//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Transgender  (Read 20067 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.869
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Transgender
« Reply #30 on: 05 January 2010, 09:10:51 AM »
alasan para transgender mengubah alat kelaminnya, kalau menurut pendapat saya, karena mereka membutuhkan pengakuan. baik dari sosial masyarakat hingga orang yang dicintainya. memang kebahagiaan bukan dari bentuk fisik, melainkan dari pola pikir kita. namun fisik pun setidaknya mendukung semangat kita untuk hidup lebih baik.

Wajar saja setiap dari kita membutuhkan pengakuan dari lingkungan. Istilah umumnya 'sosialiasi'.
Tapi kita juga harus membatasi ekspektasi yg kita harapkan dari sosialiasi tsb. Kita harus bisa menentukan batas2 kewajaran, dalam kata lain, harapan kita akan pengakuan masyarakat harus disesuaikan dengan kondisi yg ada. Jangan menggantung harapan yg mustahil sehingga bila tidak tercapai akan menimbulkan penderitaan yg mendalam.

Terkait ke kasus Bro. Moro, dari apa yg sy baca diatas, bahwa proses Transgender dari fisik wanita ke pria belumlah memungkinkan secara kedokteran. Dengan adanya kenyataan ini, kita mesti bisa menyesuaikan harapan kita. Postingan teman2 diatas telah memberikan banyak solusi dan cara yg positif.

Satu catatan lagi: Dalam Buddhisme, kita diajarkan untuk selalu tidak menggantungkan kebahagiaan kita dari faktor2 diluar diri kita. Misalnya: Seseorang yg suaminya sangat brutal. kejam, KDRT, judi dsbnya yg sudah tidak tahan dengan keadaan tsb, namun tetap menahan diri untuk tidak bercerai dengan alasan PANDANGAN SOSIAL MASYARAKAT, sehingga akhirnya setelah tahun2 berlalu badannya habis, kurus kering, dan stress berat sehingga kondisinya sangat parah.

Apa yg terpenting diajarkan Buddhisme adalah Penderitaan dan Kebahagiaan tergantung pikiran kita sendiri, tergantung reaksi batin kita dalam menanggapi kondisi2 luar yg ada. Apapun masalah yg ada di dunia ini: Transgender, Perkawinan, Pekerjaan, Kuliah, Keluarga, dll semuanya sejenis, yaitu berada dalam tata pikiran masing2, faktor luar hanyalah kondisi2 yg ada....

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline willyyandi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 30
  • Reputasi: 5
Re: Transgender
« Reply #31 on: 06 January 2010, 03:18:57 PM »
Gitu aj kok repot
Kalo orgnya merasa 'bahagia' (bukan bahagia sebenarnya) lebih baik daripada ia mengalami 'penderitaan' karena merasa jiwanya/dirinya bukan seperti yang ia inginkan.
Lagian tingkah laku, ucapan, dll tidak ada hubungan dengan jenis kelamin.Jadi tidak masalah asalkan tidak berbuat jahat.

 

anything