//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kupi eh Kopi...  (Read 4106 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Ampela

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 28
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
Kupi eh Kopi...
« on: 16 December 2009, 05:51:11 PM »
_/\_

Kupi eh Kopi
sepertinya hampir semua orang pernah merasakan rasanya kopi... pahit2 nikmat hehehe, dari pengalaman gw minum kopi dan dari temen2 yang minum kopi ternyata banyak sekali permasalahan yang ditimbulakan dari kopi, ada yang ketagihan, sakit kepala, (maaf) mencret2, gak bisa tidur, maag, dll. tapi dibalik efek negatif dari kopi ada jg efek positifnya dari kopi, saat browsing2 gw nemuin artikel tentang kopi

Spoiler: ShowHide
Delapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari. Kopi tak hanya diminum orang lewat seduhan kopi panas, melainkan juga dalam bentuk minuman dingin, kue, permen, juga minuman kalengan paling populer didunia, kola. Untunglah tak seperti rokok yang penyebarannya semakin dibatasi karena terbukti merugikan kesehatan,kopi tidak perlu dilarang-larang. Sebab kafein punya banyak manfaat pula untuk kesehatan. Apa saja Manfaat Kafein :
1. Obat Sakit Kepala
Kafein bisa menghilangkan sakit kepala dengan cara melebarkan pembuluh darah otak yang menyempit. Coba baca bungkus obat sakit kepala dan sakit flu yang biasa anda konsumsi. Anda akan menemukan kafein sebagai salah satu kandungan bahan obat.
2. Melegakan Asma
Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
3. Membantu Konsentrasi
Kafein meningkatkan konsentrasi kita dengan cara merangsang otak, bahkan diperkirakan bisa meningkatkan daya ingat jangka panjang.
4. Meningkatkan Daya Tahan
Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat "bahan bakar" yang dipakai otot lebih lama.
5. Merasa Gembira
Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
Disamping manfaat-manfaat diatas, banyak orang yang masih khawatir terhadap efek samping kafein. Sebab beberapa laporan penelitian para ahli, meskipun harus di buktikan lebih lanjut menyebut-nyebut pula kemungkinan efek buruk kafein terhadap tubuh.
6. Kanker
Sangat sedikit bukti yang menunjukkan kafein menyebabkan kanker kandung kemih, pangkreas, atau kanker payudara. Ketiga jenis kanker tersebut memang sering di kait-kaitkan dengan bahan-bahan yang pernah dimakan di masa lalu.
7. Penyakit Jantung
Yang penting, kopi diminum disaring dulu. Penyaringan bisa menghilangkan zat-zat yang bisa menghilangkan kadar LDL jenis kolesterol jahat.
8. Hipertensi dan Gangguan Pembuluh Darah
Kafein berfungsi sebagai stimulan (perangsang). Jadi pada orang-orang yang peka, kafein bisa menyebabkan palpitasi jantung (gangguan irama jantung) atau peningkatan tekanan darah, biarpun cuma sedikit dan bersifat sementara. Penderita tekanan darah tinggi dan gangguan jantung lainnya, harus konsultasi dengan dokter bila ingin minum kopi. Harus diingat, kafein yang di maksud bukan hanya yang diminuman kopi, melainkan juga kola, maupun obat flu yang mengandung kafein.
9. Keropos Tulang
Para ahli mendapati, setelah kita minum kopi, kita akan mengeluarkan kalsium ke dalam air seni. Meski demikian, belum ada bukti bahwa kafein menyebabkan keropos tulang. Penelitian terbaru menunjukkan lebih dari 100 orang menapouse yang minimum kopi lebih dari 5 gelas sehari, tidak menunjukkan hubungan antara keropos tulang dengan kebiasaan mereka minum kopi.
10. Fibrosis Payudara
Pada beberapa kasus, beberapa wanita dilaporkan mengalami rasa kemeng sampai nyeri pada payudaranya ketika mereka berhenti minum kopi. Mereka adalah penderita fibrosis payudara, yaitu benjolan jinak yang rasanya sakit. Tetapi para ahli tidak menemukan kaitan antara kafein dengan peningkatan kasus fibrosis payudara.
11. Kehamilan
Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa kafein bisa menganggu kehamilan, meningkatkan resiko keguguran, atau bayi lahir dengan berat badan lebih rendah. Meski demikian, para ahli tetap menganjurkan kaum ibu-ibu untuk berhati-hati. Bila berencana hamil atau sedang hamil, di sarankan membatasi kopi.
12. Gangguan Lain
Kafein menyebabkan susah tidur dan meningkatkan kecemasan, memperburuk kondisi serangan panik pada penderita panik. Kafein juga meningkatkan produksi asam lambung sehingga memperparah sakit maag dan nyeri lambung.

Di Balik Nikmatnya KOPI ... ! (www.depkes.go.id/index.php?option=articles&task=viewarticle&artid=47&Itemid=3)   
Oleh Intisari


trus ada lagi

Spoiler: ShowHide
Kopi Jauh Lebih Sehat Dari yang Anda Bayangkan (http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1127807812,24623,)
Gizi.net - LONDON--MIOL: Kopi kemungkinan besar dapat memberikan sumbangsihnya bagi kesehatan lebih besar dari pada mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, demikian menurut hasil penelitian ilmiah oleh para pakar Amerika Serikat (AS).
Para ilmuwan menghitung jumlah kandungan anti-oksidan (zat anti unsur radikal bebas red) pada lebih dari 100 jenis makanan termasuk sayur-sayuran, buah-buahan, kacang, aneka bumbu, minyak dan minuman.
Hasil penemuan tersebut kemudian dikombinasi dengan data yang ada di Departemen Pertanian AS dan sumbangan dari setiap jenis bagi pola makan rata-rata di Amerika.
Kopi terbukti merupakan sumber anti-oksidan terbesar dari setiap kali dan tingkat konsumsi.
Setelah kopi urutan berikut adalah teh hitam, pisang, kacang-kacangan kering, dan jagung.
Rakyat Amerika memperoleh sumber anti-oksidan dari konsumsi kopi dibandingkan dari jenis makanan atau minuman lainnya dan sejauh ini tak ada jenis makanan atau minuman yang menyamai kopi," kata kepala tim peneliti Professor Joe Vison dari Scranton University di Pensylvania.
Baik kopi berkafein atau bebas kafein keduanya memberikan sumbangan anti-oksidan sama tingkatnya.
Sementara itu di Inggris konsumsi kopi lebih rendah dibanding dengan Amerika Serikat, tercatat hanya 47 persen orang Inggris yang secara teratur meminum kopi instan atau kopi bubuk, demikian menurut badan pengamat pasar Mintel.
Anti-oksidan membantu tubuh membuang zat-zat radikal berbahaya bagi tubuh, molekul perusak yang merusak sel-sel serta DNA (cetak biru dari sel terkecil mahluk hidup).
Zat anti unsur radikal bebas ini berkaitan dengan sejumlah keuntungan dan manfaat bagi kesehatan termasuk melindungi seseorang dari terkena penyakit kanker atau jantung.
Hasil penelitian tersebut memperlihatkan kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker hati dan usus, diabetes type II serta terkena penyakit Parkinson.
Namun Vinson menyarankan agar konsumsi kopi tetap pada tingkat sedang yaitu satu atau dua cangkir setiap harinya. Tetapi, menurutnya lagi, penting pula untuk tetap memperhatikan manfaat buah-buahan segar serta sayuran segar.
"Sayangnya konsumen memanfaatkan sayuran dan buah-buahan segar dalam jumlah kurang, yang jauh lebih baik bagi kesehatan dibandingkan dengan jenis makanan lainnya dilihat dari sisi nilai gizi dengan kandungan vitamin, mineral dan serat," kata Vinson pada saat menyampaikan hasil penelitiannya pada pertemuan tahunan persatuan ahli kimia Amerika (Serikat) di Washington DC.
Hasil penelitian itu memperlihatkan pula bahwa dibandingkan dengan bahan makanan lainnya, "kurma" juga memiliki kandungan anti oksidan paling tinggi.
Namun karena rakyat Amerika mengkonsumsi kurma dalam jumlah yang sangat sedikit maka sumbangannya bagi standar kesehatan rakyat AS tidak begitu besar.
Buah Kranberi dan anggur merah juga memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi.
Jurubicara dari Perkumpulan peminum kopi Inggris mengatakan: "Hasil penelitian itu telah mempertegas kenyataan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah yang sedang, sekitar empat sampai lima cangkir setiap harinya tidak hanya aman, tetapi juga memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan. (Ant/OL-1)


dari dua artikel diatas (sebenernya ada lagi cm lupa di save :P) ada manfaat baiknya minum kopi tapi tetap saja kalo berlebihan ya pasti jelek juga efeknya (jadi inget Alm. mbah Surip), sedangkan yang baik untuk tubuh jika mengkonsumsi sebanyak 1-3 cankir sehari membantu meningkatkan konsentarsi tetapi tidak untuk yang membutuhkan ketelitian seperti akuntan.. buktinya jika se ekor laba-laba di berikan kafein dengan dosis tertentu maka jaring laba-laba yang laba-laba itu buat akan hancur bentuknya...
"Perbandingan": ShowHide

selamat ngupi eh ngopi!!!  ;D
kosongkan mangkukmu sebelum mengisinya

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #1 on: 16 December 2009, 08:42:06 PM »
katanya kopi tuh bisa mencegah kanker.

orang peminum kopi resiko kena kankernya lebih kecil di banding orang yang minum teh

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #2 on: 16 December 2009, 09:11:00 PM »
hore... empat gelas minimal sehari
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #3 on: 31 December 2009, 07:44:27 PM »
wah wa gak suka kopi, demennya  teh dan lebih baik dari kopi.

Offline Ampela

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 28
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #4 on: 31 December 2009, 09:57:34 PM »
tambahan teh dan kopi sama2 mengandung kafein, trus pernah baca juga kalo pecandu kopi normal (2-3 gelas) itu resiko terkena kanker usus besar, selain kafein di dalam kopi juga mengandung zat2 lain yang bisa mempelancar peredaran gula dalam tubuh jadi resiko terhadap diabetes lebih kecil...
kosongkan mangkukmu sebelum mengisinya

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.197
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #5 on: 31 December 2009, 11:39:06 PM »
byk kopi jangan lupa air putihnya gak kalah byk

Offline Juice_alpukat

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 734
  • Reputasi: 11
  • Gender: Male
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #6 on: 01 January 2010, 08:37:52 AM »
Prnah minum kopi luwak nggak?

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.153
  • Reputasi: 97
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #7 on: 01 January 2010, 05:04:23 PM »
gak mau masa makan kotoran luwak ( bair pun dah di cuci bersih)

Offline Ampela

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 28
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #8 on: 05 January 2010, 02:00:03 PM »
ada yang tau di bandung dapet kopi luwak dimana?? pengen nyoba cm karmanya belom cukup buat nemu ma minum kopi luwak   :P
kosongkan mangkukmu sebelum mengisinya

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Kupi eh Kopi...
« Reply #9 on: 05 January 2010, 03:59:54 PM »
di kafe2x biasanya ada, tapi harganya fantastis.

di hipermarket (karfur atu hipermart) jg ada yg dalam bentuk kemasan sudah digiling. entah itu beneran atau tidak.
There is no place like 127.0.0.1