelajari meditasi samatha dan vippasanna secara otodidak. hasilnya sangat luar biasa. melalui pencapaian jhana-jhana, maka kesaktian macam apapun dapat diperoleh. betul tidak menurut anda? saya akan mengikuti atau membuka thread-thread untuk mendiskusikan hal ini.

melalui mediasi vippasanna, kebijaksanaan muncul. kemampun membaca pikiran, menghadirkan inspirasi, memcahkan masalah dengan bijaksana, melihat tembus ke alam gaib, melihat masa lalu dan masa depan,  berbuat secara bijaksana, melihat kejadian yang jelas dalam diri, cara untuk waspada diri, cara agar dapat mengendalikan diri, cara untuk menghancurkan kekotoran batin, cara untuk melenyapkan penderitaan dan mencapai kebahagiaan sejati, cara untuk mencapai kesucian adalah melalui mediasi vippasanna. betul tidak menurut anda?  atau bagaimana pendapat anda? saya akan mengikuti atau membuka thread-thread untuk mendiskusikan hal ini, dan menanyakan segala hal yang ingin saya tanyakan kepada ahlinya.

saya juga sangat ingin tahu, apakah meditasi samatha dan vippasanna itu merupakan meditasi sehari-hari umat budhis secara umum atau hanya kegiatan khusus bagi bikhu?

sekianlah, sekedar awal kata untuk memperkenalkan diri.
trims!

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: candra_muslim
« Reply #1 on: 12 November 2008, 10:15:18 PM »

izinkan saya bergabung di sini karena tertarik dengan ajaran "Sang Guru".


cocok sekali sebutan dengan Ajaran "Sang Guru" karena BUDDHA disebut juga dengan Guru Manusia dan para Dewa...

Memiliki kemampuan bathin (dalam terminologi buddhis disebut dengan Abhinna) adalah salah satu konsekuensi dari meditasi ala buddhis (walaupun tidak semua meditasi menghasilkan kemampuan bathin).

Dalam brahmajala sutta (sutra jaring brahma), dikatakan.

Pengetahuan Sang Buddha yang didasarkan pada kekuatan batinnya bukanlah kemampuan yang muncul karena pola pikiran seperti yang dimiliki manusia awam. Sebagai manusia awam/biasa, beliau dikenal sebagai orang yang terpintar ilmu di negaranya dan telah memiliki berbagai ketrampilan yang perlu dimiliki oleh seorang calon pemimpin bangsa. Pada waktu beliau masih sebagai seorang pertapa beliau telah berguru pada semua guru filsafat dan spiritual yang terkenal di Jambudipa, beliau berhasil menekuni semua ajaran mereka dan menyamai pencapaian dan kemampuan para gurunya. Akhirnya beliau telah berhasil mengembangkan pikiran atau batinnya dengan cara bermeditasi ketenangan batin (samatha bhavana) dan pandangan terang (vipassana bhavana). Dengan samatha bhavana beliau berhasil memiliki batin yang tenang juga memiliki kekuatan batin (abhinna), yaitu:


1. Iddhividdhi - kemampuan batin yang berkenaan dengan phisik, Ia dapat merubah diri menjadi banyak, berwajah lain, berujud lain, menghilang, berjalan di atas air, melayang di angkasa, menyelam dalam tanah, merubah benda sesuai apa yang disukainya dsb.

2. Dibbacakkhu - kemampuan batin untuk melihat jauh dan dekat tanpa batas. Ia dapat melihat:

apa yang akan terjadi dimasa akan datang,

apa yang terletak di tempat yang jauh walaupun itu terhalang oleh gunung dll.,

mahluk-mahluk lain diberbagai alam kehidupan yang tak terlihat oleh mata manusia biasa seperti mahluk di alam neraka, peta, asura, dewa, rupa brahma dan arupa brahma,

kelahiran-kelahiran kembali setelah manusia dan mahluk-mahluk lain (seperti tersebut diatas) meninggal di alamnya masing-masing ke alam-alam kehidupan baru sesuai dengan karma mereka masing-masing.

3. Dibbasota - kemampuan batin untuk mendengar jauh dan dekat tanpa batas. Ia dapat mendengar suara atau percakapan yang dilakukan oleh manusia maupun mahluk-mahluk lain yang tak terdengar oleh telinga manusia biasa, pada jarak dekat maupun jauh. Beliau pun dapat berkomunikasi dengan semua mahluk.

4. Cetopariyanana - kemampuan batin untuk membaca pikiran manusia dan mahluk-mahluk lain. Ia dapat mengetahui isi pikiran orang atau mahluk lain sebelum hal itu dikatakan.

