//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha  (Read 30689 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #30 on: 23 May 2008, 11:33:01 AM »
http://samaggi-phala.or.id/tipitaka/sutta/digha/aganna.html

coba dibaca dulu,ntar kalo binun tanya lagi.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #31 on: 23 May 2008, 11:43:53 AM »
Begini, ada sesuatu pasti ada penyebabnya. Hal ini tidak dibantah oleh Sang Buddha.
Tetapi, Sang Buddha menjelaskan bahwa tidak diketemukan satu penyebab utama (mahapencipta), melainkan kesinambungan proses.

Alam semesta ada awalnya, tetapi apa penyebab awalnya alam semesta? Sang Buddha mengajarkan bahwa ada awal semesta, tetapi juga mengajarkan bahwa awal tersebut bukan awal sesungguhnya. Ada kesinambungan muncul dan lenyapnya alam semesta. Sebab mula-mula tidak bisa diketahui kita, dipikir-pikir akan membuat jadi gila, tidak berguna untuk terbebas dari penderitaan.

dan sebelumnya -> sebab -> akibat -> sebab -> akibat -> sebab -> akibat -> dan seterusnya
dan sebelumnya -> awal -> akhir -> awal -> akhir -> awal -> akhir -> dan seterusnya
dan sebelumnya -> lahir -> mati -> lahir -> mati -> lahir -> mati -> dan seterusnya

Contoh saja : orang jaman dulu beranggapan -1.000.000 adalah angka paling kecil, tetapi manakah bilangan paling kecil sesungguhnya? Anda masih bisa mengurangi angka paling kecil yang bisa disebut.

Buddha mengajarkan, tidak ada suatu penyebab utama, brahma, yang menciptakan, yang mengatur alam semesta ini, melainkan ada 5 hukum sebab akibat yang mengatur :

Hukum sebab akibat fisika
Hukum sebab akibat biologi
Hukum sebab akibat pikiran
Hukum sebab akibat moralitas (karma)
Hukum sebab akibat Dhamma

Tidak ada yang mengatur terjadinya hukum-hukum itu, melainkan alami, ada sebab maka ada akibat.
« Last Edit: 23 May 2008, 11:48:57 AM by karuna_murti »
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline iwakbelido

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 251
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #32 on: 23 May 2008, 11:54:33 AM »
temanku, saya sudah baca site tersebut. tetapi saya masi bingung cara menjawab ke org2 lain? semuanya terjadi begitu saja ya?
Sabbe satta bhavantu sukhitatta

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.869
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #33 on: 23 May 2008, 11:54:58 AM »
teman2, mau bertanya nih.
Menurut ajaran Buddha bahwa tuhan itu tidak ada, maka bagaimana makhluk hidup (manusia) dpt terbentuk? bumi bagaimana bisa terbentuk? tidak ada yg menciptakan? lalu siapakah yang mengatur sistem tata surya kita ini? itu yang buat saya bingung kalo ditanya oleh orang lain.

bagaimana cara menjawabnya ya? _/\_

IMO,
Jawaban yg paling tepat adalah: tidak ternalarkan oleh pemikiran kita yg terbatas ini.

Tapi, kalo mereka masih nekad mau adu argumen, kenyataan tidak ada pencipta jauh lebih masuk diakal ketimbang mesti ada pencipta.

Penjelasannya begini:
~ bagaimana hujan terbentuk? Siapa yg menciptakan hujan?
~ Bagimana batu di sungai terpoles? siapa yg memolesnya?
~ apakah mesti ada pencipta? siapa yg mencipta si pencipta?
~ apakah mesti ada penyebab pertama? mana yg lebih masuk diakal: ada penyebab utama atau tidak ada penyebab utama? berapakah bilangan terkecil (nol, -1, -1000?)? apakah benda terkecil (atom? quark? bagaimana quark dibagi 1000?)? jadi jelas, tidak ada yg terkecil di alam ini, seperti juga tidak ada yg pertama....

::

  
« Last Edit: 23 May 2008, 11:57:39 AM by willibordus »
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #34 on: 23 May 2008, 11:55:28 AM »
Betul kata Bro Kar,

prinsip "pencipta" mungkin menyederhanakan pengetahuan manusia pada satu titik ada makhluk adi kuasa, pertanyaan gampang bisa dilihat dari keseharian kita, cobalah untuk mencari tahu darimana kamu berasal, dari orang tua,darimana orang tua kamu berasal,dari orang tuanya orang tua, hal ini akan berujung-ujung tiada ujung benar bukan? apakah ujungnya menjadi Adam dan Hawa? lalu naik menjadi Tuhan? tidak sesimple itu

Bumi yang kamu injak saat ini telah mengalami proses pembentukan dan penghancuran dan senada dengan Aganna Sutta yang menceritakan prinsip evolusi, coba baca makhluk alam Abhassara yang menemukan bumi diselimuti oleh lautan, then ada cerita soal makan dan terbentuk manusia, inget bagaimana teori evolusi dari makhluk satu sel yang makan di lautan kemudian sesuai perkembangan waktu menjadi makhluk-makhluk beragam.

Kalo buat saya,jika kamu ditanya pihak Karesten,coba tanyakan lagi,siapakah Pencipta Tuhan? darimanakah ia berasal kalo tiba-tiba muncul Tuhan?harus ada yang menciptakan donk, toh semua ciptaan dia berkembang biak melalui sex,ga mungkin tuhan itu menciptakan sesuatu kalo dia ga mengetahui pengetahuan sex.
tanyakan lagi soal Adam dan Hawa dan 2 anak laki-lakinya,bila kita semua berasal dari mereka, kemungkinan apakah anak laki2nya bersetubuh dengan Hawa kembali dan tercipta anak?berarti dari awal ajaran incest sudah tertanam?

Mentrace ujung-ujungnya Tuhan itu hanyalah keterbatasan pengetahuan manusia, konsep tuhan juga merupakan buah pemikiran manusia (coba cari cerita awal manusia melihat gunung meletus,dikira ada dewa disana dan mulai menyembah agar dewanya senang,inilah akar Tuhanisme dalam dunia manusia.)

Semoga menjawab.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #35 on: 23 May 2008, 11:59:42 AM »
 _/\_ kalau anda cukup jeli,sebenarnya konsep adanya Tuhan itu masih meninggalkan celah bolong-bolong yang bisa kamu pertanyakan kebenarannya asalkan orang yang berdebat itu tidak menggunakan jawaban kanak-kanak

"Kita kan manusia tidak tahu pemikiran Tuhan karena dia tidak bisa dipertanyakan"
"Tuhan Maha Kuasa,manusia mana bisa menjangkau pemikiran Tuhan"
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline iwakbelido

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 251
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #36 on: 23 May 2008, 12:07:06 PM »
ok saya mengerti, semua ujungnya adalah tidak ada yg pertama.
Lalu mengapa Buddha bisa menjadi Buddha? Siapakah yg memberkahi Beliau? Karmanya sendiri?
Mohon maaf bila pertanyaannya aneh
Sabbe satta bhavantu sukhitatta

Offline iwakbelido

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 251
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #37 on: 23 May 2008, 12:11:42 PM »
Saya suka sekali dengan kutipan berikut dari : http://justbegood.net/AnyoneHeaven.htm
"
According to Buddhism, where we go to after this life  does not depend on our religion.  In fact, there is no requirement to pray to, worship, or even believe in the Buddha to have a good afterlife. 

What happens to us after this life depends on how we
conduct ourselves in this present life. 

The path to Heaven is not by faith or worship,
but by doing good and avoiding evil.
 
The Buddha never said anything like ‘worship me and you shall be rewarded’.  He also never threatened to punish anyone should they not believe in Him or follow His Teachings. 

He said that there is nothing wrong in doubting or even questioning Him, as most people will take some time to fully understand His Teachings. 

He stressed that everyone should seek, understand and experience the Truth for themselves, and not to have blind faith in anyone or anything.
"

Sabbe satta bhavantu sukhitatta

Offline iwakbelido

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 251
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #38 on: 23 May 2008, 12:12:45 PM »
Source : http://justbegood.net/MoreQuestions.htm#Creationmyths

Buddhism and creation myths

In Buddhism, why isn't there a belief in a supreme god that created the universe?

Buddhists tend to be fairly realistic in such matters and do not believe in creation myths such as the universe emerging from a cosmic egg, or created by an old man with a long, white beard.  If anything we believe that the universe has always existed. 

If it is said that an omnipotent being or 'intelligent designer' did create the universe, then it begs the obvious question of who then created or 'designed' that being?  And if that being has always existed, then isn't it more believable that the universe has always been in existence instead?

In any case, Buddhists certainly don't believe in any such all-powerful and all-knowing being that, for whatever reasons, allows its creations to be tortured in an everlasting hell, (which that being also created).  And if that omniscient being knows beforehand that most of its creations are destined to burn in hell forever, then why does it go ahead to produce so much suffering?  It is hard also for Buddhists to believe in such a supreme being that somehow manages to be loving and forgiving, while at the same time also vengeful, unjust, merciless and sadistic.

The Buddha advised us not to concern ourselves with such speculations, as these speculations are ultimately unproductive.  He tells the story of a person who pierced by a poisoned arrow, did not want the arrow to be removed until he knew who shot the arrow, why he was shot, and what kind of poison was on the arrow. 

Just as it is a doctor's job to remove the poisoned arrow and treat the wound, and not answer the man's untimely questions; it is the Buddha's role to show us how to free ourselves from suffering and not answer such speculative questions.  Thus, He said we should think and focus more on what really matters, which is our practice of Buddhism.
Sabbe satta bhavantu sukhitatta

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #39 on: 23 May 2008, 12:18:39 PM »
Buddha itu artinya telah sadar...tidak ada siapapun yamg memberkahi Beliau...Buddha dicapai dengan usaha... Dan semua orang ato makhluk kalo melakukan meditasi vipasana juga akan bisa menjadi arahat/buddha (tercerahkan).

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #40 on: 23 May 2008, 12:24:23 PM »
Ini lebih menjawab.

It is common for people who are exploring religion to ask questions regarding the origins of the world. Since time immemorial people have speculated about this question.  Most religions will teach that the world was created by a Creator; - God.  For many people, this seems to be satisfactory. However, if one seriously thinks about it, this answer is merely a placebo - something that does not have any real value other than to satisfy the incessant queries of a questioner.  To say that the world started with a Creator God is no better than to say that the origin of yoghurt is milk, or the origin of a plant is the seed. Simplistic minds do not seem to have a need to see further back beyond that.  The reason for this is that our mind is conditioned to see things in a linear manner; that is having a starting point and an end. This article has a start and an end, so is the table before you and so on.  However, there are many, many things in this universe that have no beginning and no end.  Look at the sky above you. It may seem like a blue or black sheet but it really goes on forever. It is the same with time - it has no beginning and no end.  This is how Buddhists understand the origins of the world as taught by the Buddha.

It is interesting to note that the Buddha described events like how a universe forms in space.  More interestingly, the Buddha's explanations corresponds very closely to the scientific view. In the Aganna Sutta, the Buddha described the universe being destroyed and then re-evolving into its present form over a period of countless millions of years. The first life formed on the surface of the water and again, over countless millions of years evolved from simple into complex organisms.  Eventually, the universe is again destroyed and another arises in its place.  All these processes are without beginning or end, and are set in motion by natural causes.  Our present universe merely occupies one slot in this beginning-less and endless sequence of time.  Such explanations are a quantum leap away from the simplistic genesis stories of theistic religions and are indicative of the great insight and wisdom of the Buddha's enlightened mind.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #41 on: 23 May 2008, 12:25:42 PM »
"Now there comes a time, Vasettha, when after a long period of time this world expands. When the world expands beings
for the most part fall from the realm of Radiance and come here; and they exist made of mind, feeding on joy, self-luminous, moving through the air, constantly beautiful; thus they  remain for a long, long time. Now at that time, all had become one world of water dark, and of darkness that maketh blind. No moon nor sun appeared no stars were seen, nor constellations, neither was night manifest nor day, neither months nor half-months, neither years nor seasons, neither female nor male. Beings were reckoned just as beings only. And to those beings, Vasettha, sooner or later after a long time, earth with its savors was spread out in the waters. Even as a scum forms on the surface of boiled milky rice that is cooling, so did the earth appear. ~ Aganna Sutta"


