topic short url: http://dhct.ws/f9012

Poll

Pada PELAJARAN SEJARAH Indonesia, bagian mana yang menurut Anda susah atau tidak menarik untuk dipelajari? (Berdasarkan pengalaman waktu belajar sejarah di sekolah)

Prasejarah
0 (0%)
Kerajaan Hindu-Buddha
1 (14.3%)
Kerajaan Islam
2 (28.6%)
Zaman kolonialisasi
2 (28.6%)
Era proklamasi
1 (14.3%)
Era pasca proklamasi
0 (0%)
Orde baru
1 (14.3%)

Total Members Voted: 7

Author Topic: Pelajaran Sejarah  (Read 3708 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Pelajaran Sejarah
« on: 17 February 2009, 12:22:01 PM »
Alo sodara/i sekalian,

ketiga kali neh minta bantuan DCers berhubungan ma tugas kuliah. Terakhir kok, buat TA.  ;D

Sesuai judul topik, pelajaran sejarah. Semua pernah belajar donk kan dari zaman waktu namanya masih PSPB. Dan semua pasti ngerasain ngehafal tanggal2, nama tokoh, tempat, isi prasasti/perjanjian. Ampe akhirnya muncul pandangan pelajaran sejarah itu sangat sangat nyebelin. Siapa disini yang sebel ma sejarah angkat tangan  :P Gw seh seneng ya sebenernya, apalagi zaman2 awal peradaban. Cuma ampe zaman masuknya kumpeni. Perang, proklamasi, wah uda deh. Minta ampun.

Nah kalo dipikir2 lagi, apa yg salah dengan sejarah? Nggak ada sih, sejarah ya sejarah. Contohnya di forum ini aja kalo diskusi banyak berhubungan ma sejarah n tar bawa banyak artikel sejarah disini. Keliatannya banyak yg ahli sejarah. Tapi gw yakin member yang sekarang pinter sejarah belum tentu dulu suka sejarah waktu sekolah, mungkin aja nilai sejarahnya bebek ato kursi (no offense  ^-^).
So, telusur punya telusur, banyak pendapat yang bilang yang salah tuh cara pembelajaran sejarahnya. Banyak kok yang suka sejarah asal jangan hafalin tanggal. Atau kalo gurunya pinter ngebawain topiknya n bener2 berpengetahuan soal sejarah (bukan cuma ngedongeng dari buku) pelajaran sejarah bakal asik banget.

Nah pertanyaan gw disini (terutama buat yang dulu/atau sekarang, sebel ma sejarah), gimana seharusnya pembelajaran sejarah di sekolah dilakukan? Baik dari media, cara penyampaian, dll. Ampe akhirnya seorang siswa bisa ngeliat sejarah tu sebagai sesuatu yang menarik. Bukan cuma tulisan ga jelas di buku yang banyak tanggal2nya.

FYI, tujuan gw adalah membuat suatu media alternatif dalam belajar sejarah. Bisa jadi komik, graphic novel, film, animasi, game, cergam, cd interaktif macam encarta, dsb. So, mohon bantuannya sekali lagi ya. Terima Kasih banyak. Atau kalo yang suka sejarah mo nimbrung diskusi boleh2 aja silahkan...   _/\_

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #1 on: 17 February 2009, 12:24:15 PM »
Belajar langsung di TKP keknya asik tuh
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #2 on: 18 February 2009, 09:56:40 PM »
Maksud e? kunjungan ke situs tempat kejadian dulu?

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #3 on: 18 February 2009, 11:51:44 PM »
Wah, sejarah tuh sebenernya salah satu topik paporit aye....
Dari semua bab sejarah pas zaman sekolah dulu, gw cma males klo masuk k bagian manusia purba, udh ngehapalnya ribet, kaga seru pula ceritanya...
Klo gw seh, suka pelajaran sejarah krn emank gurunya lumayan asik...
Sebenernya, pelajaran sejarah bisa dibilang percuma, klo misalkan hanya berdasarkan teks2 buku...Klo dapet guru yg kyk gtu, mendingan baca buku aja langsung, lebih lengkap dan akurat...
Tapi, menurut gw,akan lebih menarik klo guru yg mengajar, membawakan seperti bercerita dan memberikan makna2 dan cerita yg ada dibalik dari data2 sejarah yg bisa kita baca sendiri di kelas....

Kita ambil contoh, salah satu yg topik yg gw lumayan suka tuh bagian ttng Kerajaan2 HinduBuddha di Indonesia...
Gw suka klo misalkan dlu pas gw sekolah, kita dibikin kelompok, dan masing2 kelompok disuruh mempresentasikan Kerajaan2 yg sudah ditentukan sebelumnya...Klo skrng kan dpt info udh gampang, tinggal klik mbah gugel, keluar dan data lengkap ttng suatu topik.
Nah, pada saat presentasi, disini diperlukan kepandaian dari pihak guru untuk membawa suasana menjadi menarik bagi penelis maupun pendengar...Salah satunya yah dengan kasih iming2 nilai, jokes2 ringan, dan kadang2 sedikit mempersulit panelis d depan kelas bisa jadi sensasi tantangan tersendiri...
Ketika kita sudah menyukai suatu topik, ato misalkan sudah mengingat secara garis besar dari suatu sejarah, selanjutnya data2 seperti tanggal, nama, tempat dll akan menjadi lebih mudah...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.550
  • Reputasi: 448
  • Gender: Male
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #4 on: 19 February 2009, 05:48:42 AM »
Yup.. sejarah tergantung guru.. Dulu pas SMP, gurunya asyik.. ngajar sejarah mirip bercerita.. Jadi tidak ada merasa itu sebagai pelajaran.. Jadi pas ulangan juga walau belajar sedikit.. tapi tetap bisa karena masih ingat ama "skenario" yang diceritain.. :D

Metoda guru saya ngajar waktu itu sangat menyenangkan, kami DILARANG untuk mencatat apa yang dia ceritakan, dan HARUS MENDENGARKAN SAJA (Asyik kan.. ^-^)

Intinya ada 2 jam, 1 jam digunakan habis buat bercerita dan tanya jawab. Setelah mengerti, guru mulai menuliskan apa yang harus dicatet ke papan tulis.. tinggal nyalin..

Itu kalau sejarah SMP, kalau sejarah SMU.. gurunya kurang asyik.. jadi ngantuk >_<
Makanya sejarah masuk dalam kategori "pelajaran biasa", beda ama Biologi dan Kimia benar2 addicted waktu itu.. pelajaran yang ditunggu2.

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline andry

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.097
  • Reputasi: 128
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #5 on: 19 February 2009, 06:31:06 AM »
mungkin bisa d jadikan semacam manga scan, muka2 tokohnya agak d update dikit...
mungkin hapal...

yg pasti sistem pembelajaran, tiap org kan beda2, ada or audio,vision,kinetik..
jadi sang guru harus d bekali informasi2 yang cukup..

kalau guru yg ngajarnya cantik mah.. sep atuhh... pasti pada bagus,
Samma Vayama

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #6 on: 19 February 2009, 02:05:35 PM »
Sip2, tengkyu buat yg dah jawab...

Kemaren juga da sempet nanya2 beberapa anak sekolah, ya banyak masalahin guru sih...
Ya mau gimana lagi guru sejarah di indo tu banyak yang terlalu pinter. Selaen ngajar sejarah kadang juga ngajar geografi, bahasa, ppkn. Hebat ya guru indonesia. Hehehe....

Btw ada yang punya kenalan guru sejarah ga?

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.119
  • Reputasi: 134
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #7 on: 19 February 2009, 03:24:08 PM »
Kalau saya sih cenderung lihat film. Saya suka yang seperti acara Metro File atau Secret Operation di Metro TV. Selesai acara masih bisa teringat-ingat, tapi tetep kalau ditanya masalah tanggal pasti lupa  :))
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #8 on: 19 February 2009, 04:50:14 PM »
^Kalo kronologis ceritanya masi inget berarti?

Offline andry

  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.097
  • Reputasi: 128
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #9 on: 19 February 2009, 08:41:10 PM »
Sip2, tengkyu buat yg dah jawab...

Kemaren juga da sempet nanya2 beberapa anak sekolah, ya banyak masalahin guru sih...
Ya mau gimana lagi guru sejarah di indo tu banyak yang terlalu pinter. Selaen ngajar sejarah kadang juga ngajar geografi, bahasa, ppkn. Hebat ya guru indonesia. Hehehe....

Btw ada yang punya kenalan guru sejarah ga?

Aye ada...
kalau mau ketemu seh harus face to face
gak ada contact nya nehhh
Samma Vayama

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #10 on: 19 February 2009, 08:56:11 PM »
coba cari di youtube bwt medianya
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #11 on: 19 February 2009, 10:13:16 PM »
kebetulan, guru sejarah gw pas sma masih lumayan deket sama gw sampe sekarang...
lokasi di jakarta, klo mo wawancara, bisa pm gw, ntar gw kasih no hp dy...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #12 on: 19 February 2009, 10:39:06 PM »
 [at] andry
guru skolah mana Dri?

 [at] edward
jakarta yah, ane di bandung... ntar deh cari yang deket2 aja dulu. thanx ya...

 [at] kiman
ahaha. ntar cenderung meniru kalo da liat... ntar deh kalo dah stuck, thanx aniwei.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #13 on: 20 February 2009, 01:00:03 AM »
Ow iye, jadi inget....
Satu hal yg jgn dilupakan, tambahan alat peraga bener membantu untuk mengingat suatu cerita sejarah....
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: Pelajaran Sejarah
« Reply #14 on: 20 February 2009, 01:08:59 AM »
mungkin gurunya aja dicari yang bisa memceritakan sejarah seolah-olah itu terjadi "sekarang" pasti menarik deh.... bisa juga ruangan kelas tersendiri dimana kelas tersebut ada berbagai macam benda sejarah yang keren-kerenn pasti bisa memotivasi siswa deh..


mode joke on : kalo yang cowo : gurunya cewe yang baik n cakep  ;) :D
                     kalo yang cewe : gurunya cowo yang ganteng n kantong tebel.. ;D