//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Cintailah Anak Anda dengan Bijaksana  (Read 2591 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Cintailah Anak Anda dengan Bijaksana
« on: 17 April 2012, 08:38:06 PM »
Banyak keluarga yg memiliki beberapa anak. Kebanyakan adalah anak2 yg baik tetapi kadang satu di antara mereka menjadi buah apel yg jelek. Telah diselidiki bahwa selama mereka mendapatkan anak itu, baik ayah atau ibunya atau keduanya tidak berprilaku dengan benar. Anak yg dilahirkan dari pemikiran yg tidak sehat akan menjadi seorang anak yg Tidak Baik.
Saya mengenal satu keluarga dgn sepuluh anak. Semua anak-anaknya baik dan bertingkah laku baik. Mereka adalah murid yg baik di sekolah, mempunyai pekerjaan yg baik dan menjalani kehidupan yg sehat. Anak-anak mereka selalu membawa kehangatan bagi keluarga dan orang tua. Tidak ada satupun yg membawa pengalaman yg menyakitkan bagi keluarga. Saya cukup dekat dgn keluarga itu, karena itu saya menanyakan kpd mereka. Saya diberitahu bahwa orangtuanya beragama dan mereka Menjaga Lima Sila. Mereka datang ke Vihara setiap hari Keagamaan sejak mereka muda. Suami istri saling mencintai satu sama lain. Mereka tidak pernah mempunyai persoalan di antara mereka. Sebab itu orangtuanya selalu damai dan percaya dgn moral yg tinggi, anak2nya berubah menjadi baik dan mudah dididik. Ini menunjukkan pengaruh yg baik dari orang tua kepada anak-anaknya.
Di keluarga lain, suami istri berprilaku baik ketika mereka sudah tua. Tapi ketika suaminya masih muda, perbuatannya tidak baik. Dia suka minum dan mengejar wanita. Dia mempunyai beberapa kekasih karena dia selalu berhubungan sex dengan para wanita muda. Meskipun telah menikah dan mapan,dia tidak pernah merasa puas dgn apa yg telah dia miliki. Dia sering keluar minum pada malam hari. Ketika minum-minum dia akan mencari wanita utk memuaskan nafsu sexnya. Karena dia melekat pd tubuh lawan jenis, anaknya yg dilahirkan waktu itu serupa dgn ayahnya yg berprilaku buruk yaitu suka ke kasino dan memiliki beberapa istri. Dia tidak pernah puas dgn kehidupan sexnya. Ini karena ayahnya berprilaku buruk ketika dia lahir. Bagaimanapun, akhirnya ayahnya dapat berubah menjadi daun yg baru dan menitikberatkan kehidupannya ke kegiatan Keagamaan. Dia bertingkah laku baik. Anak yg lahir ketika masa itu menjadi anak yg Baik dan Memiliki Budi Pekerti yg Tinggi dibanding satu anaknya yg lain yg telah disebutkan sebelumnya.
Cerita semacam ini adalah suatu kenyataan.

Dikutip dari Buku : Cintailah Anak Anda dgn Bijaksana oleh Bhikkhu Panyananda.
Penerbit Karaniya
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Cintailah Anak Anda dengan Bijaksana
« Reply #1 on: 18 April 2012, 07:49:23 PM »
Di zaman dulu, seorang wanita yg hamil akan Menjaga Lima Sila dengan ketat :
Pertama, dia akan menghindari membunuh hewan atau melihat orang lain menyiksa hewan. Dalam segala segi dia akan Melatih Hati yg Baik dan Memiliki Kasih Sayang ke semua hewan. Ini adalah salah satu cara membantu memperindah pikirannya
Kedua, dia harus Puas dgn apa yg dimiliki dan menghargai milik orang lain dan melihat sesuatu itu bagaikan kerikil2 yg tidak berarti. Dia tidak membiarkan keserakahan masuk dalam pikirannya.
Ketiga, dia harus Menjaga Kesucian Pikirannya sehingga Tidak membiarkan hasrat sexnya muncul. Dia harus benar2 Menghindari kegiatan sex sampai dia melahirkan bayinya. Dia Tidak akan melakukan sesuatu yg merangsang hasrat sexnya. Yang paling baik adalah Bertingkah laku seperti seorang yg belum pernah menikah.
Keempat, hanya Kebenaran, kata2 yg berguna, membangkitkan semangat. Dia akan Menghindari pembicaraan yg tidak berguna. Walaupun dia harus berbicara, dia akan berbicara yg sesuai dan tidak berlebihan. Jangan bicara berlebihan yg membingungkan pikiran.
Kelima, ibu yg mengandung harus benar2 menghindari mengkonsumsi segala macam minuman alkohol yg tidak berguna. Tempat2 tertentu yg tidak cocok untuknya adalah perjudian, tempat adu banteng, tempat balapan, arena tinju, dan tempat lainnya yg menakutkan atau menyeramkan. Tempat2 semacam itu sama sekali tidak boleh dikunjungi oleh wanita hamil.
Seorang lelaki yg mahir dalam bermain kartu, ketika ditanya dia berkata bahwa ibunya suka sekali bermain kartu. Ketika mengandung, ibunya rutin bermain kartu sehingga anak lelaki itu suka bermain kartu seperti ibunya. Kebiasaan ibunya dialihkan ke anaknya. Ini suatu contoh yg ditunjukkan dgn jelas bagaimana tingkah laku ibu dapat mempengaruhi kebiasaan dan karakter anak2nya. Ibu yg mengandung harus lebih berhati-hati utk pengaruh yg baik ke orang yg dicintai.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri