//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [HELP] Jalan Muia Berunsur Delapan itu sudah ada sebelum Sang Buddha  (Read 10841 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.469
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: [HELP] Jalan Muia Berunsur Delapan itu sudah ada sebelum Sang Buddha
« Reply #30 on: 13 December 2013, 04:33:08 PM »
Maksudnya ini?

http://dhammacitta.org/dcpedia/SN_56.11:_Dhammacakkapavattana_Sutta

‘Ini adalah kebenaran mulia jalan menuju lenyapnya penderitaan’: demikianlah, para bhikkhu, sehubungan dengan hal-hal yang belum pernah terdengar sebelumnya, muncullah pada-Ku penglihatan, pengetahuan, kebijaksanaan, pengetahuan sejati, dan cahaya.
----
Dan ketika Roda Dhamma ini telah diputar oleh Sang Bhagavā,[4] para deva yang bertempat tinggal di bumi berseru: “Di Bārāṇasī, di Taman Rusa di Isipatana, Roda Dhamma tanpa banding telah diputar oleh Sang Bhagavā, yang tidak dapat dihentikan oleh petapa atau brāhmaṇa atau deva atau Māra atau Brahmā atau siapa pun di dunia.” Setelah mendengar seruan para deva yang bertempat tinggal di bumi, para deva di alam Empat Raja Deva berseru: “Di Bārāṇasī ... Roda Dhamma tanpa banding telah diputar oleh Sang Bhagavā, yang tidak dapat dihentikan ... oleh siapa pun di dunia.” Setelah mendengar seruan para deva di alam Empat Raja Deva, para deva Tāvatiṃsa ... para deva Yāma ... para deva Tusita ... para deva Nimmānaratī ... para deva Paranimmitavasavattī ... para deva pengikut Brahmā berseru: Di Bārāṇasī, di Taman Rusa di Isipatana, Roda Dhamma tanpa banding telah diputar oleh Sang Bhagavā, yang tidak dapat dihentikan oleh petapa atau brāhmaṇa atau deva atau Māra atau Brahmā atau siapa pun di dunia.”

Bukan, tetapi pernyataan awal Sang Buddha tentang jalan tengah yang adalah JMB8, beliau menyebutkan faktor2 JMB8 tanpa menjelaskan lebih rinci lalu melanjutkan ke pembahasan tentang 4KM.
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

 

anything