5. Pubbenivasanussati - kemampuan batin untuk mengetahui kehidupan-kehidupan lampau dari semua mahluk, seperti tentang perbuatannya, penyebab kelahirannya, keluarganya, kawan maupun lawannya, adat kebiasaan, makanan dsb. Yang berkenaan dengan semua kondisi mahluk itu. Berdasarkan pada kondisi-kondisi yang lampau itu maka manusia dan mahluk lahir kembali dengan segala kondisi dan potensi yang mereka miliki pada kehidupan sekarang.
Dengan memiliki abhinna ini, beliau mengembangkan pikiran (batin) melihat lebih jauh dan dalam mengenai hidup dan kehidupan ini. Dengan bertumpu pada dasar pemikiran seperti inilah beliau mengembangkan vipassana bhavana (meditasi pandangan terang) dan menembus pengetahuan tentang hukum sebab yang saling bergantungan (paticcasamuppada). Demikian pula selanjutnya, berdasarkan pada pengetahuan yang semakin halus dan dalam tentang paticcasamuppada ini akhirnya beliau menembus pengertian tentang segala sesuatu adalah tidak kekal (anicca), akibatnya hal itu tidak dapat dipertahankan (dukkha) karena memang segala sesuatu itu tidak memiliki jiwa yang kekal (anatta). Dengan merealisasikan semua hal ini beliau dapat menghancurkan kekotoran/halangan bathin (kilesa). Beliau menjadi Buddha pada usia 35 tahun dan merealisasikan nibbana. Jadi nibbana dicapai ketika beliau masih hidup. Nibbana bukanlah alam kehidupan melainkan kondisi atau keadaan batin yang suci.


Proses perkembangan pikiran beliau, dimulai dengan pikiran atau batin manusia dengan segala kapasitasnya yang ada, berkembang menjadi pikiran atau batin yang disertai kemampuan abhinna dan akhirnya mencapai batin yang suci serta menembus semua rahasia kehidupan alam semesta (lokavidu). Beliau pun dikenal sebagai seorang sabbanmu (maha tahu). Kemahatahuan (sabbannu) adalah mengetahui segala sesuatu, tetapi cara mengetahuinya satu hal pada satu saat. Jadi beliau hanya mengetahui satu hal pada satu saat. Bila beliau berkehendak untuk mengetahui obyek yang lain maka beliau akan memfokuskan batinnya pada hal tersebut. Apakah hal itu jauh atau dekat dapat diketahui beliau. Sehingga segala sesuatu satu persatu diketahui beliau. Berdasarkan kondisi batin yang seperti inilah, Sang Buddha membabarkan Buddha Dhamma kepada para dewa dan manusia, sehingga beliau dikenal pula sebagai guru para dewa dan manusia (sattha devamanussa). Beliau mengajarkan bahwa bumi tempat kehidupan manusia bukan hanya sebuah saja melainkan ada banyak sekali bumi di jagad raya ini yang dihuni manusia seperti apa yang dinyatakan beliau dalam Ananda Vagga, Anguttara Nikaya I. Namun segala sesuatu adalah tidak kekal (anicca), maka bumi pun akan hancur dan lenyap. Demikianlah, bumi yang lebih tua akan lenyap lebih dahulu. Bumi kita pun pada suatu saat akan hancur. Tetapi kehancuran bumi kita ini bukan berarti semua bumi di alam semesta akan hancur bersama-sama dengan bumi kita. Ketika bumi kita hancur, bumi-bumi lain masih tetap ada, selanjutnya akan tiba saatnya (gilirannya) bagi bumi-bumi lain itu satu persatu akan hancur pula. Namun proses pembentukkan bumi-bumi baru satu persatu akan muncul pula. Dengan demikian alam semesta kita ini tidak akan kosong dengan bumi-bumi dan manusia yang menghuninya. Proses ketidakkekalan berjalan terus sesuai dengan hukum sebab akibat yang universal (dhammaniyana), tetapi nampaknya massa di alam semesta tetap sama adanya ketetapan massa
.



Dunia science dewasa ini juga sudah mulai melakukan riset atas berbagai fenomena fenomena yang dikatakan "supranatural" seperti "
1. Deja vu, kemampuan untuk merasakan bahwa suatu peristiwa yang sedang berlangsung sudah pernah berlangsung, dan biasanya individu yang mengalami deja vu ini bisa "meramalkan" apa yang akan terjadi dalam waktu mendatang, biasanya sih dalam waktu singkat misalnya dalam 1-2 menit ke depan.

2. Clairovoyant, kemampuan untuk "melihat" suatu peristiwa yang terjadi di tempat yang jauh.

3. Regresi hypnotheraphy, untuk mengetahui berbagai perisitiwa dialami oleh seseorang dimasa lampau, dan bahkan bisa sampai pada kehidupan lampau.
« Last Edit: 12 November 2008, 10:20:51 PM by dilbert »
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.197
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: candra_muslim
« Reply #2 on: 12 November 2008, 10:23:29 PM »
haa...

mohon dimengerti bahwa meditasi buddhisme tidak seperti yang anda tuangkan diatas (mengenai hal gaib) hal tersebut mungkin saja didapat tetapi bukan sesuatu yang penting.

meditasi samantha dan vippasana dapat dilakukan oleh semua kalangan, tidak hanya bhikkhu

selamat datang...

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: candra_muslim
« Reply #3 on: 12 November 2008, 10:32:57 PM »
haa...

mohon dimengerti bahwa meditasi buddhisme tidak seperti yang anda tuangkan diatas (mengenai hal gaib) hal tersebut mungkin saja didapat tetapi bukan sesuatu yang penting.

meditasi samantha dan vippasana dapat dilakukan oleh semua kalangan, tidak hanya bhikkhu

selamat datang...

sekedar menambahkan, bahwa kemampuan bathin yang merupakan salah satu konsekuensi dari meditasi buddhis adalah suatu tahapan pencapaian. Ketika sdr.Candra "berhasil" mengembangkan JALAN PANDANGAN TERANG (VIPASANNA) dan memperoleh Pengetahuan tentang JALAN, maka kemampuan bathin itu menjadi "TIDAK BERARTI LAGI". Bukan dalam hal bahwa kemampuan bathin itu lenyap atau hilang, tetapi TIDAK PERLU LAGI DIPERGUNAKAN atau setidaknya TIDAK UNTUK DIGUNAKAN BUAT HAL HAL YANG TIDAK BERGUNA.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.197
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: candra_muslim
« Reply #4 on: 12 November 2008, 10:44:18 PM »
haa...

mohon dimengerti bahwa meditasi buddhisme tidak seperti yang anda tuangkan diatas (mengenai hal gaib) hal tersebut mungkin saja didapat tetapi bukan sesuatu yang penting.

meditasi samantha dan vippasana dapat dilakukan oleh semua kalangan, tidak hanya bhikkhu

selamat datang...

sekedar menambahkan, bahwa kemampuan bathin yang merupakan salah satu konsekuensi dari meditasi buddhis adalah suatu tahapan pencapaian. Ketika sdr.Candra "berhasil" mengembangkan JALAN PANDANGAN TERANG (VIPASANNA) dan memperoleh Pengetahuan tentang JALAN, maka kemampuan bathin itu menjadi "TIDAK BERARTI LAGI". Bukan dalam hal bahwa kemampuan bathin itu lenyap atau hilang, tetapi TIDAK PERLU LAGI DIPERGUNAKAN atau setidaknya TIDAK UNTUK DIGUNAKAN BUAT HAL HAL YANG TIDAK BERGUNA.

ditambahkan dengan baik oleh saudara dilbert _/\_

Offline SaddhaMitta

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.323
  • Reputasi: 99
Re: candra_muslim
« Reply #5 on: 12 November 2008, 10:52:49 PM »
Met kenal mas Chandra Mukti

_/\_
Seperti air sungai Gangga yang mengalir, meluncur, mengarah ke timur,
demikian juga barang siapa yang melakukan dan berbuat banyak didalam Delapan Jalan kebenaran, mengalir, melucur, mengarah ke Nibbana.

(Samyutta Nikaya)

Offline bhadrasuryabhumi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 31
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: candra_muslim
« Reply #6 on: 12 November 2008, 11:04:15 PM »
salam kenal kang, abdi oge urang bandung, mangga dilajeng :)
keliatannya kang candra menempuh jalur sufi?
« Last Edit: 12 November 2008, 11:06:10 PM by bhadrasuryabhumi »

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: candra_muslim
« Reply #7 on: 13 November 2008, 02:36:54 AM »
Salam kenal utk sahabat ...... Candra mukti  :)

.....

mengutip kata2 Kemenyan tentang Meditasi ......  ;D
Meditasi ...
Mencari kesaktian, Mencari ketenangan batin, mencari... mencari...
Itulah persepsi pertama ketika seseorang mendengar kata Meditasi,
Hal ini merupakan anggapan yang salah kaprah.

