topic short url: http://dhct.ws/f7970

Author Topic: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?  (Read 12350 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
[ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« on: 30 December 2008, 11:33:19 PM »
Bagaimana merawat ginjal?
ini berkaitan dgn keadaan mama ayee ...
dokter mengatakan keadaan ginjal mama amat sensitiv, maksudnya tidak bole makan yg mengandung
kacang2an, timun, jeruk, emping serta jenis2 jamu2an ( bukan jambu buah yaah  :))) dll
kalo tidak dijaga dgn ketat, dikhawatirkan pipis ngga lancar dgn efek air akan menumpuk di paru-paru
ini bisa menyebabkan sesak nafas.

Untuk hari2 selanjutnya, bagaimana cara merawat ginjal agar senantiasa sehat?
Gw stress banget kalo mama dalam sehari kurang pipisnya, .....  :'(
makanan apa yg baik utk kesehatan ginjal?

[at] Forte & all

ini ada obat baru utk mama

Aspar K , Hydralazine 50 mg, Thrombo Aspilet, Bicnat 500 mg, Arcalion 200 mg (obat ini udah dijelaskan Forte)  :)

Lasix  :

Farsorbid :

Aldactone 25 mg :

Simvastatin 20 mg :

Glurenorm :

Micardis 40 mg

Concor 2.5 mg


Thanks .....  _/\_



  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #1 on: 30 December 2008, 11:35:16 PM »
obat sakti: air putih
:P
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #2 on: 30 December 2008, 11:38:11 PM »
bnyk minum air putih si ama olahraga jalan aja..

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #3 on: 30 December 2008, 11:50:13 PM »
Thanks .....  _/\_

Untuk ginjal yg normal ..... minum air putih yg banyak ngga masalah, tapi bagi penderitaan sakit ginjal
minum air putih harus ada takaran setiap harinya
dengan kata lain minum air putih banyak2 akan merusak ginjalnya

 ;D :(
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #4 on: 30 December 2008, 11:58:19 PM »
ya mksdnya itu... jgn ditelan mentah-mentah yaa.. ;D

semoga cepat sembuh.. :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.539
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #5 on: 31 December 2008, 12:01:06 AM »
 [at]  atas dan atasnya lagi..

Justru harus kurangi minum air putih.. Minum air putih sesuai dengan kebutuhan..
Karena sudah jelas diuraikan bahwa ginjalnya sudah amat sensitif, maka kerja ginjal jangan terlalu diberatkan dengan mengkonsumsi terlalu banyak air.

Dari gejala yang diceritakan, kayaknya mama mengalami retensi cairan ya, dan terlihat dari pemberian Lasix (Furosemide) yang berfungsi sebagai diuretik (mengeluarkan urine)

Lasix  : Furosemid => Diuretika

Farsorbid : isinya ISDN (Isosorbid Dinitrat) => Indikasi untuk Angina Pectoris

Aldactone 25 mg : Spirolactone : Biasa digunakan untuk mengobati gangguan udem dan CHF

Simvastatin 20 mg : Ini obat hiperlipidemia efeknya menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar HDL

Glurenorm : Glikuidon : Obat diabetes

Micardis 40 mg : Telmisartan : Obat hipertensi

Concor 2.5 mg : Obat u/ jantung seperti CHF, dan angina pectoris

NB : CHF : Congestive Heart Failure

Jadi obat2an di atas, mama ada gangguan
- Diabetes
- Jantung
- Ginjal
- Hiperlipidemia

Saya rasa selain mengontrol jumlah air yang masuk, juga perlu dilakukan diet rendah kalori dan lemak untuk mencegah parahnya kondisi2 di atas. Mungkin bro Virya bisa cari ahli gizi untuk konsultasi hal ini.
Dan jika dibolehkan, silakan share data klinis mama di sini, mungkin saya bisa memberikan beberapa masukan yang sekiranya dapat membantu, terutama data klinis yang berhubungan dengan kadar gula, ureum, natrium, Ca, dll dan juga Clearance (Cl) kreatinin darah dan urine..

Semoga mama cepat sembuh _/\_
« Last Edit: 02 January 2009, 06:12:22 PM by Forte »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #6 on: 31 December 2008, 12:09:44 AM »
Thanks .... Forte  _/\_  :x :)

kebetulan data2 klinis udah gw fotocopi, besok2 dipost deeg ....
 :)
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline william_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.087
  • Reputasi: 56
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #7 on: 31 December 2008, 12:13:25 AM »
Pada prinsipanya pada pantangan makanan diatas adalah mencegah terjadinya gout (kadar asam urat tinggi), yaitu seperti kacang2an dan emping...sedangkan kalo jeruk timun dan juga buah2an adalah untuk mengurangi kadar Kalium (potassium)...
Dengan kadar asam urat tinggi akan menyebabakan Gout..dimana ditandai dengan bengkak dipersendian dan ini rasanya sakit yang luar biasa dan bisa berlangsung berhari-hari... kalo kalium tinggi ditakutkan menyebabkan terjadinya serangan jantung...cuma kalo masih banyak kencing sih buah masih boleh dimakan cuma jangan terlalu banyak misalkan sehari cuma boleh 1/4 apel..ini waktu itu hasil konsultasi sama dokter rumah sakit zhu jiang, guang zhou...

Kalo masalah jamu2an ini sebenarnya tergantung dokternya...cuma saran sih kalo obat2an chinese traditional yang rebus2 sebaiknya dihindari karena masala retensi cairan tadi... kalo kencing masih bagus sih biasa mgkn masih ok kalo emang benar2 dari dokter yang berpengalaman dibidang ini... dulu saya juga minum lama obat2 rebus yang dari dokter dari rumah sakit di beijing yang khusus TCM (traditional chinese medicine).

Untuk saat ini mgkn sudah perlu diperhatikan jumlah cairan yang masuk kedalam tubuh karena ginjal yang sudah berkurang fungsinya akan susah mengeluarkan cairan sehingga terjadi retensi cairan...jd saran MINUM BANYAK AIR PUTIH itu jangan PERNAH DIIKUTIN...krn kelebihan cairan bisa masuk ke paru-paru dan bisa terjadi sesak napas...dan bisa menyebabkan hal lainnya juga...

Kelebihan cairan didalam tubuh dapat diketahui biasanya adanya bengkak misalkan dikaki terutama daerah tulang kering...terus coba pencet biasa akan knop dan lama baru bisa naik lagi... ato juga mengalami moon face.. kl ini muncul biasanya sudah terjadi retensi cairan didalam tubuh....

Untuk mendelay dialysis yang perlu dilakukan berdasarkan pengalaman saya adalah:
- diet low protein (40gram per hari total protein)..
- kontrol cairan yang masuk...mgkn sehari cuma 600ml
- tidak boleh cape...
- jaga emosi dan pikiran: badan boleh sakit tetapi pikiran tidak boleh ikut sakit
- kurangi garam
- hindari makan buah yang banyak ato sayur...kalo mau makan sayur sebaiknya sayurnya dipotong2 dulu terus direndam selama 4 jam pake air hangat agar kadar kaliumnya larut dan berkurang..setelah itu dicuci di air yang mengalir... baru dimasak.... nah buah juga perlu dilakukan demikian kl mo lebih banyak makannya....

Semoga membantu...
« Last Edit: 31 December 2008, 12:18:59 AM by william_phang »

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #8 on: 31 December 2008, 12:25:27 AM »
Thanks ...... Wiliam  _/\_ :x

kalium banyak terdapat di buah pisang bukan??
waduh ..... gw suka kasih makan pisang, utk mempermudah makan obat  :hammer: :'(

moon face maksudnya wajah membengkak??
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.539
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #9 on: 31 December 2008, 12:29:00 AM »
Moon face itu istilah kedokteran yang menyatakan muka yang makin membundar.
Hal ini biasa terjadi karena adanya penimbunan / retensi cairan.
Penyebabnya bisa karena penyakit seperti di atas, bisa juga karena pengaruh obat2an biasanya obat2an golongan steroid.

Pisang ada baiknya dikurangi dulu konsumsinya, karena banyak mengandung kalium, takutnya malah terjadi bradicardia.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline william_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.087
  • Reputasi: 56
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #10 on: 31 December 2008, 12:29:41 AM »
Thanks ...... Wiliam  _/\_ :x

kalium banyak terdapat di buah pisang bukan??
waduh ..... gw suka kasih makan pisang, utk mempermudah makan obat  :hammer: :'(

moon face maksudnya wajah membengkak??

Buah yang paling banyak mengandung kalium adalah Pisang dan ini harus dihindari...kalo apel masih boleh cuma harus direndam dulu...
iya moom face itu wajah membengkak...sehingga jadi agak bulat...makanya dinamakan moon face... dan biasanya ini terjadi karena kebanyakan cairan...

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #11 on: 31 December 2008, 12:34:12 AM »
oya kalo alcoholic, biar bs menjaga ginjalnya, gmn ya ko? ada ide? papa ku alcoholic soalnya...
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.641
  • Reputasi: 67
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #12 on: 31 December 2008, 08:35:42 AM »
jangan banyak minum, malah harus ditakar
dulu mendiang bunda saya juga begitu
ginjal rusak, banyak minum, hasilnya ginjal ga bisa saring air, tubuhnya jadi kelebihan air
badan di pencet, ga bisa balik, mirip penyakit beri2
akhirnya diinfus sama dokter, baru mulai susut badannya
sebaiknya ikuti saran dokter
atau member disini ada yang profesi dokter ?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.539
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #13 on: 31 December 2008, 08:41:43 AM »
Saya pernah membaca suatu artikel, mengkonsumsi alkohol tetapi dengan jumlah sedikit dapat berguna dalam memperkuat kinerja ginjal, namun jika dalam jumlah besar maka akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Sebelum dimulai menjaga ginjal, maka terlebih dahulu harus dihentikan kebiasaan mengkonsumsi alkohol tersebut. Karena bagaimana pun cara menjaga ginjal namun masih tetap alkoholik sama juga kurang berguna. Diibaratkan seorang perokok yang ingin menjaga paru-parunya, dia terus-terusan mengkonsumsi antioksidan seperti EPGG, namun sebenarnya kesehatan paru-paru dapat dijaga dengan menghentikan kebiasaan merokok.

Selain alkohol berbahaya bagi ginjal. Alkohol berbahaya juga bagi hati, karena dapat menyebabkan kerusakan hati pada penggunaan jangka waktu lama walaupun hati sendiri mempunyai kemampuan regenerasi sel, sama halnya seperti organ lain. Di samping itu penggunaan alkohol yang berlebihan berbahaya karena dapat menginduksi enzim2 yang terdapat di dalam hati sehingga dapat mempengaruhi metabolisme obat2 tertentu akibatnya obat2 tersebut akan cepat dimetabolisme dan dikeluarkan dari tubuh.

Semoga bermanfaat
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.539
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] Bagaimana merawat Ginjal ?
« Reply #14 on: 31 December 2008, 08:52:24 AM »
jangan banyak minum, malah harus ditakar
dulu mendiang bunda saya juga begitu
ginjal rusak, banyak minum, hasilnya ginjal ga bisa saring air, tubuhnya jadi kelebihan air
badan di pencet, ga bisa balik, mirip penyakit beri2
akhirnya diinfus sama dokter, baru mulai susut badannya
sebaiknya ikuti saran dokter
atau member disini ada yang profesi dokter ?

Iya.. selain itu ditinjau dari segi farmakokinetika dari suatu obat, ginjal merupakan kompartemen pertama yang banyak dilalui oleh darah, dan berfungsi sebagai alat ekskresi. Jadi idealnya juga hindari penggunaan obat yang tidak terlalu dibutuhkan, bahkan jika bisa pengobatan secara non terapi (tanpa obat) itu lebih baik, dengan tujuan tidak memperberat fungsi ginjal. Dan jikalau harus mengkonsumsi obat, idealnya Clearance Creatinin sebagai indikator fungsi ginjal dan SGPT dan SGOT sebagai indikator dasar dari fungsi hati.

Di sini yang berprofesi sebagai dokter adalah sis nobby dan sis calon arahat masih kuliah kedokteran. :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl