//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [NEWS] Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi  (Read 14217 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
TRIBUNNEWS.COM,PALEMBANG--Kongkalikong penjualan obat ternyata menguntungkan semua pihak yang terlibat. Dokter mendapat jatah 10-20 persen dari harga obat yang diberikan perusahaan farmasi.

Sementara sales marketing yang menjembatani transaksi juga kecipratan bonus gaji berlipat. Konspirasi berlangsung secara terbuka di Palembang.

Sales perusahaan farmasi beramai-ramai mendatangi tempat praktik dokter membawa brosur obat dan penawaran kerjasama. Dokter tugasnya hanya menuliskan resep obat mahal produksi perusahaan tersebut.

Bila penjualan berlangsung lancar, perusahaan farmasi juga dengan mudah memenuhi permintaan dokter.

"Bisa sampai puluhan juta keluarkan uang untuk kebutuhan oknum dokter. Uang itu diperoleh dari jumlah obat yang laku dijual oleh dokter. Mau mobil baru, tinggal telepon," ujar Dayat, seorang sales distributor perusahaan farmasi, Jumat (8/2).

Bonus atau dana sponsor yang diberikan kepada oknum dokter tersebut dihitung berdasarkan keuntungan penjualan obat.

"Kami juga tidak sembarangan kasih. Kami hitung apakah dokter itu berhasil menjual obat dari kita dengan jumlah yang disepakati atau tidak. Kalau berhasil, baru kami berani kasih bantuan sponsorship," ungkapnya.

Pengakuan seorang dokter yang enggan disebutkan namanya, kongkalikong ini tambah berjalan mulus apabila sales menjalin kerjasama dengan dokter praktik yang langsung menyediakan obat untuk pasien (tidak dibeli di apotek). Bahkan, ada satu oknum dokter yang hanya menulis resep obat hanya dari dua merek.

Dokter harus menyediakan merek tertentu karena sebelumnya telah terjalin kesepakatan dengan sales obat. Kerjasama itu bervariasi, mulai dari satu sampai lima tahun.

Sales bisa memutuskan perjanjian apabila oknum dokter tak lagi mencantumkan obatnya di resep. Dampak yang dirasakan misalnya, sales menarik dan menghentikan pembayaran kredit mobil.

Menurut dokter sumber Tribun ini, sebenarnya setiap produsen obat itu telah memiliki buget promosi. Meski tidak menjalin kesepakatan dengan sales obat, dia tetap dibantu ketika butuh pinjaman mobil untuk menghadiri seminar di luar kota.

Obat yang ditawarkan oleh sales umunya merupakan golongan obat paten dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan obat generik. Dokter incaran tentu saja dokter yang memiliki jumlah pasien lebih banyak.

"Kami cari dokter yang pasiennya banyak atau dokter spesialis penyakit tertentu yang belum begitu banyak di Palembang. Ini yang akan melancarkan pencualan obat," tutur Tono.

Transaksi dan pemberian layanan ekstra bagi dokter dengan menjadi sponsornya tidak dilarang dalam bisnis penjualan obat. Ia berani memastikan transaksional seperti ini dilakukan oleh distributor obat mana pun.

Perbedaan konsep pemberian bonus dibedakan berdasarkan jenis perusahaan distributor obat. Khusus untuk perusahaan distributor berbendera luar negeri terikat oleh aturan yang melarang pemberian barang tertentu. Anak perusahaan farmasi internasional yang berbisnis di Indonesia tidak dapat melakukan transaksi sebebas distributor asal dalam negeri. Mereka terikat dengan aturan yang ditetapkan oleh perusahaan.

"Kalau untuk perusahaan internasional seperti saya ini tidak semua boleh dilakukan, kami terikat aturan, tidak sebebas perusahaan dalam negeri yang sampai berani memberikan DP mobil," ungkapnya.

Dia mengatakan, biasanya dokter minta tiket pesawat perjalanan ke luar kota dan luar negeri, akomodasi tertentu seperti biaya sewa kendaraan operasional selama berada di luar kota, penginapan hotel dengan tarif beragam.

Berbagai keperluan ini juga termasuk kepentingan seminar atau pun workshop resmi yang diselenggarakan lembaga tertentu. "Biasanya mereka (oknum dokter, Red) telepon atau ngabari ketika kita visit (ke tempat praktik dokter). Kalau mereka butuh sponsor untuk keperluan tertentu di luar kota, tidak pakai basa basi, langsung ngomong. Saya butuh Rp 10 juta misalnya, atau saya butuh tiket nih," tuturnya.

Pertanyaan muncul, kenapa para sales obat ini sanggup memberikan 'bantuan' dengan jumlah yang besar? Dari mana dana mereka peroleh? Ternyata selisih penjualan obat sangat signifikan. Perusahaan distributor tertentu memiliki angka diskon yang berbeda yang diberikan kepada dokter sebagai user mereka.

Jumlah diskon ini tidak seluruhnya dikeluarkan kepada sang dokter yang membeli obat tersebut. Marketing biasa memainkan angka keuntungan pada selisih diskon tersebut. Misalnya untuk satu merek obat mendapat diskon sebesar 50 persen dari perusahaan, jumlah itu tidak diberikan sepenuhnya kepada dokter.

Marketing hanya memberikan diskon harga 10, 15 atau 20 persen. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh akan menjadi lebih besar. Dari keuntungan inilah kemudian biaya 'servis' tadi diperoleh.

Sales bisa memperoleh untung besar dengan sistem seperti ini. Ia akan lebih cepat memenuhi target penjualan yang diberikan oleh perusahaan. Keuntungan yang diperolehnya bisa satu bulan gaji, bahkan lebih jika ia berhasil closing sesuai yang ditargetkan oleh perusahaannya.

"Dokter juga untung, mereka juga dapat sponsor dari kami. Kalau mau apa tinggal kontak," terangnya.


Sumber:
http://id.berita.yahoo.com/jual-obat-mahal-dokter-dapat-bonus-mobil-dari-185524505.html


Sepertinya sudah menjadi rahasia umum ya?  :-?  Udah lama mendengar praktek beginian.
Bagaimana komentar Anda?
« Last Edit: 07 March 2013, 01:12:05 PM by Forte »
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Hadisantoso

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 310
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #1 on: 20 February 2013, 03:24:48 PM »
sudah jadi rahasia umum.
mengerikan.

Offline suli

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 715
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitattha
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #2 on: 20 February 2013, 03:34:32 PM »
pasien yg sdh kesusahan msh 'dikerjain' dgn meresepkan obat yg harganya mahal hanya utk keuntungan pribadi....jaman sekarang susah menemukan Dokter yang masih bekerja dengan hati nuraninya....maklum byk Dokter Instant (di Indonesia begitu, tp Dokter2 di LN sy tdk tau)....
🙏

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #3 on: 20 February 2013, 03:52:32 PM »
pasien yg sdh kesusahan msh 'dikerjain' dgn meresepkan obat yg harganya mahal hanya utk keuntungan pribadi....jaman sekarang susah menemukan Dokter yang masih bekerja dengan hati nuraninya....maklum byk Dokter Instant (di Indonesia begitu, tp Dokter2 di LN sy tdk tau)....

Kalau diluar negeri, yang boleh diberikan oleh perusahaan farmasi terbatas pada membiayai dokter untuk mengikuti seminar, termasuk  akomodasi pesawat dan hotel nya.
Pemberian benefit berupai mobil, uang tunai, sampai golf membership , ya masih tabu disana.

Dokter bisa saja diminta menjadi konsultan resmi yang dibayar oleh sebuah perusahaan farmasi untuk membantu perusahaan farmasi tsb memberikan training/seminar; dan kalau tidak salah jika menjadi konsultan perusahaan tertentu, harus melaporkan kepada organisasi profesi.

Kalau di Indonesia, ya sementara ini tahu sama tahu aja deh.
Karena itu mengapa pengobatan alternatif menjadi sangat marak di Indonesia, padahal ngga ada standard baku yang bisa diandalkan.   Dan para calon pasiennya harus pandai pandai memilih.

Yang sedang heboh di Tv,  "Kalau miskin , dilarang sakit."
Kesimpulannya, : "jadilah orang kaya". 
Yang terjadi : "pemerataan korupsi"
 #-o #-o #-o
« Last Edit: 20 February 2013, 03:55:04 PM by Mokau Kaucu »
~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #4 on: 20 February 2013, 09:34:25 PM »
ini ada karyawan, anaknya sakit batuk...

sama dokter disuruh rongsen 2X
habis itu check darah 1X lagi....
2 X ketemu dokter, bayar 2X....

tong pes lah .....

itulah caranya MEREKA menyedot duit orang miskin... ha ha ha....

 ^:)^

oh kalau test darah, dokter dpt 30% lhoo...
sepertinya juga rongsen dst dst... sama
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.067
  • Reputasi: 106
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #5 on: 20 February 2013, 11:02:31 PM »
iya bukan rahasia unu itu mah malah ada yang ditawarin uang tunai, tiket liburan ke LN setaon bisa berkali2....
bonus mobil, bonus uang tiap lembar resep yang ditulis....


lebih enak yang dari perusahaan langsung marketingnya daripada yang subdistributor atau dari distributor semacam PBF untuk diskon dan tawaran "hadiah"nya untuk membanu penjualan suatu brand tertentu....


yang lebih parahnya lagi ada dokter yang mempersyaratkan medrepnya tertentu kalau mau "brg jualannya" laku, seperti harus gender tertentu, penampilan, cara bicara dan bahkan yang mau ditemui diluar jam kerja  :o :o :o :o  dokter yang jenis itu ada 1 yang udah ketangkep masuk koran larena terkenal praktek aborsinya  :'( :'( :'(


pengalaman ini bener2 terjadi dan saya dengar sendiri waktu temenin temen yang medrep nungguin dokter praktek  :( :( :(

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #6 on: 20 February 2013, 11:04:13 PM »
ini ada karyawan, anaknya sakit batuk...

sama dokter disuruh rongsen 2X
habis itu check darah 1X lagi....
2 X ketemu dokter, bayar 2X....

tong pes lah .....

itulah caranya MEREKA menyedot duit orang miskin, setengah kaya/miskin, dan kaya... ha ha ha....