Dalam meditasi,
Kita melepaskan... Melepaskan Dukkha, Melepaskan kemelekatan, melepaskan amarah, melepaskan nafsu, melepaskan Ego ......

 _/\_
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

hate_do

  • Guest
Re: candra_muslim
« Reply #8 on: 13 November 2008, 03:39:26 AM »
Wah.. cikal bakal generasi berikutnya Bhante Jinadhammo  :)
Sabda Sang Guru kira2 2500 tahun lalu di India, "Wahai para Bhante.. ajaran apa pun itu, baik yang mempunyai nama maupun yang tidak mempunyai nama.. sepanjang di dalamnya terkandung Empat Kebenaran Mulia dan Delapan Jalan Utama, maka silahkan menerima dan menganut ajaran tersebut dan berlindunglah kepadanya."

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: candra_muslim
« Reply #9 on: 13 November 2008, 07:30:58 AM »
salam kenal ya.. saya anestan..
_/\_

Offline DhammaChando

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 216
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitata
Re: candra_muslim
« Reply #10 on: 13 November 2008, 07:31:35 AM »
Salam Kenal buat Chandra Mukti..
Selamat Bergabung di DC...

Setuju seperti kata bro Virya..
Dalam meditasi,
Kita melepaskan... Melepaskan Dukkha, Melepaskan kemelekatan, melepaskan amarah, melepaskan nafsu, melepaskan Ego ......


 _/\_
Kebencian tak akan pernah berakhir apabila dibalas dengan kebencian. Tetapi, kebencian akan berakhir bila dibalas dengan tidak membenci. Inilah satu hukum abadi.

Hate is not overcome by hate; by Love (Metta) alone is hate appeased. This is an eternal law.

Dhammapada 5

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: candra_muslim
« Reply #11 on: 13 November 2008, 08:18:21 AM »
hallo teman-teman! semoga anda semua dalam keadaan bahagia!

nama saya candra mukti. saya seorang muslim. usia saya 30 tahun. istri 1 dan anak 2. pekerjaan mengajar bidang ilmu logika, algoritma dan pemograman.

izinkan saya bergabung di sini karena tertarik dengan ajaran "Sang Guru".

sekedar perkenalan!
mula-mula ketertarikan saya akan ajaran Budha, karena secara tiba-tiba saya ingat kehidupan-kehidupan saya msa lampau. dalam agama islam, adanya tumimbal lahir atau reinkarnasi tentu saja tidak diakui. maka cerita-cerita saya tentang kehidupan masa lampau dianggap sebagai "khayalan" belaka oleh kalangan muslim, terutama oleh kalangan muslim mazhab wahabiah. bagi saya, tidak mengapa jika itu merupakan khayalan asal jelas argumentasinya.

selain itu juga, saya mempelajari beragam ilmu kesaktian, seperti kemampuan tenaga dalam, hipnotis, kemampuan melihat makhluk halus, melihat surga, neraka dan lain sebagainya. di kalangan muslim, semua ilmu tersebut dianggap sebagai ilmu sihir "yang haram" untuk dipelajari. tapi tidak semua mazhab muslim mengharamkan. saya ingin tahu, bagaimana pendapat budhisme mengenai semua itu?

setelah membaca-baca beberapa situs budhisme, sepertinya ajaran "sang Guru" singkron dengan semua pengalaman spiritual saya. saya mulai mempelajari meditasi samatha dan vippasanna secara otodidak. hasilnya sangat luar biasa. melalui pencapaian jhana-jhana, maka kesaktian macam apapun dapat diperoleh. betul tidak menurut anda? saya akan mengikuti atau membuka thread-thread untuk mendiskusikan hal ini.

melalui mediasi vippasanna, kebijaksanaan muncul. kemampun membaca pikiran, menghadirkan inspirasi, memcahkan masalah dengan bijaksana, melihat tembus ke alam gaib, melihat masa lalu dan masa depan,  berbuat secara bijaksana, melihat kejadian yang jelas dalam diri, cara untuk waspada diri, cara agar dapat mengendalikan diri, cara untuk menghancurkan kekotoran batin, cara untuk melenyapkan penderitaan dan mencapai kebahagiaan sejati, cara untuk mencapai kesucian adalah melalui mediasi vippasanna. betul tidak menurut anda?  atau bagaimana pendapat anda? saya akan mengikuti atau membuka thread-thread untuk mendiskusikan hal ini, dan menanyakan segala hal yang ingin saya tanyakan kepada ahlinya.

saya juga sangat ingin tahu, apakah meditasi samatha dan vippasanna itu merupakan meditasi sehari-hari umat budhis secara umum atau hanya kegiatan khusus bagi bikhu?

sekianlah, sekedar awal kata untuk memperkenalkan diri.
trims!

