topic short url: http://dhct.ws/f6909

Author Topic: [ASK] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?  (Read 5605 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
[ASK] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« on: 10 December 2008, 10:16:35 AM »
Saya mendengar kabar yang simpan siur, katanya saat melahirkan tidak boleh pelihara anjing, kucing, dll...
saya pernah mendengar dari kata dokter, katanya kalau anjing boleh tapi kucing gak boleh. apakah benar? dan kenapa gitu?

Thanks  _/\_  :) :lotus:
« Last Edit: 14 December 2008, 09:20:16 AM by Forte »
Smile Forever :)

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.121
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #1 on: 10 December 2008, 10:21:29 AM »
Jendral... interupsi.... bukan melahirkan tapi hamil...;D

Binatang itu ada virusnye... tokso ato rubella gitu dech.. ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #2 on: 10 December 2008, 10:22:11 AM »
Setahu saya karena binatang peliharaan bisa membawa penyakit seperti TORCH (Toksoplasma, Rubella, CMV dan Herpes). cmiiw

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #3 on: 10 December 2008, 10:23:02 AM »
Jendral... interupsi.... bukan melahirkan tapi hamil...;D

Binatang itu ada virusnye... tokso ato rubella gitu dech.. ;D

_/\_ :lotus:
iya hamil, so segala jenis binatang tidak boleh ya?
Smile Forever :)

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.121
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #4 on: 10 December 2008, 10:23:26 AM »
Ya... kalo binatangnya steril sih ggp kali yaah... ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline rika

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 200
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
  • qiute....
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #5 on: 10 December 2008, 10:25:39 AM »
Sejenis unggas jg tidak boleh, karena kotorannya bisa menguap diudara dan bikin bengek. Itu sih kata Dokter saya waktu hamil.
 _/\_

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #6 on: 10 December 2008, 10:27:36 AM »
Sejenis unggas jg tidak boleh, karena kotorannya bisa menguap diudara dan bikin bengek. Itu sih kata Dokter saya waktu hamil.
 _/\_

Juga bisa flu burung

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #7 on: 10 December 2008, 10:28:44 AM »
Ya... kalo binatangnya steril sih ggp kali yaah... ;D

_/\_ :lotus:
yang termasuk kategori steril itu gimana ya? _/\_ :lotus: :)
Smile Forever :)

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.121
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #8 on: 10 December 2008, 10:29:15 AM »
Jendral.... pelihara panda aja? :)) (sebelumnye pandanye check up dulu ke dokter hewan biar steril.. ;D )

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.121
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #9 on: 10 December 2008, 10:30:52 AM »
Ya... kalo binatangnya steril sih ggp kali yaah... ;D

_/\_ :lotus:
yang termasuk kategori steril itu gimana ya? _/\_ :lotus: :)

Check up dulu ke dokter hewan... hewannye ud steril (bebas virus) blm? gitu kali yaah... ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #10 on: 10 December 2008, 10:35:25 AM »
baik hamil maupun tidak, sebaiknya hewan piaraan itu dicekup secara periodik

diperiksa sakit pa kaga tuh guguknya

soale kalo hamil tu kan lebih 'rawan' lah.......

takutnya berpengaruh sama calon dedeknya aja ;D

Offline rika

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 200
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
  • qiute....
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #11 on: 10 December 2008, 10:51:16 AM »
YA soalnya skrg ini kan kalo kita punya anjing sering kita cium2, gendong2, mending dikurangi, trus bersihin rumah lebih sering takut byk bulunya yg rontok.
Wah anjing nya jenis apa bro lothar
puder gitu, yang bulu nya tebel ;D yang 1 lagi Lucky itu sosis dog / teker bulunya nyaris gak keliatan :))
Wah kalo setahu g, pudel biaya perawatannya mahal, kalo ga terawat bulunya bisa rontok, kalo yg ga ada bulunya itu seksi n lucu banget.
Ya dirawat yg bersih aja bro, ga usah takut, sekarang jaman udah canggih, kedokteran hewan udah canggih. Jgn dibiarkan gaul ke luar rumah dgn anjing2 kampung takut ketularan virus.

Offline hanes

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 379
  • Reputasi: 23
  • Gender: Male
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #12 on: 10 December 2008, 11:08:35 AM »
setau saya kucing memang gk boleh, soalnya eek nya kucing dapat menyebabkan keguguran / kemandulan gt deh.
dulu SMA kan ad d pelajari jendral.
hehehehehe
Mukjizat terbesar adalah
perubahan orang yang gelap hati
menjadi orang yang bijaksana.

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #13 on: 10 December 2008, 11:14:23 AM »
setau saya kucing memang gk boleh, soalnya eek nya kucing dapat menyebabkan keguguran / kemandulan gt deh.
dulu SMA kan ad d pelajari jendral.
hehehehehe
tau sih, tapi aye kan kepengen tau info yang akurat itu ;D
Smile Forever :)

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.446
  • Reputasi: 234
  • Gender: Male
Re: [Ask] Saat Hamil tidak boleh pelihara Binatang?
« Reply #14 on: 10 December 2008, 11:39:21 AM »
Banyak kabar yang beredar bahwa seorang perempuan sebaiknya tidak memelihara kucing karena dapat menyebabkan kemandulan. Bulunya dikatakan sebagai penyebab utama kemandulan. Benarkah? Sebenarnya, kabar bahwa kucing dapat menyebabkan kemandulan dapat dikatakan benar. Namun, bukan bulunya yang menyebabkan hal tersebut. Lalu, bagian lain apa dari kucing yang dapat menyebabkan kemandulan?

