//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)  (Read 129758 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #135 on: 26 September 2010, 02:51:10 PM »
Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Wah mulai banyak yang reply, sebelumnya terima kasih buat semua kawan-kawan di Dhammacitta.  :)


Bro Triyana yang baik, bila seseorang yang belum mendalami mengenai rokok mungkin menganggap setiap asap rokok sama saja, padahal bagi mereka yang telah mendalami (perokok tulen) mereka bisa membedakan antara rokok gudang garam dengan ji sam su misalnya..

Demikian juga pengertian Moksa dan Nibbana berbeda, karena pada waktu moksa ada atman yang kembali kepada Paramatman, sedangkan Nibbana Buddhis tak ada atman, yang ada hanya kumpulan unsur-unsur kemelekatan (pancakhandha) yang timbul oleh kondisi-kondisi

Berhentinya kondisi-kondisi itulah yang disebut Nibbana.

Menurut perkiraan saya moksa adalah masuk ke alam Jhana (yang dapat turun dan terlahir kembali). Sedangkan Nibbana adalah terlepas/terbebas dari seluruh 31 alam kehidupan dan tak akan terlahir kembali.
 
_/\_


Bro Fabian yang baik, didalam Agama Hindu memang mengakui adanya Atman (http://en.wikipedia.org/wiki/Ātman_(Hinduism) ) tetapi kita tidak boleh serta merta mengangap hal tersebut keliru, didalam Agama Buddha-pun dikenal Atman (http://en.wikipedia.org/wiki/Ātman_(Buddhism) ).

Tentang pengertian Moksa dan Pencapaian Nibbana/Nirvana juga tidak dapat dikatakan suatu hal yang berbeda, dalam bahasa mungkin tapi tidak dalam arti. Saya kira bro Febian salah memaknai Diri dan diri, didalam Agama Buddha dikenal adanya Diri yaitu hakikat Kebuddhaan seseorang yang sudah ada, sekarang ada dan akan tetap ada didalam orang tersebut. Sedangkan diri adalah rasa keakuan anda yang terdelusi oleh avidya. Ketika seseorang mencapai Kebuddhaan individualitas-nya tidaklah lenyap tetapi Kesadaran terdalam orang tersebut menjadi tercerahkan dan mengetahui segalanya.

 Dr. Kosho Yamamoto, who translated the entire Mahāparinirvāṇa Sūtra into English, tells of how the Buddha speaks in that scripture of doctrines previously not articulated. Now, in order to correct people’s misunderstanding of the Dharma, the Buddha - according to Yamamoto - tells of how He speaks of the positive qualities of nirvana, which includes the self:


"He [i.e. the Buddha] says that he is now ready to speak about the undisclosed teachings. Men abide in upside-down thoughts. So he will now speak of the affirmative attributes of Nirvana, which are none other than the Eternal, Bliss, the Self and the Pure.[16]"

"The true self of the Buddha is indeed said to be pure, real and blissful, and to be attainable by anyone in the state of mahāparinirvāna"

"the Mahabheriharaka Sutra insists: "... at the time one becomes a Tathagata, a Buddha, he is in nirvana, and is referred to as 'permanent', 'steadfast', 'calm', 'eternal', and 'Self' [atman]"

"" Similarly, the Śrīmālā Sūtra declares unequivocally: "When sentient beings have faith in the Tathagata [Buddha] and those sentient beings conceive [him] with permanence, pleasure, self, and purity, they do not go astray. Those sentient beings have the right view. Why so? Because the Dharmakaya [ultimate nature] of the Tathagata has the perfection of permanence, the perfection of pleasure, the perfection of self, the perfection of purity. Whatever sentient beings see the Dharmakaya of the Tathagata that way, see correctly."

"An early Buddhist tantra, the Guhyasamājā Tantra, declares: "The universal Self of entities sports by means of the illusory samādhi. It performs the deeds of a Buddha while stationed at the traditional post" (i.e. while never moving). The same tantra also imbues the self with radiant light (a common image): "The pure Self, adorned with all adornments, shines with a light of blazing diamond ..."

