//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Promosi PlayStation 3 Dituding Plagiat  (Read 1956 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Promosi PlayStation 3 Dituding Plagiat
« on: 01 September 2009, 12:56:11 PM »

Kampanye PlayFace (sony)

Jakarta - Kampanye Sony untuk mempromosikan bentuk baru PlayStation 3 cukup menggelitik. Namun, kampanye itu dituding plagiat oleh seorang fotografer.

Kampanye yang digerakkan oleh biro iklan Wieden+Kennedy Tokyo tersebut memang cukup menggelitik. Wajah puluhan aktor dan musisi Jepang tampil dengan ekspresi yang beranekaragam.

Ini merupakan ekspresi para selebritis dalam bermain game. Foto-foto tersebut bisa dinikmati di situs PlayFace. Wajah-wajah gemas, mengedan hingga yang tampak bengong pun menghiasi situs tersebut.

Namun, iklan itu ternyata dituding plagiat dari karya serupa seorang artis bernama Phil Toledano. Pada 2002 Toledano memotret ekspresi orang-orang dalam bermain game dengan gaya yang tak jauh berbeda.

Sang seniman fotografi pun mengatakan Sony agaknya dengan santai meniru karyanya. "Ya, tampaknya mereka memang begitu saja membajak karyaku," ujarnya seperti dikutip detikINET dari Kotaku, Jumat (28/8/2009).

Namun, bantahan sekaligus pembelaan dilontarkan oleh Robbie Cooper. Fotografer yang turut andil dalam mengajukan kampanye ini ke Sony itu angkat suara lewat blognya.

Cooper mengatakan, ide menampilkan ekspresi sejumlah orang telah banyak diterapkan di sejumlah project. Cooper pun merujuk ke fotografer lain bernama Shauna Frischkorn yang juga pernah melakukan hal serupa. Toledano, lanjut Cooper, seharusnya tidak membuat pernyataan itu.

Pihak Sony sendiri belum bereaksi mengenai masalah ini. Sampai sekarang kampanye unik tersebut tetap berjalan. Sony bahkan berencana meluaskannya, tak hanya wajah selebritis tapi juga wajah masyarakat umum.

( sha / wsh )