Sebenarnya, yang dapat menyebabkan kemandulan adalah parasit yang disebut Toxoplasma gondii. Parasit ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut toxoplasmosis. Toxoplasma merupakan penyakit yang menyerang hewan dan manusia, laki-laki maupun perempuan.

Pada hewan, toxoplasma ini dapat menyerang hewan-hewan berdarah panas, seperti: kucing, anjing, ayam, burung, sapi, kuda, tikus, domba, babi, harimau, dan lain-lain.

Lalu, mengapa kucing saja yang selama ini dijadikan sebagai ‘kambing hitam’? Hal ini dikarenakan di dalam tubuh kucing, toxoplasma dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu seksual (mikro dan makro gamet) dan aseksual (membelah diri). Sementara itu, pada hewan selain kucing, toxoplasma hanya dapat berkembang biak dengan cara aseksual.

Pada manusia yang terkena penyakit toxoplasmosis, mayoritas tidak mengalami gejala klinis yang dominan. Gejala bisa timbul pada infeksi akut, yaitu berupa pembesaran kelenjar getah bening di sekitar leher atau ketiak.

Namun lama-kelamaan, toxoplasma dapat menyebabkan kemandulan. Pada pria, kemandulan disebabkan karena toxoplasma dapat menginfeksi saluran sperma dan menyebabkan peradangan. Peradangan pada saluran sperma ini dapat menyebabkan penyempitan atau penutupan saluran sperma. Akibatnya, pria tersebut tidak dapat mengeluarkan sperma dan membuahi sel telur.

Pada perempuan, efek yang ditimbulkan pun hampir sama. Infeksi toxoplasma dapat mengebabkan peradangan dan penyempitan saluran telur. Akibatnya, ovarium tidak dapat sampai ke rahim dan tidak dibuahi oleh sperma.

Selain itu, toxoplasma dapat berpengaruh terhadap janin. Kista toxoplasma dapat masuk hingga otak janin dan menyebabkan cacat serta berbagai gangguan saraf. Selain itu, kepala janin dapat terisi oleh cairan sehingga kepalanya menjadi besar (hidrosefalus).

Toxoplasma dalam tubuh kucing dapat menyebarkan ookista selama kira-kira 10 hari. Penyebaran ini biasa terjadi pada kucing muda yang kekebalan tubuhnya kurang baik. Manusia atau hewan berdarah panas lainnya dapat tertular bila menelan kista atau ookista toxoplasma dan ‘menetas’ seta berkembang dalam tubuh hewan atau manusia.

Kista tersebut tinggal dalam otot manusia dan hewan, sehingga penularannya dapat juga terjadi melalui makanan, yaitu apabila manusia atau hewan memakan daging mentah atau daging setengah matang yang mengandung kista toxoplasma.

Kista juga dapat hidup di tanah selama waktu tertentu, sehingga dapat menular kepada manusia atau hewan lain melalui kontak dengan kista tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa toxoplasma menular melalui kista yang masuk ke dalam tubuh dengan dua cara, yaitu menelan atau kontak dengan kista. Pada kucing, kista dapat keluar melaui feces atau kotoran kucing. Jadi tidak benar bahwa bulu kucing dapat menyebabkan mandul. Pun demikian dengan liur kucing. Bulu dan liur kucing dapat menyebabkan kemandulan hanya bila pada bulu dan liur tersebut terdapat kista toxoplasma.

Jadi dalam hal ini, yang penting untuk diperhatikan adalah jangan berkontak dengan feces kucing.

Toxoplasmosis sering kali dihubungkan dengan beberapa virus lain, yaitu Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes. Keempat penyakit atau virus tersebut biasa disingkat sebagai TORCH. TORCH biasa menyerang ibu atau calon ibu yang sedang mengandung.

REFERENSI:
Montoya J, Liesenfeld O (2004). "Toxoplasmosis". Lancet 363 (9425): 1965–76.
Ryan KJ; Ray CG (editors) (2004). Sherris Medical Microbiology, 4th ed., McGraw Hill
http://www.cdc.gov/
http://www.disnak.jabarprov.go.id/
http://en.wikipedia.org/
http://www.indonesiaindonesia.com/
http://library.usu.ac.id/
http://mer-c.org/
http://radenanya.multiply.com/


"Those who are skilled in combat do not become angered, those who are skilled at winning do not become afraid. Thus the wise win before the fight, while the ignorant fight to win."

 

[ASK] Gampang/Tidak Gampang Menjadi SEHAT ?

Started by johan3000

Replies: 0
Views: 744
Last post 14 September 2009, 10:29:11 AM
by johan3000
Semakin Bersih Semakin Tidak Kebal Penyakit?

Started by F.T

Replies: 0
Views: 432
Last post 07 October 2010, 12:19:19 PM
by F.T
Curigai Makanan yang Tidak Basi-basi

Started by dewi_go

Replies: 0
Views: 552
Last post 25 April 2011, 06:08:52 PM
by dewi_go
Wireless Headseat (earpiece yang wireless dan bluetooth) berbahaya tidak sih?

Started by kullatiro

Replies: 2
Views: 640
Last post 07 July 2012, 03:37:19 PM
by halid
Tips Agar Perut Tidak Buncit Usai Stop Merokok

Started by F.T

Replies: 0
Views: 794
Last post 30 May 2010, 06:29:15 PM
by F.T
Sel telomere di tahi lalat mengikat Dna agar tidak cepat rusak

Started by kullatiro

Replies: 0
Views: 764
Last post 02 February 2012, 08:52:58 AM
by kullatiro
[ASK] Menjaga kesehatan dari pola hidup yg tidak sehat

Started by hatRed

Replies: 6
Views: 1614
Last post 01 December 2008, 08:08:26 PM
by hatRed