 ^:)^

oh kalau test darah, dokter dpt 30% lhoo...
sepertinya juga rongsen dst dst... sama

Sudah merangkap seperti salesman lab kesehatan juga selain makelar obat ya?   :o

Kalau rujukan ke Rumah Sakit dapat komisi juga nggak?
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #7 on: 20 February 2013, 11:09:23 PM »
yang lebih parahnya lagi ada dokter yang mempersyaratkan medrepnya tertentu kalau mau "brg jualannya" laku, seperti harus gender tertentu, penampilan, cara bicara dan bahkan yang mau ditemui diluar jam kerja  :o :o :o :o  dokter yang jenis itu ada 1 yang udah ketangkep masuk koran larena terkenal praktek aborsinya  :'( :'( :'(
pengalaman ini bener2 terjadi dan saya dengar sendiri waktu temenin temen yang medrep nungguin dokter praktek  :( :( :(

Maksudnya apakah berupa sex gratuation seperti semacam kasus sapi impor begitu?  ::)

Atau cuma 'bonus pribadi' dari medrepnya?
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.067
  • Reputasi: 106
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #8 on: 21 February 2013, 12:03:59 AM »
Maksudnya apakah berupa sex gratuation seperti semacam kasus sapi impor begitu?  ::)

Atau cuma 'bonus pribadi' dari medrepnya?

ya seperti mempersyaratkan medrepnya harus cewe, cantik, proporsional, gag pinter2 banget juga gpp asalkan bisa "dibawa" gitu....
susahnya si dokter pasiennya (yg notabene kesana cuma mau "aborsi") banyak banget jadi kalau masukin obat kesana pasti komisinya si medrep banyak dunk dan pastilah dipaksa untuk kesana tawarin produk...
akhirnya yang kesana org2 itu aja bahkan ada yg lebih gila kalau mau jadi medrep diseleksi dulu cantik gagnya (gag penting pandai tawarin, cantik aja cukup) diskriminasi banget.....

jadi CEWE aja gag cukup medrepnya harus CANTIK.... cowo cakep aja ditolak, akh dokternya pilih kasih padahal medrepnya yang "satu itu" ngantri ma kita cakep lho :'( (kenalin kek ma yang jomblo :P)

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #9 on: 21 February 2013, 06:01:14 AM »
profesi yang memanfaatkan ajang bisnis.
bukan kesempatan dalam kesempitan, tapi kesempatan dalam keluasan meraup 'keuntungan' :))
« Last Edit: 21 February 2013, 06:03:02 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #10 on: 21 February 2013, 07:19:35 AM »
apakah dengan HET (harga eceran tertinggi) masih juga bisa "dimain" kan?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #11 on: 21 February 2013, 07:28:27 AM »
apakah dengan HET (harga eceran tertinggi) masih juga bisa "dimain" kan?

Kekhawatiran utama mungkin pada profesi dokter yang seharusnya memberi resep tepat sesuai penyakit, jadi agak bersifat promotif ke salah satu merek obat atau anjuran/rekomendasi medikasi lainnya. Kalau soal harga (HET) seharusnya tetap sesuai aturan (yang sudah ditetapkan pemerintah).

Salam. _/\_

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #12 on: 21 February 2013, 09:38:10 AM »
dari pengalaman saya beli obat antara di lokal dan di luar negeri.... untuk obat2 tertentu disini bisa lebih mahal 3x daripada di singapore atau malaysia.... udah sakit masih dipalakin...hehehehe


Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #13 on: 21 February 2013, 09:58:37 AM »
Obat bukan belinya di apotek ya? Gmn tau dari dokter tu?

Medrep tu apa ya?

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Jual Obat Mahal, Dokter Dapat Bonus Mobil dari Perusahaan Farmasi
« Reply #14 on: 21 February 2013, 10:08:32 AM »
Obat bukan belinya di apotek ya? Gmn tau dari dokter tu?

Medrep tu apa ya?

Kan bisa ketahuan dari tiap resep obat pasien yang ada nama dokternya masing2.  Nah si dokter meresepkan apa tinggal direkap saja dan laporan ke pemberi komisi.

medrep = medical representatif, istilah lainnya detail man, orang yg menerangkan dan mempromosikan obat dari pabrik/PBF ke dokter.  Istilah singkatnya, sales farmasi.  ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »