//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] Pastikan Ginjal Sehat Sebelum Pemeriksaan Scan  (Read 3652 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Hikoza83

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.295
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
  • panda is so cute... ^-^
[INFO] Pastikan Ginjal Sehat Sebelum Pemeriksaan Scan
« on: 26 December 2007, 02:35:32 AM »
Pastikan Ginjal Sehat Sebelum Pemeriksaan Scan

JAKARTA, KCM - Pemeriksaan dengan menggunakan CT Scan khususnya yang membutuhkan penyuntikan bahan kontras mensyaratkan fungsi ginjal pasien dalam keadaan baik.

Seperti pada pemeriksaan radiologi lainnya, dokter terkadang membutuhkan penyuntikan kontras media intra vena untuk memperjelas kelainan yang ada di dalam tubuh. Pada pemeriksaan dengan menggunakan alat DSCT (Dual Source CT scan) pun, opsi penyuntikan kontras terkadang diperlukan untuk mempermudah diagnosa.

Namun demikian, untuk menghindari kemungkinan risiko penyuntikan kontras, fungsi ginjal pasien yang baik menjadi syarat penting. Oleh sebab itu, dokter biasanya melakukan penilaian fungsi ginjal sebelum pemeriksaan misalnya dengan mengecek ureum dan creatinine darah.
 
"Untuk pemeriksaan Dual Source CT Scanners menggunakan bahan kontras melalui intra vena, ada syarat utama yang harus dipenuh pasien yakni fungsi ginjalnya harus baik. Hal ini penting untuk menekan risiko kerusakan pada ginjal.  Kecuali pada kasus yang emergency," ungkap Dr Nina Supit Sp. Rad, Radiology Manager, Siloam Hospital Kebon Jeruk, di sela-sela acara pengenalan DSCT kepada media di Jakarta, Selasa (18/12) kemarin.

Penggunaan kontras media pada pemeriksaan dengan CT Scan, lanjut Nina, memang dapat membantu membedakan struktur pembuluh darah dan jaringan, serta mendeteksi kelainan misalnya tumor atau benjolan yang ukurannya sangat kecil. Namun jika penggunaannya tidak sesuai prosedur dapat menimbulkan efek merugikan bagi penderita gangguan ginjal.

DSCT atau juga dikenal dengan Somatom Definiton merupakan alat tercanggih saat ini untuk jenis CT Scan. Alat ini dapat mempersingkat waktu pemeriksaan menjadi setengahnya sehingga efek radiasi pun berkurang hingga 50 persen. DSCT menghasilkan gambar bermutu tinggi untuk membuat diagnosa dalam 83 mili detik atau setengah dari waktu yang diperlukan single scanner tercanggih CT Scan 64 slice.

Penulis: ac
sumber : www.kompas.com.
tgl akses : 26-12-2007.
« Last Edit: 05 April 2008, 12:10:52 AM by FoxRockman »
Aku akan melaksanakannya dengan tubuhku,
Karena apa gunanya hanya membaca kata-kata belaka?
Apakah mempelajari obat-obatan saja
Dapat menyembuhkan yang sakit?
[Bodhicaryavatara, Bodhisattva Shantideva]

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [INFO] Pastikan Ginjal Sehat Sebelum Pemeriksaan Scan
« Reply #1 on: 13 August 2009, 10:45:25 PM »
Hampir setiap hari kita mendengar orang menyerukan untuk meminum air 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air putih. Apa kaitannya kurang minum dengan kesehatan ginjal?

Dikutip dari Ayushveda.com, Rabu (22/7/2009) air putih dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh dengan cara mengubah makanan menjadi energi. Air berperan sebagai bahan bakar untuk mendorong reaksi kimia metabolisme. Jika tidak minum cukup air, maka tidak dapat membakar kalori secara baik.

Kurang mengkonsumsi air akan membuat tubuh mengambil air dari komponen yang lebih dekat yaitu darah. Karena kandungan air dalam darahnya diambil maka darah akan menjadi kental, sehingga distribusi darah ke seluruh tubuh akan terganggu.

Kondisi inilah yang sangat berpengaruh bagi ginjal, karena ginjal akan susah untuk menyaring racun dalam darah yang kental. Makanya banyak orang yang terkena gangguan ginjal jika kurang minum air putih.

Air putih memiliki banyak sekali manfaat, jika dikonsumsi secara tepat dalam arti tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Manfaat air putih yang sudah jamak adalah menghilangkan dahaga, mencegah dehidrasi, dan menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang lewat keringat, urine atau saat kita bernafas.

Selain itu air putih juga bisa berperan untuk detoksifikasi tubuh, karena banyak zat yang mudah larut dalam air, sehingga zat-zat pengganggu tersebut akan keluar dari tubuh dengan bantuan air melalui urine. Air putih juga berperan sebagai alat transportasi untuk membawa nutrisi dari sistem pencernaan ke beberapa bagian tubuh.

Secara psikologis air putih bisa membuat kita tenang, pada saat kita gugup, stres, atau terganggu, minumlah air putih secara perlahan-lahan akan dapat membuat kita tenang kembali. Meskipun belum dapat diketahui apa yang menyebabkan air putih bisa membuat kita tenang.

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, akan membuat fungsi organ-organ tubuh kita juga akan menurun, dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, dan virus. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh.

Asupan air yang dibutuhkan tubuh sebanyak 2-2,5 liter per hari, asupan ini sudah termasuk yang berasal dari makanan, minuman, hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Jika berada diruang ber AC dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi, karena udara yang dingin akan membuat tubuh cepat dehidrasi. Selain itu meminum air putih juga bisa membuat kulit tidak cepat kering. Dan yang pasti air putih juga bisa mendorong energi agar kita tidak lemas.
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....