//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: REVIEW Samsung SGH-U800 Soul B : Gaya Hidup dan Kreasi Imaging Optimal  (Read 2245 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155



Melanjutkan keberhasilan di kelas ultra edition, Samsung mengenalkan Soul sebagai jawaban untuk segmen produk yang menggabungkan teknologi terkini dan gaya hidup (lifestyle). Di pasaran, Soul sudah diluncurkan lewat seri SGH-U900 beberapa bulan lalu. Sebagai kelanjutannya, Samsung Mobile menghadirkan SGH-U800 Soul b sebagai generasi kedua Soul. SGH-U800 mengedepankan unsur fesyen lewat balutan desain candybar tipis minimalis. Sebagian besar body ponsel dibuat dengan campuran bahan stainless steel.

Selain mengedepankan lifestyle, SGH-U800 tak miskin fitur. Daya tarik utama fitur di ponsel ini ialah akses HSDPA, pemutar musik dan koneksi bluetooth. Kualitas kamera memang hanya 3 Mpix plus flash light. Tapi ada fitur editing sehingga pengguna tak hanya bisa mengolah hasil foto maupun video. Seri ini memiliki fitur user create skin untuk mengubah theme sesuai selera.

LAYAR
Teknologi layar U800 mengadopsi jenis TFT dengan resolusi 240x320 pixels. Ukuran layar terbilang standar yakni 2 inchi atau sekitar 30 x 40 mm. Konsep user interfacenya serupa dengan yang ada di U900. Satu layar bisa menampung hingga 6 baris teks SMS. Layar U800 juga dibekali wallpaper yang bisa berganti background berdasar perubahan waktu (living world).
Pengujian : Olah tampilan visual ke berbagai menu dan memutar file video.
Nilai : 3.1.
Catatan : Visual layar bisa lebih menarik lewat user create skin (theme)

PEMUTAR MUSIK
Posisi sebagai ponsel lifestyle mengharuskan U800 tampil memadai dalam bermusik. Menu pemutar musik menyajikan fitur shuffle, rate track, sound effek dan fade out stop. Format musik yang bisa diputar mencakup MP3/AAC/eACC dan WMA. Selain itu pemutar musik juga ditunjang fasilitas bluetooth stereo A2DP dan melodi composer.
Pengujian : memutar musik dari speaker, headset stereo dan headset stereo bluetooth Nokia.
Nilai : 3,1.
Catatan : Pancaran suara musik dari speaker terasa kurang maksimal, kualitas lebih bagus bila didengarkan lewat headset.

RADIO FM
Fitur ini termasuk bagian pelengkap yang cukup dinanti kehadirannya. Radio FM bisa menyimpan hingga 33 channel stasiun radio. Sebagai menu tambahan ada auto alternative frequency, RDS (radio data system) dan radio text.
Pengujian : memutar radio via headset stereo jack 3,5 mm optional.
Nilai : 3,1.
Catatan : Tidak bisa merekam siaran radio dan sambungan antena harus terkoneksi dengan headset. RDS juga belum bisa dijalankan di Indonesia.

KAMERA
Tidak ada yang baru dari kamera, malah di bawah spesifikasi pendahulunya U900. Resolusi utama kamera yakni 2048 x 1536 pixels (3 Mpix), fitur yang melengkapi mencakup flash, timer, white balance dan efek, saturation dan sharpness.
Pengujian : mengambil gambar dengan resolusi tertinggi.
Nilai : 3.
Catatan : Dalam versi uji coba tidak ditemukan fitur ISO, red eye reduction dan panorama.

PEREKAM VIDEO
Perekam video mampu merekam format dalam dua pilihan, yakni MP4 dan 3GPP. Dukungan fitur rekam video dan kamera realtif sama. Mode rekam bisa di set normal dan MMS. Dengan dukungan memori internal berkapasitas 1GB mampu menambah keleluasaan dalam merekam video.
Pengujian : merekam dalam format 3GPP dan MP4.
Nilai : 3.
Catatan : tersedia hanya resolusi QCIF (176x144 pixels) dengan speed masih 15 fps (frame per second), dianggap tertinggal untuk ukuran saat ini.

IMAGE dan VIDEO EDITOR
Fitur edit image dan video dikelola dalam menu entertainment. Image editor mencakup modifikasi dari efek, partial blur, adjust, resize, rotate, croping dan insert frames/emoticon. Sedang video editor memberi kebebasan untuk mengambil materi video, musik dan image di folder guna dirangkai kembali.
Pengujian : merangkai video dari kumpulan image. Hasil edit video bisa di set dalam pilihan resolusi 320x240 dan 176x144 pixels. Untuk kemudahan edit dilengkapi pula pengaturan durasi antar gambar.
Nilai : 3,5.
Catatan : -

CREATE THEME
Ponsel ini punya kemampuan fitur untuk membuat kreasi theme, atau disebut juga user create skin. Ada dua pilihan opsi untuk create theme, yakni easy dan expert. Pilihan opsi expert menyajikan tools lengkap untuk setting background image, overlay, list focus hingga pop up background, sehingga theme dengan efek gerak animasi bisa dibuat. Jenis ikon dan font pun bisa diolah sesuka hati.
Pengujian : membuat theme sederhana dari image yang ada di folder.
Nilai : 3,5.
Catatan : -

KINERJA
Pancaran suara dari speaker nampak kurang jernih, mungkin disebabkan penggunaan satu speaker buzzer yang terletak pada back cover. Fitur document viewer memang tidak ada di versi ponsel yang diuji SELULAR, tapi yang jelas file MS Word, Excel dan Power point bisa terbaca lewat menu other file. Dukungan memori internal yang cukup besar juga menjadi kelebihan tersendiri pada ponsel ini.

Hasil Pengukuran Audio
Ringtone94,5 dB
Human Voice93,1 dB
Music Player95,7 dB

SKOR AKHIR: 3,1

Kinerja Baterai
Keterangan Vendor
U800 memiliki kapasitas baterai standar 880 mAh. Pihak vendor menyebutkan U800 memiliki waktu siaga hingga 320 jam dan waktu bicara hingga 6 jam dalam moda 2,5G. Sedang dalam moda 3G bisa dicapai waktu siaga hingga 290 jam dan waktu bicara hingga 3,5 jam.

Hasil Test
Dalam ujicoba ponsel di charge full lalu diaktifkan fitur radio FM, ternyata ponsel bisa aktif hingga waktu lebih dari 9 jam.

selular.co.id