topic short url: http://dhct.ws/f6472

Author Topic: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...  (Read 20802 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Petrus

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 312
  • Reputasi: -26
  • Gender: Male
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #45 on: 24 November 2008, 11:38:26 AM »
siapa yang benar ? rasanya tidak ada yang salah dua2nya benar, Mahayana, Threravada, Tibetan dll, karena Siddharta tidak menunjuk siapa penggantinya untuk meneruskan ajarannya.
siddharta tidak menunjuk pengganti... tapi siddharta memberikan patokan yang jelas...

suatu ajaran yang mengarah pada berkurangnya kebencian , keserakahan dan kebodohan...
maka ajaran itu sesuai dengan yang telah diajarkan siddharta  :)

jelas menurut siapa ? relative

Offline andrew

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 568
  • Reputasi: 22
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #46 on: 24 November 2008, 11:43:40 AM »
siapa yang benar ? rasanya tidak ada yang salah dua2nya benar, Mahayana, Threravada, Tibetan dll, karena Siddharta tidak menunjuk siapa penggantinya untuk meneruskan ajarannya.
siddharta tidak menunjuk pengganti... tapi siddharta memberikan patokan yang jelas...

suatu ajaran yang mengarah pada berkurangnya kebencian , keserakahan dan kebodohan...
maka ajaran itu sesuai dengan yang telah diajarkan siddharta  :)

jelas menurut siapa ? relative


tidak relative...

memangnya kamu tidak bisa mengamati hati dan pikiran kamu sendiri...

jika kamu mengikuti suatu ajaran ... hal itu mendukung tumbuh berkembangnya kebencian , keserakahan dan kebodohan di dalam dirimu...

atau ajaran itu mengikis kebencian, keserakahan dan kebodohan dalam dirimu...

apa kamu tidak bisa mengamati hal ini dalam diri kamu ?

patokan siddharta jelas, bukan relative... silakan amati diri sendiri...
jika ajaran itu membawa berkurangnya kebencian, keserakahan dan kebodohan... maka itu sesuai dengan ajaran siddharta...   :)

 _/\_


Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #47 on: 24 November 2008, 11:53:34 AM »
 [at] andrew

tapi bagaimana, jika orang yang tinggal di lingkungan yang penuh kebencian,keserakahan, dan kebodohan yang menurut kita.

bagaimana mereka tahu mana yang baik dan yang tidak baik.

karena bagi kita yang tidak baik, belum tentu tidak baik pula bagi mereka.

dan apa yang menurut mereka baik, belum tentu baik pula bagi kita.

nah bingung deh????

i'm just a mammal with troubled soul



Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.933
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #48 on: 24 November 2008, 11:56:23 AM »
[at] andrew

tapi bagaimana, jika orang yang tinggal di lingkungan yang penuh kebencian,keserakahan, dan kebodohan yang menurut kita.

bagaimana mereka tahu mana yang baik dan yang tidak baik.

karena bagi kita yang tidak baik, belum tentu tidak baik pula bagi mereka.

dan apa yang menurut mereka baik, belum tentu baik pula bagi kita.

nah bingung deh????



cari tuntunan SILA menurut ajaran BUDDHA... minimal pancasila buddhis (mutlak karena berkaitan dengan karma ketika dilanggar).atau bisa diperluas menjadi dasasila buddhis (untuk pengendalian diri)
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.446
  • Reputasi: 234
  • Gender: Male
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #49 on: 24 November 2008, 11:59:19 AM »
[at] hatRed...
Pertanyaan itu kan sudah pernah saya jawab. Tapi kalau bro lupa, saya kutip lage deh...  ;D

Dari link : http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6333.msg105217#msg105217

Quote
Yap, pertanyaan yg 'baik' sekali.. 

Sang Buddha sudah menjelaskan perbuatan baik dan perbuatan yg tidak baik itu jelas sekali perbedaannya. Perbuatan yg baik adalah perbuatan yg mengandung akar alobha, adosa dan amoha (tidak ada keserakahan, tidak ada kebencian, tidak ada kebodohan / ketidakpedulian). Sedangkan perbuatan buruk / jahat adalah perbuatan yg mengandung akar lobha, dosa dan moha (keserakahan, kebencian dan kebodohan / ketidakpedulian).

Perlu disadari (ya, saya meminta Anda semua menyadari, bukan hanya sebatas diingat!), perbuatan baik dan perbuatan buruk itu mungkin bisa relatif, tergantung tempat, keadaan, waktu, dll. Namun kita bisa menjadikan hasil / akibat sebagai barometer. Kalau kita berbuat sesuatu namun hasilnya adalah penderitaan (duka) atau kebahagiaan palsu (kebahagiaan yg ujungnya adalah kekecewaan atau duka), maka yg kita perbuat adalah keburukan. Sang Buddha mengajarkan kita agar kita menjadi pelita bagi diri sendiri, agar kita menjadi 'ilmuwan' bagi diri sendiri. Kita perlu mengkaji semua hal yg kita lakukan. Sama seperti ilmuwan yg melakukan observasi dan eksperimen. Bila hasilnya gagal atau buruk, maka ia sadar bahwa cara2nya adalah salah. Dia pun mencoba memakai cara baru yg benar, agar hasilnya baik.

Kira2 begitu dulu yah 


 _/\_
"Those who are skilled in combat do not become angered, those who are skilled at winning do not become afraid. Thus the wise win before the fight, while the ignorant fight to win."

cunda

  • Guest
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #50 on: 24 November 2008, 12:24:58 PM »
siapa yang benar ? rasanya tidak ada yang salah dua2nya benar, Mahayana, Threravada, Tibetan dll, karena Siddharta tidak menunjuk siapa penggantinya untuk meneruskan ajarannya.


sdr Petrus



dari mana anda tahu bahwa Siddharta tidak menunjuk siapa penggantinya untuk meneruskan ajaran Nya?

Beliau sejak awal sudah mengutus 60 orang siswa untuk mengajarkan Dhamma pada orang yang batinnya diselimuti debu tipis.

Anda sebaiknya belajar agama Buddha dengan batin yang baik dan terbuka, bukan untuk debat2an.
gak ada gunanya perdebatan anda selama ini karena cuma membikin suasana millis jadi anjang debat kusir dan "perang agama", jangan sebarkan kebiasaan buruk dalam diri anda yang sudah terbiasa menghalalkan segala cara hanya demi kepentingan "agama" anda semata.


Thuti

Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #51 on: 24 November 2008, 12:46:55 PM »
bah...

aku mulai deh...

Mahayana Sux karena ajaranna banyak yg ngaco!..contohnya Arahat yg dah Nibbana kok malah dibilank masih belum menghilangkan semua kilesa?..

Nibbana khan artinya PADAM..lol

lalu Theravada juga sux...kenapa di neraka ada dewa?...kalo gk salah dewa dari alam Yama...

dan Vajrayana juga sux...

kenapa ngaku2 kalo Boddhisatva2nya dan Dhammapalanya kuat, mantep, sakti bla bla bla...

tapi bebasin Tibet ajah gk bisa?..

kalah sama komunis?..

lol...

...

itu ajah~

silahkan lanjut..

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.902
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #52 on: 24 November 2008, 12:59:43 PM »
inilah keindahan dunia Buddhisme , El sol...
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.740
  • Reputasi: 235
  • Gender: Male
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #53 on: 24 November 2008, 01:02:08 PM »
Oom Dilbert, yang benar mungkin nagarjuna yah? bukan nagasena...
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Petrus

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 312
  • Reputasi: -26
  • Gender: Male
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #54 on: 24 November 2008, 01:09:39 PM »
siapa yang benar ? rasanya tidak ada yang salah dua2nya benar, Mahayana, Threravada, Tibetan dll, karena Siddharta tidak menunjuk siapa penggantinya untuk meneruskan ajarannya.
sdr Petrus

dari mana anda tahu bahwa Siddharta tidak menunjuk siapa penggantinya untuk meneruskan ajaran Nya?

Beliau sejak awal sudah mengutus 60 orang siswa untuk mengajarkan Dhamma pada orang yang batinnya diselimuti debu tipis.

Anda sebaiknya belajar agama Buddha dengan batin yang baik dan terbuka, bukan untuk debat2an.
gak ada gunanya perdebatan anda selama ini karena cuma membikin suasana millis jadi anjang debat kusir dan "perang agama", jangan sebarkan kebiasaan buruk dalam diri anda yang sudah terbiasa menghalalkan segala cara hanya demi kepentingan "agama" anda semata.
Thuti

siapa diantara ke 60 siswa itu yang menjadi ketuanya ? apakah mereka mengajarkan hal yang sama ? kalau sama mengapa ada banyak aliran ? yang mana ajaran asli Siddharta ?
« Last Edit: 24 November 2008, 01:30:48 PM by karuna_murti »

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #55 on: 24 November 2008, 01:12:29 PM »
 [at] Upasaka

heheh... iya namanya juga masih ehipasiko. jadi masih ngambang

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6333.msg105224#msg105224

Quote from: hatred
kalo yang begini baru g setuju dah, sayangnya belom bisa g sadari (masih ehipasiko)

tapi ada pointnya juga, kalau begitu kita bisa tahu apakah perbuatan kita baik/bukan jika dilihat dari efeknya?

seperti itu kah?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.400
  • Reputasi: 422
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #56 on: 24 November 2008, 01:14:40 PM »
Kenapa mahayana banyak paham2nya yang terlalu rumit, kenapa gak langsung ajah ;D
contoh, baca parita yang tidak semua orang mengerti, banyak upacara2 yang terlalu berbelit2 seperti san bu yi pai dll ;D
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.446
  • Reputasi: 234
  • Gender: Male
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #57 on: 24 November 2008, 01:17:06 PM »
[at] Upasaka

heheh... iya namanya juga masih ehipasiko. jadi masih ngambang

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=6333.msg105224#msg105224

Quote from: hatred
kalo yang begini baru g setuju dah, sayangnya belom bisa g sadari (masih ehipasiko)

tapi ada pointnya juga, kalau begitu kita bisa tahu apakah perbuatan kita baik/bukan jika dilihat dari efeknya?

seperti itu kah?


Memang begitulah hukum alam. Sama seperti Anda ketika waktu Anda belajar mengendarai sepeda. Ketika Anda jatuh, Anda terhuyung2, Anda sadar bahwa Anda masih belum mahir. Tanamkanlah kesadaran bahwa pasti ada yg salah dari cara saya mengendarai sepeda. Hukum alam ini 'terancang' dengan begitu seimbang dan adil. Ketika Anda 'terjatuh', Anda harus sadar betul bahwa Anda salah. Kebenaran itu akan selalu ada. Kalau kita terjatuh, artinya kita tidak berada di jalan kebenaran.

Kira2 begitu dulu yah...  :)
"Those who are skilled in combat do not become angered, those who are skilled at winning do not become afraid. Thus the wise win before the fight, while the ignorant fight to win."

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #58 on: 24 November 2008, 01:21:27 PM »
 [at] upasaka

heheheh... trims,

kalo gini sesuai ma kebiasaan gue, learn by doing
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Debat Perbedaan Theravada dan Mahayana (termasuk Tantra)...
« Reply #59 on: 24 November 2008, 01:23:01 PM »
yg gw suka dari Theravada.. ajarannya logis banget!..mantep!

yg gw suka dari Mahayana..beberapa ajarannya mantep..contohnya Sunyata, my fav sutra is Prajaparamita hydra sutra

yg gw suka dari Vajrayana..janji2 para makhluk2 Boddhisatva2 dan Dharmapalanya..jadi mirip karesten gitu..huahuahua..trus gw rasa umat2 Vajra lebih berdisiplin(Sila mereka mantap uey)..

yg gw palink gk suka dari Theravada itu gw rasa umat2nya...apalage yg sering ke Vihara...majority nerd ato gk freak semuanya...

-_-"

kalo ngomong ama Bhikkhu gk mao kalah..maonya jatohin Bhikkhu..mentang2 dah dana makanan..jadi nge-anggap Bhikkhu itu harus jadi seperti yg mereka inginkan..lol..

stupid lar!

gw palink suka umat2 Mahayana dan Vajrayana...mereka lebih..gmana yak...alim..tapi gk retarted juga...mereka gk bakal mencoba menjatuhkan para Bhikkhu...mungkin karena umat Theravada main logik kale yak...

 :))

sorry kalo gw ada menyinggug beberapa yg nerd and freak...lol

« Last Edit: 24 November 2008, 01:25:50 PM by El Sol »