topic short url: http://dhct.ws/f9846

Author Topic: [ASK] Guna Endometril  (Read 16189 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
[ASK] Guna Endometril
« on: 31 March 2009, 11:08:07 AM »
 _/\_sebulan yang lalu, saya mengunjungi dokter SpOG, dan saya diberi 30obat parlodel untuk diminum 2x1. Selain itu, saya juga diberi 30 obat endometril untuk diminum 2x1 setelah haid hari ke-11, untuk diminum tiap bulan selama 3 bulan. Jadi, total saya mesti konsumsi 90 endometril..
Apa ada yang tau fungsi obat ini? Parlodel dan endometril? Kalau parlodel udah kelar saya konsumsi (tapi saya nggak makan habis sampai 30 karena keluhan saya sudah berhenti)..tapi yang endometril belum di-stop karena keluhan belum berhenti..apa ada bahaya jika kita minum obat ini dalam jumlah banyak (90 selama 3 bulan)? Thanks yah
« Last Edit: 31 March 2009, 07:16:31 PM by Forte »
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.557
  • Reputasi: 448
  • Gender: Male
Re: (ask) ada yang tau obat endometril?
« Reply #1 on: 31 March 2009, 11:24:56 AM »
Endometril ya.. hm.. kalau gak salah isinya Lynesterol, sejenis hormon progesteron sintetis..
Saya agak kesulitan memberikan konsultasi karena sis hanya mengatakan sebulan yang lalu sis mengunjungi dokter, dan tidak dikatakan mengapa sis mengunjungi dokter, adakah keluhan ?

Prinsip kerja obat ini karena memiliki struktur yang mirip dengan progesteron, diharapkan dapat bekerja seperti progesteron. Sehingga nantinya diharapkan akan menyeimbangkan kondisi hormon yang ada di dalam tubuh sis dan memberikan rangsangan yang tepat mengenai produksi progesteron dan estrogen berdasarkan mekanisme feedback yang diterima oleh gland pituitari

Soalnya fungsi obat ini banyak, terkait dengan menstruasi yang tidak normal (amenorrhoea, hypomenorrhoea, oligomenorrhoea dan bisa juga digunakan untuk polymenorrhoea).

Tapi dari cerita sis, diminum obatnya pada hari ke-11, saya berasumsi, sis mengalami oligomenorrhoe/hypomenorrhoea ? yaitu jumlah menstruasi yang sangat sedikit ? Mohon konfirmasinya.

Bahaya mengkonsumsi obat ini.. hm.. yang saya tahu seh harus diperhatikan bagi penderita fungsi hati dan fungsi ginjal, walau dari segi lethal dose, obat ini cukup aman.
« Last Edit: 31 March 2009, 07:16:50 PM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: [ASK] Guna Endometril
« Reply #2 on: 03 April 2009, 01:54:18 AM »
Thanks yah bro Forte buat penjelasannya yang lengkap. Ternyata obat ini fungsinya banyak yah..walau saya jadi tambah bingung, kok bisa yah endometril dipakai untuk segala macam menorrhoea yang kasusnya bertentangan, dari poly sampai oligo/hipo. Maksud saya, bagaimana caranya satu macam obat yang sama digunakan untuk beragam jenis kasus? Apakah karena alasan itu dokter menyarankan endometril diminum pada hari ke-11 karena sepertinya saya polymenorrhoea? Oya, kalau masih diperkenankan bertanya, apa endometril bisa menyebabkan kantuk?
Once again, thank you bro.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.557
  • Reputasi: 448
  • Gender: Male
Re: [ASK] Guna Endometril
« Reply #3 on: 03 April 2009, 05:29:13 AM »
Bisa..
Mengapa obat ini bisa, karena sudah dijelaskan bahwa obat ini dikatakan merupakan progesteron sintetis.
Hormon itu merupakan senyawa yang unik sekaligus karena keunikannnya makanya berbahaya dan harus hati2 digunakan apalagi yang digunakan adalah senyawa sintetis. Karena tubuh mengenal istilah mekanisme feedback akibat ada tidaknya hormon.


Ini siklus menstruasi wanita (beserta konsentrasi hormon wanita)

Dari gambar dapat dilihat bahwa estrogen dan progesteron, konsentrasinya akan bertentangan, pada saat estrogen naik, progesteron justru menurun, dan sebaliknya. Hal ini terjadi karena mekanisme feedback tadi.
Pada saat konsentrasi progesteron mencapai puncak, maka tubuh sendiri akan mendapat sinyal untuk menghentikan produksi progesteron (mekanisme feedback), dan meningkatkan produksi estrogen.

Intinya :
1. Ketika tubuh terlalu banyak progesteron maka produksi progesteron turun, maka akan terjadi peluruhan endometrium yang dinamakan dengan menstruasi.
2. Ketika tubuh terlalu banyak estrogen dan kekurangan progesteron, maka akan diproduksi progesteron, untuk mempersiapkan endometrium untuk implantasi pembuahan (jika ada)
 
Maka dari sini, dapat dilihat yang menentukan produksi progesteron dinaikkan / dihentikan adalah konsentrasi progesteron itu sendiri. Dan obat yang dimakan, adalah ikut membantu meningkatkan konsentrasi progesteron.

Misal anggap konsentrasi progesteron max di tubuh = 20
1. Kasus 1
Progesteron di tubuh baru 10, ditambah obat 10 lagi pada hari ke X, maka hari ke X tersebut, 10 + 10 = 20, maka tubuh akan stop produksi progesteron

2. Kasus 2
Progesteron di tubuh tidak ada karena tingginya estrogen, ditambah dengan 10 pada hari ke Y, maka jumlah nya 10, maka tubuh tetap produksi progesteron yang berguna untuk membangun endometrium

Kasus 1, dan 2 obat nya sama dimakan, namun dimakan pada hari yang berbeda maka akan memberikan hasil yang berbeda juga..

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.557
  • Reputasi: 448
  • Gender: Male
Re: [ASK] Guna Endometril
« Reply #4 on: 03 April 2009, 05:34:06 AM »
Efek samping penggunaan hormon steroidal

1. Pusing
2. Jerawat
3. Kegemukan diakibatkan adanya retensi cairan, dan kadang bisa juga muka membulat yang dikenal dengan moon face
4. Penaikan LDL, dan penurunan HDL
5. gangguan saluran cerna
6. Nyeri pada payudara

Ini aturan pakainya, coba lihat2 dengan gambar siklus menstruasi, pasti ngerti mengapa bisa digunakan seperti itu

Doziranje i način primene:

Endometril (Lynestrenol) tablets should be taken orally with some fluid.
The dosage is individually adjusted, according to indications.

Endometriosis: 5-10mg daily (1-2 tablets), for 6 months at least
Menorrhagia and metrorrhagia: 2 tablets daily, for 10 days
Polymenorrhea: : 1 tablet daily from the days 14 to 25 of menstrual cycle
Amenorrhea (primary and secondary), oligomenorrhea: treatment begins with estrogens, lynestrenol is added in the II phase of the menstrual cycle, 1 tablet daily from days 14 to 25 of the menstrual cycle
Premenstrual syndrome: 1 tablet daily from days 14 to 25 of the menstrual cycle
Benign breast diseases: 1 tablet daily day from days 14 to 25 of the menstrual cycle, for 3-4 months at least
Menstruation and ovulation suppression, and dismenorrhea: 1 tablet daily from day 1 of menstrual cycle, or day 5 of the cycle at the latest, every day continuously, for several months. If the bleeding occurs, the dose should be increased to 2 or 3 tablets daily for 3-5 consecutive days.
Menstruation delay: 1 tablet daily, preferably 2 weeks prior to the expected time of menstruation. If the treatment is started in the period shorter than 1 week prior to the expected time of menstruation, the dose should be increased to 2-3 tablets daily. The treatment should begin 3 days prior to the expected time of menstruation, at the latest.
Adding estrogens during substitution therapy in meno/postmenopause (prevention of endometrial hyperplasia): 2.5-5mg daily (1/2-1 tablet daily) for 12-15 days, e.g. in the first 2 weeks of every calendar month.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: [ASK] Guna Endometril
« Reply #5 on: 06 April 2009, 02:12:38 AM »
thanks infonya bro...walau masih agak bingung. jadi kalo saya stop endometril sekarang, langsung menstruasi gitu? sampe kapan mesti bergantung sama obat ini? btw, kok di catatan dosis yang bro post polymenorrhoea cukup minum 1x sehari? saya dapet dosis 2x? bahaya nggak nih?
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.557
  • Reputasi: 448
  • Gender: Male
Re: [ASK] Guna Endometril
« Reply #6 on: 06 April 2009, 06:14:23 AM »
saya agak bingung sis.. pada post2 awal, sis belum menceritakan kasusnya.. hanya bertanya ini obatnya apa..
jadi saya bingung menjawabnya.. apakah sis mengalami polimenorrhoea / oligomenorrhoea
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Enny

  • Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: [ASK] Guna Endometril
« Reply #7 on: 05 January 2012, 03:41:40 PM »
Saya sedang program hamil, setelah mengalami kiret 8 bulan yg lalu. Diberi dokter Endometril dan profertil, untuk endometrilnya diminum sehari 2x selama 7 hari dan nanti pada hari ke III mentruasi saya harus minum profertil. kenapa seperti itu dan kegunaan untuk kesehatan saya apa? Kalo sudah abis apakah kembali lagi kedokternya? mohon petunjuknya....terima kasih

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.557
  • Reputasi: 448
  • Gender: Male
Re: [ASK] Guna Endometril
« Reply #8 on: 05 January 2012, 06:23:22 PM »
karena saya tidak tahu riwayat sis, jadi saya menjawab berdasarkan pengetahuan saja ya.

obat yang diberikan kepada anda itu adalah sejenis hormon wanita, dan u/ profertil itu biasanya digunakan untuk mengobati gangguan haid. Karena akibat adanya gangguan haid yang tadi, maka anda menjadi sulit untuk hamil.
Mungkin sist bias provide apakah semenjak dikiret, siklus haid jadi terganggu ?

Dan mengenai balik lagi ke dokter, ada baiknya anda balik lagi karena profertil walau berguna untuk mengatasi haid, namun setahu saya termasuk dalam kategori X, jadi berbahaya bagi janin. Jadi ada baiknya jika misal kehamilan telah terjadi, segera hentikan penggunaan obat ini / konsultasikan ke dokter yang meresepkan..

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: [ASK] Guna Endometril
« Reply #9 on: 06 January 2012, 05:36:42 PM »
obat ini kalau tidak salah diberikan juga bagi penderita kista endimitrosis , tapi pada istri saya tidak berpengaruh dan efek samping yg di sebutkan oleh bro forte dialami oleh istri saya
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma