//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Penyebab Gay atau Lesbian ??  (Read 89957 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #30 on: 20 May 2008, 06:18:12 PM »
Soal faktor luar hampir 0%
Jika faktor luar maka secara umum bisa disembuhkan krn cuma pikirannya/manupulasi dr pikirannya sendiri...
Ingat juga perbedaan HOmoseksual dan Biseksual...
Ingat lo yg kita bahas tu Homoseksual(Gay n Lesbi)jgn salah tanggap lo..
gw gk blg Biseksual lo...
Disni gw blg Homoseksual...
_/\_

Kata siapa bro riky? Saya sebagai Buddhis tidak percaya ada yang kebetulan di dunia ini, melainkan sebab dan akibat. Ada orang-orang yang memang pandaka, mereka terlahir dengan kondisi mencintai sesama jenis. Hal ini disebutkan dalam naskah-naskah kuno, karena akibat dari perbuatan mereka.

Makanya saya lebih menekankan semua org punya chance 50:50 untuk jadi gay/lesbi tergantung niatnya. Hal ini juga sudah diriset oleh pakar psikologi di dunia.

Dari riset yang saya baca, ada skala 1-10 (gak jelas sih batasnya) orang berbakat gay atau tidak. Skala 1 memang tidak bisa jadi gay, tapi skala ke atas ada kecenderungan jadi gay, itu mungkin yang 50:50, dan ada yang memang tidak bisa "normal". Dan skala 10 memang mau jadi normal hampir tidak bisa.

Saya cenderung menerima sebab dan akibat, ada yang memang terlahir sebagai gay, ada juga yang pengaruh perkembangan psikologis semasa hidup.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.229
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #31 on: 20 May 2008, 06:30:03 PM »
Um2..Mungkin jg ya??pada dasarnya gw agak ragu jika soal pengaruh luar...
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.229
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #32 on: 20 May 2008, 07:00:22 PM »
NB:Penulisan ttg Homoseksual dan Buddhisme menggunakan metode kartu kutipan.
Tujuan penulis:
1.Untuk meluruskan masalah ttg gay dan lesbian
2.Untuk mengetahui bagaimana pandangan agama Buddha ttg Homoseksual                           
3.Untuk Melihat lebih dlm tentang Homoseksual
4.Untuk mencerahkan setiap manusia untuk saling menghargai dan menghormati...

Homoseksual dan Buddhisme...

Dr topik tentu sudah banyak timbul keingin-tauan kita sebenarnya bagaimana seorg Buddhis hrs bersikap,kemudian bagaimana pula bila hal ini ditilik dr sdt pandang agama Buddha.

Hingga saat ini masih ada sebgn org yg tdk dp menerima keberadaan kaum Homoseksual,padahal faktanya Homoseksual eksis ditengah2 kita.Biasanya banyak dr kita yg beranggapan bahwa lelaki yg berpenampilan lembut seperti wanita,wanita yg berpenampilan macho spt lelaki adl Homoseksual.Faktanya,penilaian seperti ini tdk selalu benar,krn kaum Homoseksual bisa hadir dlm fisik yg beragam,bahkan memiliki kedudukan sosial yg bervariatif mulai dr seniman hingga menteri sekalipun...

Populasi kaum Homoseksual jlhnya juga tdk sedkt,hanya saja kebanyakkan dr mereka menutup diri karena msh banyak anggota masyarakat yg tdk dpt menerima keberadaan mrk.Menurut data Departemen Kesehatan Amerika Serikat,populasi Gay,Lesbian dan Biseksual di AS diprediksi mencapai angka 8,8 juta org atau sekitar 2,5-3% penddknya.Bahkan ada pula yg mengatakan bahwa dr 10 lelaki di AS,slh 1nya adl Gay.Bagaimana dgn indonesia??Hingga saat ini pemerintah kita belum memiliki data mengenai hal itu.

