//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah  (Read 20359 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah
« Reply #30 on: 19 April 2012, 11:34:53 AM »
Mungkin beda edisi, ya. Buku saya terbitan ehipassiko collection edisi tahun 2002
Setuju, pendapat yg bijak

iya mungkin edisinya berbeda ;D.

loh kok setuju? ;D itu bukan pendapat tapi pertanyaan loh ;D.
intinya saya menanyakan bagaimana caranya mempelajari ajaran lain dengan baik? ;D
karena setahu saya, kita harus melepas dulu pandangan lama kita untuk mulai mempelajari pandangan baru kita ;D. nah kalo tiba-tiba hidup kita berakhir jadinya gimana? ;D

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.851
  • Reputasi: 268
Re: Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah
« Reply #31 on: 19 April 2012, 07:16:17 PM »
Sang Buddha tidak mencegah umatnya untuk mempelajari ajaran agama lain, malah Sang Buddha mendorong umatnya untuk mempelajari dan membandingkan ajarannya dgn ajaran lain2nya. Sang Buddha berkata bahwa jika ada ajaran yg beralasan dan rasional pada agama lain, umatnya bebas untuk menghormati ajaran tersebut. Agama Buddha adalah satu2nya agama yg menyarankan umatnya untuk tidak mempercayai ajaran agama tanpa mempertimbangkannya dengan baik, harus dengan pengamatan dan analisa secara hati2, harus yakin ajaran itu cocok dgn akal budi dan mendukung untuk kebaikan diri sendiri maupun semua orang.
Agama Buddha tidak pernah mencoba mempengaruhi umat agama lain untuk memeluk agama Buddha dengan iming2 kesembuhan, mukjijat dan keselamatan yg pilih kasih.
Untuk kualitas-kualitas baik ini, saya setuju. Tapi kalau dibilang 'satu-satunya', entahlah.


Quote
Agama Buddha selalu berdiri untuk kemajuan pengetahuan dan kebebasan kemanusiaan di semua tingkat kehidupan. Tidak ada ajaran Sang Buddha yg harus ditarik atau direvisi dalam menghadapi penemuan pengetahuan ilmiah modern. Semakin banyak hal2 baru yg ditemukan ilmuwan, semakin dekat mereka dengan penjelasan Sang Buddha tentang alam semesta.
Kalau saya pribadi tidak terlalu setuju. Pertama2 memang "Ajaran Buddha" yang kita kenal sekarang ini banyak yang hasil 'sisipan' lain, karya belakangan. Dalam bidang ilmiah, banyak yang jelas tidak ilmiah seperti alam dewa saja jelas tidak ilmiah. Tapi memang untungnya "Agama Buddha" tidak perlu menentang atau mendukung ilmu pengetahuan, sebab fokusnya bukan itu.


Quote
Albert Eistein, Bapak Ilmu Pengetahuan Modern berkata," Jika ada agama yang dapat memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan modern, agama itu adalah Buddhisme"
Ajaran Sang Buddha sangat ilmiah, sangat rasional, sehingga akan menjadi suatu kebanggaan bagi seseorang dalam dunia modern untuk menyebut dirinya sebagai UMAT BUDDHA.  _/\_ ^:)^ ^:)^ ^:)^
Mengenai kebanggaan, ini yang sangat perlu hati-hati. Jika kita melekat pada Agama Buddha, maka penilaian kita cenderung tidak objektif. Kemudian, seandainya pun Agama Buddha memang semuanya bagus, tanpa cela, itu tidak serta-merta menjadikan orang yang lebih baik. Sama seperti kalau misalnya ada universitas teknik terunggul di dunia, dan kita jadi mahasiswanya di sana. Tapi saklar lampu putus aja tidak bisa kita betulkan. Bukankah itu adalah kebanggaan yang sia2?


Offline aryaputra

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 155
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah
« Reply #32 on: 19 April 2012, 09:00:09 PM »
loh kok setuju? ;D itu bukan pendapat tapi pertanyaan loh ;D.
intinya saya menanyakan bagaimana caranya mempelajari ajaran lain dengan baik? ;D
karena setahu saya, kita harus melepas dulu pandangan lama kita untuk mulai mempelajari pandangan baru kita ;D. nah kalo tiba-tiba hidup kita berakhir jadinya gimana? ;D

karena kalo kita tidak henti-hentinya mempelajari ajaran lain, kapan kita bisa berhasil membuktikan ajaran buddha itu sendiri? ;D
apanya yang akan kita bandingkan antara ajaran buddha dengan ajaran lain, kalo hanya merasa tahu saja ajaran buddha? ;D
dan setahu saya lagi ;D. yang kita bandingkan itu adalah ajaran yang kita anut sebelumnya yang sudah kita ketahui dengan baik, bukannya malah mencari ajaran-ajaran lainnya ;D.

Sebenarnya saya setuju jika pertanyaan "karena kalo kita tidak henti-hentinya mempelajari ajaran lain, kapan kita bisa berhasil membuktikan ajaran buddha itu sendiri? apanya yang akan kita bandingkan antara ajaran buddha dengan ajaran lain, kalo hanya merasa tahu saja ajaran buddha? dan setahu saya lagi . yang kita bandingkan itu adalah ajaran yang kita anut sebelumnya yang sudah kita ketahui dengan baik, bukannya malah mencari ajaran-ajaran lainnya." menjadi sebuah pernyataan.

Untuk mendapatkan suatu ajaran yg baik dan membuat kita yakin, mungkin kita perlu mengetahui tentang ajaran agama lain. Karena kita tidak dapat menyatakan bahwa ajaran itu baik dan cocok dengan kita tanpa ada pembanding. Setelah kita bandingkan, akhirnya kita menentukan pilihan, inilah ajaran yg cocok menurut kita.
 
Menurut pendapat saya, untuk mempelajari agama lain perlu pembagian waktu juga, jangan sampai kita terus mempelajari ajaran agama lain sampai malah kita menjadi pakar agama tersebut dan malah melupakan meningkatkan pengetahuan ajaran agama kita sendiri.
Agak sulit memang bila dalam pikiran kita telah tertanam ajaran agama kita, tetapi yg perlu kita tanamkan saat mulai mempelajari ajaran agama lain adalah keingin tahuan apa kelebihan  agama tersebut dan apa persamaannya dengan agama kita, bukan mencari keburukan agama tersebut dibanding agama kita.
Apabila setelah mengetahui ajaran agama tersebut yg kita temui adalah kekurangan dan ketidak cocokan kita dengan agama tersebut, maka itu akan menambah keyakinan kita akan ajaran agama kita.
Tapi bila kita temui banyaknya kebaikan dalam ajaran agama mereka, akan membuka wawasan kita bahwa ternyata ada kebaikan dalam ajaran agama lain dan itu akan membuat kita lebih toleransi terhadap agama lain.  _/\_
agak sulit untuk memahami bagaimana dunia ini ada tanpa suatu sebab pertama. TETAPI JAUH LEBIH SULIT UNTUK MEMAHAMI BAGAIMANA MUNGKIN SEBAB PERTAMA ITU BISA ADA PADA AWALNYA

Offline aryaputra

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 155
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah
« Reply #33 on: 19 April 2012, 09:26:19 PM »
yang kita bandingkan itu adalah ajaran yang kita anut sebelumnya yang sudah kita ketahui dengan baik, bukannya malah mencari ajaran-ajaran lainnya.
Saya mempelajari Alkitab, bahkan pendalaman alkitab, retreat selama sy sekolah ka****k. Sesungguhnya itu tidak diwajibkan, tetapi walau saya agama Buddha sejak kecil, tapi saya ingin tahu tentang agama ka****k. Setelah menikah, karena istri saya Islam, saya mempelajari Al Qur'an untuk tahu apa isi ajaran yg dianut istri saya. Bila ada teman yg membujuk saya ke pertemuan agama kr****n yg menurutnya bagus, saya kadang suka ikut sekedar untuk tahu, tapi tidak lebih dr satu kali. Kalau teman yg sama mengajak lagi, saya tidak mau. Setidaknya saya mempunyai sedikit pengetahuan tentang agama2  tersebut walaupun saya tidak merasa cocok dengan ajaran2 tersebut.
« Last Edit: 19 April 2012, 09:28:58 PM by aryaputra »
agak sulit untuk memahami bagaimana dunia ini ada tanpa suatu sebab pertama. TETAPI JAUH LEBIH SULIT UNTUK MEMAHAMI BAGAIMANA MUNGKIN SEBAB PERTAMA ITU BISA ADA PADA AWALNYA

