//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism  (Read 32812 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« on: 06 June 2008, 09:25:00 AM »
 _/\_ Tiongkok memiliki segudang cerita dan perumpamaan, inilah yang kita sering ketahui dan budaya Tiongkok memang terkulturasi dengan baik dalam artian, setiap masyarakat Tionghoa akan mengenal kisah-kisah itu dan menjadikannya sebagai sosok dewa dalam kepercayaan mereka.

Masyarakat Tionghoa yang memiliki prinsip "apapun yang baik,asalkan itu cerita Tiongkok maka layak disembah". Hal inipun menjadi dilema ketika Buddhisme yang membawa pandangan "berbeda" ke dalam masyarakat Tionghoa.

Beberapa kisah yang sering kita temukan adalah
1. Perjalanan Ke Barat oleh Biksu Tong Sam Cong dari dinasti Tang
2. Maitreya yang digambarkan dengan Biksu Gendut berkantong, bernama Bu Dai atau Hotei(Japan) dari Dinasti Liang
3. Putri Miao Shan (thn 1100AD)
4. Wei Tuo / Skandha Bodhisatva
5. Ji Gong(1132 - 1207AD)

dan masih banyak lagi legenda- legenda lainnya yang sebenarnya memiliki nilai kebenaran sejarah yang kemudian dibuat menjadi mitos/legenda yang akhirnya rancu.kebanyakan akhirnya menjadi blend Taoism dan Buddhism dan terkadang oleh pihak tertentu dijadikan sebagai sentral pemujaan dengan tujuan politik, biasanya adalah menggulingkan kerajaan yang ada.

Mari membedah secara singkat.
1. Perjalanan ke Barat
Histori : Xuan Zang(602-664AD) adalah seorang biksu pada permulaan Dinasti Tang (Zhang An),bertempat di Biara Jing Tu(Pure Land), Beliau memperhatikan minimnya teks Buddhisme yang ada di Tiongkok,sehingga termotivasi untuk pergi langsung ke tempat kelahiran Buddha yaitu India untuk mengambil Tripitaka.
Dalam Perjalanan Xuan Zang bertemu dengan 3 murid yang pertama manusia bertemperamen cepat marah seperti kera(didepiksikan sebagai Sun Wu Kong) , manusia berperangai seksual seperti babi(didepiksikan sebagai Zhu Ba Jie) dan manusia berperangai bodoh(didepiksikan sebagai Sa Zheng/river ogre).
Ketiga perangai tersebut dalam buddhisme dikenal sebagai Lobha,Dosa dan Moha yang ternyata terwujudkan dalam karakter ketiga muridnya.
Xuan Zhang sampai ke Nalanda, perjalanan memakan waktu 13 tahun, kembali lagi ke kerajaan Tang dan mentranslasikan Agama Sutra dan Sutra Mahayana kedalam aksara Mandarin. Xuan Zhang meninggal pda 07 Maret 664AD.

2. Maitreya dalam wujud Biksu Berkantong
Sebeanrnya merupakan seorang biksu yang persis seperti gambaran patung ketika kita memasuki vihara Mahayana.nama aslinya adalah Qieci. digambarkan sebagai biksu yang sangat mulia dan sering membantu. Ketika kematiannya, ia menuliskan
Maitreya, oh Maitreya Sejati
Terlahir dalam jutaan inkarnasi
Kadang ia muncul pada banyak orang
Namun, orang-orang tidak mengenalnya

Ketika masyarakat membaca tulisan dindig yang ditulisnya,segera diagmbarkan sebagai Maitreya yang turun ke dunia.
Berbicara mengenai Maitreya (future Buddha) menjadi rancu dan menjadi permainan politik setiap kerajaan dalam merebut hati masyarakat tiongkok yang suka akan mitos - mitos. salah satunya adalah Ratu yang paling berkuasa yaitu ratu Ze Ci yang menuliskan sebuah Sutra Buddhist yang mengklaim bahwa Sakyamuni meramal dia sebagai wujud Maitreya untuk memerintah kerajaan Tiongkok. Ratu kejam ini mengharapkan rakyatnya untuk memanggil dia sebagai "Ibunda Semesta"   :whistle:. kemudian anaknya Kaisar Ming dituliskan sebagai "Ming Ming Shang Di" atau "Raja Kebenaran Semesta" disebut sebagai nama Tuhan.
Maitreya kemudian digambarkan terlahir lagi dalam ketua kelompok Bai Lian Jiao yang saat itu ingin mengguncang pemerintahan dengan menyebutkan bahwa Maitreya telah lahir,semua rakyat harus tunduk bahkan raja juga harus tunduk, organisasi rahasia ini memiliki kesamaan dengan satu aliran "Buddhist" yang ada saat ini.

3. Putri Miaoshan
Terlahir di sebuah kerajaan dimana Raja(Ayahanda) merupakan raja paling kejam, Raja tidak memiliki seorang anak akhirnya diakruniai seorang putri, Raja sangat kesal karena dia menginginkan anak laki-laki terlahir untuk meneruskan warisan kerajaan. Dikatakan karena welas asih Putri Miao Shan,terakhir Ayahanda berubah menjadi baik dan belajar Dhamma. Mitos rakyat bercerita Ayahanda terlahir sebagai Siluman Kerbau ( Niu Wang, Gu Mo Ong, Gyumao) yang akhirnya diturunkan untuk membantu pertanian.

4. Wei Tuo/ Skandha
Terlahir pada saat yang sama dengan Putri Miao Shan,merupakan seorang jendral yang jatuh cinta dengan Miao Shan, namun melihat kebaikan dan Dhamma yang disampaikan oleh Miao Shan sebagai biksuni,maka Wei Tuo bersumpah untuk menjaga Dhamma, dikatakan sebagai reinkarnasi Skandha Bodhisatva pelindung Dharma.

5. Ji Gong
nama asli Li Xiu Yuan, merupakan biksu dari Dinasti Song, dalam aliran Zen, dikeluarkan dari Buddhism karena makan daging dan bermabuk-mabukan. Ji Gong dikatan sebagai reinkarnasi dari Maha Kassapa menurut mitos rakyat, memiliki kemampuan menyembuhkan dan supranatural lainnya. Ji Gong lebih dikenal sebagai dewa Taoisme dan ia juga digunakan sebagai kekuatan politis beberapa phak dengan mengklaim bahwa dia adalah makhluk sempurna meskipun memakan daging atau minum arak. Ji gong cult tersebar di beberpa wilayah Tiongkok namun tenggelam oleh waktu.

Beberapa mitos minor lainnya mungkin tidak akan dibahas karena mitos minor tenggelam oleh waktu.Sampai hari ini masyarakat Tionghoa masih mempercayai mitos ini tanpa melihat dari segi histori kebenaran yang sebenarnya biasa-biasa saja. hal ini berimbas pada pemahaman Buddhisme yang menjadi salah kaprah. Untuk lebih benarnya, Discovery Channel China telah melakukan riset dari catatan-catatan kuno yang membuktikan kebenaran setiap tokok karakter. Demikian pembahasan Mitos Tiongkok dengan Buddhisme _/\_
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 770
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #1 on: 06 June 2008, 10:05:40 AM »
Sumber artikel ini dari mana bro??

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #2 on: 06 June 2008, 10:15:16 AM »
riset yang dilakukan oleh Discovery Channel China, CCTV Geographic, dan beberapa source dari Wikipedia, Sumber informasi dicatat menurut sejarah dari museum Cina yang ada sekarang. _/\_
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 770
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #3 on: 06 June 2008, 10:33:26 AM »
kalo bisa kasih link n nara sumbernya donk.. ;D
Biar ga dibilang asal main copas n ada pertanggung jawabannya.. :D

_/\_

^:)^

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #4 on: 06 June 2008, 10:37:12 AM »
Ketik aja www.wikipedia.com dan tulis masing-masing karakter diatas. ngapain asal copas. orang-orang aja yang ga kuat ama kebenaran. untuk beberapa source saya tidak ada linknya karena berupa nonton langsung dari serial discoverynya dalam artian kamu harus punya Parabola, Channelnya CCTV China Geography. Thanks
« Last Edit: 06 June 2008, 10:40:15 AM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 770
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #5 on: 06 June 2008, 10:48:10 AM »
Nah, dengan begini kan lbh baik jadinya... ;D
Thanks atas tanggapannya bro..
_/\_

Saya org gaptek, ga pernah punya wkt cukup utk nonton TV bro.. ;D
Baca2 berita cuman lewat internet aja..

Mohon dimaklumi.. ^:)^

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #6 on: 06 June 2008, 11:10:53 AM »
Rame neh... Lanjoott!!!!

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #7 on: 06 June 2008, 09:26:21 PM »
7th imut2 bnget...

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #8 on: 07 June 2008, 01:06:40 AM »
Iya. Makin imut makin banyak cewe yang suka  :-[  :x

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #9 on: 07 June 2008, 05:36:35 AM »
kalo co yg suka ?
hmm wei nga termasuk kan ?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #10 on: 07 June 2008, 10:34:06 AM »
Berarti ga normal dia... ;D
n gw bakal bilang "maap dah punya pacar"  [-X
kalo cewe, "kita ttm-an aja ya"  >:)<  =))

Ni karakter targetnya unisex seh sebenrnya (dah tau kan Suhu napa gw sempet nanya translate harimo kemaren)... Tar mau dilanjut ke komik strip, emoticon, animasi, dsb... kalo sempet...  #:-S

Dah ah, oot... Lanjot donk topiknya mbak Nyana...  ^:)^

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #11 on: 07 June 2008, 12:44:27 PM »
wallpaper juga yah :)

lanjot
There is no place like 127.0.0.1

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #12 on: 09 June 2008, 02:06:40 PM »
iya kalo kalian tahu beberapa cerita mitos Tiongkok yang berkaitan dengan Buddhism, silahkan dibawa, ntar aye jelasin fakta sejarahnya. Soalnya Tiongkok punya kebiasaaan dalam bikin cerita ada 2 versi,versi fakta sejarah dan versi mitos. semua dipadukan dalam keselarasan pemikiran orang tiongkok.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #13 on: 09 June 2008, 02:15:26 PM »
ow iya...Kalau soal Nacha gmn?Kan prnh ada ceritanya jg tuh...Malah oleh salah satu bhante gw dibilang kayak titisan Nacha.. :hammer:
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #14 on: 09 June 2008, 02:21:32 PM »
dari link forum tetangga

Kwan Im Po Shat ( Avalokistevara )

Jauh sebelum masuknya agama Budha menjelang akhir Dinasti Han, Kwan Im Pho Sat telah dikenal di Tiongkok purba dengan sebutan Pek Ie Tai Su yaitu Dewi Berbaju Putih Yang Welas Asih (“Dewi Welas Asih”). Di kemudian hari, Beliau identik dengan perwujudan dari Budha Avalokitesvara. Secara absolut, pengertian Avalokitesvara Bodhisatva dalam bahasa Sansekerta adalah : “Avalokita” (Kwan / Guan / Kwan Si / Guan Shi) yang bermakna Melihat ke Bawah atau Mendengarkan ke Bawah. “Bawah” disini bermakna ke dunia, yang merupakan suatu alam (lokita). “Isvara” (Im / Yin), berarti suara. Yang dimaksud adalah suara dari makhluk-makhluk yang menjerit atas penderitaan yang dialaminya. Oleh sebab itu Kwan Im adalah Bodhisatva yang melambangkan kewelas-asihan dan penyayang. Di negara Jepang, Kwan Im Pho Sat terkenal dengan nama Dewi Kanon. Dalam perwujudanNya sebagai pria, Beliau disebut Kwan Sie Im Pho Sat. Dalam Sutra Suddharma Pundarika Sutra (Biauw Hoat Lien Hoa Keng) disebutkan ada 33 (tiga puluh) penjelmaan Kwan Im Pho Sat. Sedangkan dalam Maha Karuna Dharani (Tay Pi Ciu / Ta Pei Cou / Ta Pei Shen Cou) ada 84 (delapan puluh empat) perwujudan Kwan Im Pho Sat sebagai simbol dari Bodhisatva yang mempunyai kekuasaan besar. Altar utama di Kuil Pho Jee Sie (Pho To San) di persembahkan kepada Kwan Im Pho Sat dengan perwujudan sebagai “Budha Vairocana”, dan di sisi kiri atau kanan berjajar 16 (enam belas) perwujudan lainnya. Perwujudan Beliau di altar utama Kim Tek Ie*), salah satu Kelenteng tertua di Indonesia adalah King Cee Koan Im (Koan Im Membawa Sutra Memberi Pelajaran Buddha Dharma Kepada Umat Manusia. Disamping itu, terdapat pula wujud Kwan Im Pho Sat dalam Chien Chiu Kwan Im / Jeng Jiu Kwan Im / Qian Shou Guan Yin. (Kwan Im Seribu Lengan / Tangan) sebagai perwujudan Beliau yang selalu bersedia mengabulkan permohonan perlindungan yang tulus dari umatNya. Julukan Beliau secara lengkap adalah Tay Cu Tay Pi, Kiu Kho Kiu Lan, Kong Tay Ling Kam, Kwan Im Sie Im Pho Sat.

Sejarah Klasik Seputar Avalokitesvara Bodhisatva.

Ketika agama Budha memasuki Tiongkok (Masa dinasti Han), pada mulanya Avalokitesvara Bodhisatva bersosok pria. Seiring dengan berjalannya waktu, dan pengaruh ajaran Taoisme serta Khong Hu Cu, menjelang era Dinasti Tang, profil Avalokitesvara Bodhisatva berubah dan ditampilkan dalam sosok wanita. Dari pengaruh ajaran Tao, probabilita perubahan ini terjadi karena jauh sebelum mereka mengenal Avalokitesvara Bodhisatva, kaum Taois telah memuja Dewi Tao yang disebut “Niang-Niang” (Probabilitas adalah Dewi Wang Mu Niang-Niang). Sehubungan dengan adanya legenda Puteri Miao Shan yang sangat terkenal, mereka memunculkan tokoh wanita yang disebut “Guan Yin Niang Niang”, sebagai pendamping Avalokitesvara Bodhisatva pria.
Lambat laun tokoh Avalokitesvara Bodhisatva pria dilupakan orang dan tokoh Guan Yin Niang-Niang menggantikan posisiNya dengan sebutan Guan Yin Phu Sa. Dari pengaruh ajaran Khong Hu Cu, mereka menilai kurang layak apabila kaum wanita memohon anak pada seorang Dewata pria. Bagi para penganutnya, hal itu dianggap sesuai dengan keinginan Kwan Im sendiri untuk mewujudkan diriNya sebagai seorang wanita, agar lebih leluasa untuk menolong kaum wanita yang membutuhkan pertolonganNya. Dari sini jelas bahwa tokoh Avalokitesvara Bodhisatva berasal dari India dan tokoh Guan Yin Phu Sa berasal dari Tiongkok. Avalokitesvara Bodhisatva memiliki tempat suci di gunung Potalaka, Tibet, sedangkan Kwan Im Pho Sat memiliki tempat suci di gunung Pu Tao Shan di kepulauan Zhou Shan, Tiongkok. Kesimpulan atas hal ini adalah tokoh Avalokitesvara Bodhisatva merupakan stimulus awal munculnya Kwan Im Pho Sat. Terdapat beberapa legenda lainnya terkait tentang asal-usul Dewi Kwan Im. Dalam kitab Hong Sin Yan Gi / Hong Sin Phang (“Penganugerahan Dewa”) disebutkan bahwa sebelum Beliau dikenal dengan sebagai Dewi Kwan Im, Beliau bernama Chu Hang salah 1 (satu) murid dari Cap Ji Bun Jin (12 Murid Cian Kauw Yang Sakti).

Selain itu, menurut Kitab Suci Kwan Im Tek Too yang disusun oleh Chiang Cuen, Dewi Kwan Im dilahirkan pada jaman Kerajaan Ciu / Cian Kok pada tahun 403-221 SM terkait dengan legenda Puteri Miao Shan, anak dari Raja Miao Zhuang / Biao Cong / Biao Cuang Penguasa Negeri Xing Lin (Hin Lim), kira-kira pada akhir Dinasti Zhou di abad III SM. Disebutkan bahwa Raja Miao Zhuang sangat mendambakan seorang anak lelaki, tapi yang dimilikinya hanyalah 3 (tiga) orang puteri. Puteri tertua bernama Miao Shu (Biao Yuan), yang kedua bernama Miao Yin (Biao In) dan yang bungsu bernama Miao Shan (Biao Shan). Setelah ketiga puteri tersebut menginjak dewasa, Raja mencarikan jodoh bagi mereka. Puteri pertama memilih jodoh seorang pejabat sipil, yang kedua memilih seorang jendral perang sedangkan Puteri Miao Shan tidak berniat untuk menikah. Beliau malah meninggalkan istana dan memilih menjadi Bhiksuni di Kelenteng Bai Que Shi (Tay Hiang Shan). Berbagai cara diusahakan oleh Raja Miao Zhuang agar puterinya mau kembali dan menikah, namun Puteri Miao Shan tetap bersiteguh dalam pendirianNya. Pada suatu ketika, Raja Miao Zhuang habis kesabarannya dan memerintahkan para prajurit untuk menangkap dan menghukum mati sang puteri. Setelah kematianNya, arwah Puteri Miao Shan mengelilingi neraka. Karena melihat penderitaan makhluk-makhluk yang ada di neraka, Puteri Miao Shan berdoa dengan tulus agar mereka berbahagia. Secara ajaib, doa yang diucapkan dengan penuh welas asih, tulus dan suci mengubah suasana neraka menjadi seperti surga.
Penguasa Akherat, Yan Luo Wang, menjadi bingung sekali. Akhirnya arwah Puteri Miao Shan diperintahkan untuk kembali ke badan kasarNya. Begitu bangkit dari kematianNya, Budha Amitabha muncul di hadapan Puteri Miao Shan dan memberikan Buah Persik Dewa. Akibat makan buah tersebut, sang Puteri tidak lagi mengalami rasa lapar, ke-tuaan dan kematian. Budha Amitabha lalu menganjurkan Puteri Miao Shan agar berlatih kesempurnaan di gunung Pu Tuo, dan Puteri Miao Shan-pun pergi ke gunung Pu Tuo dengan diantar seekor harimau jelmaan dari Dewa Bumi.

9 (Sembilan) tahun berlalu, suatu ketika Raja Miao Zhuang menderita sakit parah. Berbagai tabib termasyur dan obat telah dicoba, namun semuanya gagal. Puteri Miao Shan yang mendengar kabar tersebut, lalu menyamar menjadi seorang Pendeta tua dan datang menjenguk. Namun terlambat, sang Raja telah wafat. Dengan kesaktianNya, Puteri Miao Shan melihat bahwa arwah ayahNya dibawa ke neraka, dan mengalami siksaan yang hebat. Karena rasa bhaktiNya yang tinggi, Puteri Miao Shan pergi ke neraka untuk menolong. Pada saat akan menolong ayahNya untuk melewati gerbang dunia akherat, Puteri Miao Shan dan ayahNya diserbu setan-setan kelaparan. Agar mereka dapat melewati setan-setan kelaparan itu, Puteri Miao Shan memotong tangan untuk dijadikan santapan setan-setan kelaparan. Setelah hidup kembali, Raja Miao Zhuang menyadari bahwa bhakti ketiga putrinya sangat luar biasa. Akhirnya sang Raja menjadi sadar dan mengundurkan diri dari pemerintahan serta bersama-sama dengan keluarganya pergi ke gunung Xiang Shan untuk bertobat dan mengikuti jalan Budha. Rakyat yang mendengar bhakti Puteri Miao Shan hingga rela mengorbankan tanganNya menjadi sangat terharu. Berbondong-bondong mereka membuat tangan palsu untuk Puteri Miao Shan. Budha O Mi To Hud yang melihat ketulusan rakyat, merangkum semua tangan palsu tersebut dan mengubahNya menjadi suatu bentuk kesaktian serta memberikannya kepada Puteri Miao Shan. Lalu Ji Lay Hud memberiNya gelar Qian Shou Qian Yan Jiu Ku Jiu Nan Wu Shang Shi Guan Shi Yin Phu Sa, yang artinya Bodhisatva Kwan Im Penolong Kesukaran Yang Bertangan Dan Bermata Seribu Yang Tiada Bandingnya. Dalam kisah lain disebutkan bahwa pada saat Kwan Im Phu Sa diganggu oleh ribuan setan, iblis dan siluman, Beliau menggunakan kesaktianNya untuk melawan mereka. Beliau berubah wujud menjadi Kwan Im Bertangan dan Bermata Seribu, dimana masing-masing tangan memegang senjata Dewa yang berbeda jenis. Kisah Kwan Im Lengan Seribu ini juga memiliki versi yang berbeda, diantaranya adalah pada saat Puteri Miao Shan sedang bermeditasi dan merenungkan penderitaan umat manusia, tiba-tiba kepalanya pecah berkeping-keping. Budha O Mi To Hud (Amitabha) yang mengetahui hal itu segera menolong dan memberikan “Seribu Tangan dan Seribu Mata, sehingga Beliau dapat mengawasi dan memberikan pertolongan lebih banyak kepada manusia.

Dalam legenda Puteri Miao Shan, disebutkan bahwa kakak-kakak Miao Shan bertobat dan mencapai kesempurnaan, lalu mereka diangkat sebagai Pho Sat oleh Giok Hong Siang Te. Puteri Miao Shu diangkat sebagai Bun Cu Pho Sat (Wen Shu Phu Sa) dan Puteri Miao Yin sebagai Po Hian Pho Sat (Pu Xian Phu Sa). Disebutkan juga bahwa pada saat pelantikan Puteri Miao Shan menjadi Pho Sat, Puteri Miao Shan diberi 2 (dua) orang pembantu, yakni Long Ni dan Shan Cai. Konon, Long Ni diberi gelar Giok Li (Yu Ni) atau “Gadis Kumala” dan Shan Cai bergelar Kim Tong (Jin Tong) atau “Jejaka Emas”. Pada mulanya, Long Ni adalah cucu dari Raja Naga (Liong Ong), yang diberi tugas untuk menyerahkan mutiara ajaib kepada Kwan Im, sebagai rasa terima kasih dari Liong Ong karena telah menolong puterinya. Namun ternyata Long Ni justru ingin menjadi murid Kwan Im dan mengabdi kepadaNya. Khusus untuk Shan Cai ada 2 (dua) versi legenda. Versi pertama berdasarkan legenda Puteri Miao Shan yang menceritakan bahwa Shan Cai adalah pemuda yatim piatu yang ingin belajar ajaran Budha. Ia ditemukan oleh To Te Kong dan diserahkan kepada Kwan Im untuk dididik. Versi lain dalam cerita Se Yu Ki (Xi You Ji) menyebutkan bahwa Shan Cai adalah putera siluman kerbau Gu Mo Ong (Niu Mo Wang) dengan Lo Sat Li (Luo Sa Ni). Nama asliNya adalah Ang Hay Jie (Hong Hai Erl) atau si Anak Merah. Karena kenakalan dan kesaktian Ang Hay Jie, Sang Kera Sakti Sun Go Kong / Sun Wu Kong meminta bantuan kepada Kwan Im Pho Sat untuk mengatasiNya. Akhirnya Ang Hay Jie berhasil ditaklukkan oleh Kwan Im Pho sat dan diangkat menjadi muridNya dengan panggilan Shan Cai. Dalam hal ini, banyak orang yang salah mengerti dan menganggap bahwa salah 1 (satu) pengawal Kwan Im Po Sat adalah Lie Lo Cia (Li Ne Zha), yang penampilanNya memang mirip dengan Ang Hay Jie. Secara khusus terdapat perbedaan diantara keduaNya, Lie Lo Cia menggunakan senjata roda api di kakiNya, sedangkan Ang Hay Jie menggunakan semburan api dari mulutnya. Lie Lo Cia adalah anak dari Lie King dan Ang Hay Jie adalah anak dari Gu Mo Ong.

Dalam sejumlah kitab Budhisme Tiongkok klasik, disebutkan ada 33 (tiga puluh tiga) rupa perwujudan Kwan Im Pho Sat, antara lain :
1. Kwan Im Berdiri Menyeberangi Samudera;
2. Kwan Im Menyebrangi Samudera sambil Berdiri diatas Naga;
3. Kwan Im Duduk Bersila Bertangan Seribu;
4. Kwan Im Berbaju dan Berjubah Putih Bersih sambil Berdiri;
5. Kwan Im Berdiri Membawa Anak;
6. Kwan Im Berdiri diatas Batu Karang/Gelombang Samudera;
7. Kwan Im Duduk Bersila Membawa Botol Suci & Dahan Yang Liu;
8. Kwan Im Duduk Bersila dengan Seekor Burung Kakak Tua.

Selain perwujudan Beliau yang beraneka bentuk dan posisi, nama atau julukan Kwan Im (Avalokitesvara) juga bermacam-macam, ada Sahasrabhuja Avalokitesvara (Qian Shou Guan Yin), Cundi Avalokitesvara, dan lain-lain. Walaupun memiliki berbagai macam rupa, pada umumnya Kwan Im ditampilkan sebagai sosok seorang wanita cantik yang keibuan, dengan wajah penuh keanggunan .Selain itu, Kwan Im Pho Sat sering juga ditampilkan berdampingan dengan Bun Cu Pho Sat dan Po Hian Pho Sat, atau ditampilkan bertiga dengan : Tay Su Ci Pho Sat (Da Shi Zhi Phu Sa) – O Mi To Hud – Kwan Im Pho Sat.

Bun Cu Pho Sat / Wen Shu Phu Sa.

Beliau adalah Bodhisatva Lambang Kebijaksanaan Yang Luar Biasa. Kata Bun Cu Pho Sat berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna Manjusri Bodhisatva, yang artinya “Bodhisatva Dengan Keagungan Yang Lemah Lembut”. Tokoh Manjusri berasal dari tanah India dan setelah agama Buddha memasuki daratan Tiongkok, tokoh ini mengalami perubahan gender. Sama seperti tokoh Avalokitesvara Bodhisatva, tokoh ini awalnya adalah sosok seorang pria. Menurut kitab-kitab Mahayana kuno, dituturkan bahwa Manjusri adalah tokoh yang dalam berbagai kehidupanNya yang lampau (Reinkarnasi) sering kali menjadi orang tua dari para Buddha. Dipercaya bahwa Budha Sakyamuni adalah keturunan Manjusri setelah 9 (sembilan) generasi. Selain itu juga dituturkan juga bahwa Manjusri adalah Kepala Pengawas Para Bodhisatva. Probabilitas perubahan gender Manjusri di Tiongkok terjadi bersamaan dengan perubahan yang dialami oleh Avalokitesvara, dengan latar belakang yang sama. Berdasarkan pada legenda Puteri Miao Shan, setelah Miao Shu diangkat menjadi Pho Sat, Beliau dinamakan Bun Cu Pho Sat dan berkedudukan di gunung Wu Tai Shan. Tugas Bun Cu Pho Sat adalah mengajar umat manusia agar terbebas dari kegelapan bathin. KepadaNya diberikan binatang tunggangan berupa seekor Singa Hijau, yang asalnya adalah siluman api. Sebenarnya singa hijau tersebut melambangkan nafsu pikiran yang liar, yang hanya dapat ditundukkan dengan bermeditasi. Seperti yang telah diceritakan di atas, Bun Cu Pho Sat umumnya ditampilkan sebagai seorang puteri yang mengendarai atau duduk di atas punggung seekor Singa Hijau. Kadang ditampilkan dengan membawa pedang, yang disebut pedang kebijaksanaan, dan membawa gulungan kertas yang diikat tali, yang isinya adalah ajaran kebijaksanaan. Bun Cu Pho Sat boleh dikatakan tidak pernah tampil sendirian, umumnya ditampilkan dalam bentuk 3 (tiga) serangkai, yaitu Bun Cu Pho Sat – Kwan Im Pho Sat – Pho Hian Po Sat.

Po Hian Pho Sat / Pu Xian Phu Sa.

Beliau adalah Bodhisatva Lambang Sila atau Moralitas Yang Sangat Luhur. Kata Po Hian Pho Sat berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna Samantabhadra Bodhisatva, yang artinya “Bodhisatva Yang Memiliki Kebajikan Universal”. Sama seperti tokoh Kwan Im Pho Sat dan Bun Cu Pho Sat, tokoh Po Hian Pho Sat juga berasal dari India dan mengalami perubahan gender di daratan Tiongkok karena pengaruh legenda Puteri Miao Shan. Menurut Kitab Budhis Mahayana Kuno, dituturkan bahwa Samantabhadra Bodhisatva sesungguhnya memiliki tubuh yang besarnya tiada batas. Karena ingin turun ke dunia untuk membantu orang-orang yang sengsara, Beliau mengubah wujudNya menjadi seorang pria yang mengendarai seekor Gajah Putih. Warna putih sang Gajah ini sungguh luar biasa, bahkan sampai puncak Himalayapun tidak bisa menandinginya (Puncak Himalaya selalu tertutup salju putih). Dalam legenda Puteri Miao Shan dikisahkan bahwa Miao Yin diangkat menjadi Pho Sat dengan nama Po Hian Pho Sat dan berkedudukan di gunung E Mei Shan serta bertugas untuk memberikan kesejahteraan kepada orang banyak. KendaraanNya adalah seekor Gajah Putih yang berasal dari siluman Air. Gajah Putih ini juga mengandung arti kesucian dari moralitas. Terkadang Gajah tungganganNya ditampilkan dalam bentuk 3 (tiga) kepala dan 6 (enam) gading. Pada umumnya, belalai sang Gajah Putih selalu membawa setangkai bunga teratai, lambang dari ajaran Po Hian Pho Sat yang terkenal yaitu Sutra Bunga Teratai.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #15 on: 09 June 2008, 02:38:26 PM »
Nezha is often depicted flying in the sky with a wheel of fire under each foot, a golden hoop, the "cosmic ring", around his shoulder and a spear in his hands. Sometimes he is given multiple arms. Nezha is usually depicted as a youth and rarely as an adult.

