topic short url: http://dhct.ws/f2087

Author Topic: [ASK] Maag / Gastritis  (Read 34640 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.508
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #60 on: 16 March 2009, 09:49:57 PM »
Copas ....... hobby  :P

Makan kini bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Meski fungsi dasarnya tetap sebagai sumber tenaga dan mencukupi kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi, orang memiliki begitu banyak alas an untuk makan; sama banyaknya dengan pilihan makan itu sendiri.

Orang makan untuk merayakan suatu keberhasilan. Di kalangan bisnis,jamuan makan juga menjadi alternative untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan mitra. Belum lagi, ada begitu banyak tempat makan yang menawarkan beragam citarasa, lengkap dengan trik-trik promosi misalnya membeli paket tertentu mendapat ekstra makanan kecil.

Bayangkan apa jadinya jika Anda tidak dapat menikmati hidangan makanan yang lezat-lezat itu karena menderita sakit maag? Tentu menyiksa sekali.

Saat ini tatalaksana penting untuk mengatasi sakit maag funsional adalah membatasi makanan dan minuman yang menyebabkan peningkatan produksi asam lambung dan memperlambat pergerakan lambung.

Makanan dan minuman yang harus dihindari adalah:

a. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).

b. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.

c. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.

d. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.

e. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.
Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

Pengobatan Tukak Peptik:

* Tujuan :
o Menyembuhkan ulkus
o Meringankan / menghilangkan rasa nyeri
o Mencegah kekambuhan
* Prinsip :
o Menghilangkan / mengurangi faktor agresif
o Meningkatkan faktor defensif
o Kombinasi

Obat-obatan

Secara garis besar ada 4 kelompok obat untuk mengatasi permasalahan dilambung yaitu :

* Antasida (obat penetral asam lambung) seperti : Ca karbonat, Al (OH)3, Mg (OH)3, Hydrotalcid
* obat penekan produksi asam lambung seperti : ranitidine, simetidine, famotidine, nizatidine obat-obat ini mempunyai kerja sedang untuk menekan asam lambung
* obat penekan asam lambung kuat seperti omeprazole, rabeprazole, lansoprazole, pantoprazole, esomeprazole.
* Kelompok obat maag lain yang juga sering digunakan yaitu obat pelindung dinding dalam lambung (mukoprotektor) seperti sukralfat, misoprostol, rebamipid, teprenon) dan
* obat memperbaiki pergerakan lambung (prokinetik) seperti metoklorpropamid, domperidone, cisaprid.

Pengobatan Gastroparesis

Pengobatan baik untuk diabetes dan idiopathic gastroparesis (luka lambung yang disebabkan gastroparesis), kontrol glycaemic sangat penting sama pentingnya dengan menurunkan konsentrasi gula darah yang mungkin dapat mempercepat pengosongan lambung.

Agents Prokinetic adalah obat yang biasa digunakan untuk meningkatkan aktivitas gerakan lambung. Obat yang mengandung Metoclopramide (10 mg 30 menit sebelum makan dan saat hendak tidur) dan domperidone (10-20 mg empat kali sehari) mampu meningkatkan gerakan lambung dan mempercepat pengosongan lambung. Hal ini mungkin terjadi jika dikombinasikan dengan relaksasi pyloric dan gerakan peristaltik usus halus. Akan tetapi manfaat obat-obat ini biasanya hilang dalam waktu 6 minggu, walaupun pada beberapa pasien.

Masih banyak obat-obat jenis lain yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit ini, antara lain obat yang mengandung Cisapride, antibiotic erythromycin, dan lain-lain sering digunakan untuk mengobati pasien diabetic gastroparesis. Para peneliti juga menemukan obat jenis baru yaitu obat yang mengandung Tegaserod, untuk mengobati penyakit ini. Akan tetapi obat tersebut masih belum beredar dan masih dalam tahap uji coba.

Sayangnya semua terapi medis untuk gastroparesis tidak memperlihatkan efek yang cukup baik dalam jangka panjang. Akan tetapi pengobatan jangka panjang telah di coba untuk memperbaki aktivitas myoelectric pada lambung. Saat ini, penggunaan stimulasi listrik untuk lambung juga diujicobakan untuk mengobati penyakit ini.

Uji coba tersebut diharapkan mampu meningkatkan aktivitas motorik pada perut manusia. Hal ini pernah dilaporkan pada sebuah ujicoba tahun 1985,'Waterfall et al'. Pada uji coba tersebut diperlihatkan kemungkinan untuk melatih dan membangun otot halus pada lambung dalam tubuh manusia. Ini bisa terjadi jika menggunakan energi yang cukup. Sementara itu Familoni et al, digunakan untuk meningkkan pengosongan lambung paling tidak sampai 1 tahun pada wanita pengidap diabetic gastroparesis dengan menggunakan alat stimulasi lambung listrik.

Kesimpulannya, banyak tes dalam penelitian fungsi dari sistem pencernaan tetap harus melihat aspek lain dalam sistem pencernaan tersebut, terutama sistem 'delivery'nya. Intragastric dan oesophageal pH-metry, serta analisa cairan lambung juga dilakukan untuk membantu terapi penyakit yang berhubungan dengan meningkatnya produksi asam lambung sehingga naik ke atas atau gastrooesophageal reflux disease. Penelitian tambahan pada penyakit yang berhubungan dengan pengosongan lambung, mungkin berguna tidak hanya dalam pengembangan obat-obatan untuk mengobati gastroparesis, tetapi juga dokumen pengaruh kekuatan lambung pada obat-obatan.

sumber: http://ahlinyalambung.com/index.php?...ara-atasi-maag

Semoga bermanfaat .....  _/\_
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #61 on: 20 March 2009, 08:02:30 AM »
Kemaren saya kena sakit maag akut, udah gitu selalu sering bersendawa, akhirnya saya ke dokter
Dan saya di beri obat2 ini :

- prazotec 30 mg VII
- fucoidan 100 mg
- amoxan 500 g
- bicrolid XX
- vometa VI
- famotidin
- algamax 0,25
- disflatyl VI

Apakah fungsi dan kegunaan dari masing2 obat tersebut ?
Seberapa parahkah penyakit lambung saya dilihat dari obatnya ?
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih


« Last Edit: 20 March 2009, 08:04:23 AM by Equator »
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.539
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #62 on: 20 March 2009, 09:31:19 AM »
Prazotec => Lansoprazole
Guna : Proton Pump Inhibitor untuk mencegah pembentukan asam lambung
Fucoidan => Sejenis polisakarida
Guna : biasanya buat suplemen
Amoxan => Amoxicillin
Guna : Antibiotik
Bicrolid => Clarithromycin
Guna : Antibiotik
Vometa => Domperidone
Guna : Antiemetik
Famoditine
Guna : Antihistamin, untuk mengurangi pembentukan asam lambung
Algamax => Alprazolam
Guna : Anti anxietas
Disflatyl
Guna : Flatulence (kelebihan gas di lambung / saluran cerna)

Bro..
Mau nanya dulu
1. Ceritain semua gejala sakitnya
2. Adakah kelainan pada BAB baik dalam bentuk konsistensi, warna, dll ?
3. Apakah bro sering merasa cemas
4. Siapa dokter yang kasih resep ini dan di mana prakteknya kalau bisa nomer teleponnya deh



Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #63 on: 20 March 2009, 10:53:35 AM »
Thanks atas keterangannya
Gejala sakitnya hanya keluhan sakit pada ulu hati saja
Namun banyak sendawa yang dihasilkan dari perut
Perut terasa kembung dari biasanya, agak sesak dari ukuran normal
BAB ga pernah dilihat bro, apalagi di tanyakan
Sering merasa cemas sih hanya kadang2 saja bro..
No Hp dokter akan saya PM
Tapi ngomong2 kenapa bro ?
Saya jadi tambah takut
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #64 on: 20 March 2009, 10:55:14 AM »
obatnya banyak amat .. apa sakit maag nya da parah gitu ..?

nih ada sedikit tips , comot dr rubrik kesehatan ..

Untuk mengatasi sakit maag, salah satunya adalah dgn membatasi makanan n minuman yg menyebabkan produksi asam lambung & pergerakan lambung jadi lambat , spt :
1. makanan & minuman yg bnyak mengandung gas & terlalu bnyak serat, spt sawi & kol , buah2an tertentu spt nangka, pisang ambon, kedondong & buah yg dikeringkan .
2. minuman yg merangsang pengeluaran asam lambung spt kopi, minuman beralkohol, anggur putih , sari buah sitrus, susu & minuman bersoda .
3. makanan yg sulit dicerna & dpt memperlambat pengosongan lambung krn hal ini bisa menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yg akhirnya dpt meningkatkan asam lambung, spt kue tart , coklat & keju .
4. makanan yg secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yg mengandung cuka dan pedas, merica & bumbu2 yg terlalu kuat .
thanks Buddha...

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #65 on: 20 March 2009, 11:10:49 AM »
Thankz for kupak
Gw aja sampe kaget obatnya begitu banyak
Padahal dokternya ga banyak nanya tuh
Tapi katanya kalau sempat saya perlu usg juga tuh, tapi saya lupa di form rujukan ke lab, apa aja yang dicontreng
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.539
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #66 on: 20 March 2009, 11:13:38 AM »
Thanks atas keterangannya
Gejala sakitnya hanya keluhan sakit pada ulu hati saja
Namun banyak sendawa yang dihasilkan dari perut
Perut terasa kembung dari biasanya, agak sesak dari ukuran normal
BAB ga pernah dilihat bro, apalagi di tanyakan
Sering merasa cemas sih hanya kadang2 saja bro..
No Hp dokter akan saya PM
Tapi ngomong2 kenapa bro ?
Saya jadi tambah takut
Tidak ada apa2.. hanya untuk memastikan saja alasan dokter ybs memberikan resep di atas.
Coba kita discount makan obatnya saja.
Konsumsi hanya :
- prazotec 30 mg VII
- disflatyl VI

kalau misal ada mual dan ingin muntah baru makan vometa.

Sekian..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #67 on: 20 March 2009, 11:21:04 AM »
Bro Forte
Tapi..
Pesan dokter harus di konsumsi semuanya, kebanyakan saat perut kosong, dengan tujuan melapisi dinding lambung saya
Dan akan dilihat perkembangannya satu minggu kedepan
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline Equator

  • Sebelumnya: Herdiboy
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.271
  • Reputasi: 41
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #68 on: 20 March 2009, 11:25:47 AM »
Fucoidan => Sejenis polisakarida
Guna : biasanya buat suplemen   (supplemen apa bro ? Vitamin ?)

Amoxan => Amoxicillin
Guna : Antibiotik  (untuk meredakan apa?)

Bicrolid => Clarithromycin
Guna : Antibiotik (untuk meringankan apa?)

Vometa => Domperidone
Guna : Antiemetik  (apa itu antiemetik?) fungsi & kegunaannya bro ?

Algamax => Alprazolam
Guna : Anti anxietas (buat apa ini?)

sorry kalo agak cerewet, kali aja bro forte tau
Hanya padaMu Buddha, Kubaktikan diriku selamanya
Hanya untukMu Buddha, Kupersembahkan hati dan jiwaku seutuhnya..

Offline lisa

  • Teman
  • **
  • Posts: 70
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #69 on: 20 March 2009, 11:32:48 AM »
Thanks atas keterangannya
Gejala sakitnya hanya keluhan sakit pada ulu hati saja
Namun banyak sendawa yang dihasilkan dari perut
Perut terasa kembung dari biasanya, agak sesak dari ukuran normal
BAB ga pernah dilihat bro, apalagi di tanyakan
Sering merasa cemas sih hanya kadang2 saja bro..
No Hp dokter akan saya PM
Tapi ngomong2 kenapa bro ?
Saya jadi tambah takut

masih mending daripada gue dateng-dateng ke dokter disuruh endoskopi atau test darah. pilih jarum suntik ape mulutnya dicolok selang. ??? obat yang dikasih cuma satu macem tapi aku lupa apa merknya. minumnya cuma sebelum makan semalem hari doang. tapi semenjak jaga pola makan lebih better seh, tapi klo sampe salah makan langsung deh kumat and sesak napas

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.539
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #70 on: 20 March 2009, 11:36:46 AM »
Fucoidan => Sejenis polisakarida
Guna : biasanya buat suplemen   (supplemen apa bro ? Vitamin ?)

Kurang jelas, setahu saya ini kandungannya polisakarida dari ganggang coklat (Phaeophyceae)
Hanya saja gunanya dalam peresepan ini saya tidak tahu

Amoxan => Amoxicillin
Guna : Antibiotik  (untuk meredakan apa?)
Bicrolid => Clarithromycin
Guna : Antibiotik (untuk meringankan apa?)

Ini saya juga kurang tahu gunanya dalam peresepan apa, makanya saya ingin menanyakan ke dokternya, dan apa maksud kombinasi 2 antibiotik ini.

Vometa => Domperidone
Guna : Antiemetik  (apa itu antiemetik?) fungsi & kegunaannya bro ?
Ini untuk buat mual dan muntah..

Algamax => Alprazolam
Guna : Anti anxietas (buat apa ini?)
Inti untuk meredakan kecemasan, dan bisa menyebabkan kantuk
Tapi menurut saya belum perlu, karena bro kadang2 saja cemas. Dan bisa mengurangi kecemasan secara non terapi obat
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline lisa

  • Teman
  • **
  • Posts: 70
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #71 on: 20 March 2009, 11:45:14 AM »
Hedi, emang klo mo ngurangin rasa cemas gimana caranya yah?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.539
  • Reputasi: 445
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #72 on: 20 March 2009, 11:54:45 AM »
Hedi, emang klo mo ngurangin rasa cemas gimana caranya yah?
meditasi Buddhism kan :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline lisa

  • Teman
  • **
  • Posts: 70
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #73 on: 20 March 2009, 11:56:15 AM »
:)) ide yang paling bagus
Hedi, emang klo mo ngurangin rasa cemas gimana caranya yah?
meditasi Buddhism kan :D


Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.740
  • Reputasi: 234
  • Gender: Male
Re: [ASK] Maag / Gastritis
« Reply #74 on: 20 March 2009, 11:56:57 AM »
kalo soda kue sesendok teh bahaya gak?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days