//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] Sarapan Pagi Yang Sehat & Benar  (Read 7235 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline aitristina

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.758
  • Reputasi: 52
  • Gender: Female
  • every1 is #1...
[INFO] Sarapan Pagi Yang Sehat & Benar
« on: 31 March 2009, 04:37:04 PM »

Saya ingin share informasi mengenai topik "Mengapa kita harus sarapan pagi yang sehat & benar"

Sarapan pagi adalah waktu makan yang paling penting sepanjang hari, tidak peduli apakah anda seorang pelajar, pekerja, atlit, seorang ibu atau pensiunan. Dengan sarapan pagi, anda mendapatkan banyak manfaat kesehatan mulai dari energi yang baru di pagi hari sampai dengan manfaat kesehatan jangka panjang seperti menurunkan berat badan dan sering sakit, mencegah terjadinya diabetes serta penyakit-penyakit lainnya.

Ada 5 (lima) alasan utama tentang sarapan pagi : Meningkatkan Metabolisme, Meningkatkan Konsentrasi, Memperlancar gula darah, Pencernaan yang baik dan Kebiasaan hidup sehat.
 
Kenapa kok kita naik berat badan.
Hal ini adalah apa yang perlu kita mengerti:
 
1. Badan kita membakar sejumlah kalori tertentu setiap harinya. Kalori yang dibakar oleh tubuh tiap orang berbeda. Rata-rata wanita Indonesia badannya mampu membakar 1300 kalori per hari, Pria 2500 kalori per hari (dalam keadaan tanpa olahraga atau dikenal sebagai RMR atau Resting Metabolic Rate)
 
2.. Setiap makanan dan minuman memiliki jumlah kalori tertentu. Contohnya 1 gelas Starbucks memiliki kira-kira 600 kalori. (air putih kalorinya = 0. jadi mau minum sebanyak apapun gak bikin gemuk. Artinya mitos air putih bikin gemuk gak bener gitu loh he he he) Kelebihan kalori yang masuk ke badan kita akan secara otomatis dirubah badan kita menjadi cadangan makanan berupa lemak.
 
3. Kalau kita mau turun berat badan kita perlu mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang dibakar badan kita. Karena kekurangan kalori yang dibutuhkan akan diambil dari cadangan di badan kita yaitu lemak. Makanya kita akan turun berat badan. Tantangannya adalah kita harus mengkonsumsi makanan dalam kalori rendah tapi tetap memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi badan kita . Kalau kita hanya sekedar ngurangin makan atau diet dengan cara radikal malah membuat metabolisme badan kita jadi lambat dan walhasil turun berat badan jadi sulit.
 
4. Tipe sarapan pagi kita (apakah terbiasa makan nasi/karbohidrat dan/atau tidak sarapan sama sekali) yang akhirnya membuat kita sering kelaparan. Kelaparan inilah yang mencetuskan pola makan banyak dan ngemil yang tidak wajar.
Tantangan terbesar anda untuk menurunkan berat badan adalah menemukan suatu program nutrisi yang akan memberikan semua kebutuhan badan anda dengan kalori yang rendah, dan di saat yang sama akan memperbaiki tingkat kesehatan dan stamina anda. Dan ini semua dibutuhkan di PAGI HARI.
« Last Edit: 31 March 2009, 04:50:41 PM by Forte »
Life is about living...

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: [INFO] Sarapan Pagi Yang Sehat & Benar
« Reply #1 on: 06 April 2009, 04:52:19 PM »
Jika memilih untuk melakukan Diet karbohidrat, dengan makan tanpa nasi, mie atau roti dan sejenisnya yang banyak asupan kalori, sehatkah ?
Kabarnya dapat menurunkan berat badan lohh, apa benar ?

 

anything