Even so, questions regarding  the origins of the world and such were not considered important by the Buddha and not made out to be a big deal as in other religions.  In a famous story, a man called Malunkyaputta approached the Buddha and demanded that the Buddha explain the origin of the universe before he would become a disciple of the Buddha. Then the Buddha said that he would not go into a discussion of the origin of the Universe. To him, gaining knowledge about such matters was a waste of time because a man's immediate problem was his own suffering and his task was to liberate himself from the present state of affairs. To illustrate this, the Buddha related the parable of a man who was shot by a poisoned arrow. This foolish man refused to have the arrow removed until he was told who shot the arrow, what he looks like, the kind of wood the arrow was made of and so on.  The Buddha said that before the man could learn such information, he would be dead. Similarly, our immediate task is to be enlightened, not to speculate about the metaphysical. Thus, the Buddha's teachings centre around mankind and emphasises the methods by which he can liberate himself.  These teachings are encapsulated in the Four Noble Truths.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #42 on: 23 May 2008, 12:32:39 PM »
Lalu mengapa Buddha bisa menjadi Buddha? Siapakah yg memberkahi Beliau? Karmanya sendiri?
Mohon maaf bila pertanyaannya aneh[/quote]

Mari kita lihat suatu lingkaran setan :

Quote
i – ii.     Bergantung pada ketidaktahuan ( avijja ), timbullah bentuk – bentuk karma ( sankhara ).
     
ii – iii.    Bergantung pada bentuk – bentuk karma ( sankhara ), timbullah kesadaran ( vinnana ).
     
iii – iv.    Bergantung pada kesadaran ( vinnana ), timbullah batin dan jasmani ( nama – rupa ).
     
iv – v.    Bergantung pada batin dan jasmani ( nama – rupa ), timbullah enam landasan indra (salayatana).
     
v – vi.    Bergantung pada enam landasan indra ( salayatana ), timbullah kontak ( phassa ).
     
vi – vii.    Bergantung pada kontak ( phassa ), timbullah perasaan ( vedana ).
     
vii – viii.    Bergantung pada perasaan ( vedana ), timbullah keinginan ( tanha ).
     
viii – ix.    Bergantung pada keinginan ( tanha ), timbullah kemelekatan ( upadana ).
     
ix – x.    Bergantung pada kemelekatan ( upadana ), timbullah penjelmaan ( bhava ).
     
x – xi.    Bergantung pada penjelmaan ( bhava ), timbullah kelahiran ( jati )
     
xi – xii.    

Bergantung pada kelahiran ( jati ), timbullah kelapukan dan kematian ( jara – marana ), dan kesedihan, keluh kesah, kesakitan, penderitaan, dan keputusasaan.
Demikianlah kemunculan dari seluruh bentuk – bentuk penderitaan.

mudahnya begini :

dan sebelumnya -> makhluk (gabungan nama dan rupa) -> buat karma -> mati -> karena ada karma maka akan ada kelahiran lagi -> makhluk (gabungan nama dan rupa) -> buat karma -> mati -> karena ada karma maka akan ada kelahiran lagi -> dan seterusnya

konon kalau siklus tersebut dibalik, maka siklus tersebut akan putus.