Apa itu homoseksual?
Wawasan berperan penting dlm menentukan pandangan seseorg,demikian juga pikiran kita.Ada sebuah pepatah yg begitu bagus berhubungan dgn ini yg menyebutkan bahwa,"Pikiran kita spt payung,berfungsi paling baik ketika dibuka."Oleh sebab itulah kami mengajak anda untuk menambah wawasan mengenai hal yg 1 ini dgn pikiran yg terbuka sehingga kita selaku umat Buddha bisa memiliki pengertian yg baik yg dpt melahirkan sifat toleransi thdp kaum Homoseksual.

    Homoseksual sebenarnya merupakan salah satu dr 3jns orientasi seksual,yaitu ketertarikan pada sesama jenis.Orientasi seksual kedua yg lain adalah heteroseksual,tertarik pada org dr jenis kelamin berbeda;dan yg ketiga adl Biseksual,tertarik kepada kedua jenis kelamin.Org2 yg dianggap Homoseksual kadang2 disbt gay(pria dan wanita) atau wanita(lesbian).Orientasi seksual merupakan slh 1 dr 4 komponen seksualitas yg terdiri dari daya tarik emosional,romantis,seksual dan kasih sayang yg terdpt pd diri sesorg dlm jenis kelamin tertentu.Orientasi seksual berbeda dgn perilaku seksual karena berkaitan dengan perasaan dan konsep diri.Org2 mungkin/mungkin tdk menunjukkan orientasi seksual dlm perilaku mereka.

    Penyebab homoseksual juga tdk hanya 1,melainkan multifaktor;mulai dr bawaan lahir hingga pengaruh lingkungan.Bagi kebykkan org,orientasi seksual muncul pd masa remaja tanpa ada pengalaman seksual sebelumnya.Bahkan ada sebgn org yg gagal mengubah orientasi seksual mereka dr homoseksual ke heteroseksual stlh berusaha keras selama berthn2.Atas kenyataan tsb para psikolog tdk menggangap orientasi seksual sbg pilihan yg diambil secara sadar dan dapat diubah bila mau.

    Para psikolog,psikiater,dan pakar kesehatan jiwa setelah melalui serangkain riset ilmiah selama 35thn terakhir sependapat bahwa homoseksual bknlah suatu penyakit,gangguan jiwa/masalah emosional.Thn 1973,APA(AMERICAN PSYCHIATRIC ASSOCIATION),menghlgkan istilah "homoseksual" dr daftar penyakit gangguan jiwa dan emosional.

    Thn 1990,APA menyatakan bukti fisik tdk menunjukkan bahwa terapi2 yg dilakukan untuk mengubah seorg Homoseksual(yg dikarenakan bawaan lhr?,red)menjd Heteroseksual semacam itu berhasil,mlhan lbh banyak merugikan.Mengubah orientasi seksual bukan semata2 mengubah perilaku seksual seseorg.Perubahan ini hrs mengubah emosi,perasaan,romantis seseorg,serta menyusun kembali konsep diri,dan identitas sosial seseorg.

    Tentu seorg Homoseksual dpt saja mencari bantuan konseling dgn alasan yg sama spt org lain.Mrk ada kalanya memerlukan bantuan psikologis untuk membantu proses "Coming out" atau menghadapi prasangka,diskriminasi dan kekerasan.

    Sedangkan bila kita melihat orientasi seksual yg dikrnkan pengaruh lingkungan seperti rangsangan yg terus menerus,lingkungan yg mendukung ataupun yg dikarenakan kemauan sendiri.Tentu saja untuk kelompok ini kemungkinan untuk bisa berubah cukup besar,tergtg tekad dan kemauan.Beberapa hal yg bisa dilakukan adalah banyak bergaul dgn lawan jenis,mencoba menyukai mereka serta berusaha membuat diri tertarik dengan berfantasi thdp lwn jns.

    Dewasa ini,meski tdk semua tetapi sebagian org tlh dpt menerima Homoseksual sebagai suatu variasi umum yg terdpt diantara manusia.Sama seperti org yg kidal,berbakat musik atau yg tertutup,demikian pula jika seseorg adalah Homoseksual.

Buddhisme dan Homoseksual
Sdh bkn rahasia lagi bahwa ada sebagian kaum Homoseksual adl umat Buddha.Hal ini juga diakui Ajahn Brahm,dlm ceramahnya thn 2000 sewkt diadakan Konferensi Agama Buddha Sedunia di Singapore.
Pertama2 Achan Brahm mengakui bahwa beliau bknlah seorg homo,tetapi utk mengenakan jubah bhikkhu di wil Australia BArat,beliau disangka homo/org aneh.Menurutnya,hal yg paling utama ingin ia utarakan adalh bahwa dlm pandangan agama Buddha,kapanpun,sewkt kita memiliki masa sulit utk mengambil keputusan,kt sehrsnya melihat diri sendiri apakah kita memiliki apa yg SB namakan,"PIkiran tdk benar",dimana kita tak seharusnya mengambil keputusan berdasarkan rasa tkt,hasrat,perasaan jelek dan kebodohan.Terutama thdp perilaku homoseksual,apakah itu tmn anda,anak anda sendiri ataupun org lain di masyarakat,tak seharusnya kita menilai mereka karena perasaan takut.

    Kenyataannya achan Brahm memiliki banyak pengikut2 di Perth yg memiliki hub antara sesama jenis dan mereka merasa bahagia ketika mengetahui bahwa agama Buddha menerima mereka,dan mereka dpt dtg dan mempelajari Dhamma,dan tentunya mereka merupakan umat Buddha yg baik yg membantu komunitas agama Buddha di Australia bagian Barat dengan rajin dan penuh perhatian yg mana patut dihargai.Disamping itu ceramah dan arahan agama Buddha memberikan khdpan yg lbh bahagia,slg menghargai dgn pasangan mereka,dimana memberikan manfaat bg mereka dan juga org lain.

    Dan juga krn itulah apabila ada umat seperti mereka yg juga tertarik dgn ajaran agama Buddha dan merasa dpt mempraktekkan ajaran2 agama Buddha,adalah kewajiban kita utk mengajarkan,tdk hanya kepd sekumpulan org,tetapi kepada semua org.Banyak diantara kita yg akan menyadari betapa murah hatinya SB,Beliau dpt berbaur dgn anggota Sangha,WTS,para kriminal hanya krn Beliau tdk membeda2kan manusia dan ajaranNya memang adl untuk semua makhluk.

    Kita seharusnya mengikuti langkah SB dgn mencoba mengerti mereka dgn landasan ksh sayang dan pengertian yg selalu diajarkan dlm agama Buddha,dan cobalah untuk mengerti bahwa kehdpan homoseksual saat ini sgtlah keras,terutama dit4" tertentu dimana mereka tdk dimengerti,dimn mrk dilht dgn mata penuh dgn ketakutan.Kasih sayang Buddhis,sehrsnya dpt menerima mereka sebagaimana adanya dan mencoba untuk menasehati mereka,apabila mereka menjd homoseksual,jdlah homoseksual yg penuh kasih sayang,yg baik dan bermoral.
« Last Edit: 20 May 2008, 08:06:32 PM by Riky_dave »
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.229
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #33 on: 20 May 2008, 07:18:14 PM »
Sambungan....
Mengapa anda jijik thdp mrk yg Gay,dan begitu membenci anak anda,tetapi dpt mencintai binatang dan sapi,dan menjd vegetarian.

    Salah satu cara untuk menghilangkan rasa tkt itu adl bertemu dgn mereka,mencoba mengerti mereka dan menjd teman mereka.Dan yg hrs kita camkan adalah kita tdk perlu menjd gay untuk berteman dgn mereka.
    Beberapa waktu lalu,achan Brahm pernah dimintai nasehat oleh org tua yg sgt sedih krn mengetahui anaknya adl Gay.Achan Brahm mengatakan kepadanya,"Sewkt anda membacakan Karaniya Metta Sutta(dlm tradisi Theravada) anda mengatakan,"Semoga semua makhluk hdp bahagia.Semoga semua makhluk bebas dr penderitaan" Bukankah anak anda merupakan salah satu dr makhluk itu?Mengapa anda jijik dgn mrk yg gay,tetapi dpt mencintai binatang dan sapi,dan anda bervegetarian?Tentunya anda dpt mengembangkan cinta kasih kepada semua mahluk,termaksud anak anda bukan?

    Kemudian ada pula yg bertanya kepada Achan Brahm,"Apakah adl kamma buruk terlahir sbg seorg homoseksual?"
Achan Brahm menjawab,"Buddhisme mengatakan bahwa terlahir kembali merupakan kamma buruk" yg langsung disambut dgn tawa dan tepuk tangan dr para peserta.

    "Masalahnya bkn karena kita terlahir sebg org singapore,org Inggris,atau apa saja.Tetapi yg terptg adalah apa yg kita lakukan dikehdpan ini.Jd apabila anda terlhr dgn kecenderungan tsb,terimalah apa adanya dan pastikan segala tindakan homoseksual anda berdasarkan kebaikan,kehangatan,cinta kasih,dan anda tdk menyalahgunakan kecenderungan tsb.Sata rasa bahaya terbesar dr homoseksual adlh menyalahgunakan seksualitas mereka,seperti layaknya pria normal yg bertindak kejam thdp para WTS.

    Kesimpulannya,kita tdk dpt mengatakan bahwa karmalah penyebab homoseksual,masalah karma merupakan sistem yg begitu kompleks,jd kita jgn melihat masa lalu dan apa yg tlh terjd pada kita.Itulah kenapa seseorg Bhikkhu dgn berbagai mslhnya,mrk umumnya tdk begitu byk mendpt simpati,"Oh kasihan sekali anda"saya akan mengatakan "apa yg akan anda lakukan dgn mslh itu?"Lihatlah apakah anda dpt membuatnya sbg suatu gaya hdp yg layak.

Homoseksual dan Pancasila Buddhis
Ketika kita melihat masalah homoseksual,kt tdk pdt menggunakan Pancasila Buddhis sbg pedoman krn tdk sesuai.Kenyataan bahwa SB tdk membahas mslh tsb dlm Pancasila Buddhis dikrnkan Beliau menyadari hal tsb tdklah begitu buruk hingga perlu dimasukkan dlm Pancasila Buddhis.Oleh krn itu kita sehrsnya memperlakukan hub homoseksual dan lesbian setara dgn hub heteroseksual(pria dan wanita).Dgn kata lain,hukum karma,dan pengetahuan ttg kebaikkan lah yg menghslkan kebahagian dikhdpan yg mendtg dan kebahagian dikhdpan yg skrg...yg artinya kita hrus menilai homoseksualitas setara dgn hub heteroseksual.

    Dlm kehdpan umat awam antara pria dan wanita,dimana ada kesepakatan bersama,dimana tdk ada perbuatan penyelewengan,dimana hub seksual adalah ungkapan rasa cinta,hormat,kesetiaan,dan kehangatan,ini semua tdklah melanggar sila ketiga.Dan sama pula halnya apabila kedua org tsb berjenis kelamin sama.Tindakan seperti penyelewengan dan pengabaian perasaan pasangan kita akan menjdkan suatu perbuatan seksual tdk tepat,baik itu homoseksual ataupun heteroseksual.Semua prinsip yg kita gunakan untuk mengevaluasi hub heteroseksual akan kita gunakan pula untuk mengevaluasi hub homoseksual.

    Didlm agama Buddha,bisa kita katakan bahwa bknlah objek dr nafsu seksual seseorg yg menentukan apakah suatu hub seksual seseorg baik/tdk,melainkan dr sifat emosi dan maksud yg melandasinya.Walaupun demikian Buddha kadang kala mengajurkan utk menghindari perilaku tertentu,bukan krn hal ini slh dr sdt pandang etika melainkan akan menjdkan seseorg aneh didlm lingkungan sosial,atau karena akan mengakibatkan sanksi akibat pelanggaran hukum yg berlaku.Dalam hal2 ini,Buddha berkata bahwa menjauhkan diri dr perilaku spt itu akan membebaskan seseorg dr kecemasan yg disebabkan oleh ketdksetujuan sosial dan ketakutan akan sanksi hukum.Homoseksualitas tentu saja akan masuk dalam kategori perbuatan ini.Dlm hal ini,seorg homoseksual hrslah memutuskan apakah ia akan mengikuti arus harapan masyarakat umu atau mencoba mengubah sikap publik.
« Last Edit: 20 May 2008, 07:36:13 PM by Riky_dave »
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.577
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
  • not mine - not me - not myself
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #34 on: 20 May 2008, 07:21:13 PM »
Boleh bertanya bro Riky..

Quote from: Riky
Penyebab homoseksual juga tdk hanya 1,melainkan multifaktor;mulai dr bawaan lahir hingga pengaruh lingkungan.Bagi kebykkan org,orientasi seksual muncul pd masa remaja tanpa ada pengalaman seksual sebelumnya.Bahkan ada sebgn org yg gagal mengubah orientasi seksual mereka dr homoseksual ke heteroseksual stlh berusaha keras selama berthn2.Atas kenyataan tsb para psikolog tdk menggangap orientasi seksual sbg pilihan yg diambil secara sadar dan dapat diubah bila mau.

Sekarang pertanyaan saya yang sederhana..

Apakah BENAR tidak ada peranan citta / pikiran sebagai bentuk respon terhadap lingkungan ?
Di artikel yang Anda berikan jelas dikatakan ada nya faktor lingkungan..
Dan jika bukan citta yang berperan dalam merespon terhadap lingkungan.. apa yang merespon ?
Apakah lingkungan langsung mempengaruhi tanpa ada filter ?
 
Mohon jawabannya yang jelas karena Anda telah membantah jawaban saya mengenai citta.
Ini bukan milikku, ini bukan aku, ini bukan diriku
6 kelompok 6 - Chachakka Sutta MN 148

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 770
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #35 on: 20 May 2008, 07:23:47 PM »
nah lho?? ?? ?? ?? ?? ;D

Siap mulai berdiskusi hangatnya... ;D

^:)^

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.577
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
  • not mine - not me - not myself
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #36 on: 20 May 2008, 07:24:55 PM »
nah lho?? ?? ?? ?? ?? ;D

Siap mulai berdiskusi hangatnya... ;D

^:)^
Tenang.. hanya berdiskusi ;D
Ini bukan milikku, ini bukan aku, ini bukan diriku
6 kelompok 6 - Chachakka Sutta MN 148

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.229
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #37 on: 20 May 2008, 07:38:09 PM »
Boleh bertanya bro Riky..

Quote from: Riky
Penyebab homoseksual juga tdk hanya 1,melainkan multifaktor;mulai dr bawaan lahir hingga pengaruh lingkungan.Bagi kebykkan org,orientasi seksual muncul pd masa remaja tanpa ada pengalaman seksual sebelumnya.Bahkan ada sebgn org yg gagal mengubah orientasi seksual mereka dr homoseksual ke heteroseksual stlh berusaha keras selama berthn2.Atas kenyataan tsb para psikolog tdk menggangap orientasi seksual sbg pilihan yg diambil secara sadar dan dapat diubah bila mau.

Sekarang pertanyaan saya yang sederhana..

Apakah BENAR tidak ada peranan citta / pikiran sebagai bentuk respon terhadap lingkungan ?
Di artikel yang Anda berikan jelas dikatakan ada nya faktor lingkungan..
Dan jika bukan citta yang berperan dalam merespon terhadap lingkungan.. apa yang merespon ?
Apakah lingkungan langsung mempengaruhi tanpa ada filter ?
 
Mohon jawabannya yang jelas karena Anda telah membantah jawaban saya mengenai citta.

Yap "mungkin" gw salah tp menurut gw sendiri,gw meragukan faktor luar...
Krn faktor luar sangat kecil..
Cobalah mengobservasi mereka...
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.577
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
  • not mine - not me - not myself
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #38 on: 20 May 2008, 07:41:02 PM »
Boleh bertanya bro Riky..

Quote from: Riky
Penyebab homoseksual juga tdk hanya 1,melainkan multifaktor;mulai dr bawaan lahir hingga pengaruh lingkungan.Bagi kebykkan org,orientasi seksual muncul pd masa remaja tanpa ada pengalaman seksual sebelumnya.Bahkan ada sebgn org yg gagal mengubah orientasi seksual mereka dr homoseksual ke heteroseksual stlh berusaha keras selama berthn2.Atas kenyataan tsb para psikolog tdk menggangap orientasi seksual sbg pilihan yg diambil secara sadar dan dapat diubah bila mau.

Sekarang pertanyaan saya yang sederhana..

Apakah BENAR tidak ada peranan citta / pikiran sebagai bentuk respon terhadap lingkungan ?
Di artikel yang Anda berikan jelas dikatakan ada nya faktor lingkungan..
Dan jika bukan citta yang berperan dalam merespon terhadap lingkungan.. apa yang merespon ?
Apakah lingkungan langsung mempengaruhi tanpa ada filter ?
 
Mohon jawabannya yang jelas karena Anda telah membantah jawaban saya mengenai citta.

Yap "mungkin" gw salah tp menurut gw sendiri,gw meragukan faktor luar...
Krn faktor luar sangat kecil..
Cobalah mengobservasi mereka...
_/\_
Anda jurusan psikologi ?
Menarik sekali.. No offence ya.. coba uraikan mengapa Anda meragukan faktor luar..
tentu ada sebab2nya juga..
Ini bukan milikku, ini bukan aku, ini bukan diriku
6 kelompok 6 - Chachakka Sutta MN 148

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.229
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #39 on: 20 May 2008, 07:48:42 PM »
Sambungan...
Apa kata Tipitaka?
Homoseksualitas sdh dikenal di zaman India kuno;masalah ini tdk dibahas secr eksplisit tetapi disinggung dan dilarang didlm peraturan kehdpan bagi seorg biarawan/wati(Vinaya).Akan tetapi hal ini tdk dituding secr khusus,melainkan disbtkan diantara byk jns perilaku penyimpangan seksual lainnya yg bertentangan dgn kesehrsan hidup selibat seorg biarawan/wati.Hub seksual,apakah dgn pasangan sejenis/lwn jns,dimana organ seks memasuki vagina,mulut,atau anus adalah tindakan yg bs mengakibatkan dikelurkannya seseorg dr Sangha.Tindakan seksual lainnya spt masturbasi,walaupun bkn dianggap sbg pelanggaran berat dan tdk mengakibatkan dikeluarkannya dr sangha,tetapi hrs diakui didpn anggota Sangha.

    Tipe org yg disebut dgn "pandaka" seringkali disinggung dlm Vinaya utk menggbrkan seseorg yg berperilaku seksual tdk tepat.Vinaya juga menetapkan bahwa para pandaka tdk diperbolehkan untuk ditahbiskan,dan apabila secara tdk disengaja tlh ditabishkan,org tsb akan dikeluarkan dr Sangha.Menurut penjelasan kitab,hal ini disebabkan para pandaka tsb penuh dgn nafsu,haus akan birahi,dan didominasi oleh keinginan seksual.Kata "Pandaka" diterjemahkan sbg banci atau kaum Homoseksual yg berperilaku seperti layaknya perempuan.Oleh krn Buddha mempunyai pemahaman yg mendalam akan sifat manusia,dan sungguh2 bebas dr segala prasangka,dan krn tdk ada bukti bahwa kaum Homoseksual mempunyai tingkat birahi yg lbh tinggi atau lbh sulit mempertahankan hdp sbg biarawan/wati.Oleh krnnya,istilah "pandaka" kemungkinan besar tdk mengacu kepada homoseksual secara umum,melainkan segelintir kaum homoseksual yg feminis,y secara terang2an berpenampilan spt wanita didepan umum.

Pandangan yg menolak Homoseksualitas
    Skrg kita akan secara ringkas menelaah berbagai penolakkan thdp homoseksualitas dan memberikan pandangan penolakkan dr sisi ajaran Buddha.Penolakan yg plg umum di dlm masyarakat adl karena homoseksualitas tdk alami dan melanggar hukum alam(Krn tdk dpt memberikan keturunan??).

    Tampaknya sdkt sekali landasan bagi pendpt seperti ini.Miriam Rothschild,seorg ahli Biologi ternama,tlg menunjukkan bahwa perilaku homoseksualitas juga tlh ditemukan dlm hampir semua jenis spesien hewan.Kedua,walaupun bisa disanggah bahwa fungsi biologis dr seks adl reproduksi,kbykkan hub seksual dewasa ini bknlah utk tujuan reproduksi,melainkan sebg hbran dan pemuasan emosi,dan bahwa ini juga merupakan fungsi sah dr hub seksual.Dgn demikian,walaupun hub homoseksual tdklah alami dlm arti tdk bisa menghslkan fungsi reproduksi,hub ini adl alami krn bisa memberikan pemuasan fisik dan emosi bagi pelakunya.

"Jika homoseksual bukanlah ilegal,akan byk org termsk kaum muda akan menjd gay"
   
    Kita seringkali mendengar,"Jika homoseksual bukanlah ilegal,akan byk org termsk kaum muda akan menjd gay".Pernyataan spt ini menggbrkan keslhpahaman yg serius thdp homoseksualitas,hal ini sama bodohnya dengan mengatakan bahwa,"Apabila bunuh diri bukanlah perbuatan yg melanggar hukum,semua org akan melakukannya."
.Apapun penyebab homoseksualitas(akan byk sekali perdebatan ttg mslh ini),seseorg pstlah tdk akan "memilih" utk menjd orientasi seks sesama jns,spt memilih menjd cokelat yg rasanya strawberry.Orientasi ini adl hsl bawaan lhr/perkembangan sejak diri dlm diri seseorg,sama halnya dgn heteroseksual.Mengubah hukum yg berlaku tdklah bs mengubah orientasi seksual seseorg.

    Bbrp org berpendpt bahwa pasti ada sesuatu yg tdk beres dlm diri seorg homoseksual krn begitu byk kaum homoseksual yg jiwa atau emosinya yg terganggu.Sekilas,tampak ada benarnya pernyataan ini.Di barat,setdk2nya byk kaum homoseksual yg menderita mslh kejiwaan,kecanduan alkohol,dan menunjukkan perilaku seksual yg sgt menggoda.Dlm pengelompokkan data,kaum homoseksual menduduki peringkat tertinggi dlm kasus bunuh diri.Kemungkinan sekali bahwa kaum homoseksual lebih menderita akibat perlakuan sosial masyarakat thdp mereka atas dsr orientasi seksual mereka,dan apabila mereka diperlakukan sama layaknya perlakuan thdp heteroseksual,bukan tdk mgkn mereka jg akan menunjukkan gejala yg sama pula.Sesungguhnya,inilah yg menjd argumen terkuat utk menerima dan memahami homoseksualitas.

Semoga dengan adanya artikel ini makhluk2 yg membacanya akan menjd lbh tercerahkan ttg kaum Homoseksual...
Sabbe Satta Bhantu Sukkhitatta....
_/\_
« Last Edit: 20 May 2008, 08:05:21 PM by Riky_dave »
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.229
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #40 on: 20 May 2008, 07:49:54 PM »
Boleh bertanya bro Riky..

Quote from: Riky
Penyebab homoseksual juga tdk hanya 1,melainkan multifaktor;mulai dr bawaan lahir hingga pengaruh lingkungan.Bagi kebykkan org,orientasi seksual muncul pd masa remaja tanpa ada pengalaman seksual sebelumnya.Bahkan ada sebgn org yg gagal mengubah orientasi seksual mereka dr homoseksual ke heteroseksual stlh berusaha keras selama berthn2.Atas kenyataan tsb para psikolog tdk menggangap orientasi seksual sbg pilihan yg diambil secara sadar dan dapat diubah bila mau.

Sekarang pertanyaan saya yang sederhana..

Apakah BENAR tidak ada peranan citta / pikiran sebagai bentuk respon terhadap lingkungan ?
Di artikel yang Anda berikan jelas dikatakan ada nya faktor lingkungan..
Dan jika bukan citta yang berperan dalam merespon terhadap lingkungan.. apa yang merespon ?
Apakah lingkungan langsung mempengaruhi tanpa ada filter ?
 
Mohon jawabannya yang jelas karena Anda telah membantah jawaban saya mengenai citta.

