topic short url: http://dhct.ws/f6773

Author Topic: REVIEW Nokia 6600 Slide : Sliding Tipis Andalkan Kamera 3,2 MP  (Read 1490 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
REVIEW Nokia 6600 Slide : Sliding Tipis Andalkan Kamera 3,2 MP
« on: 04 December 2008, 10:00:56 AM »



Setelah seri kelas atas E66 diluncurkan sebagai ponsel sliding alias geser, kini parikan nomor satu di dunia ini kembali meluncurkan ponsel gesernya. Kali ini berseri 6600 yang menyasar kelas menengah. Fiturnya pun jauh di bawah seri sliding E66. Untuk membedakannya dengan saudara berseri sama yakni 6600, Nokia menambahkan slide di belakang namanya, jadi lengkapnya seri ini bernama Nokia 6600 Slide.

Bukan sekedar sliding saja yang jadi andalannya. Kebanyakan ponsel sliding berukuran tebal. Namun kali ini Nokia justru mengeluarkan yang berukuran tipis. Inilah seri sliding Nokia tertipis. Dalam hal fitur, kamera menjadi andalannya. Bekal 3,2 MP terasa cukup untuk mengabadikan momen penting. Sayang tampilan antar mukanya menggunakan UI seri 40 bukan 60 sebagaimana seri 6600 yang pertama.

Berikut hasil uji coba SELULAR terhadap ponsel ini yang sudah mampu berjalan di jaringan 3G/WCDMA :

DESAIN
Cukup tipis untuk sebuah ponsel berkonsep sliding. Ketebalannya hanya 14 mm dan merupakan ponsel sliding tertipis Nokia. Warna hitam yang membungkus ponsel ini membuatnya terkesan eksklusif. Kita juga tidak perlu khawatir tergores benda tumpul bila menyimpannya ke dalam saku. Layarnya terbungkus bahan seperti plastik yang menyatu dengan covernya.
Pengujian : Menggenggamnya dan menyimpan ke dalam saku celana berdesakan dengan kunci.
Nilai: 3,3
Catatan: Siapkan kain buat membersihkan body sebagaimana memperlakukan kaca mata

KEYPAD
Nuansa lampu berwarna biru mendominasi tampilan covernya. Di bagian muka ada 2 tombol utama dengan 4 fungsi plus satu tombol pengatur empat arah yang ada di tengah-tengah dengan warna biru pula. Saat digeser nampak jajaran keypad standar yang cukup pas saat di pencet. Tidak ada kesulitan saat menekan tombol-tombolnya.
Pengujian: Mengoperasikan tombol-tombolnya seperti SMS.
Nilai: 3
Catatan: -

PORT
Ada dua port utama yang bisa dimaksimalkan fungsinya. Di bagian kanan ada slot untuk charging. Di bagian atasnya terdapat slot micro USB yang terlindung oleh penutup dari bahan plastik.
Pengujian: Melakukan charging dan koneksi menggunakan kabel data.
Nilai: 3
Catatan: Slot USB cukup aman karena diberi penutup.

LAYAR
Kualitas warnanya mencapai 16 juta warna. Dimensi layarnya berukuran 2,2 inci beresolusi 320 x 240 pixel dengan teknologi layar TFT. Tampilannya sangat jernih termasuk gambar-gambar hasil bidikan kameranya. Pun gambar bergerak berupa video, juga tak kalah jernih dan tajamnya.

Pengujian: Membuka gambar dan video
Nilai: 3,3
Catatan: Layar anti gores termasuk dengan benda-benda tumpul

KAMERA
Kualitas kameranya tergolong baik. Dengan kualitas 3,2 MP terbilang cukup untuk mengabadikan momen-momen penting. Apalagi dukungan lampu penerang tambahan berupa flash, akan sangat membantu bila membidik objek dalam suasana yang kurang cahaya.
Pengujian: Memotret di indoor dan outdoor.
Nilai: 3
Catatan: Ada digital zoom 8 kali dan double LED flash

MESSAGING
Selain pesan standar, ponsel ini juga sudah dibekali fasilitas email, dan juga instant messaging. Nokia 6600 Slide juga berbekal audio messaging yang akan membantu kita untuk berkirim pesan suara. Kapasitas penyimpanan pesannya pun bisa dibilang tak terbatas alias dinamis, tergantung ketersediaan memori.
Pengujian: Berkirim SMS, dan MMS
Nilai: 3,2
Catatan: Untuk email mesti dilakukan setting terkebih dahulu sesuai email yang kita gunakan.

KONEKTIVITAS
Ada dua fasilitas koneksi transfer data yang dimiliki. Untuk nirkabel sudah ada bluetooh, sementara kabel menggunakan slot micro USB. Menurut keterangan dari vendornya, dalam paket penjualannya sudah disertakan kabel data CA-101.
Pengujian: Memindahkan data berupa gambar dan lagu dari komputer ke ponsel
Nilai: 3
Catatan: Untuk memindahkan data berukuran besar, ada baiknya menggunakan kabel data supaya proses berjalan lebih cepat.

INTERNET
Bekal 3G di jaringan WCDMA 850/2100 Mhz, terbilang cukup untuk akses data. Berselancar ke dunia maya terasa sangat cepat khususnya bila sinyal 3G didapat dengan baik. Kalaupun 3G tidak tercover, maka masih ada GPRS dan EDGE, kecepatannya memang jauh ketimbang 3G, namun kita tetap bisa mengakses internet meski di perjalanan.
Pengujian: Masuk situs selular.co.id dan berkirim email dengan attachment.
Nilai: 3
Catatan: Layar kurang besar untuk melihat halaman web secara penuh

MEMORI
Hanya dibekali memori internal sebesar 20 Mb, memang terbilang kecil untuk sebuah ponsel, apalagi berfasilitas kamera. Pabrikannya sudah menyediakan slot memori tambahan berjenis micro SD dengan daya tampung hingga 4 Gb.
Pengujian: Menyelipkan memori sebesar 2 GB berikut file musik di dalamnya.
Nilai: 3
Catatan: Slot memori sudah hotswap.

KINERJA
Secara keseluruhan, kinerja ponsel ini sebagai alat komunikasi berjalan dengan baik. Kemampuan kameranya, internet, dan koneksi datanya bisa diandalkan.

Kinerja Baterai
Bekal baterai lithium ion bertenaga 1000 mAh membuat ponsel ini mampu terjaga selama 240 jam dan waktu bicara non stop hingga 3 jam.

SKOR AKHIR : 3,1

selular.co.id