//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Iran Kembangkan Robot Mirip Manusia  (Read 1658 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Iran Kembangkan Robot Mirip Manusia
« on: 07 July 2010, 08:05:59 AM »



TEHERAN, KOMPAS.com — Iran berhasil mengembangkan robot jenis humanoid yang bisa berjalan dengan dua kaki layaknya manusia. Robot tersebut akan digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat yang berisiko jika dilakukan manusia.

Robot yang diberi nama Surena-2 (diambil dari nama seorang Prajurit Persia kuno) dipamerkan pertama kali oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada hari Sabtu (3/7/2010) waktu setempat. Robot ini berukuran tinggi 1,45 meter dan berat 45 kg.

"Berjalan perlahan-lahan serta menggerakkan tangan dan kaki seirama adalah salah satu kelebihannya," demikian dilaporkan media lokal Pemerintah Iran. Dalam perkenalan robot tersebut tidak diberitahukan tentang kemampuan robot lebih mendalam. Hanya disebut, robot tersebut dirancang dan dikembangkan untuk membantu pekerjaan sulit atau bersifat sensitif yang biasa dikerjakan manusia atau sebagai asisten sehari-hari.

Iran termasuk salah satu negara yang agresif melakukan sejumlah proyek ilmiah dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa keberhasilan gemilang yang sukses dilakukan para ilmuwan Iran antara lain kloning, penelitian sel induk, dan teknologi satelit. Pengembangan teknologi nuklir dengan pengayaan uranium juga dilakukan di tengah tekanan internasional yang meningkat atas program nuklirnya yang kontroversial. (M03-10)