Topik Buddhisme > Buddhisme untuk Pemula

Buddhisme in Saudi Arabia.

Pages: << < (11/12) > >>

kusalaputto:


--- Quote from: Sol Capoeira on 29 April 2010, 01:15:42 PM ---
--- Quote from: kusalaputto on 29 April 2010, 11:15:36 AM ---
--- Quote from: upasaka on 28 April 2010, 02:38:06 PM ---
--- Quote from: kusalaputto on 28 April 2010, 02:30:25 PM ---kok ga mungkin why ?

--- End quote ---

Kota Mekkah dan Kota Madinah adalah kota suci bagi umat Islam. Orang Non-Islam dan kafir dilarang keras menginjakkan kakinya di kedua kota ini. Oleh karena itu, untuk urusan diplomatis dan kerjasama antar-negara; Saudi Arabia menunjuk Kota Riyadh sebagai Ibukota Negara.

--- End quote ---
thx bro g baru ytau ternyata yg non islam ga boleh k sana :) grp d

 [at]  elsol
bukan g sok lugu tapi yg ini g baru tahu :)



--- End quote ---
hahaha sebenarnya gw baru tao juga..:D untung loe tanya kakakakaka..:hammer:

--- End quote ---
yah sama ajah elo sama gue capcay dah :hammer: :hammer: :hammer:

seniya:

Ada artikel menarik tentang Buddhisme di Timur Tengah. Katanya di Tel Aviv dan daerah sekitar Laut Mati banyak ditumbuhi pohon Bodhi (Ficus religiosa). Konon dulu daerah Laut Mati pernah dikunjungi oleh Arahat Punna yg dalam teks Buddhis disebutkan menyebarkan Dhamma ke Sunaparanta. Menurut DPN, Sunaparanta diidentifikasi sbg daerah di Myanmar,tetapi artikel tsb menyatakan Sunaparanta sbg daerah di sekitar Laut Mati. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca artikelnya di http://www.ashinmettacara.org/2009/04/buddhism-in-middle-east.html

fabian c:


--- Quote from: seniya on 29 April 2010, 10:52:29 PM ---Ada artikel menarik tentang Buddhisme di Timur Tengah. Katanya di Tel Aviv dan daerah sekitar Laut Mati banyak ditumbuhi pohon Bodhi (Ficus religiosa). Konon dulu daerah Laut Mati pernah dikunjungi oleh Arahat Punna yg dalam teks Buddhis disebutkan menyebarkan Dhamma ke Sunaparanta. Menurut DPN, Sunaparanta diidentifikasi sbg daerah di Myanmar,tetapi artikel tsb menyatakan Sunaparanta sbg daerah di sekitar Laut Mati. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca artikelnya di http://www.ashinmettacara.org/2009/04/buddhism-in-middle-east.html

--- End quote ---

Bro Seniya yang baik, ini satu lagi yang menarik, Pohon Bodhi memang bukan merupakan tanaman endemik Timur Tengah. Tapi banyak tumbuh disana, tentu menarik untuk dipelajari.
Arsitektur kubah yang banyak ditemukan di Arab, juga bukan merupakan arsitektur awal timur tengah, mengingat bangsa Arab sebelumnya adalah Nomaden. Setahu saya bangsa Jahudi (juga timur tengah) tidak mengenal arsitektur kubah. Atau mungkin saya yang keliru...?

Kita tahu bila agama I***m menguasai suatu daerah, mereka cenderung akan menghancurkan budaya setempat (contoh: Bamiyan), karena segala macam patung dll dianggap idol worship.
Buku-buku dihancurkan karena dianggap kafir, mengajarkan ke-zaliman.

Tidak mengherankan bila jejak ajaran Sang Buddha di Timur-tengah sulit dilacak, karena banyak jejaknya terhapus.

Contoh jelas lainnya adalah tetangga kita malaysia, karena nenek moyangnya menghancurkan sisa budaya Buddhis dan Hindu disana, sehingga mereka sekarang sampai harus mencuri budaya negara lain untuk menarik turis (tari pendet, batik, reog, lagu rasa sayange dllllll.....nya) Oh ya lupa satu lagi, pemerintah kayaknya melupakan bunga Rafflesia Arnoldi yang merupakan tanaman endemik di Bengkulu masih dijadikan sebagai iklan oleh Malaysia untuk menarik turis...

 _/\_

seniya:

Soal arsitektur kubah,saya kurang tahu juga. Namun menurut prasasti raja Asoka, Dhamma berhasil disebarkan pada masa pemerintahan Asoka sampai ke wilayah Yona (Yunani) dimana berkuasa beberapa raja Yunani yg disebutkan nama2nya di prasasti tsb dan berhasil diidentifikasi hidup sezaman dg raja Asoka. Jika benar Dhamma berhasil menyebar sampai Yunani,maka daerah Timur Tengah yg berada di dekat Yunani pastilah sudah dijamah oleh para Dhammaduta. Apalagi salah satu prasasti Asoka yg ditemukan berbahasa Aramaik yg digunakan di Timur Tengah sampai zaman Yesus.

Namun sampai saat ini tidak ada bukti bahwa agama Buddha pernah berkembang di Yunani, sehingga para ahli sejarah menganggap Asoka dlm prasastinya berusaha menyombongkan diri atas keberhasilan misi Dhammaduta-nya. Apalagi catatan sejarah para raja Yunani tsb tidak menyebut adanya utusan Dhammaduta dari India.

Peacemind:

Berhubungan dengan topik di atas, mungkin members DC  bisa membaca artikel di link ini: http://www.davidicke.com/forum/showthread.php?t=23162  Di sini ada beberapa pernyataan mengejutkan sperti  sesungguhnya  adalah seorang bhiksu Mahāyana yang memiliki jhana sehingga mampu menyembuhkan penyakit. Ia memuja God Father yang sesungguhnya  Buddha Amitabha dan memuja jutaan malaikat yang sebenarnya  para bodhisattvas. Sementara itu, Bhikkhu Punnamantaniputta yang dikenal dalam Tipitaka berasal dari Sunaparanta sebenarnya berasal dari Arab.

Pages: << < (11/12) > >>

Go to full version