Quote
i – ii.     Dengan berhentinya seluruh ketidaktahuan, maka bentuk – bentuk karma berhenti.
     
ii – iii.    Dengan berhentinya bentuk – bentuk karma, maka kesadaran berhenti.
     
iii – iv.    Dengan berhentinya kesadaran, maka batin dan jasmani berhenti.
     
iv – v.    Dengan berhentinya batin dan jasmani, maka enam landasan indra berhenti.
     
v – vi.    Dengan berhentinya enam landasan indra, maka kontak berhenti.
     
vi – vii.    Dengan berhentinya kontak, maka perasaan berhenti.
     
vii – viii    Dengan berhentinya perasaan, maka nafsu keinginan berhenti.
     
viii – ix.    Dengan berhentinya nafsu keinginan, maka kemelekatan berhenti.
     
ix – x.    Dengan berhentinya kemelekatan, maka penjelmaan berhenti.
     
x – xi.    Dengan berhentinya penjelmaan, maka kelahiran berhenti.
     
xi – xii.    

Dengan berhentinya kelahiran, maka pelapukan dan kematian dan kesedihan, keluh kesah, Kesakitan, penderitaan dan keputusasaan berhenti.
Demikianlah berhentinya seluruh bentuk Penderitaan.

Sang Buddha adalah yang menemukan kembali (setelah pengetahuan tersebut lenyap) dan membalikkan siklus tersebut, kemudian mengajarkan kepada yang masih terikat pada siklus setan tersebut. Konon perjuangannya dimulai pada masa lampau, pada saat jadi makhluk yang bernama Sumedha.

Makhluk yang telah sadar itu yang disebut Buddha. Makhluk lain juga bisa jadi Buddha. Kita juga bisa menjadi Buddha.

Bagaimana perjuangannya membalikkan siklus tersebut? Jalan mulia beruas delapan.

Pañña
1. Pengertian Benar (sammä-ditthi)
2. Pikiran Benar (sammä-sankappa)
Sila
3. Ucapan Benar (sammä-väcä)
4. Perbuatan Benar (sammä-kammanta)
5. Pencaharian Benar (sammä-ajiva)
Samädhi
6. Daya-upaya Benar (sammä-väyäma)
7. Perhatian Benar (sammä-sati)
8. Konsentrasi Benar (sammä-samädhi)
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline iwakbelido

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 251
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #43 on: 23 May 2008, 12:53:38 PM »
ckckckckck Buddha benar2 menggunakan logika dan masuk akal, berilmu pengetahuan.
Makin kagum dengan Dhamma. _/\_

mari kita lakukan Jalan Mulia Berunsur Delapan (Ariya Atthangiko Magga)
Pañña
1. Pengertian Benar (sammâ-ditthi)
2. Pikiran Benar (sammâ-sankappa)
Sila
3. Ucapan Benar (sammâ-väcä)
4. Perbuatan Benar (sammâ-kammanta)
5. Pencaharian Benar (sammâ-ajiva)
Samâdhi
6. Daya-upaya Benar (sammâ-vâyama)
7. Perhatian Benar (sammâ-sati)
8. Konsentrasi Benar (sammâ-samâdhi)
Sabbe satta bhavantu sukhitatta

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: tuhan dan berdoa dalam agama Buddha
« Reply #44 on: 08 February 2010, 09:05:44 AM »
Saya pernah dengar.... Pada jaman Sang Buddha hanya 2 kali saja membaca paritta... yaitu pada waktu ada bhikkhu yg sakit dan pada waktu terjadi musibah di suatu desa (sy lupa nama desanya).

Jadi kalo Bro Iwakbelido mau makan....coba renungkanlah makanan itu berguna untuk apa? dan sadarilah agi makan.... Ato bisa sisakan 1 sendok makanan itu agar bermanfaat bagi makhluk lainnya (ini termasuk kusala kamma lho dan  bermanfaat bagi batin).

Semoga share ini bermanfaat... ;D

 _/\_ :lotus:

maksudnya makannya gak habis ?
sisa 1 sendok trus diapain 1 sendok tsb?

mohon penjelasannya sis...

kalau gw sih sisain 1 sendok sambelnya utk org lain...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

 

anything