//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: arti perjuangan dalam kr****n islam dan buddha  (Read 2279 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Blacquejacque

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 229
  • Reputasi: 7
arti perjuangan dalam kr****n islam dan buddha
« on: 16 September 2011, 02:17:15 PM »
Sewaktu saya Maret tahun ini ada di Indonesia, saya diundang oleh Teolog,Moderasi TVRI Bapak Wisnu Pryudha untuk mengikuti satu diskusi tentang arti perjuangan dalam Agama kr****n, Islam dan Buddha.Dari Agama kr****n diwakili oleh Pendeta Protestan , dalam Agama yang diwakili oleh seorang Bhikhu Buddha TheRavada dan dalam Islam yang diwakili oleh seorang Dosen dari Universitas Negeri Indonesia .

Siaran ini dilangsungkan secara life yang berhubungan dengan terjadinya ketegangan ketegangan pada waktu belakangan ini di beberapa tempat di Indonesia.

Secara ringkasnya dikatakan bahwa banyak penganut Agama yang menggunakan kata Perjuangan untuk Agamanya , dimana ini kadang kadang menyamping dari arti yang sebenarnya sehingga menyebabkan kerusuhan, ketegangan antar umat yang beragama.

Pertama mereka menguraikan tentang adanya Perjuangan yang dilihat dari Mental dan dari sudut Fisik.Semua Wakil Agama menguraikan arti perjuangan mental tidak ada perbedaannya, semuanya sama yaitu satu perjuangan umpamanya agar menjadi manusia baik , menusia yang tidak melakukan kejahatan.Sebaliknya dalam mengartikan yang dinamakan perjuangan fisik antar Islam dan kr****n ada kesamaan , tetapi berbeda dengan Buddha.

Perjuangan fisik dalam Islam menurut Wakil dari Agama Islam adalah satu usaha untuk mempertahankan agamanya dan mengatasi pihak-pihak yang menentangnya dengan mengorbankan fisiknya ( tubuhnya ) atau jiwanya.Kata perjuangan ini dihubungkan dengan kata Jihad yang sebetulnya berasal dari kata jahada yang berarti mengeRjakan sesuatu kewajiban dengan sungguh sungguh,sepenuh hati, sepenuh tenaga. Tetapi Jahada al aduw berarti juga memerangi musuh.Pada jaman dahulu kata Jihad lebih dihubungkan dengan merujuk kepada aspek peperangan.
Contohnya, ulama’ Mazhab Syafie memberi definisi jihad sebagai perang melawan orang kafir untuk melindungi Islam. Katanya :“Umat Islam diwajibkan ber jihad , bukanlah bertujuan untuk mencari permusuhan di antara sesama manusia. Jihad itu diwajibkan semata-mata bertujuan untuk menjamin keamanan dan perdamaian dengan menunaikan perutusan agama yang diamanahkan Allah ke atas pundak tiap-tiap muslim. Amanah menyampaikan risalah agama yang
memberi petunjuk kepada manusa menuju ke arah pintu gerbang keadilan dan kebenaran.Seorang Umat Islam yang mati untuk Agamanya adalah seorang Martir .

Wakil dari Agama kr****n menerangkan arti Perjuangan fisik secara ringkas yaitu artinya hampir sama dengan Agama Islam, yaitu berjuang untuk memepertahankan Agama dengan pengorbanan tenaga , tubuh sampai pengorbanan jiwa .Sama dengan Islam dihubungkan dengan aspek peperangan.Dulu dikenal dengan nama Perang salib.Martir juga dalam agama kr****n diartikan untuk umat kr****n yang mengorbankan jiwanya untuk Agama atau Tuhan.

Hanya dalam Agama Buddha tidak ada yang dinamakan perjuangan fisik , karena melakukan kekerasan, membunuh dengan alasan apapun tidak bolehkan.Perang atas nama Buddha tidak ada.Wakil dari Agama Buddha yaitu seorang Bihkhu

menerangkan dalam Buddha hanya ada satu perjuangan yaitu berjuang untuk menjadi manusia yang mulia, yaitu lepas dari penderitaan hidup.Yang dimaksud penderitaan hidup adalah kesekarahan, iri,kebencian dan dendam, kemarahan yang berlebihan, nafsu keinginan yang tidak benar, kemalasan.Kadang kadang umat Buddha dalam berjuang untuk mencapai yang dinamakan manusia yang mulia juga harus mengorbankan fisiknya.

Jadi kelihatannya antar umat Islam dan umat kr****n bisa ada bentrokan keras kalau penganut Agama ini merasakan didesak,terhina, merasa dijahati , maka mereka merasa berwajib untuk berjuang sampai mati demi Agama.Apa yang terjadi dahulu yaitu yang dikenal sebagai 30 tahun Perang Salib atau bentrokan bentrokan jaman sekarang didunia dan juga di Indonesia sebagai contoh Perlakuan umat yang beragama karena merasa adanya kewajiban untuk Berjuang Demi Agama

Atas nama kr****n Richard Löwenherz melawan Saladin atas nama Allah ( Lukisan Fantasi Inggris 1340 ).

Kesimpulannya:Tampaknya kalau mengartikan Perjuangan demi Tuhan ini salah atau dipergunakan oleh satu golongan demi kepentingannya , mudah antar umat Islam dan umat kr****n terjadi bentrokan keras yaitu kalau penganut Agama ini merasakan didesak,terhina, merasa dijahati , karena merasa berwajib untuk berjuang sampai mati demi Agama.Apa yang terjadi dahulu yaitu yang dikenal sebagai 30 tahun Perang Salib atau bentrokan bentrokan jaman sekarang didunia dan juga di Indonesia sebagai contoh Perlakuan umat yang beragama karena merasa benar dan adanya kewajiban untuk Berjuang Demi Agama

Yang sangat bagus dalam diskusi di Tv Indonesia ini adalah kesepakatan para Wakil Agama dan penonton yang hadir, yaitu kekerasan yang terjadi di Indonesia tidak dibenarkan.

Salam

http://edukasi.kompasiana.com/2011/08/10/arti-perjuangan-dalam-kr****n-islam-dan-buddha/


"Moderator Forum dipersilakan untuk memindahkan bila topic ini dirasa tidak cocok dengan sub forum yang ada"

 

anything