Terima kasih telah bergabung... begitu juga info tentang anda yg cukup lengkap....
kesan saya Bro.. itu luar biasa....(terutama otodidak....) dan memiliki bakat bermeditasi...

Menurut saya, hasil2 latihan mediasi vippasanna berupa kehebatan2/kegaibAN
   Seharusnya bukan tujuan Utama....

Apakah dgn latihan Bro tsb diatas udah dpt...

1. MEMPERBAIKI PROGRAM YG SALAH (salah logic/coding/dll)..
      dgn cara memberitahukan baris yg mana, apa salahnya....?

2. Membuat/merancang pembangkit tenaga
   tenaga listrik yg jauh lebih efficient, lebih murah, lebih aman dari tenaga nuklir?
   (katanya persedian listrik PLN udah kritis..../kekurangan batu bara)

3. Apapun tujuannya..Semoga berguna bagi orang banyak...


 ;D selamat bergabung...  ;D


Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: candra_muslim
« Reply #12 on: 13 November 2008, 08:31:46 AM »
 _/\_
Salam kenal Sdr.Candra Muslim
 ;) Wahh.. ternyata kamu ini seorang yang sudah maju dalam praktek Dhamma, yaitu meditasi dan sudah ada pencapaian ke tahap2 yang melebihi umat awam seperti kita2 disini yg cuma bisa ngobrol2 doang
salut buat anda yang ingin menekuni ajaran Buddha dan juga dalam rangka mencari jati diri sendiri.
Smoga pencapaian kemampuan batin yang telah didapat dapat dipertahankan
Dalam Buddhism memang mengenal tumimbal lahir, jadi manusia sudah mengalami kelahiran berulang2
dan diyakini bahwa masa kelahiran sebelumnya kamu juga telah menekuni meditasi, jadi dalam hidup ini kamu telah mempunyai dasar pencapaian, jika dalam kehidupan ini kamu tekuni lagi, niscaya suatu saat kemampuan ini dapat membawa ke tingkat kesucian dalam kehidupan2 berikutnya
silahkan mempelajari Buddha Dhamma
salam dari kami semua, semoga berhasil!  ;)

Offline 53121f4n71

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.111
  • Reputasi: 95
  • Gender: Female
  • semoga semua makhluk berbahagia
Re: candra_muslim
« Reply #13 on: 13 November 2008, 09:12:34 AM »
halo.... salam kenal...  :)
this too will pass

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: candra_muslim
« Reply #14 on: 13 November 2008, 09:17:14 AM »

selain itu juga, saya mempelajari beragam ilmu kesaktian, seperti kemampuan tenaga dalam, hipnotis, kemampuan melihat makhluk halus, melihat surga, neraka dan lain sebagainya. di kalangan muslim, semua ilmu tersebut dianggap sebagai ilmu sihir "yang haram" untuk dipelajari. tapi tidak semua mazhab muslim mengharamkan. saya ingin tahu, bagaimana pendapat budhisme mengenai semua itu?

sekianlah, sekedar awal kata untuk memperkenalkan diri.
trims!

salam kenal bapak Candra, dalam agama Buddha kesaktian ilmu gaib tidak diharamkan. sekedar informasi tanpa bermaksud mengendurkan semangat bapak, dalam agama Buddha kesaktian yang paling tinggi adalah membuat orang lain yang tidak "mengerti" menjadi "mengerti".

kemampuan gaib hanyalah efek samping dari kekuatan pikiran, namun bukanlah tujuan akhir dari yang sang guru ajarkan. bahkan para bhikkhu pun dilarang mempertunjukkan kekuatan gaibnya didepan umum, karena agama buddha menekankan agar orang-orang mengerti 4 kebenaran mulia. dengan mengerti hukum-hukum kebenaran mutlak seperti 4 kebenaran mulia maka orang tersebut dapat "membebaskan" dirinya sendiri, maka itu ketika ada seorang wanita yang ingin agar bayi nya yang sudah meninggal "dibangunkan" oleh Sang Buddha alih-alih "membangunkan" bayi tersebut Sang Buddha malah menunjukkan corak yang umum di alami semua makhluk yang tidak dapat dirubah oleh makhluk apapun didunia.

demikianlah, smoga anda disini menjadi lebih "mengerti" dan pada akhirnya menjadi lebih "sakti" menurut ajaran sang guru.
Dunia tidak runtuh dari langit

 

anything