topic short url: http://dhct.ws/f20756

Author Topic: Kuliah Di China...  (Read 47779 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline amarabandhu

  • Tamu
  • *
  • Posts: 32
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #75 on: 26 July 2011, 11:05:56 PM »
saya punya saudara jauh di xiamen, apakah ada informasi untuk belajar bahasa di daerah sana??

saya tertarik untuk mendalami mandarin, sementara ini saya guru bahasa inggris

siapa tau, saya bisa sambil ngajar inggris dan belajar mandarin..  ;D

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #76 on: 29 July 2011, 11:49:34 AM »
kalau tidak berkeberatan, mohon penampakannya ;D


thx's before
saya gak punya camera jadinya foto2 gw ambil dari inet aja ya...

gerbang utama


bagian dalam klenteng itu luas ini beberapa



nah di bawah ini katanya itu jasad salah satu bhante katanya itu udah berpuluh2 tahun.
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #77 on: 29 July 2011, 11:52:21 AM »
saya punya saudara jauh di xiamen, apakah ada informasi untuk belajar bahasa di daerah sana??

saya tertarik untuk mendalami mandarin, sementara ini saya guru bahasa inggris

siapa tau, saya bisa sambil ngajar inggris dan belajar mandarin..  ;D
xiamen itu kota pelajar. pemandangan bagus jg. banyak orang indo yg sekolah di xiamen jadi seharusnya sih gak masalah lah
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 825
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
Re: Kuliah Di China...
« Reply #78 on: 29 July 2011, 12:03:47 PM »
kalo muruh biasa dmn yah? tmpt biaya kuliah murah biaya kehidupan murah juga
"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #79 on: 31 July 2011, 11:37:31 AM »
kalo muruh biasa dmn yah? tmpt biaya kuliah murah biaya kehidupan murah juga
biaya kuliah murah sih  kayaknya di kota2 kecil gitu kayak nanning, liuzhou. Tp xiamen, zhejiang,hangzhou kalo cari2 entar dapet kok yg lebih murah dari biaya kuliah gw di guangzhou...
soal biaya hidup itu tergantung masing2 pribadi... ;D kayak gw di guangzhou aja bisa hidup 1000-1500 RMB untuk makan, jalan2, belanja, transportasi, listrik air.  :)
tp seharusnya kayak nanning dan liuzhou itu sih biaya hidupnya murah jg soalnya ada temen gw yg kuliah di nanning, kebetulan dia gabung asramanya ama orang china jadinya listrik n air biayanya murah sekali. secara kalo listrik n air mahal orang china bisa pada ribut!!! :))
menurut gw, awal2 pasti pada keluar duit banyak lah.. kan buat beli perabotan rumah tangga kayak sapu, pel, guling,bantal, kasur, ember,dll. udah gitu makannya lebih suka di resto secara ada gambar2nya, jadi tinggal nunjuk2.  :))
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #80 on: 31 July 2011, 11:40:21 AM »
nah liburan kali ini gw gak balik ke indo. jadi bagi siapa aja yg mau ke GuangZhou buat jalan2 ato nyari2 uni boleh hubungi gw!!!! ato mo ditemenin biar jadi penerjemah boleh jg. hohoho. Liburan lebaran ada yg niat pergi ke Guangzhou ga??? sepi nih gw...
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Kuliah Di China...
« Reply #81 on: 31 July 2011, 06:47:55 PM »
Waktu baru sekolah bahasa di China itu bahasa pengantarnya apa ya ? kalo yang masih pemula banget gak mungkin pake bahasa mandarin langsung kan ?

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #82 on: 31 July 2011, 08:10:52 PM »
Waktu baru sekolah bahasa di China itu bahasa pengantarnya apa ya ? kalo yang masih pemula banget gak mungkin pake bahasa mandarin langsung kan ?
pas belajar bahasa itu entar sebelum masuk ada tes dulu kemampuan bahasa. untuk kelas yang bener2 pemula, Inggris 70% mandarin 30%.
Uni gw sih untuk kelas bahasa itu semuanya pengantarnya bahasa mandarin. kelas di bagi jadi 3 tingkatan yaitu dasar, menengah, tinggi.
kelas dasar dibagi jadi 4 kelas, kelas menengah jg dibagi 4 kelas, tinggi dibagi 2 kelas.
kelas dasar bukunya ada terjemahan inggrisnya. tp untuk kelas dasar tingkat 2-4 gurunya udah mulai jelasin pelajaran pake bahasa mandarin.

bagi yg gak bisa mandarin sama sekali gak usah takut... dulu gw masuk aja dapet kelas dasar tingkat 3, gurunya ngomong apa gw sama sekali gak ngerti... :)) tp gw jamin lah seminggu kemudian lu udah mulai ngerti dengan ucapan gurunya.. :)
« Last Edit: 31 July 2011, 08:18:52 PM by 4nch1 »
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #83 on: 07 August 2011, 08:49:15 PM »
wah sepi sekali ya..... :'( padahal udah mo mulai semester baru.... gak ada yg niat kuliah di china ya????
oh iya gw akan menikmati lebaran di china hohoho  ;D gila panasnya bisa berapa derajat yg di GuangZhou?!?!?!?!?!?
ya kalo gw ada waktu buat jalan2 entar gw share disini....:) hehehe
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline Indra

  • Pensiunan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.392
  • Reputasi: 441
  • Gender: Male
Re: Kuliah Di China...
« Reply #84 on: 07 August 2011, 08:52:29 PM »
selamat menikmati liburan Sis 4nch1, ketika anda sedang menikmati kegembiraan saat berjalan2 atau ketika menikmati makanan lezat, anda bisa melakukan perbuatan baik dengan cara melimpahkan kegembiraan dan kenikmatan anda kepada para peta di forum ini

Offline Rina Hong

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.256
  • Reputasi: 8
  • Gender: Female
Re: Kuliah Di China...
« Reply #85 on: 08 August 2011, 01:02:36 PM »
Sorry OOT, kalo bisa di posting juga mengenai kuliah di Taiwan :)
The four Reliances
1st,rely on the spirit and meaning of the teachings, not on the words;
2nd,rely on the teachings, not on the personality of the teacher;
3rd,rely on real wisdom, not superficial interpretation;
And 4th,rely on the essence of your pure Wisdom Mind, not on judgmental perceptions

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #86 on: 10 August 2011, 02:03:53 PM »
ooo sepertinya pada minat kuliah di Taiwan ya... sebenarnya gw mo nanya aja sih kalo sekolah ke Taiwan untuk belajar mandarin, bukannya lebih baik di China Mainland aja ya lebih bagus n murah udah gitu huruf hanzhi Taiwan masih pake yg Traditional sedang kan China Mainland udah pake simplified. Gw tau sih ada beberapa lebih milih belajar yg Traditional, tp gw bingung aja knp mo pake yg traditional secara udah ada yg lebih gampangnya.
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.145
  • Reputasi: 61
  • Gender: Female
Re: Kuliah Di China...
« Reply #87 on: 11 August 2011, 04:21:43 PM »
btw, dari pengalaman pribadi
kuliah di taiwan bisa lebih murah dari kuliah di jakarta
karena dulu 80% murid dari Indo dapet beasiswa dari pemerintah tw
tapi sekarang beasiswa ini udah lebih susah dapetnya
dan bisa kerja part time di univ sambil kuliah

jadi ortu setahun kira2 ngirim uang nt 10.000 = kira-kira 30 juta
biaya yg lain, diurus sendiri dengan kerja en beasiswa
sekarang denger2 biaya kuliah setahun di jakarta + uang kos lebih dari 30 juta yag?

huruf tradisional itu lah yang melestarikan budaya china yg udah ribuan tahun, dan ada arti2 yg bermakna masih tersimpan dalam huruf tradisional itu. contoh yag:
1. kata love = ai
   tradisional = 愛 = hati + teman = persahabatan dengan hati menjadi cinta
   simplified = 爱 = tinggal teman saja, hati nya sudah dihilangkan
2. huruf tradisional untuk muka (bacanya mian)= 面
    huruf tradisional untuk tepung (bacanya mian)= 麵 ada kata gandum di depannya
    huruf simplified untuk muka dan tepung sama sama = 面
    (jadi ngk ada beda dong tepung dan muka )
3. untuk sastra kuno, seperti puisi, kata2 bijak confusism
    itu semua lebih enak kalo dibaca dengan huruf tradisional
    kalo udah di simplified, arti kata2ya bisa jadi agak2 kacau dan membingungkan

anyway mungkin itulah beberapa alasan kenapa
masih ada org yg lebih memilih huruf tradisional ketimbang simplified
« Last Edit: 11 August 2011, 04:26:54 PM by bluppy »

Offline canape-girl

  • Tamu
  • *
  • Posts: 25
  • Reputasi: 1
  • Gender: Female
  • Sabbe sukhita hontu
Re: Kuliah Di China...
« Reply #88 on: 11 August 2011, 08:17:58 PM »
Saya saat ini kuliah di Xiamen University or 厦大.

Di xiamen ada 2 uni yang bisa dijadikan pilihan untuk belajar bahasa, yg satu Xiamen University, satunya lagi Jimei Huaqiao University.

Xiamen Uni terletak di Pulau Xiamen, dekat dengan pusat kota (sekitar 10 menit naik bus umum).
Kalo mo belajar bahasa di Xiamen University (Xiada), tuition fee nya 8000 RMB/semester. Biaya pendaftarannya 400 RMB.
Xiada tidak menyediakan asrama untuk pelajar luar yang sekolah bahasa dgn biaya sendiri/自费 (wlpn di brosur n web nya bilang ada), so biasanya pelajar2 luar pada tinggal di apartemen di sekitar xiada.
Biaya sewa apartemen di daerah sekitar Xiada per bulan nya sekitar 1500(-+33m2) s/d 1800 (-+ 45m2) RMB, bentuk apartemennya studio. Biasanya para pelajar yg tinggal di apartemen dengan harga 1800 RMB bisa berbagi kamar dgn pljr lain (roomate-an). Kalau mau kamar sendiri dgn harga di bawah 1000, cenderung susah dapetnya.
Kalau bingung gmn cari kamar, biasanya di sekitar Xiada banyak berkeliaran makelar-makelar rumah ato anak-anak Indo yang rela membantu para pelajar baru mencari tempt tinggal.

web Xiada: http://www.xmu.edu.cn/english/

Standar biaya hidup di sini lebih mahal drpd Guangzhou (dgn anggapan makanan dan tempat tinggal yg sama), saya tahu karena kakak saya sempat tinggal di GZ selama 2 thn. Kalau sekolah di Xiada, rada susah berhemat karena harga-harga barangnya cenderung menyesuaikan dengan kocek para pelajar asing.

Jimei Huaqiao Uni terletak di Mainland Chn, berseberangan dgn Pulau Xiamen, tidak terlalu jauh dari pusat kota (15-30 menit naik bus)
Kalau di Jimei Huaqiao Uni, tuition fee-nya klo gag salah 6000-an per semester.
Sekolah menyediakan asrama bagi para pelajar. Ada bermacam-macam tipe asrama, ada sekamar ber-6, sekamar ber-4, sekamar ber-2, sekamar sendiri. Biaya asrama-nya juga bervariasi, sayangnya saya kurang tahu tepatnya berapa, tp seingat saya harganya tidak semahal di Xiada.
Harga barang-barang di sekitar Jimei juga tidak semahal harga barang2 di sekitar Xiada.

Pelajar asing di Xiamen cukup banyak dan bervariasi (terutama di Xiada), dan orang2 Indo-nya juga termasuk banyak. Alat transportasi utama di Xiamen adalah bus kota dan BRT (Bus Rail Train). Gaya hidup di Xiamen cenderung santai, tidak hiruk-pikuk. Tempat hiburannya tidak terlalu banyak, tp kotanya bersih dan asri, dgn pemandangan lampu-lampu kota (klo malam) yg indah. Saya pribadi (dan kebanyakan pelajar di Xiamen) sangat menikmati kehidupan di Xiamen.  :)

Klo pengen cepat mahir berbahasa mandarin, saya menyarankan sekolah di tempat yg org Indo-nya sedikit malah klo bisa tidak ada (seperti Qingdao, Dalian, dll), dijamin cepet bisa. Tapi kalau niat banget pengen skul di Xiamen n lancar berbahasa mandarin, saya menyarankan Jimei Huaqiao Uni karena metode pengajaran bahasa mandarinnya lebih ketat daripada Xiada. Tp klo pengen jalan-jalan, bersantai ria sambil belajar bahasa Mandarin, bisa pilih Xiada.    ;)


Semoga info ini bermanfaat
logically, 'normal' is relative

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #89 on: 17 August 2011, 10:42:54 PM »
ini info uni di guangzhou selain uni gw hehehe. Jinan University
Jinan itu udah terkenal kayaknya di Indo, secara hampir 95% murid luarnya ada orang Indonesia.
biaya kuliah n biaya asrama di Jinan hampir sama kayak di Zhongda (Sun Yat Sen university) jadi gw gak usah jelasin lg.
Banyak yg bilang sih kalo mo bener2 belajar mandarin sih lebih baik di Jinan secara buku2nya katanya lebih susah ;D. Tapi kalo mo santai belajarnya n nebeng nama besar universitas lebih baik sih sekolah di uni gw wkwkwk  :))  secara di guangzhou titlenya uni no. 1 :)

belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...