Nezha sering digambarkan melayang di angkasa dengan roda api di kaki, hula emas dan cincin kosmik di lengan dan tombak di tangan, Kadang kala digambarkan berlengan banyak. Nezha digambarkan sebagai anak kecil, jarang sekali dalam wujud orang dewasa

As the third son of a military commander called Li Jing, a military leader in Chentangguan Fortress, his birth was peculiar. When his mother Lady Yin got pregnant, she waited for three years and six months to deliver the boy, but unfortunately a ball of flesh was born. His father got so angry that he split it with a sword, which caused Nezha to jump out and grow fully, even though his mind and temperament were that of a child.
Anak ketiga dari komandan Li Jing, pemimpin militer di Benteng Chen Tang Guan, kelahirannya dikatakan tidak biasa. Ketika ibunya mengandung, dia menunggu 3 tahun dan 6 bulan untuk melahirkan namun sayangnya yang keluar adalah gumpalan darah berbentuk bola. Ayahnya sangat marah dan membelah bola itu yang akhirnya Ne Zha keluar dan tumbuh.Karena dianggap membawa kematian pada ibunya,maka Li Jing sangat murka pada Ne Zha

After he killed Li Gen, a yaksha, and Ao Bing, the third son of East Sea Dragon King Ao Guang, Nezha flayed and disemboweled himself in order to save his parents that were taken hostage by Ao Guang, but was brought back to life by his master, Taiyi Zhenren, a Taoist immortal sage who used lotus blossoms to reconstruct a body for his soul to inhabit.
Setelah dia membunuh Li Gen,seorang yaksa, dan Ao Bin, anak ketiga dari Raja Naga timur Ao Guang, Nezha membelah dirinya untuk menolong orang tuanya yang di tawan oleh Ao Guang, tubuhnya disatukan kembali oleh guru nya, Taiyi Zhenren, seorang pertapa abadi Taoist yang menggunakan tangkai teratai untuk membuat jiwanya dapat kembali sebagai manusia

Nezha's two elder brothers are also powerful warriors. The eldest is Jinzha (金吒), who is a disciple of Manjusri Bodhisattva, and the second eldest is Muzha (木吒), a disciple of Samantabhadra Bodhisattva.
2 kakak Ne Zha juga merupakan prajurit tangguh, Yang Tertua dalah Jin Zha merupakan murid Manjusri Bodhisatva dan yang kedua adalah Muzha, murid Samantabhadra Bodhisattva

Some traced his origins to the Vedic god Nalakuvara, and legend goes that he was born in the Shang dynasty.
Beberapa peneliti mencari fakta keberadaanya melalu dewa Veda, Nalakuvara, legenda mengatakan Ne Zha terlahir pada dinasti Shang



Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #16 on: 09 June 2008, 02:49:02 PM »
So...Apakah Nacha itu mitos?Dongeng? Atau ada faktor sejarah yang kemudian ditambahkan dengan bumbu kepercayaan?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #17 on: 09 June 2008, 02:55:20 PM »
nah sekarang bro edward kira2 mana yang sejarah mana yang mitos, ayo ditebak,nanti saya jawab
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #18 on: 09 June 2008, 03:04:13 PM »
Menurut saya sih ini lebih ke legenda...Kalau kata guru sejarah pas SMA, legenda itu basisnya fakta (bisa kondisi alam, atau tokoh tersebut memank pernah ada) hanya saja, karena legenda itu diturunkan secara oral, jadi sudah ada penambahan cerita oleh pencerita(dlm hal ini leluhur), baik dari segi ingatan, dari segi kepercayaan,maupun pesan moral yang ingin disampaikan, sehingga fakta aslinya sulit untuk dilacak.

Ow iya, tadi kebetulan buka wikipedia, ternyata arti thian itu  dlm bahasa inggris rupanya heaven, sedikit beda dengan arti harafiah bahasa indo yang umumnya diartikan 'langit'.... :-?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #19 on: 09 June 2008, 03:11:14 PM »
Bro Edward tidak sepenuhnya salah tidak sepenuhnya benar.

Li Jing adalah Jendral Tiongkok pada masa Dinasti Tang, hal ini dikokohkan oleh banyak pihak. Setelah Dinasti Tang berganti Dinasti Shang, Li Jing sebagai Jendral tersohor bertitel Duke Of Wei akhirnya dinaikkan menjadi mitos Tiongkok. mengenai Ne Zha sendiri dikatakan sebagai anak Li Jing.

http://en.wikipedia.org/wiki/Li_Jing
http://www.chinahistoryforum.com/lofiversion/index.php/t10400.html

In the spring of fourth year of Taizong' reign, AD 630, Tang Taizong received victory news from Ling Jing: General Li Jing on a full campaign against Khan Xieli with six columns of armies, and captured Khan Xieli by taking advantage of Turk strife. General Li Jing, departing from Mayi, led 3000 cavalry into the Turk camp at Dingxiang and defeated Khan Xieli's army via a surprise strategy, and then led 10,000 soldiers all the way to Yinshan Mountains (located in today's Inner Mongolia) in pursuit of Khan Xieli. A Turkic chieftan called Kang Sumi surrendered with Sui Empress Xiaohou and Sui descendant (Yang Zhengdao). General Li Jing retrieved ex-empress of Sui and gave her to emperor Taizong who later took in as his mistress, and General Li Jing killed princess Yicheng for her 4-time-marriage without knowing 'shame'. Khan Xieli, after being defeated again, sought peace with Tang. Li Jing, thinking that Turks might not be on alert while Tang emissary was in their camp, attacked Khan Xieli again. Xieli alone fled to another chieftan called Shabolue-she, but he was arrested and surrendered to Tang army by his own cousin. Hence, the Chinese occupied Mongolia (Eastern Turkic Khanate).


Tang's General Li Jing (a military strategist who once fled with a mistress of Sui prime minister Yang Su while being invited as a guest at the home of Yang) was later sent on another expedition to Qinhai-Gansu and the Tarim Basin to quell rebellion of the Tuyuhun, a group of Qiangic people mixed with the Xianbei nomads. Tang married princess over to Tuyuhun king to pacify them. With the help of the Uygurs and other Tiele Tribes, Tang Chinese subdued the Tarim Basin in 630-40.

source: http://www.uglychinese.org/tang.htm

The Tang take-over of the south began in 621 when the General Li Jing was ordered to pacify the Lingnan. The conquest was relatively pacific as most Sui officials simply submitted. Following the pacification the region was divided into Area Commands (Dudu Fu). Li Jing became the Area Commander of the Gui Area Command, which embraced the northern half of Guangxi

There are more about Li Jing in the follwing site.

source: http://mcel.pacificu.edu/as/resources/zhuang/zhuang6.htm
« Last Edit: 09 June 2008, 03:14:10 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #20 on: 09 June 2008, 05:51:26 PM »
Kalo tentang 2 anak kecil pendamping Dewi Kwan Im? Ada sodara yang nyembah Kwan Im lumayan lama, katanya patung tuh pendamping bisa pindah2... N pernah liat 'roh' tuh anak lompat di tangga...