Yap "mungkin" gw salah tp menurut gw sendiri,gw meragukan faktor luar...
Krn faktor luar sangat kecil..
Cobalah mengobservasi mereka...
_/\_
Anda jurusan psikologi ?
Menarik sekali.. No offence ya.. coba uraikan mengapa Anda meragukan faktor luar..
tentu ada sebab2nya juga..


Sabar dulu ya bOz...Hehehe
Tar gw siap tls dulu tar gw jawab deh segala questionnya sebisa gw...
Saya bukan jurusan psikolog tapi tertarik thdp jur tsb...
Truz gw bisa tau krn ada tmn gw yg Homoseksual...
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.229
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #41 on: 20 May 2008, 08:07:07 PM »
Oke sep dan siap...
Wah capek banget ketiknya...
Ada yg mau bertanya??Silakan...
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #42 on: 20 May 2008, 08:17:03 PM »
pernah tau riwayat hidup artis yang namanya 'jupiter'
kalau belum baca di google
cari aja nama artis jupiter
aku pernah nonton di metro
riwayat hidupnya
dia seorang gay yang sudah bertobat dan menjadi pelayan TUHAN

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.229
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #43 on: 20 May 2008, 08:18:35 PM »
pernah tau riwayat hidup artis yang namanya 'jupiter'
kalau belum baca di google
cari aja nama artis jupiter
aku pernah nonton di metro
riwayat hidupnya
dia seorang gay yang sudah bertobat dan menjadi pelayan TUHAN

Waks...
Yg ada jupiter planet...Dibagian yg mana ci???
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.806
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Penyebab Gay atau Lesbian ??
« Reply #44 on: 20 May 2008, 08:27:31 PM »
Quote
Tipe org yg disebut dgn "pandaka" seringkali disinggung dlm Vinaya utk menggbrkan seseorg yg berperilaku seksual tdk tepat.Vinaya juga menetapkan bahwa para pandaka tdk diperbolehkan untuk ditahbiskan,dan apabila secara tdk disengaja tlh ditabishkan,org tsb akan dikeluarkan dr Sangha.Menurut penjelasan kitab,hal ini disebabkan para pandaka tsb penuh dgn nafsu,haus akan birahi,dan didominasi oleh keinginan seksual.Kata "Pandaka" diterjemahkan sbg banci atau kaum Homoseksual yg berperilaku seperti layaknya perempuan.Oleh krn Buddha mempunyai pemahaman yg mendalam akan sifat manusia,dan sungguh2 bebas dr segala prasangka,dan krn tdk ada bukti bahwa kaum Homoseksual mempunyai tingkat birahi yg lbh tinggi atau lbh sulit mempertahankan hdp sbg biarawan/wati.Oleh krnnya,istilah "pandaka" kemungkinan besar tdk mengacu kepada homoseksual secara umum,melainkan segelintir kaum homoseksual yg feminis,y secara terang2an berpenampilan spt wanita didepan umum.

Kurang tepat. Ada 5 jenis pandaka, 2 pertama boleh ditahbiskan (orang yang melakukan oral seks dan menelan sperma laki-laki lain, atau terangsang setelah menelan sperma laki-laki lain, dan orang yang mendapatkan kepuasan seksual setelah melihat laki-laki dan wanita lain berhubungan intim (btw, nonton bokep berarti pandaka ya?)). Berarti pandaka sebagai orang yang homoseksual boleh ditahbiskan. Yang tidak diperbolehkan adalah yang dikebiri/terlahir tanpa alat kelamin, yang nafsu seksual hanya muncul pada saat bulan mau jadi purnama (impoten pada saat bulan dari purnama jadi gelap), dan yang tanpa gender/gak jelas gendernya (kromosom xxx, xxxx, xxy, xyy, yy, yyy, xxyy kali ya?)
Mengapa sebagian pandaka tidak boleh ditahbiskan? Mungkin sama alasannya Sang Buddha tidak menahbiskan binatang, dewa, atau makhluk lain. Salah satu ciri pandaka yang tidak boleh ditahbiskan adalah mereka tidak bisa mencapai jhana, apalagi tingkat kesucian dalam kehidupan tersebut.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days