//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Rawat Tentara Stres, Dokter Sediakan Terapi Lewat Game X-Box  (Read 1315 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
Rawat Tentara Stres, Dokter Sediakan Terapi Lewat Game X-Box
« on: 27 January 2011, 08:36:34 AM »


Republika - Rabu, 26 Januari
Kirim
Kirim via YM
Cetak

 
Rawat Tentara Stres, Dokter Sediakan Terapi Lewat Game X-Box

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Puluhan ribu tentara Amerika Serikat terjangkit penyakit stres akibat pulang dari medan perang di Irak atau Afghanistan. Untuk menyembuhkan stres ini, para pakar dari University of Southern California punya resep manjur, bermain video game.

Dokter dari universitas tersebut merawat para tentara yang stres dengan membiarkan mereka bermain video game X-Box. Game yang dimainkan pun diatur sedemikian rupa, yaitu game perang Virtual Irak atau Virtual Afghanistan.

Kedua game ini turunan dari game Spectrum Warrior, yang memang sengaja dibiayai oleh Angkatan Bersenjata AS. "Kedua game ini mengambil gambar dari video langsung yang digunakan para tentara ketika berperang. Ini akan mengulang kembali pengalaman traumatis mereka saat di tempat tersebut," kata peneliti Albert Rizzo.

Awalnya, pendekatan ini memang dinilai aneh. Bagaimana bisa menyembuhkan stres dan trauma prajurit dengan membawa mereka kembali ke pertempuran di Irak atau Afghanistan. Namun menurut para pakar, video game itu ternyata berhasil menurunkan tingkat kecemasan para tentara, dari yang tadinya tinggi menjadi moderat.

Ketika para tentara sudah tidak cemas atau dilanda ketakutan akut, maka mereka akan lebih mudah berbicara soal stres maupun traumanya pada para dokter. Para tentara yang dirawat dengan metode main game ini mengaku dihantui mimpi buruk, kondisi emosional yang tidak stabil, dan menghindari tempat-tempat yang menurut mereka mengingatkan kembali pada perang Irak dan Afghanistan.
Life is about living...