Siapakah 2 orang ini ampe ikutan disembah? Kalo dulu ntn di Journey to the west seh salah satunya kan Ang Hai Ji (anaknya Gu Mo Ong)...

Offline Effendy

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #21 on: 09 June 2008, 08:42:50 PM »
Mitos atau sejarah atau legenda,
Kalau menurut saya sih, yang penting baik ya didenger dan dijalani saja...
Karena kalau yang jelek, baik dia itu adalah sejarah ataupun kebenaran, pasti akhirnya membuat dukka semua umat.
Ya jalani saja.

EK
Hidup ini adalah Belajar, maka belajarlah dari kehidupan

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #22 on: 10 June 2008, 12:31:33 AM »
 [at]  tujuh..
Konon sih katanya, karena ikrar Avalo tersebut, maka banyak makhluk2  dari berbagai jenis tingkat alam yang bertekad untuk melindungi orang yang sering baca ta pei cou atau mengikuti teladan Avalo.Nah, bisa aj 'roh' yang sering muncul itu merupakan sala satu makhluk yang memiliki tekad tersebut.
Kalo dari segi cerita sih, dalam bahasa Indo, yang cowo Anak Emas, dan cewe Anak Giok. Dari cerita yang gw pernah denger jg, katanya sih mereka itu murid Avalo...
Kalau lebih detail lagi, mesti cari contekan dlu nih... ^-^
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #23 on: 10 June 2008, 12:43:15 AM »
Kalo tentang 2 anak kecil pendamping Dewi Kwan Im? Ada sodara yang nyembah Kwan Im lumayan lama, katanya patung tuh pendamping bisa pindah2... N pernah liat 'roh' tuh anak lompat di tangga...

Siapakah 2 orang ini ampe ikutan disembah? Kalo dulu ntn di Journey to the west seh salah satunya kan Ang Hai Ji (anaknya Gu Mo Ong)...

2 anak kecil pendamping Dewi Kwan Im ........ ( denger cerita dr papi )  ;D
1 Na Cha 
2 Ang Hai ji .... anak Go Mo Ong dan putri kipas, ini ada di cerita Sun Go kong
Go Mo Ong tuc siluman kerbau , sahabat Sun go kong.... 
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #24 on: 10 June 2008, 08:15:21 AM »
Dalam legenda Puteri Miao Shan, disebutkan bahwa kakak-kakak Miao Shan bertobat dan mencapai kesempurnaan, lalu mereka diangkat sebagai Pho Sat oleh Giok Hong Siang Te. Puteri Miao Shu diangkat sebagai Bun Cu Pho Sat (Wen Shu Phu Sa) dan Puteri Miao Yin sebagai Po Hian Pho Sat (Pu Xian Phu Sa). Disebutkan juga bahwa pada saat pelantikan Puteri Miao Shan menjadi Pho Sat, Puteri Miao Shan diberi 2 (dua) orang pembantu, yakni Long Ni dan Shan Cai. Konon, Long Ni diberi gelar Giok Li (Yu Ni) atau “Gadis Kumala” dan Shan Cai bergelar Kim Tong (Jin Tong) atau “Jejaka Emas”. Pada mulanya, Long Ni adalah cucu dari Raja Naga (Liong Ong), yang diberi tugas untuk menyerahkan mutiara ajaib kepada Kwan Im, sebagai rasa terima kasih dari Liong Ong karena telah menolong puterinya. Namun ternyata Long Ni justru ingin menjadi murid Kwan Im dan mengabdi kepadaNya. Khusus untuk Shan Cai ada 2 (dua) versi legenda. Versi pertama berdasarkan legenda Puteri Miao Shan yang menceritakan bahwa Shan Cai adalah pemuda yatim piatu yang ingin belajar ajaran Budha. Ia ditemukan oleh To Te Kong dan diserahkan kepada Kwan Im untuk dididik. Versi lain dalam cerita Se Yu Ki (Xi You Ji) menyebutkan bahwa Shan Cai adalah putera siluman kerbau Gu Mo Ong (Niu Mo Wang) dengan Lo Sat Li (Luo Sa Ni). Nama asliNya adalah Ang Hay Jie (Hong Hai Erl) atau si Anak Merah. Karena kenakalan dan kesaktian Ang Hay Jie, Sang Kera Sakti Sun Go Kong / Sun Wu Kong meminta bantuan kepada Kwan Im Pho Sat untuk mengatasiNya. Akhirnya Ang Hay Jie berhasil ditaklukkan oleh Kwan Im Pho sat dan diangkat menjadi muridNya dengan panggilan Shan Cai. Dalam hal ini, banyak orang yang salah mengerti dan menganggap bahwa salah 1 (satu) pengawal Kwan Im Po Sat adalah Lie Lo Cia (Li Ne Zha), yang penampilanNya memang mirip dengan Ang Hay Jie. Secara khusus terdapat perbedaan diantara keduaNya, Lie Lo Cia menggunakan senjata roda api di kakiNya, sedangkan Ang Hay Jie menggunakan semburan api dari mulutnya. Lie Lo Cia adalah anak dari Lie King dan Ang Hay Jie adalah anak dari Gu Mo Ong.

udah saya posting di depan kan,nah lho tidak dibaca dengan baik
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline DesyWaty

  • Sebelumnya: DesyBenny
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputasi: 10
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #25 on: 10 June 2008, 12:54:06 PM »
gimana dengan sejarah 7 dewi dan 8 dewa  :)

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #26 on: 10 June 2008, 01:12:33 PM »
 _/\_ kilik link ini
http://en.wikipedia.org/wiki/Eight_Immortals

Berhubung 8 Dewa ngga ada hubungan ama Buddhist melainkan Taosime jadi kalo di topik ini bisa OOT hehehe.

Sejarah keberadaan mereka masih sangat rancu antara mitos dan benar2 ada karena tidak ditemukan bukti otentik.
« Last Edit: 10 June 2008, 01:14:09 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline DesyWaty

  • Sebelumnya: DesyBenny
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputasi: 10
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #27 on: 10 June 2008, 02:44:37 PM »
intinya  :jempol:

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #28 on: 10 June 2008, 03:07:14 PM »
iya yah... kok perasaan ga liat paragraf itu ya... hahaha... maap bang nyana... ;p

oh ya pernah liat poster yang ada gambar2 dewa (dewakah?) sebanyak 84 biji dikotak2in gitu... di atasnya ditulis MAHA KARUNA DHARANI kalo ga salah... berjenis2 dewa dari bentuk amcem kwan im, banyak tangan, yang naek macan, buddha, ampe yang cuma daun... Itu apaan ya? Mitos jugakah?

