//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: hidup manusia  (Read 2395 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
hidup manusia
« on: 27 April 2012, 02:45:05 PM »
Manusia hidup hanya hidup lahir berlangsung dan mati. Secara realita manusia hidup hanya berlangsung, lahir adalah awal kehidupan berlangsung adalah kehidupan dan mati adalah akhir kehidupa. Bila manusia hanya hidup seperti yang tertulis apa tujuan hidup manusia? Secara realita adalah beradaptasi atas kondisi yang sedang berlangsung. Contoh bila orang itu sedang lapar maka untuk dapat bertahan maka ia akan makan. Bila orang itu sedang letih maka ia akan tidur. Yang jadi permasalahan hanya pikiran manusia itu sendiri keinginan manusia untuk menjadi dan kebodohan manusia yang tidak tahu caranya.
Apa itu pikiran manusia?
Apa itu perasaaan manusia?
Apa itu keinginan manusia?
Apa itu kebahagiaan manusia?
Apa itu ketenang seimbangan manusia?
Apa itu nibbana?
Dan kenapa manusia terjebak terbelenggu oleh kebodohan?
Apa yang membuat manusia celaka dalam dunia samsara ini?
Banyak debu menutup mata ini sehingga mata ini buta dan tidak dapat melihat dengan sebenarnya melihat sebagaimana adanya.
Hidup ini sebebnarnya sangatlah mudah kita hanya butuh bernafas dan apa yang terjadi kita membuatnya sulit. Dengan pikiran kita keinginan kita dengan kebodohan kita sehingga kita melihat dunia ini adalah alam samsara ( sengsarah ).
Bayangkan bila dunia ini tempat kita tinggal bila hanya diisi dengan keinginan dasar manusia untuk hidup dan bercukupan maka tiada sengsara dalam dunia ini. Yang membuat kita menderita adalah diri kita sendiri.
Ini adalah awal dari perjalanan samsara ini adalah awal mula penderitaan kehidupan kita pada awal mulakita dilahirkan kita sudah menderita karena keinginan kitaakan kebutuhan hidup, yaitu makan.
Bukan yang lain, bayi sejak dalam kandungan sudah menderita akan kebutuhan makan, begitu lahir ia lebih menderita lagi karena kebutuhan makan lebih besar. Karena lebih butuh banyak secara fisik secara realita kehidupan. Semakin ia besar ia menjadi lebih banyak keinginan dan terbelenggu akan konsep diri ( aku ). Ke aku an mulai tumbuh dari dalam dirinyadan debu debu kebodohan semakin banyak menutupi matanya (bathin )sehingga ia buta. Kamma berkerja dalam kehidupan hukum yang sangat universal dalam alam semesta ini. Menjadi kaya atau menjadi miskin bukan lah hal yang menakjubkan hanya sebuah status sosial dalam bermasyarakat. Penderitaan tetap ada dan datang pada mereka semua.
Apa tujuan hidup manusia?
Secara real adalah mati maka pertanyaannya saya ganti dengan apa tujuan saat anda hidup didunia?
Jawaban nya mungkin akan bermacam macam. Saya akan menjawab singakat dan rangkuman tujuan nya adalah menjadi hidup lebih baik dari saat sekarang dengan mencapai kebahagiaan dalam diri sehingga saat kita menghadapi kematian kita dapat tersenyum bahagi. Ini adalah tujuan kita yang sebenarnya yang harus kita raih dalam masa saat kita hidup.
Kematian adalah hal yang pasti terjadi pada manusia, kematian adalah akhir ujian. Saat berlangsung kehidupan adalah latihan kita. Saat ini adalah latihan kita karena kita tidak tahu kapan kita mati. Masa lalu sudah berlalu, masa depan masih angan angan saat ini adalah kehidupan kita. Sadari saat ini karena itulah kehidupan kita yang sebenarnya. Maka tiada orang kaya tiada orang miskin kita semua sama manusia yang sedang bernafas. Semua pikiran dan keinginan sama dengan nafas kita muncul berlangsung dan lenyap. Pikiran kita dan keinginan kita bukanlah diri karena ia seperti monyet yang loncat dari pohon kesatu kepohon satu lagi yang tidak pernah diam. Pikiran dapat ditenangkan hanya dengan kesadaran diri dengan memaksa pikiran melihat diri saat ini.
Keinginan adalah bukan diri sebab keinginan datang dan pergi sesuka hatidan selalu berubah ubah tidak pernah sama hanya serupa. Keinginan adalah kemelekatan diri.
Apa itu kemelekatan diri?
Kemelekatan diri adalah virus penyakit belenggu dunia samsara. Yang membelenggu kita yang terus membuat anda sakit virus yang membuat kita menderita. Jadikan lah keinginan anda sederhana dan jadi kan senjata untuk menghancurkan belenggu kita sendiri.yang mungkin  membawa kita mencapai kebahagianan. Penderitaan dan kebahagiaan selalu saling mengikuti, begitu kebahagiaan datang maka tanda akhir dari penderitaan dan begitu juga sebaliknya penderitaan datang tanda akhir dari kebahagiaan.
Bagaimana kita dapat mendapatkan kebahagiaan tentu dengan sadar hidup saat ini. Dengan cara tenang seimbang, apa itu tenang seimbang? Tentu saja tenang ,santai, releks. Seimbang disini adalah tidak ragu ragu, tidak berat sebelah. Tenang seimbang adalah seperti orang yang berjalan diatas tali ditengah jurang maka ia berjalan kurus tenang seimbang. Dengan sada r saat ini dengan keadaan pikiran tenang seimbang maka nibbana mungkin terrealisasikan dalam kehidupan kita saat ini.
Nibbana adalaha buah yang berharga dalam menjalankan kelangsungan kehidupan didunia ini.
Dapakah nibbana terrealisasikan? Dapat!
Dapatkah nibbana diperoleh kita? Dapat!
Nibbana adalah hasil yang indah didalam kelangsungan hidup karena nibbana adalah buah dari ketenangan seimbang + (plus ) dengan panna ( kebijaksanaan ) bisa disebut pandang terang dengan memiliki kedua unsur ini ketenang seimbang dan pandangan terang maka saat itu lah nibbana terbuka untuk kita. Nibbana adalah hasil nibbana adalah akhir dari tujuan perjalanan samsara nibbana adalah rumah terakhir kita. Maka dengan ini tujuan kehidupan kita adalah nibbana. Kenapa nibbana dapat terelakkan dari hukum kamma ( sebab akibat )?
Kamma adalah hukum kehendak saat kita berkehendak ingin melakukan sesuatu maka hukum ini berkerja kepada kita. Sedangkan buah dari kamma adalah hasil dari tindakan. Saat kita marah maka bauh dari marah adalah kondisi yang tidak nyaman / gelisah dan sebagainya. Begitu juga sebaliknya saat kita berbuat kebaikan maka buah dari perbuatan itu adalah kondisi yang membuat kita tenang, nyaman, ataupun bahagia. Hukum kamma adalah hukum yang sangat adil dan tidak adil dimata hukum yang kita kenal. Sebab satu perbuatan dalam hukum kamma bisa berbuah berkali kali seperti menanam pohon mangga maka buah yang kita dapat bukan satu atau pun dua tapi bisa 10, 20, bahkan lebih, Tergantung kondisi yang mendukungnya. Begitu juga dengan hukum kamma ini berlaku pada kita. Hukum ini adalah yang mengatur dari awal kehidupan kita sampai dengan akhir kehidupan kita yang sesungguhnya yaitu parinibbana.

Manusia hidup tiada awal tiada akhir.
Apa yang dicari dalam kehidupan mulia ini.
Hanya sebuah nafas dapat membuat anda bahagia.
Saat manusia mencapai ketenang seimbangannya maka ia sadar akan hidup ini.
Saat manusia mencapai pandangan terang maka ia sadar tujuan akhir hidup ini.
Manusia mahluk yang bodoh seonggok kotoran diperebutkan demi kepuasan diri.
Manusia mahluk yang bijak merasa jijik dengan seonggok kotoran yang melekat pada diri.
Manusia mahluk yang mulia hanya dia yang jenuh akan beratnya roda samsara ini.
Maka ia akan mencari dimana kah dahmma dan vinaya yang ada dimuka bumi ini.
Mahluk mulia hanya ia yang sudah mencapai nibbana saat ini.

Sabbe satta bahvantu sukittata
Jakarta,27 april 2012
Seorang manusia yang ingin menjadi ariya.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline kuping.kaleng

  • Teman
  • **
  • Posts: 65
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: hidup manusia
« Reply #1 on: 27 April 2012, 04:32:03 PM »
Seorang manusia yang ingin menjadi ariya.


------Lepaskanlah semua yang Anda tulis, maka Anda akan menjadi Ariya. _/\_

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: hidup manusia
« Reply #2 on: 27 April 2012, 05:58:02 PM »
 ;D
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: hidup manusia
« Reply #3 on: 28 April 2012, 05:09:25 AM »
Seorang manusia yang ingin menjadi ariya.


------Lepaskanlah semua yang Anda tulis, maka Anda akan menjadi Ariya. _/\_

ganti nama jadi nama Ariya kali ! ^-^
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: hidup manusia
« Reply #4 on: 28 April 2012, 11:18:52 AM »
 :))
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

 

anything