"the All-Creating King Tantra (the Kunjed Gyalpo Tantra, a scripture of the Nyingma school of Tibetan Buddhism, also designated a sutra) has the primordial Buddha, Samantabhadra, state, "... the root of all things is nothing else but one Self … I am the place in which all existing things abide."[29]"

"Furthermore, the Tibetan Buddhist scripture entitled The Expression of Manjushri's Ultimate Names (Mañjuśrī-nāma-saṅgīti), as quoted by the Tibetan Buddhist master, Dolpopa,[30] applies the following terms to the Ultimate Buddhic Reality:

"the Pervasive Lord"

"the Supreme Guardian of the world"

"Buddha-Self"

"the Beginningless Self"

"the Self of Thusness"

"the Self of primordial purity"

"the Source of all"

"the Single Self"

"the Diamond Self"

"the Solid Self"

"the Holy, Immovable Self"

"the Supreme Self"

"the Supreme Self of All Creatures".


"Moreover, with reference to one of Vasubandhu's commentarial works, Dolpopa affirms the reality of the pure self, which is not the worldly ego, in the following terms:

"... the uncontaminated element is the buddhas' supreme Self ... because buddhas have attained pure Self, they have become the Self of great Selfhood. Through this consideration, the uncontaminated is posited as the supreme Self of buddhas."[31]"

The 14th Dalai Lama on the "subtle person or self"

In 2005, commenting on the Tibetan Book of the Dead, a text in the highest yoga tantra, the 14th Dalai Lama explained how this tantra conceives both of a temporary person, and a subtle person or self, which it links to the Buddha nature. He writes:

… when we look at [the] interdependence of mental and physical constituents from the perspective of Highest Yoga Tantra, there are two concepts of a person. One is the temporary person or self, that is as we exist at the moment, and this is labeled on the basis of our coarse or gross physical body and conditioned mind, and, at the same time, there is a subtle person or self which is designated in dependence on the subtle body and subtle mind. This subtle body and subtle mind are seen as a single entity that has two facets. The aspect which has the quality of awareness, which can reflect and has the power of cognition, is the subtle mind. Simultaneously, there is its energy, the force that activates the mind towards its object – this is the subtle body or subtle wind. These two inextricably conjoined qualities are regarded, in Highest Yoga Tantra, as the ultimate nature of a person and are identified as buddha nature, the essential or actual nature of mind.[32]

Sedangkan dalam aliran Theravada dari buku-buku yang saya baca juga membenarkan adanya suatu Diri (ingat bukan diri dengan d kecil) walaupun dengan bahasa yang berbeda Mind contohnya atau Kesadaran dll tetapi pada hakekatnya mengafirmasi bahwa orang yang mencapai tataran Arahat tidak kehilangan individualitasnya. Contoh nyata lainnya kalau kita melihat Bhikku di Thailand yang oleh masyarakat luas dianggap telah mencapai KeArahatan saya yakin tetap memiliki individualitas walaupun kemungkinan besar amat berbeda dengan kita orang biasa yang individualitasnya terdelusi.

Tentang Moksa saya kira sudah jelas bahwa ia telah terbebas dari lingkaran reinkarnasi merujuk pada definisi :

In Indian religions, Moksha (Sanskrit: मोक्ष mokṣa) or Mukti (Sanskrit: मुक्ति), literally "release" (both from a root muc "to let loose, let go"), is the liberation from samsara and the concomitant suffering involved in being subject to the cycle of repeated death and rebirth (reincarnation).

Demikian dari saya dan silahkan didebat, kritik dan sanggah  :)

 _/\_

Alex: Now we get into another topic that is difficult for us Westerners to deal with, which is the concept of no beginning. Just as there is no beginning to samsara, there is no beginning to people achieving Buddhahood. Although in the Kalachakra teachings we have the term Adi-Buddha, it doesn’t refer to the first one who ever achieved Buddhahood. There is no historical first Buddha. There is no logical way of presenting a first Buddha within the context of cause and effect. How would they have become a Buddha? By having some special creativity in them? Someone had to teach them and show them the way, and that someone would have had to have reached Buddhahood himself beforehand. “Adi-Buddha” means Buddhahood based on the primordial state, the primordial basic purity of the mind. There have always been Buddhas and teachings, though they may not have always taught them to others. Of course, there have been dark ages – we are talking about samsara, it goes up and down.

http://www.berzinarchives.com/web/en/archives/sutra/level2_lamrim/initial_scope/karma/examining_karma_after_sep_11/session_3.html?query=adi+buddha

Ya artikel Dr. Alexander Berzin sudah tepat apa yang musti dikomentari  :), anda saja yang kebetulan keliru mecermati dengan mengatakan bahwa tidak ada Kesadaran Terdalam. 

Lihat :

The 14th Dalai Lama on the "subtle person or self"

In 2005, commenting on the Tibetan Book of the Dead, a text in the highest yoga tantra, the 14th Dalai Lama explained how this tantra conceives both of a temporary person, and a subtle person or self, which it links to the Buddha nature. He writes:

… when we look at [the] interdependence of mental and physical constituents from the perspective of Highest Yoga Tantra, there are two concepts of a person. One is the temporary person or self, that is as we exist at the moment, and this is labeled on the basis of our coarse or gross physical body and conditioned mind, and, at the same time, there is a subtle person or self which is designated in dependence on the subtle body and subtle mind. This subtle body and subtle mind are seen as a single entity that has two facets. The aspect which has the quality of awareness, which can reflect and has the power of cognition, is the subtle mind. Simultaneously, there is its energy, the force that activates the mind towards its object – this is the subtle body or subtle wind. These two inextricably conjoined qualities are regarded, in Highest Yoga Tantra, as the ultimate nature of a person and are identified as buddha nature, the essential or actual nature of mind.

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #136 on: 26 September 2010, 02:52:03 PM »
Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Sekarang kembali ke MN 72 Aggivacchagotta Sutta, kalau saya seumpamanya ditanya kemanakah api yang padam itu arahnya, menurut sains tentu saja ia terurai dan menjadi satu dengan udara, nah disini ada udara sebagai basis penampung bagi elemen-elemen api yang padam. 

tanpa mengurangi rasa hormat saya pada anda, tapi saya lebih percaya Sang Buddha daripada anda = itu bukan jawaban atas pertanyaan saya, sekarang ijinkanlah saya untuk memperjelas : Bukankah kalau api padam maka ia akan terurai dan kembali kepada udara bro, artinya ada udara sebagai elemen yang menampung api yang padam tersebut, ini fakta yang tidak dapat dibantah.  :)

Silahkan ditanggapi  :)

 _/\_


api yg padam, ya padam saja, saya tidak setuju bahwa udara menjadi elemen penampung api yang padam. adakah referensi ilmiah sehubungan dengan hal ini?

itu bukan jawaban atas pertanyaan saya kalimat di atas adalah komentar anda ditandai dengan kalimat "ijinkanlah saya untuk berkomentar", jadi anda tidak bertanya, jadi kenapa saya dibilang tidak menjawab?

api yg padam, ya padam saja, saya tidak setuju bahwa udara menjadi elemen penampung api yang padam. adakah referensi ilmiah sehubungan dengan hal ini? = Yang jujur bro, semua yang dibakar habis akan terurai dan kembali keelemen udara.  ^-^

 _/\_

loh saya memang menjawab dengan jujur, makanya saya minta referensi ilmiahnya supaya saya bisa menerima pandangan anda, karena saya mencoba masak air tanpa menyalakan kompor tapi kok bisa mendidih?

Tanpa elemen udara  tidak ada api yang bisa menyala, berarti api tergantung pada udara.

Silahkan ditanggapi bro Indra  ^-^

 _/\_

saya setuju bahwa api dapat menyala dengan bergantung pada udara, anda menggeliat lagi, yg tidak saya setujui adalah "api yg padam menyatu dengan udara".
apakah menurut anda, api yg padam itu tetap ada hanya saja sekarang berada di udara?

yg tidak saya setujui adalah "api yg padam menyatu dengan udara".
apakah menurut anda, api yg padam itu tetap ada hanya saja sekarang berada di udara? = Api kalo sudah padam maka unsur-unsur pembentuknya akan terurai dan melebur ke udara  :)

Pandangan anda sendiri bagaimana, silahkan diuraikan dengan gamblang  _/\_

 _/\_

maaf bro,  saya juga tidak pernah meneliti api, walaupun benar bahwa saya pernah meletakkan sepanci air di atas kompor yg tidak dinyalakan dari malam sampai pagi dan tidak mendidih. mohon maaf saya tidak bisa menjawab soal api ini, mungkin ada member lain yg kebetulan adalah peneliti api bisa membantu saya?

tapi saya tertarik dengan pendapat anda mengenai unsur pembentuk api. apakah unsur pembentuk api itu?



Kalo anda tidak bisa menjelaskan bagaimana anda bisa yakin tentang peryataan anda ini "yg tidak saya setujui adalah "api yg padam menyatu dengan udara". Aneh to  ^-^

Tentang api : http://en.wikipedia.org/wiki/Fire

 _/\_


saya tidak setuju mungkin karena anda tidak dapat memberikan penjelasan yg masuk akal bagaimana api menyatu dengan udara, dan sejauh ini memang anda belum memberikan penjelasan yg logis.

saya juga sudah membaca link mengenai api yg anda berikan, tapi saya tidak menemukan bagian yg menjelaskan bahwa api yg padam menyatu dengan udara, mungkin bahasa inggris saya yg payah, sudikah anda men-copas bagian itu?

"yg tidak saya setujui adalah "api yg padam menyatu dengan udara" menurut bro Indra api yang padam menyatu dengan apa ?  :)

 _/\_

itu sudah saya jawab sebelumnya pada pertanyaan anda, "lenyap kemana?" dan saya memberikan perumpamaan yg diberikan Sang Buddha tentang api kepada Vacchagotta, silahkan anda balik ke halaman2 sebelumnya jika anda lupa

Oh ya, lalu apa jawabannya mohon diketikkan dengan jelas disini supaya saya dan rekan-rekan semua bisa tahu dengan jelas jawaban anda  _/\_ atau jangan-jangan anda tidak tahu ?

 _/\_


tidak ada gunanya anda menggunakan cara2 begitu Bro, berdiskusilah sesuai etika diskusi yg benar, saya sudah menjawab pertanyaan itu dan saya tidak akan mengulanginya lagi, itu saya jawab kemarin malam, jadi anda tidak perlu jauh2 membalik postingan yg lalu, mungkin 2 atau 3 page sebelumnya saja dan anda akan menemukan.

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #137 on: 26 September 2010, 03:00:51 PM »
Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Sekarang kembali ke MN 72 Aggivacchagotta Sutta, kalau saya seumpamanya ditanya kemanakah api yang padam itu arahnya, menurut sains tentu saja ia terurai dan menjadi satu dengan udara, nah disini ada udara sebagai basis penampung bagi elemen-elemen api yang padam. 

tanpa mengurangi rasa hormat saya pada anda, tapi saya lebih percaya Sang Buddha daripada anda = itu bukan jawaban atas pertanyaan saya, sekarang ijinkanlah saya untuk memperjelas : Bukankah kalau api padam maka ia akan terurai dan kembali kepada udara bro, artinya ada udara sebagai elemen yang menampung api yang padam tersebut, ini fakta yang tidak dapat dibantah.  :)

Silahkan ditanggapi  :)

 _/\_


api yg padam, ya padam saja, saya tidak setuju bahwa udara menjadi elemen penampung api yang padam. adakah referensi ilmiah sehubungan dengan hal ini?

itu bukan jawaban atas pertanyaan saya kalimat di atas adalah komentar anda ditandai dengan kalimat "ijinkanlah saya untuk berkomentar", jadi anda tidak bertanya, jadi kenapa saya dibilang tidak menjawab?

api yg padam, ya padam saja, saya tidak setuju bahwa udara menjadi elemen penampung api yang padam. adakah referensi ilmiah sehubungan dengan hal ini? = Yang jujur bro, semua yang dibakar habis akan terurai dan kembali keelemen udara.  ^-^

 _/\_

loh saya memang menjawab dengan jujur, makanya saya minta referensi ilmiahnya supaya saya bisa menerima pandangan anda, karena saya mencoba masak air tanpa menyalakan kompor tapi kok bisa mendidih?

Tanpa elemen udara  tidak ada api yang bisa menyala, berarti api tergantung pada udara.

Silahkan ditanggapi bro Indra  ^-^

 _/\_

saya setuju bahwa api dapat menyala dengan bergantung pada udara, anda menggeliat lagi, yg tidak saya setujui adalah "api yg padam menyatu dengan udara".
apakah menurut anda, api yg padam itu tetap ada hanya saja sekarang berada di udara?

yg tidak saya setujui adalah "api yg padam menyatu dengan udara".
apakah menurut anda, api yg padam itu tetap ada hanya saja sekarang berada di udara? = Api kalo sudah padam maka unsur-unsur pembentuknya akan terurai dan melebur ke udara  :)

Pandangan anda sendiri bagaimana, silahkan diuraikan dengan gamblang  _/\_

 _/\_

maaf bro,  saya juga tidak pernah meneliti api, walaupun benar bahwa saya pernah meletakkan sepanci air di atas kompor yg tidak dinyalakan dari malam sampai pagi dan tidak mendidih. mohon maaf saya tidak bisa menjawab soal api ini, mungkin ada member lain yg kebetulan adalah peneliti api bisa membantu saya?

tapi saya tertarik dengan pendapat anda mengenai unsur pembentuk api. apakah unsur pembentuk api itu?



Kalo anda tidak bisa menjelaskan bagaimana anda bisa yakin tentang peryataan anda ini "yg tidak saya setujui adalah "api yg padam menyatu dengan udara". Aneh to  ^-^

Tentang api : http://en.wikipedia.org/wiki/Fire

 _/\_


saya tidak setuju mungkin karena anda tidak dapat memberikan penjelasan yg masuk akal bagaimana api menyatu dengan udara, dan sejauh ini memang anda belum memberikan penjelasan yg logis.

saya juga sudah membaca link mengenai api yg anda berikan, tapi saya tidak menemukan bagian yg menjelaskan bahwa api yg padam menyatu dengan udara, mungkin bahasa inggris saya yg payah, sudikah anda men-copas bagian itu?

"yg tidak saya setujui adalah "api yg padam menyatu dengan udara" menurut bro Indra api yang padam menyatu dengan apa ?  :)

 _/\_

itu sudah saya jawab sebelumnya pada pertanyaan anda, "lenyap kemana?" dan saya memberikan perumpamaan yg diberikan Sang Buddha tentang api kepada Vacchagotta, silahkan anda balik ke halaman2 sebelumnya jika anda lupa

Oh ya, lalu apa jawabannya mohon diketikkan dengan jelas disini supaya saya dan rekan-rekan semua bisa tahu dengan jelas jawaban anda  _/\_ atau jangan-jangan anda tidak tahu ?

 _/\_


tidak ada gunanya anda menggunakan cara2 begitu Bro, berdiskusilah sesuai etika diskusi yg benar, saya sudah menjawab pertanyaan itu dan saya tidak akan mengulanginya lagi, itu saya jawab kemarin malam, jadi anda tidak perlu jauh2 membalik postingan yg lalu, mungkin 2 atau 3 page sebelumnya saja dan anda akan menemukan.

Berdiskusilah sesuai etika diskusi yg benar = Saya kira sudah benar kan saya meminta anda menjawab eh siapa tahu jawaban yang ada dipikiran saya tidak sama dengan jawaban bro Indra  :)

19. “Bagaimana menurutmu, Vaccha? Misalkan terdapat api yang membakar di depanmu. Apakah engkau mengetahui: ‘Api ini membakar di depanku’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Bergantung pada apakah api yang membakar di depanmu ini?’ – jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Jika ditanya demikian, Guru Gotama, aku akan menjawab: ‘Api ini membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu.’”

“Jika api di depanmu itu padam, apakah engkau mengetahui: ‘Api di depanku ini telah padam’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

sumber: MN 72 Aggivacchagotta Sutta

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

Mohon maaf sekali lagi tanpa mengurangi rasa hormat pada Sutta tapi jawaban Vaccha “Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.” saya kira tidak menjawab pertanyaan “Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?” tetapi saya hargai jawaban Vaccha, nah sekarang bagaimana dengan jawaban bro Indra sendiri apa mau ngikut-ikut saja atau punya prinsip jawaban sendiri terkait dengan pertanyaan tersebut  _/\_

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #138 on: 26 September 2010, 03:10:36 PM »
Namo Buddhaya,

Berdiskusilah sesuai etika diskusi yg benar = Saya kira sudah benar kan saya meminta anda menjawab eh siapa tahu jawaban yang ada dipikiran saya tidak sama dengan jawaban bro Indra  :)

19. “Bagaimana menurutmu, Vaccha? Misalkan terdapat api yang membakar di depanmu. Apakah engkau mengetahui: ‘Api ini membakar di depanku’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Bergantung pada apakah api yang membakar di depanmu ini?’ – jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Jika ditanya demikian, Guru Gotama, aku akan menjawab: ‘Api ini membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu.’”

“Jika api di depanmu itu padam, apakah engkau mengetahui: ‘Api di depanku ini telah padam’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

sumber: MN 72 Aggivacchagotta Sutta

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

Mohon maaf sekali lagi tanpa mengurangi rasa hormat pada Sutta tapi jawaban Vaccha “Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.” saya kira tidak menjawab pertanyaan “Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?” tetapi saya hargai jawaban Vaccha, nah sekarang bagaimana dengan jawaban bro Indra sendiri apa mau ngikut-ikut saja atau punya prinsip jawaban sendiri terkait dengan pertanyaan tersebut  _/\_

 _/\_

anda menganggap sudah beretika dengan benar dalam diskusi ini? dengan cara mengulangi pertanyaan yg sama yg sudah dijawab?

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #139 on: 26 September 2010, 03:17:00 PM »
Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Berdiskusilah sesuai etika diskusi yg benar = Saya kira sudah benar kan saya meminta anda menjawab eh siapa tahu jawaban yang ada dipikiran saya tidak sama dengan jawaban bro Indra  :)

19. “Bagaimana menurutmu, Vaccha? Misalkan terdapat api yang membakar di depanmu. Apakah engkau mengetahui: ‘Api ini membakar di depanku’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Bergantung pada apakah api yang membakar di depanmu ini?’ – jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Jika ditanya demikian, Guru Gotama, aku akan menjawab: ‘Api ini membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu.’”

“Jika api di depanmu itu padam, apakah engkau mengetahui: ‘Api di depanku ini telah padam’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

sumber: MN 72 Aggivacchagotta Sutta

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

Mohon maaf sekali lagi tanpa mengurangi rasa hormat pada Sutta tapi jawaban Vaccha “Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.” saya kira tidak menjawab pertanyaan “Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?” tetapi saya hargai jawaban Vaccha, nah sekarang bagaimana dengan jawaban bro Indra sendiri apa mau ngikut-ikut saja atau punya prinsip jawaban sendiri terkait dengan pertanyaan tersebut  _/\_

 _/\_

anda menganggap sudah beretika dengan benar dalam diskusi ini? dengan cara mengulangi pertanyaan yg sama yg sudah dijawab?

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak = BUKTIKAN jangan asal NGOMONG doang, saya TUNGGU..............  :))

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #140 on: 26 September 2010, 03:18:53 PM »
Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Berdiskusilah sesuai etika diskusi yg benar = Saya kira sudah benar kan saya meminta anda menjawab eh siapa tahu jawaban yang ada dipikiran saya tidak sama dengan jawaban bro Indra  :)

19. “Bagaimana menurutmu, Vaccha? Misalkan terdapat api yang membakar di depanmu. Apakah engkau mengetahui: ‘Api ini membakar di depanku’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Bergantung pada apakah api yang membakar di depanmu ini?’ – jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Jika ditanya demikian, Guru Gotama, aku akan menjawab: ‘Api ini membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu.’”

“Jika api di depanmu itu padam, apakah engkau mengetahui: ‘Api di depanku ini telah padam’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

sumber: MN 72 Aggivacchagotta Sutta

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

Mohon maaf sekali lagi tanpa mengurangi rasa hormat pada Sutta tapi jawaban Vaccha “Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.” saya kira tidak menjawab pertanyaan “Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?” tetapi saya hargai jawaban Vaccha, nah sekarang bagaimana dengan jawaban bro Indra sendiri apa mau ngikut-ikut saja atau punya prinsip jawaban sendiri terkait dengan pertanyaan tersebut  _/\_

 _/\_

anda menganggap sudah beretika dengan benar dalam diskusi ini? dengan cara mengulangi pertanyaan yg sama yg sudah dijawab?

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak = BUKTIKAN jangan asal NGOMONG doang, saya TUNGGU..............  :))

 _/\_

apa yg harus saya buktikan, saya sedang mengatakan apa adanya tentang diri saya, jadi apa yg harus saya buktikan pada anda? saya memang bangga bisa ikut2an sutta kok, tuh buktinya saya sudah niru MN 72

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #141 on: 26 September 2010, 03:24:07 PM »
Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Berdiskusilah sesuai etika diskusi yg benar = Saya kira sudah benar kan saya meminta anda menjawab eh siapa tahu jawaban yang ada dipikiran saya tidak sama dengan jawaban bro Indra  :)

19. “Bagaimana menurutmu, Vaccha? Misalkan terdapat api yang membakar di depanmu. Apakah engkau mengetahui: ‘Api ini membakar di depanku’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Bergantung pada apakah api yang membakar di depanmu ini?’ – jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Jika ditanya demikian, Guru Gotama, aku akan menjawab: ‘Api ini membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu.’”

“Jika api di depanmu itu padam, apakah engkau mengetahui: ‘Api di depanku ini telah padam’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

sumber: MN 72 Aggivacchagotta Sutta

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

Mohon maaf sekali lagi tanpa mengurangi rasa hormat pada Sutta tapi jawaban Vaccha “Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.” saya kira tidak menjawab pertanyaan “Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?” tetapi saya hargai jawaban Vaccha, nah sekarang bagaimana dengan jawaban bro Indra sendiri apa mau ngikut-ikut saja atau punya prinsip jawaban sendiri terkait dengan pertanyaan tersebut  _/\_

 _/\_

anda menganggap sudah beretika dengan benar dalam diskusi ini? dengan cara mengulangi pertanyaan yg sama yg sudah dijawab?

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak = BUKTIKAN jangan asal NGOMONG doang, saya TUNGGU..............  :))

 _/\_

apa yg harus saya buktikan, saya sedang mengatakan apa adanya tentang diri saya, jadi apa yg harus saya buktikan pada anda? saya memang bangga bisa ikut2an sutta kok, tuh buktinya saya sudah niru MN 72

Berarti anda tidak tahu ya, sudah tidak apa-apa saya maklumi kan anda bukan ahli kimia  ;D

 _/\_

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #142 on: 26 September 2010, 03:24:16 PM »
Apakah yang ditanyakan Bro Triyana2009 adalah validitas dari perumpamaan api yang padam?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #143 on: 26 September 2010, 03:25:52 PM »
Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Namo Buddhaya,

Berdiskusilah sesuai etika diskusi yg benar = Saya kira sudah benar kan saya meminta anda menjawab eh siapa tahu jawaban yang ada dipikiran saya tidak sama dengan jawaban bro Indra  :)

19. “Bagaimana menurutmu, Vaccha? Misalkan terdapat api yang membakar di depanmu. Apakah engkau mengetahui: ‘Api ini membakar di depanku’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Bergantung pada apakah api yang membakar di depanmu ini?’ – jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Jika ditanya demikian, Guru Gotama, aku akan menjawab: ‘Api ini membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu.’”

“Jika api di depanmu itu padam, apakah engkau mengetahui: ‘Api di depanku ini telah padam’?”

“Aku mengetahuinya, Guru Gotama.”

“Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?”

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

sumber: MN 72 Aggivacchagotta Sutta

“Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.”

Mohon maaf sekali lagi tanpa mengurangi rasa hormat pada Sutta tapi jawaban Vaccha “Itu tidak berlaku, Guru Gotama. Api itu membakar dengan bergantung pada bahan bakar rumput dan kayu. Ketika bahan bakar itu habis, jika tidak mendapatkan tambahan bahan bakar, karena tanpa bahan bakar, maka itu dikatakan sebagai padam.” saya kira tidak menjawab pertanyaan “Jika seseorang bertanya kepadamu, Vaccha: ‘Ketika api di depanmu itu padam, ke arah manakah perginya: ke timur, ke barat, ke utara, atau ke selaatan?’ - jika ditanya demikian, bagaimanakah engkau menjawab?” tetapi saya hargai jawaban Vaccha, nah sekarang bagaimana dengan jawaban bro Indra sendiri apa mau ngikut-ikut saja atau punya prinsip jawaban sendiri terkait dengan pertanyaan tersebut  _/\_

 _/\_

anda menganggap sudah beretika dengan benar dalam diskusi ini? dengan cara mengulangi pertanyaan yg sama yg sudah dijawab?

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak

tidak apa2 jika anda akan menganggap bahwa saya ikut2an, tapi asal tau aja, saya malah merasa bangga ikut2an Sutta, daripada sok2an pake opini pribadi dan ternyata salah pulak = BUKTIKAN jangan asal NGOMONG doang, saya TUNGGU..............  :))

 _/\_

apa yg harus saya buktikan, saya sedang mengatakan apa adanya tentang diri saya, jadi apa yg harus saya buktikan pada anda? saya memang bangga bisa ikut2an sutta kok, tuh buktinya saya sudah niru MN 72

Berarti anda tidak tahu ya, sudah tidak apa-apa saya maklumi kan anda bukan ahli kimia  ;D

 _/\_

saya memang bukan ahli kima, tapi jika anda ahli kima, seingat saya, tadi saya bertanya tentang padamnya api, tapi anda belum menjawab juga, bagaimana jawaban anda?