Offline Che Yong

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah
« Reply #34 on: 24 April 2012, 02:32:36 AM »
kk2 kalau menurut saya agama Buddha adalah rasional dan bersifat illmiah,
ajaran2 buddhis adalah sistematis dan bukan semua bukan terjadi secara kebetulan,
tetapi ada hukum yang bisa dipelajari secara ilmiah dan bukan sulap.
misalnya hukum tentang tanaman, kamma phala, dhamma(mukjizat selain dari hukum kammaphala), tentang fisik. tentang pikiran.

tapi bila membicarakan rasional dan ilmiah jaman sekarang, maka tidak lepas harus bisa pelajari oleh peneliti2, dipalajari secara luas jaman sekarang.
ada contoh beberapa hal penting yang menurut saya sungguh susah dibuktikan dan dijangkau oleh peneliti sehingga saat ini masih dikategorikan tidak ilmiah,
jadi menurut saya belum rasional atau ilmiah bagi kemampuan orang2 jaman ini.
misalnya :
1. kammaphala.
contoh: seandainya orang menolong sesamanya. akibat realnya sudah tentu ia disukai orang lain, banyak teman, dll.
tapi pahala yang lebih jauh lagi bagaimana cara menjelaskannya? dan kapan tepat berbuahnya itu gmna ilmu jelaskannya? bila bisa menjelaskan maka perlu bukti dari hasil kaji ilmiah. hukum2 ini mungkin masuk akal tapi tidak ilmiah bagi peneliti2 saat ini.

2. surga, neraka, deva, asura, brahma, 31 alam dan makhluk lain selain manussa(selain binatang).
bagaimana cara membuktikan ini semua? ini tergantung orang. apabila didukung sama kamma buat buktikan berarti masuk akal dan ilmiah.
bila tidak, maka ini masih adalah khayalan(tidak ilmiah) dan tidak masuk akal bagi banyak orang. 

3. pencapaian meditasi.
apabila kita bermeditasi, suka berbuat yang baik, maka dalam meditasi, kita tentu tenang, kita pasti bahagia. itu adlah faedah real dari bermeditasi.
pencapaian jhana, kesaktian. mungkin saja saudara2 sekalian sudah membuktikan ini.
tapi bagaimana dengan mereka yang kebiasaannya tidak baik(kamma sendiri tidak mendukung pencapaian).
tapi mereka ini adalah peneliti dan ingin membuktikan kebenaran jhana(ketenangan)?
pencapaian meditasi = masuk akal dan ilmiah tapi abhina(ga tau tulisannya yg benar) tidak masuk akal. ini menjadi ilmiah bagi orang yang berhasil tapi tidak ilmiah bagi kebanyakan orang.

kesimpulannya Buddhis adalah ilmiah dan masuk akal apabila orang belajar didukung kammanya untuk mampu belajar.
menjadi (tidak masuk akal) atau (tidak ilmiah) bila orang yang belajar tidak didukung kammanya untuk mampu belajar.
menjadi masuk akal kalau orang tersebut percaya ataupun setuju kepada Buddha Dhamma.
menjadi tidak masuk akal kalau orang ybs anti Buddha Dhamma atau tidak mempunyai kamma untuk membuktikannya shingga percaya.
« Last Edit: 24 April 2012, 02:38:18 AM by Che Yong »

Offline Ms. Q

  • Teman
  • **
  • Posts: 67
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah
« Reply #35 on: 24 April 2012, 05:31:51 AM »
tapi khan ga semua fenomena hidup bisa dijelaskan dg ilmiah...

Offline calvinwang

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah
« Reply #36 on: 17 May 2012, 09:22:16 AM »
jadi kata lainnya : kuno? irasional? tidak sesuai dengan ilmu pengetahuan?

apakah begitu?
saya setuju!!!!dengan saudara rico tsiau _/\_

 

anything