//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Regenerasi Tubuh Salamander Bisa Diadopsi Manusia  (Read 1585 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Regenerasi Tubuh Salamander Bisa Diadopsi Manusia
« on: 25 May 2013, 09:29:49 PM »


 TEMPO.CO , Melbourne--Salamander ternyata dapat menumbuhkan kembali seluruh anggota badannya dan juga
bagian organ utama. Menurut penelitian yang dilakukan baru-baru ini, kemampuan ajaib ini bergantung
pada sistem kekebalan tubuh mereka.Studi pada hewan axolotl (Ambystoma mexicanum), salamander air mengungkapkan bahwa sel-sel kekebalan tubuh yang lazim disebut makrofag berperan sangat penting dalam tahap awal regenerasi untuk menghilangkan anggota tubuh.

Memusnahkan sel-sel ini secara permanen akan mencegah regenerasi dan menyebabkan terbentuknya
jaringan parut. Temuan menarik ini mengisyaratkan kemungkinan strategi untuk perbaikan jaringan pada
manusia.

"Kami melihat salamander sebagai template sebagai proses regenerasi," kata pemimpin penulis studi James Godwin dari Australian Regenerative Medicine Institute (ARMI) di Monash University, Melbourne. Menurutnya apa yang dilakukan salamander dan bagaimana prosesnya bisa menjadi terapi untuk manusia.

Pada mamalia, sel-sel makrofag memainkan peran penting dalam respon sistem kekebalan tubuh terhadap cedera. Sel-sel ini akan menuju bagian yang luka dalam waktu dua sampai empat hari. Di wilayah itu, sel makrofag akan menelan dan mencerna patogen atau partikel menular lainnya. Dan kemudian menghasilkan sinyal inflamasi dan anti inflamasi untuk penyembuhan.
Godwin dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa sel makrofag sangat penting untuk salamander menunmbuhkan kaki baru. Para peneliti mempelajari proses biokimia
yang terjadi pada hewan air ini di lokasi amputasi ekstremitas itu. Tim juga meneliti bahwa sel makrofag ini apakah sangat penting untuk menumbuhkan kembali anggota badan lainnya.


Sinyal peradangan terdeteksi di lokasi luka dalam waktu sehari setelah amputasi. Tanpa diduga, sinyal anti inflamasi yang biasanya pada mamalia digunakan untuk memulihkan cedera, juga ada pada proses penyembuhan salamander. Para peneliti kemudian mendeteksi sel makrofag pada luka dan jumlahnya akan memuncak sekitar 4 hingga 6 hari setelah cedera.


http://m.tempo.co/read/news/2013/05/24/061482874/Regenerasi-Tubuh-Salamander-Bisa-Diadopsi-Manusia