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #29 on: 10 June 2008, 03:46:08 PM »
Soal Ta Pei Chou dalam perwujudan gambar kotak2 itu adalah perwujudan Kwan Im dalam banyak bentuk seperti yang disebutkan dalam sutra Avalokitesvara dalam sadharma pundarika Sutra bagian Kwan Im.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #30 on: 10 June 2008, 06:51:09 PM »
So, itu semua perwujudan Kwan Im?

Offline GandalfTheElder

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.480
  • Reputasi: 75
  • Gender: Male
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Memilah Mitos Tiongkok berkaitan dengan Buddhism
« Reply #31 on: 11 June 2008, 06:05:49 AM »
Sudah tak asing lagi bagi kita medengar kata Nezha. Kisah Nezha merupakan kisah yang sangat popluler di kalangan masyarakat Tionghoa. Bahkan telah muncul juga film seri dan kartun yang diangkat dari kisah Nezha dan riwayatnya yang ada dalam Novel Fengshen Yanyi, di mana Nezha sepenuhnya adalah Dewa Taois. Bagi orang Tionghoa, Nezha adalah pahlawan, sebab itu gambarnya sering dipajang di mana-mana. Ia bahkan dipuja sebagai pelindung anak-anak.

Pemujaannya juga sudah sangat banyak di kelenteng-kelenteng, terutama di Taiwan, Malaysia dan Singapura. Nezha pun telah masuk dalam jajaran kedewataan Taois. Beliau dikenal dengan nama Zhong Tan Yuan Shuai ( - Tiong Tan Goan Swee) atau Tai Zi Ye, Jing Kan Yuan Shuai, Luo Che Tai Zi dan Wa Wa Shen. Di Jepang dikenal dengan nama Nataku.

Namun siapa yang tahu kalau ternyata Nezha pun memiliki hubungan dengan agama Buddha, bahkan ternyata Nezha awalnya adalah dewata Pelindung Dharma dari agama Buddha! Namun kemudian diadopsi sepenuhnya oleh umat Taois.

Asal usulnya cukup aneh. Dalam kitab-kitab Buddha dari India namanya tidak tertulis, dalam buku-buku Buddhis versi Tionghoa juga samara-samar. Dalam Kisah Para Bhiksu Agung Dinasti Song terdapat kisah unik. Seorang Bhiksu bernama Dao Xuan, suatu malam tengah berjalan, tiba-tiba tangga batu yang diinjaknya runtuh dan jatuh terpelanting. Tapi ia rasakan tubuhnya ditopang seseorang. Ketika menengok ke belakang, ia melihat seorang pemuda mengangkat tubuhnya. Ia bertanya siapa dia sebenarnya. Anak muda tersebut mengatakan bahwa ia adalah Nezha, putra ketiga dari Vaisravana - Vessavana (salah satu dari Caturmaharajadeva, penguasa Uttarakuru), bertugas sebagai pelindung Dharma. Vaisravana mempunyai Lima Anak, Nezha adalah yang ketiga. Oleh karena itu Nezha disebut sebagai San Tai Zi ( - Pangeran ketiga) Gambaran Raja Langit ini bersama putranya dapat dilihat pada pahatan dinding di Dunhuang. Bahkan ada beberapa yang menyebutkan bahwa Dewa Erlang Shen adalah putra kedua dari Vaisravana.

Pada zaman Dinasti Yuan, kisah Nezha mulai dikembangkan lagi Dalam Kumpulan Para Dewa Tiga Agama disebutkan bahwa Nezha adalah salah satu Dewa Daluo, pengawal Yu Huang Da Di (Kaisar Giok), yang bertubuh tinggi besar. Karena banyak iblis yang mengacau dunia, Yu Huang menitahkan Nezha turun ke mayapada dan lahir dari rahim istri Li Jing. Baru 5 hari usianya ketikaia mandi di laut menimbulkan kegaduhan yang membuat raja naga dan bala tentaranya marah. Nezha membunuh seorang pangeran naga. Kemudian secara tidak sengaja ia menewaskan murid Dewi Shiji Niangniang. Li Jing sangat gusar, nezha memotong daging dan tulang-tulang tubuhnya diberikan pada sang ayah sebagai penebus kesalahan, setelah itu hubungan bapak anak putus. Roh Nezha mengadukan nasibnya pada Sang Buddha. Sang Buddha lalu membuat tubuh dari daun dan batang teratai untuknya. Nezha lahir kembali, makin sakti. Yu Huang lalu mengangkatnya sebagai komandan pasukan pengawal gerbang langit. Kisah di atas mendasari kisah Nezha dalam kitab Feng Shen.

Kedua kakaknya, Muzha dan Jinzha, adalah pengikut Bodhisattva Samantabhadra dan Manjusri.
Nezha sering digambarkan sebagai remaja laki-laki yang terbang dengan roda api di bawah kedua telapak kakinya dengan memegang cakram dan tombak. Terkadang ia digambarkan dengan banyak tangan.

Berdasarkan penelitian beberapa sejarawan, Nezha berasal dari dewata India kuno yang bernama Nalakuvara, anak kembar dari Dewa Kubera (atau dalam Buddhis : Vaisravana). Demikian juga Li Jing yang merupakan ayah Nezha, adalah proses sinifikasi dari Vaisravana. Li Jing (Li Tian Wang) dan Vaisravana sama-sama membawa pagoda. Nezha sering dipuja sebagai pengawal Dewa Taois Bao Sheng Da Di dan Dewi Taois Mazu (Tian Shang Sheng Mu). Kelenteng yang khusus memuja Nezha bernama Tai Zi Miao (Kelenteng Sang Pangeran).

Hari lahir-Nya diperingati pada tanggal 9 bulan 9 Imlek dan kenaikan-Nya ke langit pada tanggal 8 bulan 4 Imlek.

Namo Nalakuvara Dharmapaladeva!
Nanwu Lianhua Santaizi!

 _/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.