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #144 on: 26 September 2010, 03:27:09 PM »
Namo Buddhaya,

Apakah yang ditanyakan Bro Triyana2009 adalah validitas dari perumpamaan api yang padam?

Api yang padam larinya kemana, ya tentu terurai dan melebur dengan udara, api tidak kemana-mana karena ia hanya terurai saja tetapi tidak lenyap.  :)

 _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #145 on: 26 September 2010, 03:27:44 PM »
Apakah yang ditanyakan Bro Triyana2009 adalah validitas dari perumpamaan api yang padam?

entah apa itu adalah meragukan validitas atau yg lainnya, tapi Bro Triyana memiliki jawaban yg lebih baik untuk perumpamaan api itu, yaitu, seharusnya jawabannya adalah, "api yg padam akan menyatu dengan udara sebagai elemen penampung api yg padam"

Offline Triyana2009

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 756
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #146 on: 26 September 2010, 03:41:24 PM »
Namo Buddhaya,

Apakah yang ditanyakan Bro Triyana2009 adalah validitas dari perumpamaan api yang padam?

Saya bertanya kemana api itu setelah ia padam, itu saja, tapi bro Indra jawabannya berbelit-belit kayak belut  :))

Akan saya tanyakan di bagian Sains forum DC ini  :)

 _/\_
« Last Edit: 26 September 2010, 03:43:14 PM by Triyana2009 »

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #147 on: 26 September 2010, 03:43:30 PM »
Api yang padam larinya kemana, ya tentu terurai dan melebur dengan udara, api tidak kemana-mana karena ia hanya terurai saja tetapi tidak lenyap.  :)

 _/\_

Perumpamaan yang dipakai Sang Buddha tentu saja mengikuti pola pikir orang di masa itu. Jika meninjau dari Ilmu Fisika, memang api yang padam akan berubah menjadi energi yang lain (transformasi energi). Namun yang ditekankan Sang Buddha bukan pada penjelasan ilmiahnya...

Perumpamaan api yang padam itu mengandung pesan bahwa: Api bisa ada karena ada sebab-sebab yang mendukungnya. Bila sebab-sebab itu tidak mendukungnya, maka api itu tidak ada. Demikian pula kita yang terdiri dari nama (batin) dan rupa (fisik jasmani) bisa ada, karena ada sebab-sebab yang mendukungnya. Bila sebab-sebab itu kita cabut, maka kita (nama dan rupa) tidak akan ada.

Silakan lanjutkan komentar Anda...

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #148 on: 26 September 2010, 03:45:12 PM »
entah apa itu adalah meragukan validitas atau yg lainnya, tapi Bro Triyana memiliki jawaban yg lebih baik untuk perumpamaan api itu, yaitu, seharusnya jawabannya adalah, "api yg padam akan menyatu dengan udara sebagai elemen penampung api yg padam"

Benarkah Bro Triyana2009 menjawab seperti itu? Api yang padam akan menjadi udara dan menyatu dengan udara? Ini pendapat yang tidak ilmiah sama sekali...

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Agama Buddha dan Agama Hindu kesamaan dan perbedaan. (Mari kita diskusi)
« Reply #149 on: 26 September 2010, 03:48:15 PM »
Namo Buddhaya,

Apakah yang ditanyakan Bro Triyana2009 adalah validitas dari perumpamaan api yang padam?

Saya bertanya kemana api itu setelah ia padam, itu saja, tapi bro Indra jawabannya berbelit-belit kayak belut  :))

Akan saya tanyakan di bagian Sains forum DC ini  :)

 _/\_

seingat saya, saya menjawab dengan lugas dengan mengutip dari sutta, apakah anda berpendapat sutta itu berbelit2 kayak belut?
bukankah anda sebagai ahli sudah memberikan jawaban mengenai api, kenapa anda jadi tidak yakin dengan jawaban anda sendiri sehingga perlu bertanya kepada orang lain?

dan pertanyaan saya sehubungan dengan DIRI yg BESAR dan KECIL masih belum anda jawab sampai saat ini, sebaliknya anda malah memberikan referensi yg tidak menjawab pertanyaan saya. dan anda mengatakan saya yg berbelit2?

anda boleh beranggapan apa saja mengenai saya, tetapi hati2 jangan sampai anda mempermalukan diri anda sendiri.

saya akan lanjutkan lagi nanti malam