//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????  (Read 29282 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #60 on: 07 November 2009, 10:04:41 AM »
karena ini diskusi sutra jadi saya bahas disini,

Quote
"Subhuti, bagaimana pendapatmu, apakah seorang yang telah mencapai tingkat Arhat boleh
mempunyai pikiran "Aku telah memperoleh Ke-arhat-an?"

Subhuti menjawab : "Tidak boleh, Yang Dijunjungi! Karena sebenarnya tidak ada Dharma yang
dinamakan Arhat. Yang Dijunjungi, apabila seorang Arhat mempunyai pikiran bahwa "Aku telah
mencapai Ke-arhat-an" itu berarti masih ada kemelekatan pada diri, manusia, makhluk hidup, dan kehidupan. Yang Dijunjungi, dengan berhasilnya aku menjalankan Samadhi "Tanpa Pertentangan", Hyang Buddha mengatakan bahwa aku adalah yang terunggul di antara manusia, bahwa aku adalah Arhat yang terunggul dalam membebaskan diri dari segala nafsu keinginan. Yang Dijunjungi, aku tak pernah berpikir "Aku adalah seorang Arhat yang terbebas dari nafsu keinginan". Jika aku mempunyai pikiran "Aku telah mencapai Ke-arhat-an", Yang Dijunjungi tidak akan berkata bahwa Subhuti adalah orang yang paling berhasil menjalankan ketenangan. Karena Subhuti justru tidak merasa menjalankan kehidupan pertapaan, Ia telah diberi nama Subhuti, yang gemar menjalankan ketenangan.

dan kemudian...

Quote
Kemudian Subhuti bertanya pada para bhikshu ini, “Para tetua, apakah kalian pernah mencapai atau merealisasi sesuatu?”
Para bhikshu menjawab, “Hanya orang-orang yang sombong yang akan mengaku mereka telah mencapai dan merealisasi sesuatu. Bagi seorang umat beragama yang rendah hati, tidak ada yang dicapai atau direalisasikan. Lalu, bagaimana seseorang yang seperti ini berpikir untuk mengatakan dirinya sendiri, ‘Inilah yang telah kucapai; inilah yang telah kurealisasikan’? Jika gagasan seperti ini muncul dalam dirinya, maka ini adalah perbuatan setan.”

dan lagi dalam beberapa Digha nikaya[ terjemahan DC ] alias dari bro Indra...tidak jarang tertulis pernyataan sang Bhagava mengenai pencapaian nya,, ini saya kutip dari potthapada Sutta

Quote
Apakah itu, Bhagavà, pemadaman kesadaran yang lebih tinggi?’
7. ‘Dalam masalah ini, Poññhapàda, para petapa dan Brahmana yang mengatakan persepsi seseorang muncul dan lenyap tanpa sebab dan kondisi adalah salah besar. Mengapakah? Persepsi seseorang muncul dan lenyap [181] karena suatu sebab dan kondisi. Beberapa persepsi muncul melalui latihan, dan beberapa lenyap melalui latihan.’ ‘Apakah latihan?’ Sang Bhagavà berkata. ‘Poññhapàda, seorang Tathàgata telah muncul di dunia ini, seorang Arahat, Buddha yang telah mencapai Penerangan Sempurna, memiliki kebijaksanaan dan perilaku yang Sempurna, telah sempurna menempuh Sang Jalan, Pengenal seluruh alam, penjinak manusia yang harus dijinakkan yang tiada bandingnya, Guru para dewa dan manusia, Tercerahkan dan Terberkahi. Beliau, setelah mencapainya dengan pengetahuan-Nya sendiri, menyatakan kepada dunia bersama para dewa, màra dan Brahma, para raja dan umat manusia. Beliau membabarkan Dhamma, yang indah di awal, indah di pertengahan, indah di akhir, dalam makna dan kata, dan menunjukkan kehidupan suci yang sempurna dan murni sepenuhnya.

belum lagi LuantaMahaboowa seorang guru besar di Thailand pernah menyatakan pencapaian Arahat nya depan publik...
adakah yg bisa menjelaskan kepada saya?

1. Yang nulis judulnya salah atau ngak, aneh bacanya?
Kagak jelas pembahasannya.

2. Dikusi sutra ???, Dikusi sutra mana dulu pak, u ngak nulis sutra mana yang u bahas, main nulis sutra tapi bagian dari sutranya aja tidak tulis, piye tohhhh ???

Offline Peacemind

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 970
  • Reputasi: 74
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #61 on: 07 November 2009, 02:55:02 PM »
_/\_ Sdr Peacemind & Bro Chingik

Thanks utk infonya yg berharga.. :)

Kalo boleh sedikit lebih detil, dalam Kanon Pali tidak dikatakan "upaya kosalla" secara eksplisit tanpa kurang atau lebih satu titik pun bukan? Hanya sebuah interpretasi atas Sutta bahwa term yg dimaksud adalah upayakosalla? Thanks..

Mettacittena,

Dalam Saṇgitisutta, secara eksplisit, term yang digunakan adalah upāyakosalla.

Be happy.

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: apakah Buddha Gotama itu SETAN ????
« Reply #62 on: 07 November 2009, 03:28:21 PM »
Sip, thanks verifikasinya.. _/\_
appamadena sampadetha